Beranda Tazkiyah Doa Doa Memakai Pakaian

Doa Memakai Pakaian

0

Islam adalah agama yang sempurna. Ia memberikan segala tuntunan yang dibutuhkan oleh manusia. Ia memiliki aturan untuk kehidupan pemeluknya, dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi.

Salah satu bukti lengkap dan sempurnanya Islam adalah doa. Islam mengajarkan doa untuk segala aktifitas manusia. Dengan doa, seorang muslim menjadi ingat kepada Allah dan bergantung kepada-Nya. Dengan doa, seorang muslim memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala; merealisasikan ikrarnya iyyaka na’bu wa iyyaka nasta’in. Hanya kepada Allah kami beribadah dan hanya kepada Allah kami meminta.

Doa Memakai Pakaian

Berikut ini doa memakai pakaian:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ

“Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan pakaian ini kepadaku, tanpa ada daya serta kekuatan dariku”

Doa tersebut berdasarkan hadits riwayat Abu Dawud. Menurut Al Albani dalam Shahih Jami’ush Shaghir, hadits tersebut derajatnya hasan.

Keutamaan Doa Memakai Pakaian

Dalam hadits yang sama, Rasulullah juga menerangkan keutamaan doa tersebut.

وَمَنْ لَبِسَ ثَوْبًا فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ

“Barangsiapa ketika memakai pakaian ia berdoa (yang artinya): ‘Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan pakaian ini kepadaku, tanpa ada daya serta kekuatan dariku’ maka diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang”

Masya Allah… Doa memakai pakaian ini singkat dan mudah, keutamannya luar biasa. Diampuni dosa. Dosa yang dimaksudkan dalam hadits ini adalah dosa-dosa kecil. Bukan dosa-dosa besar yang disengaja.

Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/bersamadakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.