Home Kisah-Sejarah Mualaf Pastor Ini Masuk Islam Setelah Bandingkan “Ya Ayyuhal Ladzina Amanu” vs “Wahai...

Pastor Ini Masuk Islam Setelah Bandingkan “Ya Ayyuhal Ladzina Amanu” vs “Wahai Anak Domba”

201916
560
Ustadz Bangun Samudra (Youtube)

Sejak kecil ia sekolah di sekolah Katolik. Mulai TK Katolik Kristus Raja, SD Katolik Santo Yohanes Gabriel, SMP Katolik Santo Stanilslaus, SMA Katolik Santa Maria, Sekolah Pastor Tingkat Menengah Santo Vincentius a Paulo, Sekolah Tingga Pastor Katolik Santo Giovanni, Magister Teologi Vatikan Roma.

Namun siapa sangka, setelah 35 tahun menempuh pendidikan Katolik dan menjadi seorang pastor, Allah justru memberikan hidayah kepadanya.

Ustadz Bangun Samudra, demikian nama muslim-nya sekarang. Ia masuk Islam setelah mempejari dan membandingkan antara Al Qur’an dan Alkitab. Antara Islam dan agamanya. Antara aqidah Islamiyah dengan dogma-dogma agama lamanya.

Salah satu yang menarik dan membuatnya berpikir mendalam adalah saat mempelajari Al Qur’an. Semula, ia mempelajari Al Qur’an untuk menentang dan menolaknya. Tapi ia justru terkesima saat mendapati di dalam Al Qur’an banyak panggilan mulia dari Allah untuk hambaNya.

Di surat An Nisa’ ayat 1 ada “yaa ayyuhan naas” (wahai manusia). Di surat Al Baqarah juga ada “yaa ayyuhan naas”

Yang lebih dalam lagi, dalam sekian banyak ayat Al Qur’an mendahului dengan panggilan “yaa ayyuhal ladziina aamanuu” (wahai orang-orang yang beriman).

“Panggilan-panggilan ini begitu memuliakan. Kita dipanggil sebagai manusia, bahkan kita dipanggil sebagai orang-orang beriman,” pikir Bangun Samudra.

Ia lantas membandingkan dengan kitabnya yang menyebut “wahai anak-anak domba.”

“Mengapa Tuhan kami memanggil kami sebagai anak domba yang dalam bahasa Jawa berarti wedhus? Benarkah ini panggilan dari Tuhan”

Panggilan dari kedua kitab itu adalah salah satu di antara sekian banyak hal yang menjadi dasar pemikiran mengapa ia akhirnya masuk Islam. Dengan kedalaman ilmu yang ia dapatkan sejak kecil hingga di Vatikan, Bangun Samudra akhirnya mengetahui bahwa Islam-lah yang benar. Al Qur’an-lah kitab suci yang benar-benar datang dari Tuhan tanpa diselewengkan atau dipalsukan manusia. [Muchlisin BK/Bersamadakwah]

560 KOMENTAR

      • asal sekolahnya broo…browsing-browsing agar pinter…cari informasi yang valid…klo perlu minta tuh ijazahnya..jangan -jangan ijazah palsu…

        • “Mengapa Tuhan kami memanggil kami sebagai anak domba yang dalam bahasa Jawa berarti wedhus? Benarkah ini panggilan dari Tuhan”
          Disate aja yuk….

          • wah ini juga salah kaprah…yang dinamai anak domba itu di dlm alkitab adalah Yesus sendiri broooo..makanya ente baca-baca ..ehh dosa ding klo baca kitab sucinya org lain..gini saja ente browsing yang dimaksud anak domba itu siapa..

          • wahai “anak-anak” domba, klo yg dimaksud domba itu yesus, berati yesusnya banyak dong?? klo tuhannya banyak brati bukan Esa lg bro…

          • Jadi Yesus itu anak Tuhan atau anak DOMBA? Kalau Yesus anak Domba, jadi kalian ngatain Tuhan kalian itu hewan? Atau kalian bertuhan dengan Domba tengkorak Illuminati? Kalian mikir kritis nggak sih? Atau kalian cuma terima terima doang dibilang itu oke dibilang ini oke?

          • jangan di sate bro kasihan ,walau anak domba insyallah dia ntr bs menjelma jd manusia sprti kita pabila dia sadar klo slma ini msh anak domba

      • waduh sebernarnya ane tidak terima kalau ente dikadalin broo..tp sepertinya ente lebih suka dikadalin hehehe..coba ente check skulnya mr.Samudra ini di internet..browsing browsing brooo…..baru nanti ente tahu kebenarannya heheheh

      • Yang penting itu sekolahnya atau yang dia sampaikan sih? Jadi anda lebih terima dibilang anak binatang oleh tuhan anda daripada dipanggil orang beriman atau manusia? Yang benar itu apa yang disampaikan, bukan sekolahnya darimana. Hidayah itu untuk orang yang mau berfikir dan melembutkan hatinya, dan orang yang mau membaca, gimana anda tahu dan bisa mengerti Bahasa Inggris kalo nggak membaca? Bagaimana anda mengerti biologi, fisika, kimia kalo nggak mau membaca? baca Quran secara keseluruhan, baru judge. Cari kebenaran sendiri, jangan dari orang lain.

    • bagian mana yang ngapusi?
      jangan asal “ngejeplak” kalau koment. pelajari dulu baik-baik.
      kalau mau membandingkan betul2 antara Al Qur’an dan kitab yang lain, akan tahu bahwa Al Qur’an adalah yang paling benar.
      Banyak di dalam kitab lain yang antara satu surat dengan surat yang lain saling bertentangan.
      Tuhan itu yang menciptakan seluruh alam seisinya. kalau bisa mati, berarti dia tidak kekal, bukan Tuhan. kalau TUhan mati, gimana nasib ciptaanya??? MIKIRRRR!!!!!!!!!!!

      • sebenarnya dia itu (sang pencipta) bukan mati, dia kekal dia bangkit dari antara orang mati. dia hanya ingin menebus dosa ciptaanya lewat kayu salib. jangan pake emosi dong
        seharusnya kalau emang dia bener2 pastor katholik yg alim/sakti jelas lah dia gamungkin langsung percaya, pastinya dikaji dulu.. sama ibarat ulama, tentunya dia udah mengerti apa yg selama ini dia pelajari, pastinya jika menerima sesuatu yg baru seperti contoh artikel diatas ini dia pikir dulu. saya ngga mbangingkan cuma membenarkan aja. Seorang yang mempunyai tugas sebagai imam atau Ustad harus perlu mempunyai pengetahuan yang mendalam tentang Al-Quran. seperti itu lah, mungkin dari orangnya aja yg dangkal iman

        • Maaf mas, sy tau mengenai ust Bangun Samudra karna beliau sering mengisi tausiyah di kantor. Beliau orang yang cerdas dan sudah mempelajari banyak sekali kitab suci berbagai agama selama studi di roma, antara lain tripitaka, weda, al qur’an, dan tentunya injil. Dari tujuan awalnya ingin menjatuhkan islam dengan mempelajari al qur’an justru beliau mendapatkan banyak kekaguman di dalam al quran yg mana tidak ada di kitab2 yg lain. Sebab yg dijelaskan di artikel di atas hanyalah 1 contoh alasan mengapa beliau memantapkan diri memeluk islam. Jadi bukan tanpa proses berfikir dan langsung menerima begitu saja.

          • wah..bisa ditunjukin ijazahnya gak broo..karena setahu ane..nama skulnya gak tepat…apalagi pakai sekolah di Vatikan hehehe, ane juga liat you tube nya..kalau memang dia dari SMA trus masuk ke seminari menengah..ya memang hanya 1 tahun bro..utk belajar bahasa latin dan agama..jadi bukan dia yang pinter..memang seharusnya hanya 1 tahun saja..klo lebih itu namannya kurang pandai…browsing broo browsing..cari info agar tidak mudah dikadalin..hehehe

        • itu Tuhan atau setan dul pake segala minta tumbal atas suatu kesalahan yang tidak jelas dasar kausalitasnya.? dikatakan “menebus dosa”, berarti ini ada sesuatu yang akan menghukumnya, berarti tuhan’lah yang akan menghukumnya, tuhan yg dimaksut adalah Allah, bukan yesus. menurut sy definisi tuhan menurut kristen itu kejam dan tidak manusiawi. kenapa tidak manusiawi.? yg seolah tiap-tiap dosa manusia itu tidak dapat terampuni, dengan begitu semua dosa manusia dibebankan oleh yesus.? yg berarti yesus adalah tumbal dari kejahatan manusia.? jika semua dosa tidak dapat diampuni, lalu mengapa yesus turun dengan tidak membatalkan hukum taurat dan mencanangkan hukum – hukum taurat dan menerapkannya bagi pelanggar hukum.? hukum mati, seperti rajam bagi pezinah, meremukan tulang -tulang manusia bagi yg tidak menerima tuhan, bukankah ini ada dalam al-kitab.? so, dengan pelanggaran ini apakah anda yakin bahwa yesus rela membebani dosa si pelanngar itu dan menempatkan disurga bersama orang yg tidak melanggar hukum tuhan.?

          • Iman kami nasrani, ajaran Yesuslah yg membebaskan kami! Makanya kenapa kamu mengomentar? Krn kamu bebal dan gag mau percaya, ya jelas kamu banyak pertanyaan! Walah, adanya Muhammad ditulis dalam Alquran? Pamannya kok yg bilang dia nabi! Jd ngpain kami sewot??
            Hadits kalian yang tiap tahun tambah tebal gag kami komentar!
            Islammu itupun banyak keganjilan!
            Apalagi muhammad yang kamu puja2, tahun 2007 klu gag salah keluar gambar muhammad eh malah kalian yang ribut! Memang agama yg ribut..hahshshahahah

        • Dia nebus dosa manusia itu ke siapa lagi kalo emang dia itu Tuhan? Ato ada yang lebih tinggi dari dia? Namanya nebus dosa itu sama Tuhan, kalo orang yang kalian anggap tuhan harus nebus dosa kepada tuhan lain, jadi keliatan yang mana yang superior alias lebih kuasa. Kalo dia tuhan beneran, udah ampuni saja, kliatan pathetic kalo Tuhan dibully sama ciptaannya. Itu pun bukan nebus dan suka rela, dia diseret, dicambuk. Mana ada nebus sukarela dicambuk diseret.

