Beranda Suplemen Ghazwul Fikri Jawaban untuk 5 Pernyataan Ahok Seputar Qurban

Jawaban untuk 5 Pernyataan Ahok Seputar Qurban

ilustrasi qurban (Sacbee.com)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kembali memancing emosi umat Islam melalui sejumlah pernyataannya seputar qurban.

Bukan hanya bicara soal alasannya mengatur pemotongan hewan qurban, Ahok juga bicara tentang Islam, kiblat dan lain-lain yang menyinggung banyak orang. Karenanya pernyataan-pernyataan Ahok itu perlu dijawab agar tidak menyesatkan orang awam.

Siapa tahu juga, tulisan ini dibaca Ahok sehingga dirinya mendapat pencerahan dan semoga mendapat hidayah.

1. Darah hewan qurban tertumpah dan bikin penyakit

“(Pelarangan pemotongan hewan kurban di sekolah) disebutkan (di Ingub). Seharusnya memang tidak boleh, karena darahnya mencurah ke tanah dan kebanyakan anak-anak bisa tertular penyakit”
Ahok, 8 September 2015
Sumber: Sindonews

Perlu Ahok ketahui, kebiasaan umat Islam di Indonesia ketika menyembelih hewan qurban, mereka menggali tanah terlebih dahulu, membentuk lubang yang cukup dalam untuk menampung darah hewan qurban. Di atas lubang itulah hewan qurban disembelih sehingga praktis darahnya akan tertumpah di lubang tersebut.

Setelah proses penyembelihan selesai, lubang tersebut akan ditutup/ditimbun dengan tanah sehingga darah hewan qurban terkubur di dalamnya dan tidak menggenang di permukaan tanah. Adapun untuk percikan-percikan darah di permukaan tanah, panitia qurban akan membersihkannya dengan menyiramkan air hingga bersih kemudian menaburkan kapur di atasnya untuk menetralisir bau atau dengan cara-cara lainnya. Intinya, panitia qurban di setiap masjid, sekolah atau tempat lainnya memiliki cara tersendiri untuk membersihkan bekas darah dan menetralisir bau.

Kebanyakan anak-anak bisa tertular penyakit? Qurban ini telah berlangsung selama ratusan tahun. Adakah penelitian yang membuktikan bahwa ada anak-anak yang tertular penyakit akibat qurban? Atau adakah berita mengenai tuduhan itu, yang bisa dipertanggungjawabkan?

52 KOMENTAR

  1. Bukan salah siapa2, salahnya kita, karena ketidak tahuan atau acuh tak acuh akan agama makanya Ahok naik jadi Gubernur sekarang. Jadi nglunjak juga kan….
    Jangan biarkan Islam itu ditekan.

  2. wajar saja ahok, ngomong kayak gitu, karena dia punya misi yang terselubung, yaitu mengadu domba umat islam…bersatu lah wahai kaum muslimin, jangan khilaf oleh tipu daya syaiton yang telah dilaknat Allah sampai ahir zaman…semoga kita kaum muslimin selalu dalam lindungan Allah…..Aamiiiiiin.

  3. Kebanyakan anak-anak bisa tertular penyakit? Qurban ini telah berlangsung selama ratusan tahun.

    Betul sekali! Permasalahan si ahok itu bukan sama Qurban nya tapi dia alergi sama Islamnya.

    kalo pelacuran di legalkan bahkan disertifikasikan. Nah ini dia penyakit yg harusnya dikhawatirkan sama dia. Jangan 2 dia punya langganan hahah

  4. – Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Inginkah kamu mengadakan alasan yang nyata bagi Allah (untuk menyiksamu)?
    Qs an-nisa 144

  5. dibaca sama yang nulis gak ya?
    cuman pingin tahu, apakah penulis tahu di Arab Saudi ada penyemblihan hewan kurban yang dilakukan kelompok di halaman mesjid atau di sekolahan?
    menurut ane, Ahok itu bisa dibalas kalau ada yang bisa mengatakan bahwa di Arab Saudi memang ada penyemblihan hewan kurban di sekolahan. Dia akan langsung diam.
    kalau di Pakistan (Peshawar) ane tahu, banyaak… bahkan di halaman rumah mereka menyemblih hewan kurbannya. Satu rumah menyemblih beberapa domba atau sapi kurban keluarganya, dan di tetangganya juga menyemblih untuk keluarganya. kemudian mereka saling berbagi.

