Beranda Tazkiyah Doa Doa Gempa, Ketika Ada Gempa Bumi atau Mengetahuinya

Doa Gempa, Ketika Ada Gempa Bumi atau Mengetahuinya

2
doa gempa bumi
ilustrasi gempa bumi (okezone)

Doa gempa bumi ini dianjurkan dibaca ketika terjadi gempa. Juga disertai doa ketika melihat atau mengetahui orang lain terkena gempa.

Seperti diketahui, gempa bumi adalah salah satu musibah yang sering terjadi di Indonesia. Dalam setahun, rata-rata Indonesia diguncang 6.000 kali gempa.

Islam mengajarkan umatnya untuk memperbanyak dzikir dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karenanya dalam setiap situasi, ada doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Doa Ketika Gempa Bumi

Doa ketika gempa bumi ini bersumber dari riwayat Imam Muslim. Doa ini tidak hanya untuk dibaca ketika ada gempa tetapi juga ketika ada musibah atau bencana lain seperti angin topan.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

doa gempa

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, kebaikan yang ada di dalamnya  dan kebaikan yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada di dalamnya dan keburukan yang Engkau kirimkan dengannya.

Baca juga: Doa Setelah Sholat

Doa Ketika Orang Lain Terkena Gempa

Ada satu doa lagi yang mungkin jarang diketahui. Doa ini adalah doa ketika mengetahui orang lain tertimpa musibah atau bencana. Termasuk gempa bumi. Termasuk juga musibah dalam hal agama.

Doa ini dianjurkan untuk dibaca tetapi tidak didengar oleh orang yang tertimpa musibah tersebut. Keutamaan doa ini, orang yang membacanya insya Allah akan diselamatkan dari musibah seperti itu.

Doa ini bersumber dari riwayat Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَافَانِى مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِى عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً

Alhamdulillaahil ladzii ‘aafaanii mimmab talaaka bihi. Wafadldlolanii ‘ala katsiirin mimman kholaqo tafdliilan.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.

Baca juga: Doa Bersedekah

Doa dan keutamaan doa tersebut disabdakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

مَنْ رَأَى صَاحِبَ بَلاَءٍ فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَافَانِى مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِى عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً إِلاَّ عُوفِىَ مِنْ ذَلِكَ الْبَلاَءِ كَائِنًا مَا كَانَ مَا عَاشَ

“Siapa saja yang melihat yang lain tertimpa musibah, lalu ia mengucapkan (doa yang artinya) ‘Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya’ maka ia akan diselamatkan dari musibah tersebut, musibah apa pun itu semasa ia hidup.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Demikian doa gempa yang perlu diucapkan ketika ada gempa dan ketika melihat/mendengar orang lain terkena gempa. Semoga Allah melindungi dan menyelamatkan kita dari seluruh bahaya dan bencana. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

*Untuk doa-doa lainnya yang lebih lengkap bisa dibaca di artikel Kumpulan Doa

2 KOMENTAR

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.