Beranda Tazkiyah Doa Kalimat Singkat yang Bikin Pembacanya Dilindungi Allah dari Kejahatan

Kalimat Singkat yang Bikin Pembacanya Dilindungi Allah dari Kejahatan

0
kalimat singkat

Ada kalimat singkat yang membuat pembacanya dilindungi Allah dari kejahatan dan bahaya. Juga dilindungiNya dari kecelakaan. Termasuk serangan binatang beracun dan berbahaya seperti kalanjengking, ular dan sebagainya.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا لَقِيتُ مِنْ عَقْرَبٍ لَدَغَتْنِى الْبَارِحَةَ قَالَ أَمَا لَوْ قُلْتَ حِينَ أَمْسَيْتَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ تَضُرُّكَ

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Ada seseorang yang datang menghadap Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lalu berkata, ‘Wahai Rasulullah, mengapa aku menjumpai kalajengking yang menyengatku semalam.”

Rasulullah bersabda, “Andai ketika sore kamu membaca (yang artinya) ‘Aku berlindung kepada kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya’ niscaya ia tidak akan mencelakaimu.’” (HR. Muslim)

Inilah kalimat yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Singkat bacaannya. Namun ia memiliki keutamaan luar biasa. Pembacanya akan dilindungi Allah dari kejahatan, kecelakaan dan bahaya.

Doa singkat itu berbunyi:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

(A’uudzu bikalimaatillaahit taammaati min syarri maa kholaq)

Artinya: Aku berlindung kepada kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya

Dibaca Pagi dan Sore

Hadits ini juga dicantumkan Imam Nawawi rahimahullah dalam Riyadhus Shalihin dalam bab Zikir Pagi dan Sore. Sebab ia disunnahkan untuk dibaca di waktu pagi dan di waktu sore. Jika dibaca di waktu sore, maka pembacanya akan dilindungi Allah hingga pagi hari. Dan jika dibaca di waktu pagi, maka pembacanya akan dilindungi Allah hingga sore hari.

Karenanya Hasan Al Banna rahimahullah menyertakan doa ini dalam Al Ma’tsurat. Yakni zikir pagi dan sore yang ia susun dan merupakan salah satu zikir pagi dan sore yang paling populer. Menghimpun doa dan zikir dari Al Quran dan hadits secara apik. Yang di dalamnya terhimpun banyak keutamaan.

Baca juga: Ayat Kursi

Allah Pasti Melindungi

Ketika menjelaskan hadits di atas, Syaikh Mutofa Said Al Khin dan sejumlah ulama dalam Nuzhatul Muttaqin mengatakan: “Sesungguhnya Allah pasti akan menjaga siapapun yang memohon perlindungan kepada-Nya.”

Maka ketika membaca kalimat singkat ini, tanamkan dalam diri bahwa kita memohon perlindungan kepada Allah dari seluruh kejahatan dan bahaya. Yakinlah bahwa Allah Maha Melindungi dan Dia kuasa melindungi hamba dari seluruh kejahatan makhluknya.

Ibnu Katsir menjelaskan bahwa makna min syarri maa kholaq adalah “dari kejahatan seluruh makhluk.” (Baca: Tafsir Surat Al Falaq)

Sehingga ia bukan hanya kalajengking dan hewan berbahaya lainnya, namun juga dari kejahatan manusia dan jin. Termasuk dilindungiNya dari bahaya dan kecelakaan. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.