Beranda Tazkiyah Doa Doa Masuk Masjid dan Artinya serta Keutamaannya

Doa Masuk Masjid dan Artinya serta Keutamaannya

doa masuk masjid

Dalam sehari semalam, muslim laki-laki seharusnya masuk masjid lima kali. Sebab ia shalat berjamaah di masjid lima waktu. Di antara sunnah yang berpahala dan memiliki keutamaan adalah doa masuk masjid.

Bagaimana doa masuk masjid dan artinya? Berikut ini lengkap tulisan Arab, latin, arti, dan keutamaannya.

Doa Masuk Masjid Paling Shahih

Berikut ini tulisan Arab dan tulisan latin doa masuk masjid paling shahih sekaligus paling populer. Doa ini juga singkat sehingga mudah menghafalkannya.

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

(Alloohummaf tahlii abwaaba rohmatik)

Artinya:
Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Imam Muslim, Abu Daud, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan Ahmad.

Baca juga: Doa Iftitah

Doa Masuk Masjid dengan Mohon Ampunan

Ada pula doa lain yang juga shahih. Tak hanya meminta rahmat, doa ini juga meminta ampunan. Berikut ini tulisan Arab dan tulisan latin berikut artinya:

رَبِّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

(Robbigh firlii dzunuubii waftahlii abwaaba rohmatik)

Artinya:
Wahai Tuhan, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah dalam Sunan keduanya. Dalam riwayat Ibnu Majah, menggunakan lafazh Allaahumma sebagai ganti Rabbi.

Baca juga: Doa Qunut

Doa Masuk Masjid Paling Panjang

Selain dua doa di atas, ada lagi doa yang lebih panjang. Derajatnyajuga shahih. Berikut ini tulisan Arab dan tulisan latinnya:

بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

(Bismillaahi wassalaamu ‘ala rosuulillaah. Alloohummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba rohmatik)

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah dan shalawat atas Rasulullah.  Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits hasan riwayat Ibnu Majah dalam Sunan-nya.

Baca juga: Doa Setelah Sholat

Keutamaan

Seluruh doa di atas memiliki kesamaan. Yakni meminta rahmat Allah. Maka keutamaan doa ini adalah terbukanya pintu rahmat bagi orang yang sering masuk masjid dan membaca doanya.

Sungguh rahmat Allah ini sangat kita butuhkan. Rahmat Allah di dunia berarti limpahan nikmat, perlindungan, penjagaan, dan kasih sayang-Nya. Sedangkan rahmat Allah di akhirat adalah kasih sayang-Nya hingga memasukkan kita ke dalam surga-Nya.

Tanpa rahmat Allah, kita tidak bisa masuk surga. Mau mengandalkan amal-amal kita? Sebenarnya amal-amal itu tidak seberapa. Bahkan jika amal-amal itu untuk membayar nikmat-Nya di dunia pun tidak mencukupi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَا يُدْخِلُ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ، وَلَا يُجِيرُهُ مِنَ النَّارِ، وَلَا أَنَا إِلَّا بِرَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ

Tidak ada amalan seorangpun yang bisa memasukkannya ke dalam surga, dan menyelamatkannya dari neraka. Tidak juga denganku, kecuali dengan rahmat dari Allah. (HR. Muslim)

Kumpulan Doa Lainnya

Islam adalah agama yang syamil mutakamil. Sempurna dan menyeluruh. Islam agama yang sempurna untuk umat manusia sejak masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hingga kiamat datang. Ajaran Islam menyeluruh meliputi seluruh segi kehidupan. Karenanya, tidak ada satu bidang pun kecuali Islam memiliki tuntunan baik yang bersifat umum maupun khusus. Terkadang global dan terkadang sangat detail dan hampir semua ada doanya. Termasuk saat masuk masjid.

Doa masuk masjid ini menjadi bukti bahwa Islam itu syamil mutakamil. Jika dalam menghadapi hujan saja ada tuntunannya, apalagi mengelola perkara-perkara penting dan krusial. Semua ada panduannya.

Semoga kita bisa mengamalkannya. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. [Nuruddin Faqih/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.