Beranda Tazkiyah Tazkiyatun Nafs Jika Terlanjur Makan dari Harta Haram, Bagaimana Taubatnya?

Jika Terlanjur Makan dari Harta Haram, Bagaimana Taubatnya?

14
ilustrasi taubat (wikimedia.org)

Kita telah mengetahui bahwa makanan dari uang haram sangat berbahaya. Rasulullah menjelaskan, daging yang terbentuk dari makanan haram adalah hak neraka dan makanan haram membuat doa tertolak. Termasuk doa dari orang tua kepada anaknya yang semestinya mustajabah.(Baca: Akibat Makanan Ini, Doa untuk Anak Tertolak)

Lalu bagaimana jika pernah mengkonsumsi makanan haram atau makan dari uang haram? Bagaimana cara taubatnya?

Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu mencontohkan bagaimana bentuk ‘taubat’ dari makanan syubhat yang sebelumnya tidak diketahui. Pada suatu hari seorang budak membawakan makanan untuk Abu Bakar. Tidak seperti biasanya, mungkin karena lapar dan lupa, Abu Bakar langsung memakannya. Setelah beberapa suap, barulah beliau ingat dan bertanya, “Dari mana makanan ini?”

“Dulu di jaman Jahiliyah,” jawab budak tersebut, “aku pernah meruqyah seseorang, padahal sebenarnya aku tidak bisa melakukannya. Waktu itu aku hanya pura-pura. Kemudian tadi aku bertemu orang tersebut, lalu dia memberikan makanan ini kepadaku”.

Mendengar keterangan budaknya ini, Abu Bakar segera memasukkan jari tangan beliau ke dalam mulut, lalu beliau memuntahkan semua makanan dalam perut beliau”.

Beginilah cara Abu Bakar. Padahal makanan itu belum tentu haram karena tidak ada kepastian bahwa makanan tersebut adalah upah perdukunan. Namun Abu Bakar memuntahkan semua isi perutnya. Ia khawatir makanan syubhat masuk ke dalam perutnya.

Apa yang dicontohkan Abu Bakar adalah tingkatan tertinggi wara’ (kehati-hatian) ketika seorang muslim khawatir bahwa apa yang dimakannya adalah syubhat. Dan begitulah idealnya, jika seseorang tahu bahwa makanan yang sedang dimakannya adalah makanan haram, hendaklah ia memuntahkannya dan beristighfar kepada Allah. Semoga yang tersisa (tidak bisa dimuntahkan) diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Cara itu bisa dilakukan ketika seseorang sedang memakan makanan dan sebelum selesai atau ketika baru selesai makan ia tahu/menyadari bahwa makanan tersebut adalah haram. Baik karena dzatnya –misalnya mengandung babi- atau karena caranya –misalnya makanan hasil mencuri.

Bagaimana jika makanan haram itu telah lama dimakan? Misalnya dulu pernah mencuri, sebagiannya dibelikan makanan dan dikonsumsi.

Imam An Nawawi dalam Riyadhush Shalihin menjelaskan bahwa taubat yang berhubungan dengan hak manusia ada tiga syarat:
1. Meninggalkan perilaku dosa tersebut
2. Menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan
3. Berniat tidak akan mengulanginya
4. Membebaskan diri dari hak manusia yang dizalimi dengan cara mengembalikan harta tersebut (jika terkait harta) dan meminta maaf atau minta dhalalkan kepada orang yang dizalimi.

Dengan demikian cara bertaubat dari makanan haram yang telah dikonsumsi di waktu lampau adalah sebagai berikut:
1. Meninggalkan mengkonsumsi makanan haram
2. Menyesali perbuatan tersebut seraya memperbanyak istighfar
3. Berniat tidak akan mengulanginya
4. Jika makanan itu haram karena cara memperolehnya, maka perlu mengembalikannya. Misalnya mencuri dari si Fulan, maka harus dikembalikan kepada Fulan tersebut.

Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/bersamadakwah]

14 KOMENTAR

  1. Pak ustad,sy mau nanya jika org tua kita memberi makanan yg haram kepada anak-anaknya,bagaimana cara si anak untuk membersihkan dirinya sedangkan si anak tidak tau kalo orgtua nya mencari nafkah dengan jalan tak halal?tlg djawab pak ustad.