          • KARENA DOSANYA ADA YANG NEBUS MENDING MEN BERBUAT BANYAK DOSA LAH, GAK USAH SEMBAHYANGAN KE GEREJA, GAK USAH NGEBELA AGAMANYA, SEBAB KALO MASIH NGEBELA AGAMANYA DAN SEMBAHYANGAN DI GEREJA YA NGGAK KEBAGIAN DOSA ALIAS TIDAK PUNYA DOSA, KALO NGGAK PUNYA DOSA APA YG HARUS DI TEBUS…?, KACIAN DONG SI LESUS SANG PENEBUS DOSA, MASA HARUS DI BIARIN NGANGGUR NGGAK ADA PEKERJAAN UNTUK MENEBUS DOSA, HAYOLAH BUAT SIBUK SI LESUS SANG PENEBUS DOSA, PERBANYAKLAH UNTUK BERBUAT DOSA…..huahahahahahahaha…huahahahahahaha….huahahahahaha….!

          • Yaa.. Ini brdasarkan logika aja dah kliatan.. Blum lg klu dplajari lbih dalam..InshaAllah ada benang merahnta

      • Berita ini mbak yg ngapusi, coba di cari di google, nama sekolah yg disebut itu tidak ada semua. Berarti berita ini ada unsur bohongnya. Nama sekolah2 katolik itu fiktif semua. Mbak yg harusnya mikir dulu kalau baca berita. Dicari dulu sumbernya. Cerdas dikit, tinggal buka google.

    • Iya .. mbok ya caranya jangan ngadalin umat kayak gini dong … faktanya ust. Bangun bukan mantan katolik … semuanya bohong … semua fakta yg dibeberkan adalah kebohongan … jangan mau dibutakan oleh agama …

      • setuju bro…kalau ustadz Bangun berceritanya adalah mantan preman..ane lebih salut dan respect, tp klo menipu begini…apa yang didapatkan kecuali hidayah duit waktu ngisi ceramah…bukan hidayah sesungguhnya yaitu kedamaian bersama Sang Khalik…

        • Sudah jangan di bahas lagi kita yg beriman dan tidak meleceh kan kepercayaan orang lain utulah orang beriman walau agama kita di leceh kan biar lah biar TUHAN YANG MEMBALAS. Dan menurut mereka meleceh kan agama lain termasuk orang beriman menurut mereka dan itu yg di ajar kan di kepercayan an mereka kita diAm saja sebab kita bukan tuhan yg patut menghukum mereka kita bisa memaafkan semoga dosa nya di ampuni TUHAN

          To:Mas sawong kampret

    • Beda tipis .. orang bodoh tapi pinter dan orang pinter tapi bodoh… dan Bapak. BANGUN SAMUDRA.. menunjukan.. bahwa dia orang yg awalnya bodoh sekrng pintar… belajarlah seperti dia.. memahami semua logika manusia.. mau aja d panggiL hewan.. wong manusia itu drajatnya lebih tinggi dari hewan kok.. yg mau di pangik hewan sini mendekat.. wahai anak anak domba..

      • Wahai anak-anak wedhus!
        Wahai anak-anak kambing!
        Enak ga sih dengernya…

        Semoga Allah swt. Beri hidayah..

    • Hidayah hanya untuk orang mau berfikir dan mencari kebenaran, bukan untuk orang2 bodoh dan malas mencari kebenaran, selamat untuk pak Bangun Samudra, semoga istiqomah di kalan yang benar, bukan jalan wedus2 kesasar, subhanallah

  1. Subhanallah.., Sesungguhnya Allah Maha Pemberi Petunjuk dan ini merupakan hidayah bagi orang-orang yang berilmu.

  2. Amiin……bertambah lagi saudara kita…. Dan nampaknya yg berpindah ke agama islam…tergolong dari orang orang yg berpendidikkan…. Dan yng tlah murtad…. Kebanyakkan dari orang orang yg tak berilmu

    • sudah browsing tentang riwayat skulnya pak uztad bangun samudra belum broo??..browsing dulu..baru ente tahu kebenarannya…bila ente cerdas harusnya ente curiga broo…kasian kasian pada dikadalin pencari sensasi dengan kedok agama…

      • sawung kampret daripada lu sibuk suruh orang browsang browsing, mending lu beberin fakta yg lu punya. sekolah mana yang salah…. dll. ngomong kamu dikadalin sih gampang,, tunjukin buktinya kalau lu itu ngak cuma omdo

          • ya gak lah Mas Jenar..ane punya tangan lengkap dgn jari-jarinya sehingga bisa ngetik..lengkap deh..klo hanya dengkul wah ane hebat sekali dong…dengkul saja bisa nulis, apalagi yang lain…woless saja kelesss ommm…

        • wah pagi-pagi ternyata banyak yang nyamber komen ane hehehehe…wedeww si mba rose ini…mohon dilihat wajahnya pak Ustadz.kalau umurnya sekarang 40 thn..wah berarti dia wajah borosss…tua sebelum umurnya kalau taksiran saya sih umurnya 50 an lebih ya…
          Nah padahal santa maria surabaya baru diawal 90an buka utk cowok..sama seperti di Solo..kalau di jogja dan malang masih khusus cewek..
          Kemudian tidak ada sekolah menegah pastor santo Vincentius a Paolo di Surabaya..adanya seminari menengah Santo Vincentius a Paolo di garum ( Blitar) sejak thn 58
          kemudian tidak ada Sekolah Tinggi pastor santo Giovanni dari dulu sampai dgn sekarang namanya Seminari Tinggi Beato Giovanni XXIII dan adanya di Malang sejak tahun 77.
          Kemudian yang ada di Vatikan itu program S3, bukan S2…nah S2nya dimana…itu versi hasil browsing di internet…
          BTW lama studi di seminari tinggi itu 9 thn bukan 5 thn..cari di internet dengan kata kunci lama studi di seminari tinggi….

          • Namanya juga agama yg masih mencari jati diri, jadi perlu tipu-tipu supaya dilihat agama lain agama mereka ini benar, tapi tau sendirilah gimana sebenarnya ajaran agama mereka lihat tuh contohnya timur tenggah, dari jaman dulu sampek detik ini perang melulu…jadi sudah kelihatan bagaimana watak mereka ini aslinya.

          • Mas, smoga Alloh SWT menjadikan BUSUK mulut anda/ keturunan anda, busuk didunia dan akherat tanpa penyembuh. Aamiin. jangan anda sok bagaikan orang yang mengerti agama, padahal anda sendiri tidak paham dg agama anda sendiri. Hanya ikut-ikutan/ keturunan ? Anda memang telah dibutakan mata, pikiran, dan hati anda oleh Alloh SWT untuk melihat kebenaran. Naudzubilah.

          • Sawung slompret..Ustadz Bangun Samudra adalah benar adanya..
            Bukan beliau yg ngadalin umat..tapi ente yg sdh bertahun2 dikadali sama dedengkot yahudi si homo paulus dari tarsus…..
            Anda dipanggil wedhus,disuruh nyembah bangkai,.ente cm bs plonga plongo padahal paulus itu berlumuran darah nasrani lho…meski ngaku tobat..tobat cap tomat??

      • kaya.nya anda begitu cemas sekali kalau ada dari mantan pengikut agama anda pindah ke suatu agama yang menurutnya agama itulah yang benar. jangan sampai orang psikologis berpendapat lain melihat komentar2 anda yang semakin mempunyai rasa khawatiir yang berlebihan.

        • Ini komen utk ane AKA Sawung Kampret ya Bro??… klo ini untuk ane, ane jawab : Ane hanya menyajikan data-data saja terserah dia mau pindah kek atau serombongan trus pindah, ane tidak bahas hal itu dan tidak mempersoalkan itu apalagi kawatir…wekekeke..sawung kampret kok bisa kawatir ehhehehehe
          klo ente blm bahlul harusnya ente sudah baca komen ane dan paham, tapi sepertinya ente memang sdh bahlul karena nyikut masalah psikologis, ane bukan psikolog apalagi psikater broo karena ane bukan dokter heheheh
          understood broo???

      • Kalo ente cerdas, ente nggak bakal mau dibilang domba alias hewan. Kalo ente cerdas, ente ga bakal percaya ama kitab yang isinya ada cerita incest kek cerita dewasa, ga bakal mau masuk surga yang di Bible diceritain di dalemnya ada perang. Kitab suci macam apa yang nyeritain cerita sex antara bapak ama anak? Agama damai macam apa yang menyediakan surga bagi yang percaya yang di dalamnya terjadi perang, itu surga apa neraka? Sedangkan kalian di dunia nggak mau terjadi perang, masa mau udah mati di surga perang, mana kekal juga di dalemnya.

      • nama id jya aja dah kampret…ya jelas.lah…biarlah ni bocah satu ini…toh yg masuk Islam org2…biarin ni manusia bodoh dungu ini…wkwkwkwk

    • Sawung kampret. Dr pd cari2 ijasah. Mending lngsung aj bndingkan alqur”n dgn kitab yg anda mliki. Mudhan2n dr situ anda mndpt hidayah. Klo anda ttp dgn kyakinan anda monggo.

