Beranda Tazkiyah Doa Doa Keluar Rumah, Arti dan Keutamaannya

Doa Keluar Rumah, Arti dan Keutamaannya

doa keluar rumah

Setiap hari kita pasti keluar rumah. Entah untuk pergi kerja, ke sekolah, kuliah, ke pasar, atau sekadar ke tempat yang dekat. Ke masjid atau ke tetangga, misalnya. Nah, kita bisa mendapatkan pahala dan keutamaan sesering itu ketika membaca doa keluar rumah.

Bagaimana doa keluar rumah dari artinya? Berikut ini lengkap tulisan Arab, latin, arti, dan keutamaannya.

Tulisan Arab dan Latin Doa Keluar Rumah

Doa pertama ini bersumber dari hadits hasan shahih riwayat Tirmidzi dan Abu Daud. Kita mulai dari tulisan Arab dan tulisan latin.

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

(Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa haula walaa quwwata illaa billah)

Baca juga: Doa Iftitah

Arti Doa Keluar Rumah

doa keluar rumah dan artinya

Doa di atas artinya adalah sebagai berikut:

Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali karena Allah.

Keutamaan Doa Keluar Rumah

Imam Tirmidzi meriwayatkan keutamaan doa tersebut dalam Sunan-nya.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مَنْ قَالَ – يَعْنِى إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ – بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ. يُقَالُ لَهُ كُفِيتَ وَوُقِيتَ. وَتَنَحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ

Dari Anas bin Malik, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa ‘bismillahi tawakkaltu ‘alalloohi laa haula walaa quwwata illaa billah’ dikatakan kepadanya kamu akan dicukupi, kamu dilindungi. Seketika itu, setan-setan menjauh dari orang yang membaca doa ini.” (HR. Tirmidzi)

Dari hadits di atas, kita mengetahui bahwa keutamaan membaca doa keluar rumah tersebut adalah mendapatkan kecukupan dan perlindungan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karenanya, selalu baca doa ini ketika ke luar dari rumah. Insya Allah akan selamat dan mendapat perlindungan-Nya.

Ada pula hadits riwayat Ibnu Hibban yang menjelaskan keutamaan doa ini. Bahwa siapa yang membaca doa tersebut, ia akan mendapatkan kecukupan, perlindungan, dan petunjuk. Maka syetan pun mengatakan kepada syetan lainnya, “Bagaimana kalian bisa mengganggu orang yang telah mendapatkan kecukupan, perlindungan, dan petunjuk?”

Baca juga: Doa Qunut

Doa Lainnya

Selain doa di atas, ada lagi doa keluar rumah yang Rasulullah ajarkan. Derajatnya juga shahih. Berasal dari jalur Ummu Salamarh radhiyallahu ‘anha.

Berikut ini tulisan Arab, latin, dan artinya:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ نَزِلَّ أَوْ نَضِلَّ أَوْ نَظْلِمَ أَوْ نُظْلَمَ أَوْ نَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيْنَا

(Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloh. Alloohumma innii a’uudzubika min an nazilla au nadlilla au nadhlima au nudhlama au najhala au yujhala ‘alainaa)

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada-Nya. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu jangan sampai aku tersesat atau disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, menzalimi atau dizalimi, bodoh atau dibodohi.

Baca juga: Doa Setelah Sholat

Kumpulan Doa Lainnya

Islam adalah agama yang syamil mutakamil. Sempurna dan menyeluruh. Islam agama yang sempurna untuk umat manusia sejak masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hingga kiamat datang. Ajaran Islam menyeluruh meliputi seluruh segi kehidupan. Karenanya, tidak ada satu bidang pun kecuali Islam memiliki tuntunan baik yang bersifat umum maupun khusus. Terkadang global dan terkadang sangat detail dan hampir semua ada doanya.

Doa keluar rumah ini menjadi bukti bahwa Islam itu syamil mutakamil. Jika dalam menghadapi hujan saja ada tuntunannya, apalagi mengelola perkara-perkara penting dan krusial. Semua ada panduannya.

Semoga kita bisa mengamalkannya. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. [Nuruddin Faqih/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.