  6. Komentar:ahok..ahoooook…lu punya agama tapi lu gk pernah tau agama lu aa..syariat islam pula yang kau bahas…
    Kalau lu penasaran sama islam…langsung saja tanya jawab dengan ulama….mau memecah belah umat islam??…gk bakalan bisa lu hoook…
    Umat islam tidak sebodoh yg lu kira aaa…

  7. Assalamualikum saudara2 muslim semuanya.
    Izin menanggapi “komentar komentar diatas”.
    Saya setuju,alangkah lebih baiknya memang ahok diberikan penjelasan secara resmi,agar dia mengerti dan tidak salah paham. Mudah2an dia diberikan hidayah oleh Allah s.w.t. kemudian kepada teman2 semua,sebaiknya hindarilah perkataan tidak baik,suudzon, tuduhan lainnya kepada ahok. khawatirnya ghibah akan membakar semua kebaikan kita.
    Hanya Allah s.w.t yg maha mengetahui, dan semoga DIA selalu melindungi kita dalam rahmat-NYA
    Amiinn..

    • Benar, penulis laman sudah mencoba mendebat dan mengriktik sebijak mungkin. Ada baiknya sebagai ummat rahmatan lil alamin, kita pun berkomentar dan mengritik dgn cara yg baik juga. Tunjukkan wajah Islam yg sebenarnya. Kalau kita benci, benci cukup pada tindakan dan sikapnya, bukan pada orangnya.

  8. Komentar:gak usah diributkan,bukan keimanan yg dia nyatakan hanya ideologi yg tdk punya dasar cm cari sensasi lihat saja sepakterjangnya cm mnuai kontrofersi cari sensasi karna mungkin ingin d sorot banyak orang, bagi kaum muslim janganlah tersulut emosi hanya karna hal yg tdk shrsnya dperdebatkan,mungkin dngan adanya keributan ini dia cm ktawa cngengesan itulah yg diinginkan orang kafir

  9. Jangan terpancing dg propaganda ahok…kita ttp rapatkan saf kita spy tdk mudah terprovokasi dan terpecah belah…sy setuju dengan penjelasan utk ke 5 pernyataan ahok, kita berhak menjawab krn ini menyangkut agama kita yg disudutkan tapi setelah itu kita serahkan kepada yang lebih berhak yaitu ALLAH SWT…

  10. Yaelah bocah kaya gw jugaa bisa ngejawab pertanyaan tuh Ahok haha :V so klo enggk tau Islam jng ikut campur Ahokk (n) #Payah

  11. Mudah2an agak segera dipanggil YME sesuai dg tersumbatnya yang siap dipanggil tuhan YME. Kalau ga lewat2 ini orang, berarti azab bagi bangsa ini yang terlalu lama hidup dalam kemungkaran

  12. bru jdi gubernur aza dah sgtu’y, aplgi klo jdi presiden….bgmna nasib umat islam di negara ini…..ambil pelajran’y aza….jngn jdikan non muslim sbgai pimpinan kita

  13. Trus ente semua mau memilih siapa kalo gak ahok??? Mentri agama aja pada korupsi… Udah baik ada pemimpin yg bener2 bersih, jujur, merperjuangkan rakyat…

    • Pret. Ahok anggaran pidato aja pura2 gak tahu. Suka nyalahin anak buah kalo ada kesalahan, padahal yang korupsi bisa jadi dia juga. Tunggu aja waktu akan mengungkap kasus2 ahok

  14. Assalamu alaikum wr.wb.@all, agama islam adalah agama yg paling di redhai sm allah swt..tentu banyak sekali cobaan nya…tergantung umat islamnya aja pa msh berpegang teguh gk sama agamanya..klu pingin mendapat sesuatu yg manis gak mungkin dari awal sampai akhir tetap manis,pasti awalnya pahit..