  2. assalamu’alaikumwrwb,
    pak, sy mau nanyak tntang msa lalu sy yg mnutut sy skrg mnggangu pikiran sy trus,,
    dlu sy pernah d asuh dengan orang non muslim ,stiap sy jalan jalan2 ,, ktika ia hendak meludah,, dia slalu meludah d mulut sy,, otomatis air liurnya kmakan oleh sy,,apa yg hrus sy lkukan skrg pak?
    mohon pnjelasannya,

    wassalam

  3. Pak saya mau tanya.. Bagaimana bila saya sudah mengkonsumsi makanan haram (babi misalnya) namun saya tidak memuntahkannya seusai makan.. Bagaimana cara bertaubat nya ya?? Agar segala amal ibadah dan doa dapat di terima kembali oleh Allah SWT.. Mohon di bantu ya mengenai hal ini..

    Assalamualaikum

  4. Assalamualaikum…..,saya mau minta tolong …..untuk pak ustad dan smua teman teman yang membaca ini,mohon doanya agar dosa-dosa saya di ampuni karna saya dengan sengaja telah berbuat dosa,hari ini,saya adalah seorang muslim yang miskin ilmu agama,saya mohon bantu saya berdoa dan memohon ampun,saya ingin menebus dosa-dosa saya,Ya Allah Ya Robbi Ampunilah dosa-dosa hamba mu ini yg telah dengan sengaja melakukan kesalahan,masalalu dan hari ini,hamba tidak ingin mengulanginya lagi,mohon Ampunanmu Ya Allah…Dan Ampunilah dosa-dosa orang-orang yg telah saya dzolimi…..amiiiinnnn…..Alfatihah…..

  5. ASALAMMUALAIKUM… kawan saye menang no ekor.. kawan saye ni dia belanja makan… tapi saya tahu yg duit tu adalah dari sumber yg haram… saye tidak berfikir panjang.. saye order.. makan… apa yg saye harus lakukan untuk mensuci kan diri…

  6. Asalamualaikum Wr. Wb.
    Saya mau tanya
    Apakah harta yg di curi, Bisa di ganti dengan sedekah atau infaq dengan atau atas nama orang yg di rugikan…?
    Terimakasih
    Wasalamualaikum Wr. wb.

  7. Komentar:Dulu waktu kecil saya pernah makan tupai karna katanya obat buat penyakit korengan yang biasanya banyak pada kaki anak kecil kalo main lumpur,,,,,
    sebenarnya saya tau tupai itu haram tapi karna disuruh saya makan
    apakah hukumnya ?

  8. assalammualaikum ustad, mau tanya
    saya mendapatkan uang dari judi tetapi uang itu sudah saya makan, apakah saya boleh menggantikannya suatu saat nanti dengan menyedekahn jumlah yang saya makan?
    tlong di bantu ustadz

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Alhamdulillah jika sudah ada niat taubat, taubat nasuha, menyesal sepenuh hati dan jangan diulangi berjudi. Perbanyak sedekah, menangis di hadapan Allah, insya Allah Dia akan mengampuni.

      • Saya dan teman pernah makan rambutan orang tanpa bilang bagaimana taubatnya pak mohon di jelaskan saya tidak tahu siapa yang punya pohon

        • Taubat terbaik adalah meminta maaf kepada orang tersebut dan minta dihalalkan rambutannya. Sesali perbuatan tersebut dan tidak akan mengulanginya lagi serta iringi dengan memperbanyak kebaikan.

  9. Assalamualaikum, pak ustadz saya bekerja di salah satu arena bermain anak, arena ini masuk nya pake kartu member di tarif 25 rb perorang tapi ketika ada orangtua yang punya anak 2 masuk ditarif 50 rb,tapi yang saya gesek di server toko atau yang masuk ke komputer cuma satu, jadi yang 25 rb masuk ke toko 25 rb masuk ke kantong saya.. Saya melakukan itu karna sehari2 nya saya tidak dapat uang makan?? Tolong di jawab pak ustadz apakah itu dosa? Apakah jika saya belikan ke makanan,mkanan nya jadi haramm?? , terimakasih

    • Wa’alaikum salam warahmatullah. Jika seharusny itu uang toko tapi diambil tanpa ijin atau persetujuan toko, maka berdosa. Jika dibelikan makanan, makanannya menjadi haram. Agar halal, mintalah maaf kepada pemilik toko dan minta dihalalkan atau berjanji akan menggantinya. Selain itu perbanyak istighfar agar Allah mengampuni. Sungguh Dia Maha Pengampun lagi Maha Penerima taubat.

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.