Beranda Suplemen Harakah Mengapa Kita Membela Palestina?

Mengapa Kita Membela Palestina?

Mengapa kita membela palestina

Nak, kita bukan asal membela. Kita punya alasan kuat untuk berdiri bersama Palestina, menentang penjajahan dan agresi zionis Israel.

1. Ukhuwah Imaniyah

Di Palestina ada Al Quds. Di Al Quds ada Masjid Al Aqsa. Kiblat pertama kaum muslimin, tujuan isra’ Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, masjid suci ketiga umat Islam.

Gaza juga kota Islam yang melahirkan banyak ulama dan mujahid ternama. Imam Syafi’i rahimahullah, salah satunya. Ulama yang madzhabnya menjadi panutan muslim Indonesia ini lahir di Gaza.

Kita tak boleh diam saat Al Aqsa dinodai oleh zionis Yahudi. Kita tak boleh tenang-tenang saja saat zionis membombardir Gaza. Kita terikat dengan ukhuwah imaniyah yang harus saling membela. Dan inilah kunci pertolongan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

2. Ukhuwah Islamiyah

Palestina adalah negeri muslim. Meskipun terpisah sekat geografis, kita terikat dengan ukhuwah islamiyah.

Saat kaum muslimin berhadapan dengan zionis Yahudi, jangan ragu menentukan sikap berada di kubu mana. Apalagi jika nyata-nyata mereka merampas tanah dan membunuhi warga Palestina yang tak berdosa.

Memang Rasulullah sangat baik kepada siapapun termasuk pemeluk Yahudi. Namun beliau sangat tegas saat entitas Yahudi melakukan tindakan keji atas kaum muslimin. Maka belajarlah dari sikap Rasulullah saat menghadapi Bani Quraizhah, Bani Qainuqa’, Bani Nadhir dan Yahudi Khaibar.

3. Ukhuwah Basyariyah

Nak, bahkan seandainya Palestina bukan negeri muslim, kita tetap akan membela Palestina. Tersebab alasan kemanusiaan. Ukhuwah basyariah. Persaudaraan sesama manusia.

Rasa kemanusiaan kita pasti akan terpanggil untuk membela mereka yang dizalimi, dianiaya dan dirampas hak-haknya. Dan pendiri bangsa ini telah mencantumkan dalam Pembukaan UUD 1945: “Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

Maka, kita belum menjadi NKRI sejati jika belum membela Palestina dari penjajahan Zionis Yahudi. Kita belum menjadi manusia sejati jika belum menentang penjajahan Zionis Israel atas Palestina.

Apalagi, dulu yang pertama mendukung kemerdekaan Indonesia adalah ulama Palestina, lalu negeri-negeri muslim seperti Mesir. Saatnya kini kita menunjukkan sikap yang sama. Membela Palestina. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.