  15. Menurut ane kagak ade yang salah, semua bener, komentator bener, Pak Ahok juga bener, karena masing2 melihat dan berkomentar perihal kurban dari sisi-sisi yang berbeda.

  16. Komentar: jujur aja,tadinya sya segan dngan ketegasan ahok meskipun tutur katanya yg sangat tidak baik . Baru baru ini saya mngomentari soal tutur kata ahok yg perlu dirubah .
    Tp dgn prnyataan sperti ini,sya aja yg bukan ahli agama tidak menerima dgn apa yg d katakan ahok .
    Ini sudah sangat keterlaluan karena mulai mengusik agama .
    Pdhal negara ini demokrasi,termasuk soal agama .
    Biarkan stiap agama mmegang teguh syari’at agamanya masing* .
    Bukankah stiap agama mempunyai ketentuan*nya masing* ?
    Tak perlu lah kita ikut campur masalah agama 1 dgn agama lainnya,krna memang kita berbeda kepercayaan .
    Yg perlu dilakukan semua orang itu saling menghargai antar sesama umat manusia meskipun berbeda agama .
    Tolong jangan menyulut api kalo anda (ahok) tak mau terbakar .

  17. Sebaiknya MUI / perwakilan Umat Islam Berdialog Dg AHOK , u/ cari solusi ,
    biar ahok tidak masuk ke ranah ibadah umat islam,

  18. Klo bagi saya tidak ada dialog dengan orang kafir..
    Dulu org kafir dibawah islam dan meminta dialog klau sudah terpojok. Dan skrg muslim sdh dibawah org kafir karna meminta dialog dgn org kafir.. Ingatlah darah para kafir halal bagi muslim.. Wahai kaum muslim tidak akan pernah org kafir suka terhadapmu sblm kalian mengikutinya.. Ahok kafir dilindungi joko muslim KTP..

  19. Saya pro Ahok. Tapi sayang nya kebijakannya kali ini kontroversial. Pak Ahok melarang tanpa disertai solusi, ini yg sangat disayangkan. Beliau menggusur warga kp.pulo sudah dgn rusun yg disiapkan saja msh menuai kritik pedas, apalagi yg tanpa solusi. Harusnya beliau siapkan tempat per kecamatan, baik utk penjualan maupun utk penyembelihan. Wacana pelarangan ini sudah sejak tahun lalu, harusnya tahun ini sudah ada kemajuan, yaitu melarang dgn disertai solusi.

  20. Maaf bukannya membela Ahok, tp saya pernah mendatangi mesjid di Harapan Indah Bekasi yang terbilang cukup besar beberapa hari setelah Idul Adha, di pelataran mesjid yg di semen/aspal, masih ada sedikit urat atw darah hewan kurban. Selain itu ketika saya berwudhu di tempat wudhu, bau darah masih menyengat. Saya tidak men – genaralisir bahwa hal ini terjadi di tiap mesjid yg mengadakan qurban. Hal ini tergantung pada bagaimana dan sepeduli apa panitia qurban tsb dalam membersihkannya. Saya malah khawatir terkena najis (darah yg tersisa) setelah berwudhu.. Mungkin akan lebih baik jika depag/dinas kebersihan melakukan inspeksi atau mendatangi lokasi pemotongan hewan qurban beberapa hari setelahnya utk memastikan panitia benar2 membersihkan sisa2 darah qurban.

  21. Komentar: menurut saya karna ahok tidak pernah belajar tentang ISLAM dan tidak tau seperti apa agama ISLAM itu. Saya yakin kalo ahok belajar ISLAM dan tau seperti apa agama ISLAM itu, maka atas izin ALLAH SWT ahok pasti memeluk ISLAM

  22. Kita harus bisa menjaga diri kita dalam melontarkan pendapat khususnya pak ahok. apalagi ketidaktahuan kita tentang agama lain. Apakah pertanyaan itu menyinggung agama lain tidak. Dan alangkah lebih baik pak ahok tahu agamanya dulu sendiri apalagi tentang tuhanya.

