Beranda Tazkiyah Doa Doa untuk Kedua Orang Tua Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa untuk Kedua Orang Tua Lengkap Arab Latin dan Artinya

doa untuk kedua orang tua

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk berbakti kepada kedua orang tua. Salah satu bentuk birrul walidain itu adalah mendoakannya. Berikut ini kumpulan doa untuk kedua orang tua, lengkap dengan tulisan Arab, tulisan Latin, dan artinya.

Doa-doa ini bersumber dari Al-Qur’an dan hadits. Maka selain berpahala, insya Allah juga mustajabah.

Doa Minta Ampun untuk Kedua Orang Tua

Setiap anak yang baik pasti ingin kedua orang tuanya mendapatkan ampunan. Sebab ia sadar semua manusia pasti punya dosa. Tanpa ampunan-Nya, dosa-dosa itu bisa menjerumuskan ke neraka. Maka, anak yang berbakti pasti akan sering memintakan ampunan kepada Allah untuk kedua orang tuanya.

Berikut ini doa minta ampun untuk kedua orang tua beserta tulisan Arab, Latin, dan artinya.

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

(Robbanaghfirlii wa liwaalidayya wa lil mu’mininna yauma yaquumul hisaab)

Artinya:
Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).

Keterangan:
Doa ini tercantum pada Surat Ibrahim ayat 41.

Ada juga doa lain sebagaimana pernah Nabi Nuh panjatkan. Yakni doa mohon ampun untuk diri sendiri dan kedua orang tua, serta orang-orang mukmin. Bedanya, pada doa ini juga ada doa kebinasaan untuk orang-orang zalim. Berikut ini tulisan Arab, Latin, dan artinya.

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

(Robbighfirlii wa liwaalidayya wa liman dakhola baitiya mu’minan walil mu’miniina wal mu’minaat. Walaa tazidid dhoolimiina illaa tabaaroo)

Artinya:
Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.

Keterangan:
Doa ini tercantum pada Surat Nuh ayat 28.

Baca juga: Doa Iftitah

Doa Mohon Kasih Sayang untuk Kedua Orang Tua

Doa untuk kedua orang tua lainnya yang ada dalam Al-Qur’an adalah mendoakan kasih sayang. Yakni minta kepada Allah menyayangi kedua orang tua sebagaimana mereka telah menyayangi kita sewaktu kita kecil.

Berikut ini doa minta kasih sayang untuk kedua orang tua beserta tulisan Arab, Latin, dan artinya.

رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

(Robbir hamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo)

Artinya:
Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil

Keterangan:
Doa ini tercantum pada Surat Al Isra’ ayat 24.

Baca juga: Doa Qunut

Gabungan Doa untuk Kedua Orang Tua

Banyak ulama menggabungkan dua doa di atas sehingga menjadi doa memohonkan ampunan dan kasih sayang. Maka lafazhnya menjadi sebagai berikut:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

(Robbighfirlii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo)

Artinya:
Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.

Doa untuk Orang Tua yang Sakit

Imam An Nawawi dalam Al Adzkar menjelaskan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membacakan doa ini untuk keluarga beliau yang sakit. Berikut ini tulisan Arab, Latin, dan artinya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

(Allaahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syaafiya illaa anta syifaa’an laa yughoodiru saqoman)

Artinya:
Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits shahih riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Doa untuk Orang Tua yang Telah Meninggal

Untuk orang tua, kerabat, dan seluruh kaum mukminin yang telah meninggal, ada doa yang Imam Ahmad tuliskan dalam Musnad beliau. Berikut ini tulisan Arab, Latin, dan artinya.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَالِدَىَّ وَلِمَشَايِخِى فِى اللَّهِ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ والْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ

(Allaahummagh firlii waliwaalidayya walimasyaayikhii fillaahi walisaa’iril muslimiina wal muslimaat, wal mu’miniina wal mu’minaat, al ahyaa’i minhum wal amwaat)

Artinya:
Ya Allah ampunilah aku, kedua orang tuaku, guru-guruku di jalan Allah, kaum muslimin dan muslimat, kaum mukminin dan mukminat, baik yang masih hidup maupun yang telah wafat.

Demikian doa-doa untuk kedua orang tua, semoga kita bisa mengamalkannya. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Doa Lengkap. [Nuruddin Faqih/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.