      • ane hanya ingin membeberkan facta broo…ane kagak keberatan dia pindah..malah itu sebuah hidayah..tapi jangan memberikan keterangan palsu saja

          • waduh kalo Facta saja ente gak yakin bgmn boss…kebenaran itu bagaimana? klo facta saja ente gak yakin…benar atau salah itu parameternya facta bro…wah ente belum diajari metodologi penelitian ya bro…bahlul deh…

          • Kalo ttg asal ijazah dipermasalahkan, tentu miss data yg diterima redaksi. Utk redaksi, jgn hanya langsung masukin berita sblm ditelusuri fakta yang ada. Kasian sawung kampret, egk selesai urusannya. Kan redaksi bisa revisi berita ini.
            Untuk mansyur yusuf yg palsu, coba liat pakta deh, Nabi Isa yg kalian anggap Yesus itu, lahirnya di mana seeh? Itu bukan wilayah arab ya? Lihat silsiilah keturunan Yesus-mu? Kalo tuhan ada silsilah, apakah pantas disebut tuhan?
            Buka lagi alkitab-mu itu? Telusuri dan hapalkan sprt hafiz yg ada di umat islam. Kalo seluruh kitab yg dianggap suci dihancurkan, bisanya para penyusun alkitab menyusunnya kembali utuh tanpa terbalik-balik dan satu kata serta bahasa di seluruh dunia? Apakah pantas, kitab suci yg merupakan petunjuk dr Tuhan langsung, diubah-ubah manusia sesuai maunya? Apakah kitab yg diubah, masih dikatakan suci?
            Amati lagi. Kalo sawung kampret dan mansyur yusuf asli ýahudi, benar sekali harus membela. Karena kitab injil itu petunjuk utk kaum yahudi. Stlh zabur dan taurat diingkari kaum yahudi. Beda dgn alquran, utk seluruh umat manusia. Kalo dr sini bisa dipahami, tentu harus bongkar pemahaman yg ada skrg dalam pikiranmu. Sudah benarkah pendirian kalian selama ini?
            Yahudi hancur, krn menyembunyikan kebenaran dlm kitabnya.
            Nasrani hancur, krn berlebih-lebihan dalam memahami kebenaran kitabnya. Kitabnya tuh injil, apa pejanjian lama ato perjanjian baru?

        • kaya.nya anda begitu cemas sekali kalau ada dari mantan pengikut agama anda pindah ke suatu agama yang menurutnya agama itulah yang benar. jangan sampai orang psikologis berpendapat lain melihat komentar2 anda yang semakin mempunyai rasa khawatiir yang berlebihan.

          • ane copas ya bro :
            ini untuk ane, ane jawab : Ane hanya menyajikan data-data saja terserah dia mau pindah kek atau serombongan trus pindah, ane tidak bahas hal itu dan tidak mempersoalkan itu apalagi kawatir…wekekeke..sawung kampret kok bisa kawatir ehhehehehe
            klo ente blm bahlul harusnya ente sudah baca komen ane dan paham, tapi sepertinya ente memang sdh bahlul karena nyikut masalah psikologis, ane bukan psikolog apalagi psikater broo karena ane bukan dokter heheheh
            understood broo???

  3. Subhanallah…
    Apakah kamu sekalian wahai umat yg belum mendapat hidayah tidak mengambil pelajaran dan hikmah dari kejadian ini.

    • Saya udah dapat Hidayah karena saya udah berapa kali diberi petunjuk masuk Islam tapi Alhamdulillah saya sampe sekara masih tetap memikul salib Karena Yesus Krsitus adalah satusatunya jalan Yang Lurus untuk sampai kepada Bapa Di sorga.

    • dari sekolahnya bro..yang ngapusi..coba ente browsing untuk cari kebenarannya bro…kecuali klo boss Samudra bisa tunjukin ijazahnya baru ane percaya, karena ketika boss Samudra sekolah di SMA Santa Maria…masih khusus perempuan hihihihi, kecuali klo sekarang boss samudra masih umur dibawah 40 thn lho…..heheheh lha katanya sdh 35 tahun mengenyam pendidikan katolikjadi umurnya sekarang harusnya lebih dari 50 thn ya broo….browsing browsinggg….pakai internet biar pinterrrr

      • kalau dari sd sampai perguruan tinggi di pendidikan katolik, jadi kalau mengenyam pendidikan katoli 35 tahun ya umurnya ngak 50 tahun… paling banter umurnya 42 thun memang masuk SD umur 15 tahun??? oooh mungkin lu dulu masuk SD umur 15 tahun ya?? sorry deh

      • apalagi di artiker dibilang dia mulai dari TK (umur 4-5 th) jadi ya bener kalau umurnya sekarang baru 39-40 th… Lu pinternya keblinger sih. pake kalkulator kalau ngak bisa ngitung

        • Udah mbak rose, ndk usah di tanggepi lagi…. Biarkan dia bicara browsing2 Trus… Karena ilmunya hanya di browsing….. Tidak berfikir selayaknya manusia…. Manusia punya otak untuk berfikir….. Dan situs apapun itu yg dia cari dr “browsing2nya” itu adalah ciptaan manusia yg belum tentu bener dan terbukti….. Manusia berfikir pakai akal dan di iringi dengan al quran bukan tidak berfikir yg diiringi dengan browsing, ok?

          • Wkwkkwkwwk..jadi ngakak..baca komentnya..
            Mo browaing ..jadi gak jadi..
            Takut ketemu tuhannya si sawung kampret..ntr ngakak lagi..gkkgkkg…

        • wah pagi-pagi ternyata banyak yang nyamber komen ane hehehehe…wedeww si mba rose ini…mohon dilihat wajahnya pak Ustadz.kalau umurnya sekarang 40 thn..wah berarti dia wajah borosss…tua sebelum umurnya kalau taksiran saya sih umurnya 50 an lebih ya…
          Nah padahal santa maria surabaya baru diawal 90an buka utk cowok..sama seperti di Solo..kalau di jogja dan malang masih khusus cewek..
          Kemudian tidak ada sekolah menegah pastor santo Vincentius a Paolo di Surabaya..adanya seminari menengah Santo Vincentius a Paolo di garum ( Blitar) sejak thn 58
          kemudian tidak ada Sekolah Tinggi pastor santo Giovanni dari dulu sampai dgn sekarang namanya Seminari Tinggi Beato Giovanni XXIII dan adanya di Malang sejak tahun 77.
          Kemudian yang ada di Vatikan itu program S3, bukan S2…nah S2nya dimana…itu versi hasil browsing di internet…
          BTW lama studi di seminari tinggi itu 9 thn bukan 5 thn..cari di internet dengan kata kunci lama studi di seminari tinggi….

          • Kampret2 ngomong aja lo bau, mau dia sekolah dmn kek itu g penting yg penting dia skrg dh dpt hidayah g kya ente yg masih jd domba tersesat

          • yakin amat kalo di beritanya semua sekolah di Surabaya dan membicarakan tentang Surabaya. Padahal di berita gak dibilang kalo SMA X ada di Surabaya. Terlalu mengada-ada nih :))

          • @satria…ente liat You Tubenya gak?…
            @Dany…wah hidungmu super sekali..bisa mencium bau kentutku..lagian iseng amat ente mengendus endus kentutku hehehehe wolless saja keless…
            lah ini yang sering OOT…yang ane bahas adalah sekolahnya dodol…bukan dia yang dapat hidayah…dodol amat sih ente…

      • Hehe.. yang sabar mas bro ngadepin jagoan2 dari agama (islam) saya ini yang barang kali belum paham sama celetukan anda. Semangat!!

  4. Ini Bathok, orang yg hati, telinga dan matanya sudah di ku nci rapat oleh Allah, bertobatlah Munafikuun, Jahanam menunggu mu

  5. Tuhan Allah yah pasti yang paling Kasih, Pengampun dan Maha benar. Bukan manusia.
    Yawis supaya didoakan buat semua, supaya dapat hidayah yang baik , dan pengampunan yang sejati.
    Kan baik saling mendoakan…masak iyah saling ngerasanin malah mengutuk. Sing hanya yang baik terjadi pada semuanya.

  6. Kluarga sya berbeda agama… Tdi nya masa kecil sya pengikut agama kristen tp stelah sya baca al qur’an dan alkitab sya jdi tau mna yg benar.. contohnya di alqur’an dijelas kn bahwa nabi isa tdak jdi dibakar krna izin ALLAH ia dgantikan yg lain.. Ttapi di alkitab jelas2 nabi isa ketika mau dibakar digantikan org lain tp mreka pengikutnya malah masih aja mngikuti.. Berarti sma aja yesus itu bukan nabi isa mlainkan org lain.. sdangkan nabi isa sendiri ada pencipta nya yaitu ALLAH.. Sya sllu brsyukur ALLAH memilih sya utk percaya kepadaNYA.. Alhamdulillah sya slalu bahagia mnjadi seorg muslim..

    • Bisa menunjukkan di kitab apa nabi Isa dibakar? Saya kristen mulai lahir tdk pernah dengar nabi Isa dibakar. Jangan asal ngomong, mbak. Kl Islam jadilah Islam yg baik, tidak perlu menjelekkan agama yg lain yg tidak engkau pahami. Komentar anda menunjukkan siapa anda.

