Beranda Tazkiyah Doa Doa Setelah Adzan Beserta Arti dan Keutamaannya

Doa Setelah Adzan Beserta Arti dan Keutamaannya

doa setelah adzan

Sesudah adzan, ada sunnah bagi yang mendengarnya. Termasuk bagi muadzinnya sendiri. Yakni doa setelah adzan. Bagaimana bacaan doanya, artinya dan keutamaannya?

Adzan merupakan panggilan untuk shalat. Meskipun yang mengumandangkan adalah muadzin, pada hakikatnya ia adalah panggilan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Selain sunnah menghentikan aktifitas dan sunnah menjawab adzan, ada sunnah lain sesudahnya. Yakni membaca doa setelah adzan.

Tentu saja ada sunnah yang tak kalah penting; menyegerakan berangkat ke masjid untuk shalat berjamaah. terutama bagi laki-laki.

Berikut ini lafadz doa setelah adzan dalam bahasa Arab, artinya dalam bahasa Indonesia, dan keutamaannya. Doa-doa ini berdasarkan hadits-hadits shahih.

Doa Setelah Adzan

Berikut ini doa setelah adzan dari hadits shahih riwayat Imam Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ  وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِى وَعَدْتَهُ

(Alloohumma robba haadzihid da’watit taammah wash sholaatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasiilata wal fadliilah wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa adtsah)

Artinya:
Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan (dakwah) yang sempurna dan shalat yang akan didirikan, berikanlah wasilah (kedudukan tinggi) dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang Engkau janjikan kepadanya.

Ada pula doa yang lebih panjang dengan tambahan setelahnya. Lafadznya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ  وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِى وَعَدْتَهُ . إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

(Alloohumma robba haadzihid da’watit taammah wash sholaatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasiilata wal fadliilah wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa adtsah. Innaka laa tukhliful mii’aad)

Artinya:
Ya Allah, Tuhan panggilan yang sempurna dan shalat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang Engkau janjikan kepadanya. Sesungguhnya Engkau tidak akan menyalahi janji.

Doa ini diriwayatkan oleh Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz menilai sanadnya bagus.

Baca juga: Doa Iftitah

Keutamaan Doa Setelah Adzan

Dalam riwayat Imam Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu di atas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga menyebutkan keutamaannya.

Keutamaan doa setelah adzan, menurut hadits itu, mendapatkan syafaat Baginda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Barangsiapa mengucapkan setelah mendengar adzan ‘alloohumma robba hadzihid da’watit taammah.. (hingga selesai)’ maka dia akan mendapatkan syafa’atku kelak. (HR. Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad)

Baca juga: Doa Setelah Sholat

Bukankah kita semua berharap syafaat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam? Di saat menghadapi hari yang begitu mencekam, yang semua orang khawatir dengan nasibnya, dan menyesali dosa-dosanya. Saat itu semua orang berharap mendapat syafaat.

Maka beruntunglah orang yang menjalankan sunnah ini, membaca doa setelah adzan. Sehari lima waktu. Maka, kelak ia akan berbahagia dengan syafaat Nabi yang mulia. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

*Untuk doa-doa lainnya, silakan baca artikel Kumpulan Doa

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.