Beranda Ilmu Islam Al Quran Surat Al Ahzab Ayat 70, Arab Latin, Arti, Tafsir dan Kandungan

Surat Al Ahzab Ayat 70, Arab Latin, Arti, Tafsir dan Kandungan

Surat Al Ahzab ayat 70

Surat Al Ahzab ayat 70 adalah salah satu ayat tentang taqwa dan kejujuran. Berikut ini arti, tafsir dan kandungan Al Ahzab 70.

Sebagaimana Surat Al Ahzab secara keseluruhan, ayat 70 ini juga tergolong madaniyah. Yakni turun sesudah Rasulullah hijrah ke Madinah, tepatnya turun setelah Perang Khandaq (Perang Ahzab). Al Ahzab (الأحزاب) yang menjadi nama surat ini berarti sekutu. Yakni sekutu kafir Quraisy saat menyerang Madinah.

Surat Al Ahzab Ayat 70 Beserta Artinya

Berikut ini Surat Al Ahzab Ayat 70 dalam tulisan Arab, tulisan latin dan artinya dalam bahasa Indonesia:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

(Yaa ayyuhal ladziina aamanut taqullooha waquuluu qoulang syadiidaa)

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar

Tafsir Surat Al Ahzab Ayat 70

Tafsir ini disarikan dari Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Fi Zhilalil Quran, Tafsir Al Azhar, dan Tafsir Al Munir. Harapannya, agar bisa terhimpun banyak faedah yang kaya khazanah tetapi ringkas dan mudah dipahami.

Kami memaparkannya menjadi beberapa poin dimulai dari redaksi ayat dan artinya. Kemudian diikuti dengan tafsirnya yang merupakan intisari dari tafsir-tafsir di atas.

Baca juga: Ayat Kursi

1. Taqwa

Poin pertama dari Surat Al Ahzab ayat 70 adalah perintah taqwa.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengawali ayat ini dengan yaa ayyuhal ladziina aamanuu. Allah menyeru hamba-hamba-Nya yang beriman. Dan jika sebuah ayat dimulai dengan seruan yaa ayyuhal ladziina aamanuu pasti setelahnya akan ada salah satu dari tiga hal. Pertama, perintah yang wajib dikerjakan. Kedua, larangan yang wajib dijauhi. Ketiga, berita penting yang harus diperhatikan.

Ayat ini masuk golongan pertama. Setelah seruan kepada orang beriman ada perintah yang wajib dikerjakan. Yakni perintah taqwa. Ittaqullah. Bertaqwalah kepada Allah.

Ayat ini terkait dengan ayat sebelumnya dan ayat sesudahnya. Ayat sebelumnya melarang orang-orang beriman menyakiti Rasulullah. Maka Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir menafsirkan ayat ini: “Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan takutlah kalian melakukan perbuatan yang Allah benci, apalagi perbuatan menyakiti Nabi.”

2. Berkata Jujur

Poin kedua dari Surat Al Ahzab ayat 70 adalah perintah berkata yang benar dan jujur.

وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

dan katakanlah perkataan yang benar

Ibnu Katsir menjelaskan, qaulan sadiidaa atau qaulun sadiid adalah perkataan yang benar, yang jujur, tidak bengkok, tidak pula menyimpang. Sedangkan Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan, qaulan sadiidaa atau qaulun sadiid adalah perkataan yang benar dan tepat.

Allah memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman tetap bertaqwa kepada-Nya dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar, yang jujur, tidak bengkok, tidak pula menyimpang.

“Di antara sikap hidup karena iman dan taqwa adalah jika berkata-kata pilihlah kata-kata yang tepat. Dalam kata yang tepat itu terkandunglah perkataan yang benar. Jangan berbelit-belit. Jangan yang dimaksud lain, tetapi yang dipakai lain pula,” tulis Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar.

“Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, bertaqwalah kalian kepada Allah dalam segala urusan dengan menjauhi kemaksiatan, berkomitmen kepada perintah-Nya serta beribadah seakan-akan melihat-Nya,” terang Syaikh Wahbah Az Zuhaili. “Juga ucapkanlah perkataan yang benar dan haq menyangkut semua urusan kalian, termasuk kalimat tauhid dan kalimat thayyibah. Termasuk mendamaikan di antara manusia.”

Jika orang yang beriman berlaku taqwa dan berkata jujur, Allah menjanjikan sebagaimana ayat berikutnya, yakni ayat 71.

يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar. (QS. Al Ahzab: 71)

Baca juga: Isi Kandungan Surat Al Kafirun

Kandungan Surat Al Ahzab Ayat 70

Berikut ini adalah isi kandungan Surat Al Ahzab ayat 70:

1. Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman agar bertaqwa kepada-Nya. Yakni menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

2. Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman agar berkata jujur dan benar. Tidak berdusta, tidak menipu dan tidak menyimpang dari kebenaran.

3. Iman tidak hanya keyakinan dalam hati tetapi juga mewujud dalam perbuatan. Iman melahirkan taqwa dan kejujuran.

4. Pentingnya kejujuran sehingga Allah menyebutkannya secara khusus, meskipun berkata jujur adalah bagian dari ketaqwaan.

5. Allah menjanjikan banyak kebaikan bagi orang yang bertaqwa dan berkata jujur sebagaimana ayat berikutnya.

Demikian Surat Al Ahzab ayat 70 mulai dari tulisan Arab dan latin, terjemah dalam bahasa Indonesia, tafsir dan isi kandungan maknanya. Semoga bermanfaat, menguatkan ketaqwaan kita dan memotivasi kita untuk selalu berkata jujur. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.