    • Wah Mbak… keluarga saya juga majemuk… kalo dr tulisannya Mbak kyknya blm terlalu banyak mengenal Kristen/Alkitab… yg Mbak maksud itu Ishak kali buka Isa yang dibakar/dikorbankan?
      Dah Mbak belajar Islam dl aja yg lebih mendalam baru mempelajari kitab agama lain jika mau itu saran saya… krn kalo setengah2 akhirnya Mbak bimbang itu…
      saya walaupun hidup di tengah2 kemajemukan tetap yakin agamaku ya agamaku… agamamu ya agamamu…

    • Maaf, ayunda ini cew apa cow ya?? (Karna tidak ada foto). Saya bingung membaca postingan anda. Anda mengatakan bahwa sewaktu kecil, anda pengikut kristen. Anda mengenal kristen sejak kecil tp anda mengatakan bahwa ” nabi isa (yesus) ketika mau dibakar digantikan org lain”. Boleh anda tuliskan di kitab mana itu tertulis di Al-kitab dan ayatnya juga?? Karna saya yakin bahwa nabi isa (yesus) bukan mau dibakar, tetapi disalibkan. Dan disalibkan itu lebih parah deritanya daripada mau dibakar. Kalau dibakar, sakitnya sebentar saja lalu mati. Tp kalau disalibkan, anda mengalami siksaan yg lebih hebat dan nabi isa (yesus) menerima segala siksaan yg seharusnya kita – semua umat manusia, yg hidup sampai maut memanggil – yg menjalani siksaan itu. Siksaan yg kita sebut DOSA. kalau anda memang pengikut agama kristen tp tidak mengetahui bagaimana penyiksaan yg dialami oleh nabi isa (yesus) berarti anda hanya ngarang saja. Shaloom. Tuhan Yesus memberkati anda.

  7. ahhh ngapusi…mbok pakai akal sehat kalau mau njiplak asal sekolahnya..ane coba browsing untuk ngecheck kok tidak tepaaattt nama-nama sekolahnya..bosss mohon jangan terpancing isuu–isuu spt itu..nanti seperti bintang pelem FnF….

      • setuju dengan bung Hardi.. agama memang hak pribadi yang paling privasi…tp jangan hanya ingin tenar terus menambahi bumbu-bumbu yang menjelek jelekan yang lain seperti di You tubenya..ane penasaran dan geli sendiri karena sangat menyombongkan diri..seharusnya biar lebih meyakinkan sekalian saja ditujukin ijazahnya kakek samudra…namanya saja sekolah tinggi dan S2..harusnya ada ijazahnya…jangan-jangan ijazahnya juga bodong seperti anggota DPR yang diduga ijazah bodong..heheheh

      • siapa bilang???? Santa Maria itu sekolah campuran. kalau yg ngak ada laki2 nya itu stella duce, kalau yg cowoknya aja itu contohnya de Britto…..

        • betul mbak.. santa maria klau ga salah sekolah campuran. klau sy liat dr biodata nya SD – SMA kayakx ustad sekolah di wilayah surabaya.

          • memang sekolah campuran ..tapi campurnya itu sejak kapan, klo pak Ustadz sekolah SMAnya tahun 90 an..ya betul..dgn demikian umurnya maksimal 40an tahun..tp kalau umurnya lebih dari 40 thn..itu hal yang aneh….

    • Sawung Kampret : Kamu Kristen Protestan , Apa Katolik ato Bukan dua2 nya.. Ato Masuk Golongan Atheis yang tak berTuhan. ? Jawab saja kan cuma nanya ya? ..

      Terus kalo seumpama kristen Tuhanmu ada berapa ? Jawab aja kan cuma nanya ya?
      Dari Tuhanmu itu apakah ada dia menyebut bahwa dia tuhan, Ato minimal “Sembahlah aku” ada ndak kalo ada mana buktinya ? Jawab aja kan cuma nanya ya?

      itu dulu nanti saya tanya lagi kalo sudah di jawab..

  8. inilah salah satu tanda2 kebesaran ALLAH SWT…vatikan roma kehilangan pencari dombanya,,karena orang2 cerdasnya bersyahadat lagi,setelah meragukan konsep agama sebelumnya…..ALLAHU AKBAR

    • ane barusan browsing utk ngecheck kebenaran skulnya boss samudra…dan ternyata ganjil bro…makanya ente ane sarankan browsing dulu baru komen..jangan termakan oleh pencari sensasi di bulan Ramadhan….kasian..kasian ..kasian…

      • Semoga saudara sawung menjadi orang yang berpikir, jadi lah termasuk kelompok yang di panggil dengan “wahai orang orang yang ber iman”, kecuali masih betah di panggil wahai anak anak domba (wedhus)”

        • ane sangat berpikir sekali boss..makanya ane recheck kebenaran beritanya..ane kagak mau tertipu oleh agen agen penipu iman…

        • ane copas saja ya gan…
          Kemudian tidak ada sekolah menegah pastor santo Vincentius a Paolo di Surabaya..adanya seminari menengah Santo Vincentius a Paolo di garum ( Blitar) sejak thn 58 browsing dengan kata kunci seminari menengah Santo Vincentius a Paolo
          kemudian tidak ada Sekolah Tinggi pastor santo Giovanni dari dulu sampai dgn sekarang namanya Seminari Tinggi Beato Giovanni XXIII dan adanya di Malang sejak tahun 77. browsing dengan kata kunci seminari tinggi Giovanni
          Kemudian yang ada di Vatikan itu program S3, bukan S2…nah S2nya dimana…itu versi hasil browsing di internet…dengan kata kunci magister di Vatikan..
          BTW lama studi di seminari tinggi itu 9 thn bukan 5 thn..cari di internet dengan kata kunci lama studi di seminari tinggi….

          • Haha coba liat, orang minta link malah ngasih begituan.. anda kira kami percaya?
            Misionaris ini ternyata BODOH

          • @ ichsan: ente tidak paham juga..kan teman ane yang diatas bilang..coba balas atau kasih linknya..ya ane balas…klo mau linknya..coba cari saja di google, sengaja kagak ane kasih link itu agar ente berusaha nyari..berusaha mikir…

        • Begini cucu Domba Garut..ane senang bahwa orang itu mendapat hidayah, menemukan pencerahan bathin lebih dekat dengan Sang Khalik..tp kalau memberikan keterangan palsu hanya untuk mendapatkan simpati trus terkenal…berati motivasinya hanya duit, duit dan duit…jadi hidayahnya palsu dan menyesatkan banyak orang…begitu Cucu Domba Garut…

    • Karena yg bisa jadi pastur itu memang org cerdas.
      Kalau dia cerdas. Untuk asal muasal pendidikan tidak mungkin ada kesalahan. Dan tidak ada celah utk org2 spt sawung kampret ini meragukannya.

      • ehheheh..wah Mba Lisa…ane jadi tersanjung hehehe
        …Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh … Salam Damai Sejahtera dan semoga Rahmat dicurahkan bagimu…Syalom…..Om swastiastu..Om Shanti..Shanti Om…Amithaba…Berkah Dalem, manunggaling kawulo Gusthi….

  9. Comment:DITUNJUKKAN KEPALSUAN BIBEL,
    Ini sedikit dari Keganjilan dan kesalahan dari kitab injil, mana ada kitab suci yang kata kata nya jorok dan sangat Vulgar, beda jauh dengan Kitab Suci AL Quran yang RahmatanlilA’lamin
    Kidung Agung pasal 7 ayat 7-8. “Sosok
    tubuhmy seumpama pohon kurma dan buah dadamu
    gugusannya. Kataku: ‘Aku ingin memanjat pohon korma
    itu dan memegang gugusan-gugusannya. Kiranya buah
    dadamu seperti gugusan anggur dan nafas hidungmu
    seperti apel’”
    kitab Ulangan pasal 23 ayat 1.”
    Hasanah mulai gelisah membacanya: “Orang yang
    hancur buah pelirnya atau yang terpotong
    kemaluannya, janganlah masuk jemaah Tuhan”
    Yehezkiel pasal 23 ayat 1 sampai 21.
    Hasanah membacanya perlahan, “Datanglah firman
    Tuhan kepadaku: ‘Hai anak manusia, ada dua orang
    perempuan, anak dari salah satu ibu. Mereka bersundal
    di Mesir, mereka bersundal pada masa mudanya; di
    sana susunya dijamah-jamah dan dada
    keperawanannya dipegang-pegang…”
    Markus pasal 12
    ayat 29: “Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah;
    Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu
    Esa”
    Lukas pasal 6 ayat
    12: “Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa
    dan semalaman ia berdoa kepada Allah”

  10. bagaimana mungkin seorang tuhan mau mati di tiang salib gara2 menebus dosa manusia,kan tuhan maha kuasa tak perlu dia mati gara2 menebus dosa manusia ,tuhan bodoh itu ngak masuk akal,yesus manusia biasa sama dengan kita ,dia butuh makan minum dan ke toilet,sebelum dia ada dunia ini sudah ada terus siapa yg menciptakan manusia sebelum yesus lahir,

    • Sudahlah temans, agama itu “kendaraan” qt utk smp kpd TUHAN. Apapun kendaraanya ga usah diributkan. Ikuti aja rambu2 nya spy smp ke tujuan (Surga). Apa kalian pake motor jg hrs menyuruh atau mnjelekan org lain yg motornya beda. Merk motor Honda aj typenya beda2, Yamaha jg beda2, itulah indahnya keBeragaman. Salam Damai.

      • Kalau agama diumpamakan sebagai kendaraan untuk pergi ke syurga, mungkin tepat, tapi yg jadi masalah bagaimana jika perbedaan kendaraan itu bukan di merek, tapi di jenisnya, syurga khan dilangit, apa bisa mobil pergi menjelajah ke langit? Khan g bisa, mesti ada kendaraan yg tepat untuk pergi ke langit. Perbedaan emang indah, tapi perbedaan dari jenis kendaraaan justru akan membuat kita melihat bukan dari sisi keindahan, tapi dari sisi keprihatinan, mengapa, bagi merrka yang sudah yakin dengan jalan yang benar ke syurga dgn kendaraannya, akan sangat prihatin dengan kendaraan2 yg hanya dapat mrlakukan prnjelajahan di bumi untuk mencari syurga, mereka sibuk mencari syurga, tapi dengan kendaraan yang salah.

    • Enak banget ada sang penebus dosa. Buat apa ada akal yang mampu membedakan baik buruk. Ya udah manusia semua bikin dosa Saja terus karena ada sang penebus. Terus neraka kosong.

