Beranda Tazkiyah Doa Doa Penutup Majelis, Arab Latin dan Artinya

Doa Penutup Majelis, Arab Latin dan Artinya

doa penutup majelis

Islam mengajarkan doa untuk setiap kondisi dan aktifitas. Termasuk ketika sebuah majelis selesai. Nah, berikut ini doa penutup majelis, lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

Majelis itu secara bahasa artinya tempat duduk. Lebih tepatnya adalah pertemuan. Misalnya pertemuan keilmuan seperti pengajian, seminar, atau majelis taklim. Bisa juga pertemuan dalam rangka rapat baik rapat RT, rapat kepanitiaan, rapat takmir masjid, maupun rapat organisasi. Bisa pula pertemuan yang lain seperti arisan, reuni, dan sebagainya.

Jadi, setiap pertemuan yang baik termasuk majelis yang sunnah menutupnya dengan doa ini. Ada pun pertemuan dalam rangka bermaksiat kepada Allah, itu tidak termasuk dalam kategori majelis seperti ini. Misalnya pertemuan perjudian, klub malam, dan sejenisnya.

Dengan membaca doa penutup majelis, tentu saja kita akan mendapatkan pahala. Istimewanya lagi, ada keutamaan besar menanti orang yang membaca doa ini. Keutamaan apa? Langsung simak saja uraian berikut ini.

Doa Penutup Majelis

Berikut ini doa penutup majelis dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

(Subhaanaka Alloohumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik)

Artinya:
Mahasuci Engkau ya Allah dan dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Engkau. Aku memohon ampunan dan bertaubat kepada-Mu.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits shahih riwayat Abu Dawud. Keutamaan doa ini, jika ada dosa atau kesalahan dalam majelis (pembelajaran) tersebut, Allah akan mengampuninya. Karenanya, nama lain doa ini adalah doa kafaratul majelis. Doa untuk menebus dosa dan kesalahan dalam majelis tersebut.

Baca juga: Doa Memakai Pakaian

Membaca Surat Al Ashr

Selain doa kafaratul majelis di atas, ada pula sunnah lain bacaan penutup majelis. Yaitu membaca Surat Al Ashr. Tepatnya sebelum berpisah dari majelis. Sebagaimana hadits shahih riwayat Abu Dawud:

كَانَ الرَّجُلانِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا الْتَقَيَا لَمْ يَفْتَرِقَا حَتَّى يَقْرَأَ أَحَدُهُمَا عَلَى الآخَرِ : وَالْعَصْرِ إِنَّ الإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ ثُمَّ يُسَلِّمَ أَحَدُهُمَا عَلَى الآخَرِ

Apabila dua orang sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam itu bertemu, mereka tidaklah berpisah sampai salah satu di antara keduanya membaca ‘wal ‘ashr innal insana lafii khusr …’. Lalu salah satu dari keduanya mengucapkan salam untuk lainnya. (HR. Abu Daud dalam Az-Zuhd, Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Awsath, dan Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman)

Nah, berikut ini Surat Al Ashr dalam khat Arab, tulisan Latin, dan artinya:

وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

(Wal ‘ashr. Innal insaana lafii khusr. Illal ladziina aamanuu wa’amilush shoolihaati watawaashou bilhaqqi watawaashou bish shobr)

Artinya:
Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Baca juga: Doa Sesudah Belajar

Demikian doa penutup majelis dan artinya. Semoga Allah memudahkan kita untuk mengamalkannya. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. Wallahu a’lam bish shawab. []

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.