Beranda Tazkiyah Doa Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya

Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya

doa masuk kamar mandi

Setiap hari kita pasti berkali-kali ke kamar mandi. Mulai bangun tidur untuk buang air kecil, lalu mandi, hingga buang air besar. Bagaimana doa masuk kamar mandi dan artinya?

Doa Masuk Kamar Mandi

Berikut ini doa masuk kamar mandi dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِث

(Allahumma innii a’udzu bika minal khubutsi wal khobaaits)

Artinya:
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits shahih riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Baca juga: Doa Iftitah

Penjelasan Doa

Kapan waktu membaca doa ini? Sebelum masuk kamar mandi. Bukan di dalam kamar mandi. Kamar mandi di sini juga termasuk toilet atau WC. Doanya sama.

Dalam Syarh Hisnul Muslim dijelaskan, asal kalimat Allaahumma adalah Ya Allah. Huruf mim tasydid yang ada pada bagian akhir adalah sebagai ganti huruf ya.

Dengan doa ini, seorang muslim memohon perlindungan dan penjagaan kepada Allah dari setan laki-laki dan setan perempuan. Setan dari golongan jin ini umumnya memang berdiam diri di kamar mandi, toilet, dan tempat-tempat kotor. Dengan membaca doa ini, mereka tidak akan mengganggu atau mendatangkan keburukan.

Baca juga: Doa Qunut

Kumpulan Doa Lainnya

Islam adalah agama yang syamil mutakamil. Sempurna dan menyeluruh. Islam agama yang sempurna untuk umat manusia sejak masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hingga kiamat datang. Ajaran Islam menyeluruh meliputi seluruh segi kehidupan. Karenanya, tidak ada satu bidang pun kecuali Islam memiliki tuntunan baik yang bersifat umum maupun khusus. Terkadang global dan terkadang sangat detail.

Termasuk dalam hal ke kamar mandi. Islam mengatur adab-adab dan juga ada tuntunan doa. Baik doa masuk kamar mandi maupun doa keluar kamar mandi.

Doa ini menjadi bukti bahwa Islam itu syamil mutakamil. Jika dalam urusan yang kecil seperti masuk kamar mandi saja ada tuntunannya, apalagi perkara-perkara penting dan krusial. Semua ada panduannya.

Semoga kita bisa mengamalkannya. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. []

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.