  11. Cuma orang2 bodoh, yg masuk agama kristen yg masuk Islam orang-orang pinter,yg kristen gk mau kalah dikiranya bener dia

    • Teman yg Muslim benar dan pintet, begitu jg teman yg Kristiani, karena masing2 sdh paham dg kendaraanya masing2. Ayo qt sama2 hormati bulan suci Ramadhan ini. Bagi si pengirim artikel, mohon kerelaannya utk tdk memosting yg bs memkeruh suasana. Salam Damai

      • assalammualaikum bro iwan… saya setuju bro..tapi yang memposting artikel ini harusnya mengkaji dulu sumber sumbernya..jangan seperti kasus bintang pilem F n F, trus will smith…ternyata hoax doang…bersihkan hati..sucikan nurani..Amin..

        • Btw, ustadz-nya sendiri memang beberapa kali datang ke pengajian yang saya hadiri. Beliau-nya sendiri juga bilang kok kalau memang pendidikannya S2 belajar teologi dan ia dulunya misionaris, niatnya memalsukan Quran dan mengelabuhi Muslim tapi sayangnya dia malah masuk Islam duluan. Ustadz Bangun tidak memberi tahu memang sekolahnya dimana saja, tapi ia memang benar-benar mengatakan kalau dia sekolah sampai S2. Titik. Habis perkara.

    • gak kyak gitu bro bilangnya,,, nanti ada yg sakit hati,, jadinya membeci,,, jadi agen muslim yg baik,,
      yg udah dapat hidayah tingkatkan bro,, mumpung Ramadhan ni,, tingktkan “berlomba lomba dalam kebaikannya,,, hihihihi ^_^

      • Sepakat..lakum diinukum waliyadiin..
        Bnr.qt hrs jd agen muslim yg baik.gunakan cr2 yg baik.tdk prlu mmprkeruh suasana. Qt jg g blh mntah2 blg mas kampret slh.qt pun jg blm tau kbnran artikel ini.klopn sdh d telisik n artikel ini bnr,cr qt mnyampaikn pn hrs santun..#copas: jdlah AGEN MUSLIM yg baik n santun..

    • hehehehe…ane kan mengkritisi asal muasal dari pak Samudra bro…masalah dia mau jadi kristen atau islam..itu urusan dia, tapi berilah data yang benar, agar bisa dipercaya kata-katanya..kalau data-data nya benar..itu hidayah buat pak Samudra..tp kalau data-datanya salah..emang enak dibohongi..kecuali kalau ente seneng dibohongi lho heheheh

    • wah ini nih…orang aneh lagi nih..pak Samudra kan berdakwah dengan ngomong kalau dia bekas pastor katolik to…kalau dia memang bekas Pastor..ya berati dia mendapat hidayah..tp klo dia dari sononya gak jelas, agar terkenal spt ustadz Felix S, trus bilang bilang kalau dia bekas pastor..itu namanya penipuan…kecuali kalau emang ente suka ditipu..ya urusan ente lah ehheheh..ente tau gak jmlh ummat yesus…sekian milyard …jadi sepertinya yesus tidak bingung kalau cuma ilang atu boss…browsing browsing…

      • itu valid gk data jumlah umat yessus? cm sgitu?… ksihan, lgian dapet darimana datanya? dr browsing y?… Hmm… sorry ya sya gamau dibohongi ente..

        • data dari wikipedia indonesia, kompas dll boss..browsing dengan kata kunci jumlah populasi umat kristen di dunia..ente boleh pilih pilih dah…

  12. Islam itue indah,
    Islam itue damai
    Islam itue menghormaty,
    Jdie pantes pastor inie masuk islam, dya gak mau disamakan dengan wedhuss!!!!
    Jdie q bangga jdie seorang muslim!!!!

      • Jangan asal bicara sawing., Nabi Is a A,S, atau yg kamu sebut tuhan jesus, juga berjenggot..,

        kalo ga percaya browsinglah tuhanmu itu.,

        • lho kok ente ngambek dan sewot bro..woless saja kelesss…kan nasrudin bilang bahwa pak Ustadz tidak mau disamakan dengan wedhus….padahal ajaran memelihara jenggot itu sdh sejak lama zaman Nabi Musa orang yahudi dan Yesus juga orang yahudi…harusnya jgn pakai jenggot dong…

          • @Indra..klo tumpul ya mohon pendapat ane dikoreksi…ente kan lebih pintar dari ane..

          • Gk ada hubungannya sm jenggot… Yg berjenggot bkn cuma wedhus, singa jg berjenggot, gondrong pula, kayak si Yes…. (Gk tega nyebutnya) hihihi

    • sekarang nih buka untuk cowok broo coba cek di websitenya…tapi klo taon pas pak Samudra SMA ya masih khusus cewek heheheh

  13. Namanya juga kampret…. ribet amat lo pekara ijazah bro..gak punya ijazah juga bisa masuk surga kalo Tuhan mau..

    • hanya meluruskan asal muasal saja apakah bener dia itu bekas Pastor bro…kecuali kalo ente suka ya silakan saja heheheh..dulu ada mantan biarawati,..trus ada mantan pendeta..trus sekarang ada mantan pastor…klo itu membuat ente suka..ya silakan..tapi klo ane karena masalah iman itu sensitif..harus benar benar dikaji dan diperiksa kebenarannya. klo dia penipu..ya kamu tertipu…

      • Sawung kampret::

        Masalah iman sensitif? Dan mau mengkaji?
        Yakin??

        Udah mrngkaji dan menerima Tampa ada ragu kalau 1+1+1=3?

        Udah mengkaji dan Tampa ragu kalau pemerkosa / pembunuh / DLL akan tetap masuk surga asal percaya yesus tuhan?

        Udah mengkaji dan menerima Tampa ragu? kalau anak bayi baru umur sehari ga sempat dibaptis bakal masuk neraka?krna dosa waris?

        Udah mengkaji dan menerima Tanpa ragu?
        Kalau yesus benar ‘ingin menebus dosa’ dengan Cara Mati di salib,
        (Coba baca ulang bibelmu), kenapa alur ceritanya waktu mau disalib, si yesus ketakutan,. Bukankah sebaiknya di bibel itu si yesus riang gembira., dan jika emang ‘Sengaja Ingin Menebus Dosa’ ga perlu teriak “eli eli la makh sabhakhtani!!”

        Dan seabrek bertolakbelakangnya antara doktrin gereja dan alkitab.
        Pengikut gereja atau pengikut alkitab?

        Browsing browsing.

        • wah ente mmg pernah baca keseluruhannya Bro?? wah ente kagak takut dosa bro baca bibel?? jangan-jangan ente hanya tau atau denger dari orang ehheeh

          • Untuk bc kitab suci agama lain itu g ada hukum dosanya mas broo..justru dg mmbca kitab lain,qt bs sling bndingkn kbenaran ajaranny.mskpun brkerudung,aq PD aja bli kitab injil d gramed**..smw itu brtjuan utk mncri kbnran.mgkn mas kampret dpt info”bc kitab lain itu dosa”,dr browsing y..

          • Pada debat tapi gak nyambung. Gak fokus pada masalah yang dikatakan si kampret. Pada ngotot opini masing2. Kemana2.Sumber data harus lebih Dari Satu dan valid. Umat yudhas iskariot alias nabi Isa as palsu dari kalangan manusia mungkin terbanyak tapi apa paling selamat? Semua ciptaan Allah meng-esa-kan Allah, triliunan malaikat dan jin Muslim beserta alam semesta seisinya. Nabi Isa as mengajak umatnya menyembah Allah bukan minta disembah. Tuhan tidak tidur apalagi mati.

          • @ Indah…heheh ente tau saja nih..jgn jgn otak ane terkoneksi wifi dengan ente mba hehehe
            @Duran..ya begitulah..padahal didepan ane sdh sampai berbusa menyampaikan latar belakang saja..dan tidak membahas masalah akidah keimanan..tp pada larinya kesitu..tp woless saja..itu tdk saya ambil hati heheeh

  14. Hayo coba pikir Tuhan Siapa yg bodo kristen apa islam ,klo kristen Tuhan ny maha tau hingga stiap bahasa suku yg ad di dunia Ia tau ,klo muslim cma bahasa arab berarti mna yg betul” Tuhan

    • jangan begitu bro joker….dulu ibadah kristen sebelum tahun 78 masih pakai bahasa latin …tp sekarang untuk mempermudah pemahaman bisa pakai bahasa daerah….menurut internet broo heheh

    • Maaf sebelumnya, silahkan koreksi kalau saya salah…
      Sepengetahuan saya kenapa Kitab suci Al-Quran ditulis dan disebarkan dalam bahasa Arab, karena untuk menjaga keasliannya seauai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW dari salah tafsir antar bahasa, sehingga dari orang indonesia sampai orang afrika, amerika atau eropa semuanya dapat membaca kitab suci Al-Quran dengan bahasa Arab, dan untuk sebagian besar dari umat Islam itu mengerti apa arti dari ayat ayat suci Al-Quran dalam bahasanya sendiri. Sehingga pada saat beribadah, mengaji, shalat, semuanya membaca bacaan yang sama, namun memahami arti dari bacaan tersebut sesuai dengan mother language nya..
      Maaf lagi, saya belum pernah membaca injil, tapi apa anda yakin injil yang diterbitkan di Indonesia adalah injil dengan isi ajaran yang sama dengan injil versi bahasa asli yang diajarkan Nabi Isa A.S atau dalam agama nasrani disebut yesus??apakah tidak ada perselisihan arti kata atau beda makna atau salah translate??
      kalau ternyata berbeda atau menyimpang dari versi asli atau tidak sesuai dengan ajaran Nabi Isa A.S atau yesus maka apakah anda tetap menjadi Umatnya yang menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya??
      Ada 1 pertanyaan simple dari saya terkait dengan bahasa yang anda bahas…apakah bisa jemaat dari afrika, amerika, indonesia, eropa, untuk berdoa secara bersama di gereja anda??dan kalu pertanyaannya di perdalam, menggunakan 1 bahasa yang sama?? Kalau lebih dalam lagi, menggunakan bahasa yang sama sesuai dengan bahasa Injil versi aslinya??

