Beranda Kisah-Sejarah Mengapa Utsman bin Affan Disebut Dzun Nurain

Mengapa Utsman bin Affan Disebut Dzun Nurain

3
Kaligrafi Utsman bin Affan (Youtube.com)

Di antara sekian banyak sahabat Nabi, hanya Utsman bin Affan radiyallahu ‘anhu yang mendapat laqab (gelar) dzun nurain. Bahkan di antara seluruh manusia sejak Nabi Adam ‘alaihis salam hingga hari kiamat nanti, hanya Utsman bin Affan yang bergelar dzun nurain.

Apa arti dzun nurain dan mengapa Utsman bin Affan digelari dzun nurain?

Dzun nurain artinya adalah pemilik dua cahaya. Utsman bin Affan digelari dzun nurain, “Sebab tidak ada seorang pun yang menurunkan kelambu (menikahi) dua putri Nabi selain Utsman bin Affan,” terang Al Mahlab bin Abi Shafrah, seorang tabi’in yang pernah menjadi panglima pasukan perang ke India.

Husain Al Ja’fari juga menerangkan hal senada. “Tidak ada yang mengumpulkan dua orang anak nabi sejak Allah menciptakan Nabi Adam sampai hari kiamat selain Utsman,” kata beliau, “Oleh karena itu beliau dinamakan dzun nurain.”

Sedangkan Abbas Al Aqqad seperti dikutip Prof Dr Ali Muhammad Ash Shalabi dalam Biografi Utsman bin Affan menyebutkan bahwa Utsman bin Affan digelari dzun nurain karena banyak membaca Al Qur’an setiap malam dalam shalatnya. Al Qur’an adalah cahaya dan shalat malam adalah cahaya juga. [Ibnu K/Bersamadakwah]

3 KOMENTAR

  1. Komentar: te sate tAk ye. Tak libas pake clurit
    So gelar dosen jadi hangus gaji di stop karena sudah…?
    Punya mulut di gunakan buat istigfar aja AA

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.