Beranda Tazkiyah Doa Doa Masuk Pasar dan Artinya

Doa Masuk Pasar dan Artinya

0
doa masuk pasar

Islam agama yang syamil mutakamil. Ajarannya sempurna dan menyeluruh meliputi segala bidang. Maka, setiap aktivitas ada tuntunan adab dan doanya. Termasuk saat bermuamalah di pasar. Nah, tulisan ini menyajikan doa masuk pasar dan artinya.

Manusia adalah makhluk sosial yang pasti membutuhkan manusia lain untuk mencukupi kebutuhannya. Juga untuk berinteraksi sehingga lebih bahagia dalam hidup ini. Pasar merupakan tempat manusia melakukan transaksi jual beli. Ada pedagang yang menyediakan produk, dan ada pembeli yang membutuhkan produk-produk tersebut.

Pasar di sini tidak terbatas hanya pasar tradisional. Termasuk juga pasar swalayan, minimarket, dan supermarket. Agar berkah dan terhindar dari fitnah, baca doa masuk pasar ketika memasukinya. Berikut ini doanya, lengkap dengan tulisan Arab, tulisan Latin, dan arti.

Doa Masuk Pasar

Berikut ini tulisan Arab dan tulisan latin doa masuk pasar:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكُ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ وَهُوَ حَىٌّ لاَ يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

(Laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah. Lahul mulku walahul hamdu. Yuhyii wa yumiitu wahuwa hayyun laa yamuut. Biyadihil khoir wahuwa ‘alaa kulli syai-in qodiir)

Artinya:
Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dia yang mempunyai kerajaan dan segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Hidup yang tidak mati. Di tangan-Nya segala kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits hasan lighairihi riwayat Imam Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah.

Baca juga: Doa Iftitah

Keutamaan Doa Masuk Pasar

Dalam hadits yang lengkap, terdapat keutamaan doa tersebut sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

مَنْ دَخَلَ السُّوقَ فَقَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكُ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ وَهُوَ حَىٌّ لاَ يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ وَرَفَعَ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ دَرَجَةٍ

Barang siapa masuk pasar lalu membaca doa (yang artinya) “Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dia yang mempunyai kerajaan dan segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Hidup yang tidak mati. Di tangan-Nya segala kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” niscaya  ditulis untuknya beribu-ribu kebaikan, dihapuskan darinya beribu-ribu keburukan, dan diangkat baginya beribu-ribu derajat.

Jadi, keutamaan doa ini sangat luar biasa. Yakni orang yang membacanya akan mendapat beribu kebaikan, terhapus darinya beribu keburukan, dan derajatnya naik beribu derajat.

Baca juga: Doa Qunut

Kumpulan Doa Lainnya

Doa masuk pasar ini menjadi bukti bahwa Islam itu syamil mutakamil. Jika dalam perkara ringan seperti masuk pasar saja ada tuntunannya, apalagi hal-hal yang lebih strategis dan krusial. Semua ada panduannya.

Semoga kita bisa mengamalkannya. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. [Nuruddin Faqih/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.