      • ya ente baca dululah…versi yang ditulis pakai bahasa Ibrani, Latin, Yunani..trus bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia…upsss..jgn ding nanti katanya dosa kalau baca baca itu…

        • Emangnya bahasa Yesus bahasa Yunani? Injil tertua bahasa Yunani. Yg bahasa ibrani hasil terhemahan bahasa Yunani

      • Apakah anda sdh baca isi Alquran dlm bhs Indonesia?

        Di gereja katolik tiap tahun ada masa liturgi yv berbeda. Meskipun beda bahasa. Tp semua sama. Kalau minggu ini sy ke gereja katolik dimana pun diseluruh dunia. Kami akan mendapatkan bacaan yg sama misal Injil Yohanes bab… ayat…sd…
        Mengenai konteks isi apakah sesuai dgn kitab asli mgkn anda butuh ktm sm ahlinya.
        Kalau anda sendiri apakah sudah khatam membaca Alquran dlm bahasa Indonesia.

    • mf sbelumnya.. klo anda bertanya spt itu.. berarti anda yg kurang berfikir cerdas, sya tdk bilang anda bodho.. skali lg maaf.. jika anda membandingkan spt itu sya akan jawab dgn tegas, Allah SWT.lah yg pling tepat.. krn Allah punya sifat wajib “Ilmun” = Maha berilmu pengetahuan/mengetahui… Apa anda tau bhwa dlm islam dipelajari 2 jenis bahasa yaitu, 1. bahasa Arab (Bahasa Qur’an), 2. bahasa Ibu (Indonesia, Jawa, Sunda, dll)… sya belum pernah mendengar orang kristen yang membacakan sabda dengan bahasa Asli Injil (Ibrani) kemudian diartikan ke bahasa Ibu. itulah yang menjadikan orang yang mendengar akan menerimanya mentah2 dan rawan pemalsuan.. tp jika dengan firman di Qur’an lain ceritanya. sdh pernah mendengar firman Allah SWT? cobalah sesekali… sya sdh sering mendengar ceramah “mereka” dan itu mlah membuat sya lebih mencintai Islam. syukron (jika ada yang salah silahkan dikoreksi)

    • Nabi Muhammad berbahasa Arab, Alquran ya hara bahasa aslinya: bahasa Arab. Injil tertua berbahasa Yunani, Emangnya bahasa Yesus berbahasa Yunani ya? Injil berbahasa Ibrani aja hasil terjemahan Injil berbahasa Yunani. Ketahuankan mana yang aslu dan palsu.

  15. Kampret_ sepertinya dia yg keki kl ada umatnya yg sadar..kasian kasian..coba ente bantah di revisi revisi kitab ente..apa ga kasian sm tuhanmu kitab nya di revisi dulu? Silahkan googling,,,,Masalah valid ngga nya ini berita ga akan goyahin iman kita ko..andaikan berita ini hoax ya yg dosa penulisnya toh..knp ente ngotot terus ya..apa ente terlalu alergi sm islam…hihihi kasiannn

    • MOHON DIBACA DAN DIRENUNGKAN :

      ” IDZ QAALALLAHU YAA ‘IISAA INNII MUTAWAFFIIKA WARAFIUKA ILAYYA WA MUTHAHIRUKA MINALLADZII NAKAFARUU WA JAA’ILUL LADZII NATTABA ‘UUKA FAUQALLADZII NAKAFARUU ILAA YAUMIL QIYAAMAH…”

      “(INGATLAH) KETIKA ALLAH BERFIRMAN: “HAI ISA, SESUNGGUHNYA AKU AKAN MENYAMPAIKAN KAMU KEPADA AKHIR AJALMU DAN MENGANGKAT KAMU KEPADAKU SERTA MEMBERSIHKAN KAMU DARI ORANG-ORANG YANG KAFIR DAN MENJADIKAN ORANG-ORANG YANG MENGIKUTI KAMU DI ATAS ORANG-ORANG KAFIR HINGGA HARI KIAMAT” QS. ALI IMRAN 3:55

      TRUS YG “KAFIR” TUH YG NGIKUTIN AJARAN ISA (YESUS) ANAK MARIAM (MARIA) TUHANNYA NASRANI ATAU YG GAK NGIKUTIN YA.? & FAKTA SEJARAH DUNIA JUGA MENYATAKAN BAHWA AJARAN YG DIBAWA MUHAMMAD ADA ±500 TAHUN SETELAH MASEHI (BERARTI 500 TAHUN SETELAH AJARAN NASRANI YG NOTABENE PENGIKUT YESUS/ISA ANAK MARIA/MARIAM ADA DI DUNIA INI) SO……..? BTW DIBAGIAN SURAT APA YA MUHAMMAD DI “NABI” KAN SOALNYA KALO MAGHRIB DI TV ADANYA MUHAMMAD “RASUL” ALLAH ..?

      • George habash, baca Qurannya dan nulis ayatnya jangan setengah setengah..coba tulis disini Qs. Al Imran 44 sampai , di ayat itu dijabarkan cukup jelas mengenai Malaikat yang diutus Allah yang mengabarkan hal hal tentang Nabi Isa A.S. kepada Maryam, dan tentang Nabi Isa A.S sebagai rasul kaum bani israil yang menjadikan burung dari tanah, menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yg berpenyakit kusta, serta menghidupkan orang yang mati..semuanya atas izin Allah..serta menyebutkan juga bahwa Nabi Isa A.S mengajak untuk bertaqwa kepada Allah SWT dan taat kepada Nabi Isa A.S..
        di ayat 51 juga ditegaskan Nabi Isa A.S atau yang kaum nasrani sebut yesus juga menyatakan bahwa ” sesungguhnya Allah itu Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus”
        Di ayat 52 disampaikan bahwa Nabi Isa A.S merasakan keingkaran mereka (Bani Israil) dan Nabi Isa A.S berkata “siapakah yang jadi penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?” Para hawariyyun (sahabat setianya) menjawab, kamilah penolong penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah, dan saksikanlah bahwa kami adalah orang orang muslim.
        Dan pada ayat 55 yang anda tulis kurang lengkap, seharusnya “(Ingatlah) ketika Allah berfirman “wahai Isa! Aku mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, serta menyucikanmu dari orang orang yang kafir, dan menjadikan orang orang yang mengikutimu di atas orangborang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang kamu perselisihkan”
        Nah..jawaban dari pertanyaan sdr. Siapa orang orang kafir,? Orang orang kafir adalah mereka yang tidak mengikuti ajakan Nabi Isa A.S pada Qs. Al Imran ayat 51, yaitu untuk menyembah Allah dan taat pada ajaran Nabi Isa A.S untuk menyembah Allah dan menegakkan agama Allah karean itu jalan yang lurus..siapakah mereka??mereka adalah kaum Bani Israil yang ingkar dan kafir serta membuat tipu daya..
        Kalau jawaban saya kurang jelas, silahkan datang ke ustadz yusuf mansyur, arifin ilham atau ustadzah Irene yang telah menjadi muallaf..

        • Penjelasan yang baik “diq”, makin banyak ilmu makin bisa menjawab pertanyaan2 yang menyesatkan, i like you comment…

          • penjelasan orang orang cerdas seperti “diq ini bisa menyelesaikan perselisihan kecuali orang yang keras kepala & hanya mengandalkan browsing

        • eheheh…kok segitunya bencinya dengan bani Israil ya..Nabi Musa itu juga dari bani Israil, Nabi Isa itu juga dari Bani Israil, Nabi Yusuf juga dari Bani Israil….bahkan hampir 90% Nabi nabi dari Bani Israil….

        • ane masih disini bro..ane tidak menyinggung kitab atau ajaran-ajarannya baik di Agama Islam ataupun Kristen..yang ane singgung adalah sekolah atau pendidikan ustadz Bangun Samudra saja…dari awal kan yang saya singgung hanya pendidikan saja broo..woless saja kelessss…hehehe jadi komen yang berhubungan dgn essensi agama tidak saya tanggapin…

    • ane kagak ngotot mas koki..wah kok spt ikan hias saja nih….ane cuma ngasih tau bahwa latar belakang sekolahnya itu diragukan…itu saja, masalah dia jadi Islam atau apa terserah..itu haknya dia..hanya saja tolong ngasih data-data yang akurat..getoooo bosss..wah wah pada OOT (out of topic)
      Kalau ini Hoax..ya kasian..kasian..kasian…yang mempercayainya to…tertipu…

  16. Kampret_ sepertinya dia yg keki kl ada umatnya yg sadar..kasian kasian..coba ente bantah di revisi revisi kitab ente..apa ga kasian sm tuhanmu kitab nya di revisi mulu? Silahkan googling,,,,Masalah valid ngga nya ini berita ga akan goyahin iman kita ko..andaikan berita ini hoax ya yg dosa penulisnya toh..knp ente ngotot terus ya..apa ente terlalu alergi sm islam…hihihi kasiannn

    • kita sebagai saudara muslim wajib perhatikan keluarga & lingkungan sekitar jangan sampai keluarga / saudara muslim kita di murtad kan oleh misionaris

      • Jangan kuatir. Jadi kristen katolik itu susah kok.
        Silakan beribadah sj dengan baik.
        Masuk katolik nggak bakalan bisa dlm sehari.
        Mungkin masuk gereja. Sekedar ikut misa bisa. Tp untuk babtis katolik hrs ada pelajaran dan ujiannya dulu. Jd dont worry be happy. Tetaplah di jalan anda.

