Beranda Kisah-Sejarah Kisah Sahabat Tafsir Mimpi Aisyah yang Melihat Tiga Rembulan Turun ke Rumahnya

Tafsir Mimpi Aisyah yang Melihat Tiga Rembulan Turun ke Rumahnya

0
wortsandcunning (ilustrasi)

Apa jadinya jika mimpi melihat tiga rembulan turun ke rumah? Pasti ada hal yang mengejutkan. Itu yang dialami oleh Aisyah.

Said ibn Manshur berkata bahwa Aisyah pernah bermimpi melihat tiga rembulan turun ke rumahnya. Ia mengisahkan mimpinya kepada Abu Bakar (karena ia dianggap paling paham soal tafsir mimpi) lalu ayahnya itu berkata, “Apabila mimpimu benar, di dalam rumahmu akan dikebumikan tiga orang terbaik dari penghuni bumi ini.” ketika Rasulullah wafat, Abu Bakar berkata “Wahai putriku, ini adalah rembulan terbaik dari tiga rembulan yang pernah kulihat dalam mimpimu.”

Said juga meriwayatkan dari Amr ibn Syurahbil, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Aku bermimpi menggembalakan kambing-kambing. Setelah itu, aku menggembalakan kambing-kambing putih sampai kambing hitam tidak kelihatan.”

Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, kambing-kambing hitam itu adalah orang-orang Arab yang masuk Islam dan mereka menjadi banyak. Adapun kambing-kambing putih itu adalah orang-orang non-Arab yang masuk Islam hingga seolah-olah orang-orang Arab tenggelam diantara mereka saking banyaknya.” Rasulullah kemudian bersabda, “Ya demikianlah seperti ditafsirkan pada waktu pagi menjelang fajar.”

Ibnu Said juga meriwayatkan dari Ibnu Abi Laila, ia bekata bahwa Rasulullah bersabda, “Aklu bermimpi berada di sebuah sumur kemudian datanglah kepadaku kambing hitam dan kambing putih.” Abu Bkar berkata, “Biarkan aku menafsirkan mimpi itu.” (Lalu ia menafsirkan sebagaimana di atas).

Ibnu Sa’ad meriwayatkan dari Muhammad ibn Sirin, ia berkata, “Tidak ada yang lebih pintar menakwilkan mimpi setelah Rasulullah daripada Abu Bakar.”