Beranda Tazkiyah Doa Doa Setelah Wudhu dan Keutamaannya yang Membuka Pintu Surga

Doa Setelah Wudhu dan Keutamaannya yang Membuka Pintu Surga

0
doa setelah wudhu ilustrasi
ilustrasi wudhu (ashorooq)

Salah satu sunnah wudhu adalah membaca doa setelah wudhu. Bagaimana bacaannya, doa mana yang paling shahih dan doa mana yang keutamaannya membuat delapan pintu surga terbuka?

Berikut ini bacaan doa-doa setelah wudhu dengan tulisan Arab, tulisan latin dan artinya serta keutamaannya.

Doa Setelah Wudhu Paling Shahih

Berikut ini adalah doa wudhu paling shahih, diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahih-nya.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

(Asyhadu an laa ilaaha illalloh wahdahu laa syariikalah. Wa asyhadu wa anna muhammadan ‘abduhuu warosuuluh)

doa sesudah wudhu

Artinya: Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.

Ada pula doa lain yang senada, hanya berbeda sedikit redaksi. Doa ini juga diriwayatkan Imam Muslim dalam Shahih-nya.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللَّهِ وَرَسُولُهُ

(Asyhadu an laa ilaaha illalloh wa anna muhammadan ‘abdulloohi warosuuluh)

Artinya: Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusanNya.

Doa Setelah Wudhu Lainnya

Selain doa di atas, ada pula doa setelah wudhu lainnya yang lebih panjang. Doa ini diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dengan sanad yang shahih pula.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

(Asyhadu an laa ilaaha illalloh wahdahu laa syariikalah. Wa asyhadu wa anna muhammadan ‘abduhuu warosuuluh. Alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriin)

doa setelah wudhu

Artinya: Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.

Baca juga: Sholat Dhuha

Keutamaannya

Baik doa yang pertama atau pun yang kedua, kedua-duanya memiliki keutamaan yang luar biasa. Siapa yang berwudhu sempurna lalu membaca salah satu doa tersebut, maka delapan pintu surga akan dibuka untuknya. Ia bisa masuk surga dari pintu mana pun yang ia inginkan.

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

“Barangsiapa berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.’ Maka dibukalah delapan pintu untuknya yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Tirmidzi; shahih)

Juga hadits lainnya:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأَ فَيَسْبِغُ اْلوُضُوْءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةَ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

“Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya’ kecuali dibukalah delapan pintu untuknya yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Muslim, Abu Dawud dan Ahmad)

Inilah keutamaan doa setelah wudhu yang luar biasa. Dan keutamaan ini bisa didapatkan baik dengan membaca doa yang pertama maupun doa yang kedua.

Baca juga: Kumpulan Doa

20 Sunnah Wudhu

Selain membaca doa setelah wudhu, ada pula sunnah wudhu lainnya yang jumlahnya cukup banyak. Berikut ini 20 sunnah wudhu:

  1. Membaca basmalah
  2. Bersiwak
  3. Membasuh telapak tangan
  4. Berkumur
  5. Membersihkan hidung dengan air
  6. Menyela-nyela janggut yang lebat dengan jari-jari
  7. Menyapu seluruh kepala
  8. Menyela jari-jari tangan dan kaki
  9. Menyapu telinga bagian dalam dan luar
  10. Melakukan fardhu dan sunnah wudhu tiga kali
  11. Mendahulukan yang kanan daripada yang kiri
  12. Menggosok anggota wudhu yang dibasuh
  13. Beriringan membasuk anggota wudhu tanpa dijeda
  14. Melebihkan basuhan tangan hingga melampaui sika
  15. Melebihkan basuhan kaki hingga melampaui mata kaki
  16. Hemat dan tidak boros menggunakan air
  17. Menghadap kiblat sewaktu berwudhu
  18. Tidak bicara saat berwudhu
  19. Membaca doa setelah wudhu
  20. Mengerjakan shalat dua rakaat setelah wudhu

Demikian doa setelah wudhu lengkap tulisan Arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia. Juga keutamaannya yang luar biasa, dibukakan delapan pintu surga. Untuk pembahasan lengkap tata cara wudhu hingga niatnya, bisa dibaca di artikel Niat Wudhu. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.