  23. Sepertinya pak ahok bukan orang kristen yang baik. Tolong pak ahok baca injil deh Imamat 1:5 (TL) Kemudian hendaklah disembelihkannya lembu muda itu di hadapan hadirat Tuhan; hendaklah anak-anak Harun, yang imam itu, mempersembahkan darahnya serta memercikkan dia keliling kepada mezbah, yang di hadapan pintu kemah perhimpunan. Bahkan di ayat itu dijelaskan untuk memercikkan darah kepada mesbah (pelataran gereja). Untukmu agamamu dan untukkulah agamaku.

  24. Secara tidk lansung pun kita sdh dibuat
    Berkata tidk baik…
    Haii temn temn yu kita belajar bersabar…
    Dengan cara jgn berfikir ,berkata ,batas kesabaran kita habis berti itu sdh mnandakan kita tk sabar dan menyelesaikan masalah dgn hal yg kurang baik…
    Tetap dijalan yg bnar ajaran kita alquran dan hadis

  25. Anda itu siapa sih pk ahok, cuma tau islam gada “sejengkal jari” aja udh belagu.
    Urusin masalah yg lain .. msalah agama gausah diusik.. kamipun ga prnh mengusik agama umat lain.
    Mulut lu penuh najis.. cebok yg bener aja belum bisa.. tak diajarkan di agamamu kan?

    Salam damai #savejakarta #saveindonesia

  26. Wahai umat islam pilih lah pemimpin yang muslim&bijaksana dalam mengatasi permasalahan seperti umar bin khatab,,yang salah tu kita sendiri yg tidak bijak sana dalam memilih pemimpin.

  27. Komentar:ne kok yg d ubek ubek islam yak…masalah penyakit orang jualn daging babi nyebabin penyakit juga kok,masalah bau…..orang bakar dupa,hio dll juga bikin bauk malah kmna mana tu bauknya,masalah aliran agama….mang agama dia yg animisme jd tiap daerah punya perbedaan ya…hadewh…belajar dl keles biar ga di bilang ahok bego…loe bego sok pinter ye hok kaya otak loe paling encer aje……blajr dl sebelum ngomong biar kagak ketauan kalo loe begok hok…..

  28. Komentar: Dan mana kaum MUSLIM yg slama ini membuta dukung Ahok ?
    sperti NUSRON WAHID, ANTON MEDAN, FRISKA LUBIS, dan empat org yg ngaku ulama dari MAJELIS DZiKRUL GOFILIN… MANA SUARA MU ???
    KAU MENGAKU MUSLIM, … akan tetapi MATAMU BUTA, TELINGA mu BUDHEG.. Melihat KedzOliman AhOk yg KAU bangga-banggakan…
    Memang ada juga sih tindakan dan Kebijakan AhOk yg positif, untuk membenahi kebObrOkan pemda DKI…

    Dgn ke’-DzoliMan AhOk yg merugikan umat muslim DKI selama ini dan yg terakhir MENHARUSKAN NYEMBELIH HEWAN QORBAN di RPH…
    Padahal Dlm Perda DKI berbunyi, intinya..
    Penyembelihan Hewan Harus di RPH, KECUALI..
    UNTUK ACARA KEAGAMAAN dan ACARA ADAT, boleh di tempat lain…

    Pertanyaannya APAKAH INSTRUKSI GUBERNUR bisa MENGALAHKAN PERDA..???

  29. Komentar:Salah-salah ‘pale AHOK yg bocor ditimpukin warga yg marah…

    sudah mulut ember…
    kelakuan bejad..
    hobby ngadu domba..
    ngaku bersih, nyatanya ada KASUS RS SUMBER WARAS..

  30. hai saudaraku janggan banyak omong udah kelihatan begok kalian semua, kalo kalian pintar buktikan kalo kalian juga bisa duduk di kursi pemerintahan, di krn kan umat islam udah ngga ada yg pintar makanya ahok terpilih ,itupun krn dia seorang yg pintar

  31. Pilihlah pemimpin yg takut sama Allah, tahu tentang Islam, hafal Al Quran, dapat dipercaya n dng Iman yg tinggi maka indonesia akan makmur

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.