Beranda Ilmu Islam Inilah Definisi Sunnah yang Harus Diketahui

Inilah Definisi Sunnah yang Harus Diketahui

0
Ilustrasi (hdw)

Beberapa pekan terakhir, dunia maya terutama media sosial sedikit ramai perihal kata sunnah yang dilontarkan salah seorang penulis. Lalu, ada tulisan yang mendukung penulis tersebut. Di lain pihak, ada pula yang membantahnya.

Tulisan berikut bukan untuk memperkeruh suasana, tidak pula memihak satu kalangan. Namun untuk memberikan pencerahan kepada kita semua tentang asal muasal kata sunnah tersebut disertai definisi yang disebutkan oleh para pakar.

Dikarenakan kata sunnah adalah bahasa arab, maka harus dimaknai dengan bahasa arab pula.

Definisi kata السنة (As-sunnah) secara etimologi adalah metode yang digunakan atau diikuti, apakah itu baik (hasanah) atau buruk (sayyi`ah). Jika kata sunnah disebutkan secara mutlak tanpa disandarkan kepada satu sifat, maka artinya adalah sunnah hasanah, cara yang baik atau sunnah yang baik.

Di samping itu, kata sunnah juga digunakan untuk adat, kebiasaan, dan syariat.

Setelah Islam datang, maka penggunaan kata sunnah lebih mengerucut kepada syariat Islam, yakni ajaran dan kebiasaan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam secara umum serta ajaran agama yang dipraktikkan oleh para shahabat Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Dalilnya adalah sabda Rasul Shallallahu Alaihi wa Sallam yang berbunyi,

فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي، وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّينَ، وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ، وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ، فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ، وَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ

“Hendaklah kalian semua berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah khulafaurrasyidin yang mendapat petunjuk (sesudahku). Jauhilah oleh kalian hal-hal yang baru (dalam urusan agama), karena semua perihal yang baru (dalam urusan agama) dalam bid’ah, dan semua bid’ah itu adalah sesat.” (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi).

Adapun pengertian sunnah menurut terminologi, maka terdapat banyak definisi menurut beberapa pakar.

1. Definisi sunnah menurut ulama hadits adalah semua yang disandarkan kepada Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, berupa perkataan, perbuatan, penetapan, atau sifat. Dalam hal ini, definisi sunnah sama dengan definisi hadits.

2. Menurut pakar fikih (fuqaha), sunnah adalah lawan kata dari wajib atau fardhu. Menurut mereka, sunnah adalah semua hal yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam atau semua hal yang beliau perintahkan bukan untuk sebuah keharusan, namun sebuah anjuran semata.

Definisi lain menurut sebagian kalangan ulama fikih adalah bahwa sunnah itu lawan dari kata bid’ah. Contohnya, talak sunnah dan talak bid’ah.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Inilah Definisi Sunnah yang Harus Diketahui (Bagian 2)