    • copas saja :
      ane kagak ngotot mas koki..wah kok spt ikan hias saja nih….ane cuma ngasih tau bahwa latar belakang sekolahnya itu diragukan…itu saja, masalah dia jadi Islam atau apa terserah..itu haknya dia..hanya saja tolong ngasih data-data yang akurat..getoooo bosss..wah wah pada OOT (out of topic)
      Kalau ini Hoax..ya kasian..kasian..kasian…yang mempercayainya to…tertipu…

  17. MOSKOW (SALAM-ONLINE):
    Dunia maya kembali dibuat
    takjub oleh beredarnya di
    Youtube pernyataan
    kekaguman terhadap
    keagungan Islam. Rasa takjub
    akan kebesaran Rahmaan dan
    Rahiim Allah subhanahu
    wata’ala itu diucapkan oleh
    seorang Imam Besar Katolik
    Ortodok Rusia, Dimitriv
    Smirnov.
    Berikut pernyataan Dimitriv dalam video Youtube-
    nya yang tersebar secara viral melalui Whatsapp
    pada Kamis (9/10/2014), seperti dilansir
    arrahmah.com, Sabtu (11/10).
    Dimitriv Smirnov yang berbicara di hadapan
    ratusan jemaatnya, seperti dikutip The World
    Buletin News-Rusia, mengatakan bahwa masa
    depan Rusia akan menjadi milik umat Islam.
    “Kalian lihat…ketika Umat Islam merayakan hari
    besar keagamaannya, tidak satu pun orang yang
    berani melewati mereka karena di seluruh dunia
    di masjid-masjid dan jalan-jalan kota dipadati
    jutaan umat Islam yang sedang bersujud kepada
    Tuhannya.
    Saksikanlah…barisan juta umat manusia yang
    beribadah dengan sangat teratur dan mengikuti
    shaf mereka masing-masing dan hal itu tidak
    perlu diajarkan. Mereka berbaris dengan tertib
    tanpa harus diperintah.
    Lalu apakah kalian melihat pemeluk kristen
    seluruh dunia bisa beribadah bersama? Dan hal
    itu tidak ada dalam kristen…kalian tidak akan
    pernah melihatnya.
    Lihatlah mereka…orang Muslim kerap membantu
    dengan sukarela tanpa berharap imbalan tapi
    pemeluk kristen malah sebaliknya.
    Kalian tanyakan pada wanita tua itu (sambil
    menunjuk wanita yang lumpuh yang berada di
    gerejanya). Menurut wanita tua itu seorang
    pengemudi Muslim sering menyediakan jasa
    transportasinya untuk mengantarnya ke gereja di
    Moskow.
    Dan tiap wanita tua itu ingin memberinya upah,
    pengemudi Muslim selalu menolaknya dengan
    alasan bahwa Islam melarang mengambil upah
    pada wanita lansia, jompo, dhuafa dan anak-anak
    yatim di berbagai panti dan yayasan.
    Dengarkanlah persaksiannya…padahal wanita tua
    itu bukan ibu atau kerabatnya. Tapi pengemudi
    Muslim mengatakan dalam Islam wajib
    menghormati orang yang lebih tua apalagi orang
    tua yang lemah dan tak berdaya tersebut.
    Keikhlasan pribadi pengemudi Muslim tersebut
    tidak ditemukan di antara pemeluk kristen yang
    (digembar-gemborkan) mengajarkan kasih, tapi
    pengemudi Muslim dengan penuh belas kasih
    tidak meminta upah atas jasa transportasinya
    pada wanita tua itu.
    Seorang Muslim justru lebih dekat dengan sang
    mesiah tapi orang kristen hanya ingin uang.
    Apakah kalian tidak merasakan itu?
    Sebagaimana dalam prosesi penebusan dosa,
    siapa saja harus membayar pada pendeta-mu,
    entah itu miskin atau manula wajib
    memaharkannya sebagai ritual pengampunan
    dosa.”
    Ratusan jemaat yang mengikuti misa imam
    besarnya hanya terdiam dan merenung. Dimitriv
    pun melanjutkan ceramahnya.
    “Saksikan juga…seorang Muslim tidak tertarik
    untuk mengambil upah dari orang-orang lansia.
    Mereka begitu ikhlas dengan sukarela
    membawakan barang-barang serta belanjaan
    wanita tua itu…sampai sang wanita tua itu
    hendak berdoa ke gereja sang pengemudi Muslim
    setia mengantar jemput wanita tua itu.
    Inilah mengapa saya mengatakan masa depan
    Rusia akan didominasi pemeluk Islam dan negeri
    ini akan menjadi milik Islam. Kalian lihat pribadi
    yang berbudi luhur dan santun mampu membuat
    dunia tercengang, ternyata akhlak Muslim lebih
    mulia daripada jemaat Kristen.
    Kalian mendengar bahwa Islam dituduhkan
    sebagai agama “teroris” tapi itu hanya isu belaka
    yang pada kenyataannya Umat Islam lebih
    mengedepankan tata krama serta kesopanan.
    Walau mereka difitnah sebagai “teroris”, tetapi
    populasi jumlah muallaf di Eropa dan Rusia makin
    ramai berdatangan ke tempat ibadah orang
    Muslim untuk memeluk Islam. Itu karena para
    muallaf tahu betul bahwa Islam tidak sekejam
    yang dunia tuduhkan.
    Sekarang dan selamanya, masa depan Rusia
    akan dimiliki Umat Islam. Masa depan adalah
    kembalinya kejayaan Islam. Lihatlah populasi
    Muslim di Rusia telah berjumlah 23 juta dan
    pemeluk kristen mengalami penurunan menjadi
    18 juta, lalu sisa yang lainnya masih tetap
    komunis.
    Ini sebuah fakta bahwa Islam sekarang menjadi
    agama terbesar di Rusia. Di utara bekas pecahan
    negara Uni Soviet mayoritas penduduknya
    Muslim, yaitu republik Chechnya, Tarjikistan,
    Kajakhstan, Uzbeckistan dan Dagestan. Lalu
    Umat Islam juga telah menjamah kota-kota besar
    Rusia termasuk Moskow.”
    Imam besar Dimitriv mengakhiri khutbahnya dan
    turun dari mimbarnya dengan berlinang air mata.
    Sementara para jemaatnya masih terpaku dan
    haru. Mereka tidak menyangka seorang imam
    besar Katolik bisa mengagungkan orang Muslim.
    Sebagian jemaat ada yang menangis melihat
    bagaimana ajaran Islam ternyata begitu berbudi
    luhur dan tidak layak disebut “teroris”.
    Jika Anda penasaran, ini link Youtubenya:
    Ya Allah Yang Mahamembolak-balikkan hati,
    teguhkanlah hati kami dan mereka yang mencari
    hidayah-Mu di atas Diin yang lurus ini. Aammiin.
    (adibahasan/arrahmah.com)
    salam-online

  18. haduh bro, itu agama bro bukan barang sepele atau buat mainan, entah apa yang kalian” percaya ya jalani dengan penuh keyakinan, kita semua diciptakan untuk saling menghormati satu sama lain, ingat bhineka tunggal ika bro, kita hanya satu yaitu satu indoneisa, jadi tolong apapun keyakinan kalian hormatilah yang lain..

  19. oh..alaaa agomo iku keyakinan mas…ojo ngawe duso karna agomo…wong ajarene islam iku wis jelasss agomu agomu…agomoku agomoku…ora usa ilok ilokan..paling bener2an gak ketemu…mestine saling teposliro lak agawe sentoso..ingat pancasila.

  20. Islam, Yahudi dan Nasrani adalah agama yg kitab sucinya merupakan firman Tuhan, makanya dari segi ajaran masing2 ada keterkaitan….perbedaan yg paling mendasar saat ini adalah tentang konsep ke esaan Tuhan dan ke aslian kitab sucinya.Jadi sudahlah kenapa hrs saling mencederai antar sesama agama langit…kita semua beruntung msh menjadi golongan yg percaya dg adanya Tuhan dan ada kehidupan setelah mati…yg perlu kita waspadai bersama dengan kemajuan sain dan teknologi menuntut semua nya harus menjadi nyata dan dapat dibuktikan…seiring dengan itu semakin banyaklah mereka yg menjadi atheis baik terang2ngan maupun terselubung…gejala ini sdh mengancam eksistensi agama di eropa dan amerika, gereja2 pada kosong, penganut kristiani terus menurun, bukannya pindah agama lain tetapi berubah menjadi atheis….makanya kita sesama agama langit semestinya harus sama2 memperkuat eksisistensi kita sebagai golongan yg percaya dg adanya Tuhan, bukan malah saling mencedrai…

  21. Yesus tuhan??? Jelas bukan…
    “Akulah Tuhanmu” , “sembahlah aku”
    Jika ada di injil manapun yang mengatakan demikian,saya masuk kristen sekarang juga ucap Dr.Zakir Naik

    Karena yesus adalah nabi isa… bukan tuhan..
    Yg penasaran liat aja di youtube tanya jawab Dr.Zakir naik
    Jadi Kembalilah ke jalan kebenaran yang dulu pernah nabi isa ajarkan…karena islam pun mengajarkan yang yesus ajarkan..

  22. ane muslim, tapi terus terang ane hati2 sama berita kayak gini, dan saya setuju ada baiknya kita cek n ricek sumber dan kebenaran infonya..

  23. Alhamdulillah orang tua saya dulu muslim. Jd paling tdk saya sdh punya bekal utk menjadi seorang muslim. Itu yg pertama. Yg kedua, setelah saya dewasa, saya bertambah yakin, bahwa Islam itu memang benar, tentunya dgn bukti bukti, ndak usah yg rumit rumit, dari anggota tubuh kita. Pertama lihat telapak tangan kita, disitu ada tulisan huruf arab, tangan kiri angka 81 tangan kanan angka 18, kalo dijumlah 99, itu adalah ASMAUL HUSNA. Yg kedua kita lihat lekukan lekukan pd jari jari kita, coba kita hitung, ternyata jumlahnya ada 28, itu adalah jumlah huruf hijaiyah yg ada dlm Al Qur’an.

