Beranda Kisah-Sejarah Kisah Sahabat “Jangan Sekali-kali Bicara dengan Tiga Orang Ini”

“Jangan Sekali-kali Bicara dengan Tiga Orang Ini”

tiga orang
sdiworld.org

Bagaimana rasanya bila kau ditakacuhkan orang sholeh? Tentu sangat sedih dan menyakitkan.  Itu baru ditakacuhkan orang sholeh, bagaimana kalau ditakacuhkan oleh Rasulullah SAW?

Ketika ada tiga orang yang tidak ikut serta dalam perang Tabuk, maka Rasulullah SAW dan seluruh kaum muslimin mengisolir mereka.

Peristiwa tersebut dikisahkan oleh Ibnu Hisyam dalam sirahnya, “Ketika Rasulullah SAW kembali ke Madinah beliau mengetahui ada beberapa orang Munafiq yang tidak ikut serta dalam peperangan. Juga ada tiga orang dari kalangan muslimin, yaitu;

1. Ka’ab bin Malik
2. Murarah bin Rabi’
3. Hilal bin Umayah

Bukan karena keraguan atau sifat nifaq. Karena itu Rasulullah berkata kepada para sahabat,” Jangan sekali-kali berbicara dengan salah seorang dari mereka.”

Maka secara serempak kaum muslimin pun melakukan gerakan tutup mulut terhadap mereka bertiga. Hingga setelah 50 hari berlalu, Allah menurunkan ayat yang berisi ampunan untuk mereka bertiga. Kaum muslimin pun kembali menyapa mereka.

Dan terhadap tiga orang yang ditangguhkan (penerimaan taubat) mereka, hingga apabila bumi telah menjadi sempit bagi mereka, padahal bumi itu luas dan jiwa merekapun telah sempit (pula terasa) oleh mereka, serta mereka telah mengetahui bahwa tidak ada tempat lari dari (siksa) Allah, melainkan kepada-Nya saja. Kemudian Allah menerima taubat mereka agar mereka tetap dalam taubatnya. Sesungguhnya Allah-lah Yang maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. (QS. At-Taubah: 118)

Sementara orang-orang munafik yang membelot mendatangi Rasulullah untuk mengemukakan alasan ketidakikutsertaannya berperang dengan bersumpah.

Dan Rasulullah tidak menghukum mereka. Meski sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya tidak akan mengampuninya. Pedih. [Paramuda/ BersamaDakwah]

BARU 1 KOMENTAR

  1. Komentar:
    Semoga saya termasuk orang orang yg slalu di lindungi اَللّهُ dan rosulnya,,amin
    Gimn prsaan 3 org itu kapok mukapan haahahaaaa

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.