  24. Menurut saya agama adalah hal yang sangat sakral, keputusan seseorang untuk pindah agama berarti keputusan dia untuk mencara sebuah kenyamanan karena mungkin di agama sebelimnya ia tidak memiliki kenyamanan. Bukan masalah membela salah satu agama. Tapi menurut saya mau dia muslim, kristen, katolik, atau apapun agama dia biar dia dan dirinya sendiri yang mengurus. Mengapa kita susah2 debat dan saling menjatuhkan agama satu dengan agama laiinya? Katanya Indonesia negara pancasila? Ya sudah kita hormati saja semua agama, toh Tuhan ngga liat dari apa agama kita tapi seberapa kita mencintai sesama kita, saya seorang kristiani tapi saya juga memiliki banyak yeman beragama muslim, tapi kami rukun2 saja. Karena kami mencari kebaikan dari masing2 agama kami bukan mencari kejelekan dari agama kami.

  25. Ahlan wasahlan, toyyib. Sudah sodara muslim dan rekan non muslim tdk usah di perdebatkan. Hidayah akan datang apabila di cari, kewajiban kami muslim menyampaikan kebenaran apabila tertolak cukup karena kewajiban sudah terlaksana masalah hati hanya robb kami yg membolak balikannya. Saya baru sekitar 1th ini berjenggot namun saya lihat ada yg komen diatas berjenggot menyerupai kambing dan semisal, saya jg sering mendengar org mengatakan demikian trhdp org yg memelihara janggut namun andaikata mereka bisa menyebutkan hewan yg lebih banyak lg yg berjanggut seperti kambing? Nyata tdk. Tetapi sadar kah jutaan hewan dari berbagi jenis tdk ada yg berjanggut? Itu menandakan yg tdk berjanggut apabila disamakan dgn yg berjanggut menyerupai kambing maka jawaban utk yg tdk berjanggut silahkan di tafsirkan sendiri. Ini sedikit share tanpa bermaksut apapun, maaf apabila ada tutur kata yg salah.

  26. @Sawung Kampret : Hidup anda terlalu banyak dimakan dengan internet…
    Sesama umat beragama kita harus saling menghargai.
    Jangan pernah mempersulit jika seseorang memilih untuk jadi seorang Mualaf…
    Karna Islam agama yang baik, kitab yang suci adalah
    Al-quran,..
    Coba dehh anda pikir, Al-quran adalah kitab terakhir yg diturunkan Allah SWT, bisa dikatakan Al-quran adalah sebuah orde baru yg dapat memperbaiki orde lama (kitab-kitab sebelumnya)…
    Dan jika anda berfikir Yesus adalah Tuhan…
    Yesus terlahir dikandang domba, tanpa seorang bapa.
    Kalau semua anak manusia di dunia ini yang terlahir tanpa seorang bapak (hamil diluar nikah) apakah mereka juga dianggap Tuhan ???

    “Astaghfirullah”
    Tuhan itu satu, hanya Allah SWT…

    • ehhehehe…ane tidak mempersulit orang mau jadi mualaf atau murtad sekalipun..karena itu adalah urusan pribadi..yang ane sayangnya jangan menjual data-data palsu, yang ngaku mantan Kiai/ Ustadz, mantan pastor, mantan biarawati, mantan pendeta…hanya untuk kepentingan yang ujung-ujungnya duit…kalau ngakunya mantan preman bolehlah..karena dari yang jahat menjadi yang baik…heheh
      kalau menyangkut essensi keimanan terus terang ane tidak balas comentnya..karena bukan itu yang ane bahas…

  27. UstadzH Bangun Samudra ini sering ngisi kajian di daerah perumahan Maspion Sidoarjo. Dan ini kisah nyata bukan tipu2…. Allah akan memberikan hidayah bagi orang2 yg berfikir. Dan janji Allah itu nyata. Masyaallaah, semua terjadi atas ijinNya…

  28. “Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allahlah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang2 yang mahu menerima petunjuk.” (QS Al Qashash: 56).

  29. Comment:
    Kalo lo pada orang pinter,harusnya pada tau bentuk tuhan ato nabi.loe menghujat penyembah berhala,sedangkan loe sendiri kagak tau bentuk tuhan n nabi loe.sadar,orang jauh2 ke mekkah cuma muterin batu bata yg bentuk nya kotak,DASAR ORANG BODOH.

    • nama nya hanya samaran atau bermaksud menjatuhkan nama muhammad. belajar & baca buku yang banyak semoga di beri hidayah. semua sumber pengetahuan di dunia & akhirat ada dalam AL-Quran

    • Kalau anda memang bukan muslim dan belum meyakini agama islam, tolong jangan menjadi pengecut dengan berlindung dibalik nama Nabi kami…dan kalau anda merasa telah mengikuti jalan (agama) yang benar silahkan buktikan dengan ayat ayat yang ada pada kitab suci anda…
      Kecuali jika anda tidak mengikuti agama apapun..maka diamlah!!

  30. Gitu aja kok repot…..kita tggu aja Imam Mahdi datang n kita liat siapa yg bener n siapa yg salah…meski wkt itu kita mgkn sdh tdk melihat lagi nanti karena sdh pada mati

  31. Tenang.. Tenang…. Yang jelas yg melihat website ini ternyata bukan hanya umat moslem.. Ternyata juga banyak domba domba yang tersesat yg melihatnya.. Ada yg hanya melihat..ada juga yang tidak terima.. Mungkin ada jg yang dari freedom for free yg misinya menjelekkan islam dengan berbagi cara..
    Untuk saudara saudaraku umat muslim jangan terprovokasi, kita doakan saja mudah mudahn mereka diberi hidayah Allah…

    • bro..bukan freedom for free..hehehhe kalau yang ente maksud adalah Faith Of Freedom…makanya baca-baca dan browsing browsing hehehe agar gak salah…tp klo mmg ada yang freedom for free…itu apaan ya bro??

  32. Comment: itu si sawung kampret Tuhannya browsing ya? terus kitabnya juga browsing ya ? kasian amat…Allah itu sudah kasih umatnya Al-Qur’an untuk dibaca ,dipelajari dan diamalkan..!!!

    maklum yah itu anak baru kenal browsing,jadi ya kampungan ada apa2 larinya ke browsing,ga bisa pake pikirannya sendiri,berarti si sawung kampret itu bodohnya sama aja kaya orang-orang kristen

    • hehehe vy..ente jgn sewot ..woless saja keless..kan sekarang zaman cyber..semua nya bisa diakses untuk mengecheck kebenaran..apalagi sekolah adalah hal yang kelihatan oleh mata…daripada rempong rempong ke TKP kan mending cek toh skulnya ada websitenya…kalau ane orngnya selektif terhadap informasi..biar tidak jadi agen penipuan iman…

      • Yg sewot itu anda dus, klo memang yang anda tuduhkan benar? Terus masalah anda apa?
        Yang sebenernya yang harus anda lakukan itu check dan recheck tuhan yang anda yakini.
        Kita semua tau misionaris yg seperti anda tidak akal pernah membuat kita lengah.
        SubhanAllah Alhamdulillah Allahuakbar

        • heheeh…bang Ichsan….ya kalau yang ane tuduhkan benar..dan memang itu benar..yang bermasalah adalah orang orang yang mempercayai omongannya pak Ustadz dong dan pak polisi karena polisi harusnya nangkepin penipu..
          klo ane kagak ada masalah karena ane bukan agen agen penipu iman dan tidak tertipu oleh beritanya ehheheh….
          ane heran kok ente takut amat dengan misionaris?? Islam di Indonesia adalah agama mayoritas sehingga sebenarnya ente kagak perlu takut sama mereka para misionaris, jangan jangan iman anda dangkal…

  33. Allah memanggil ya Ayyuhannas…wahai manusia yg artinya bukan cuma umat islam,bahkan kepada selain islam..Allah maha kasih..jadi kita sebagai umat yg masih di beri kesempatan untuk terus menjadi pemeluk agama yg benar,harus juga mengikuti sifat Allah yg maha pengasih,tidak serta merta menghujat agama lain..biarlah dia dengan kesesattannya..jangan terpancing…kita doakan saja semoga mereka di berikan hidayah..amiin..

  34. Comment:Assalammualaikum…wr.wb
    Alhamdulillah makin byk umat non muslim yg menjemput hidayah Allah… jd semakin jelas Alquran adalah kitab yg sempurna yg diwahyukan kpd Nabi Muhammad Saw, sdgkan kitab injil yg asli diwahyukan kpd Nabi Isa As, dimana kitab injil byk pembaruan2 dan byk versinya, sperti markus,matius,lucas dll, dmn isinya byk yg tdk sesuai dan menyimpang , apalagi byk ayat2 porno, dan sudah dijelaskan pula bahwa yesus adalah manusia bukan Tuhan ataupun anak Tuhan, karna sesungguhnya Allah… Qulhuwallahu ahad, Allahussomad, lamyalid walam yulad walam yaqul lahu kufuan ahad…. silahkan yg non muslim yg ingin tahu artinya liat di mbah google, atau klo mw lbh jelas dan percaya silahkan lgsung lihat di Alquaran surat Al ikhlas…. Terimakasih. Wassalammualaikum. wr.wb

  35. Kenapa ada bom bunuh diri…??
    Karena muhammad mengajarkan kalo jihad itu masuk surga.
    Hahahahahahahahahaha
    Nabi apaan kayak gitu…????

    • lebih baik kamu pinjam AL-Qur’an yang ada terjemahan nya supaya kamu makin pinter. jangan naruto az di baca.
      Ga perlu takut baca Qur’an

  36. Sawung Kampret : Mending Kamu Bandingkan Saja Alquraan sama Al Kitab . atau buka you tube buka saja Usztad Zakirmain beliau adalah penghafal Semua kitab . kalo gak percaya mending kamu ke banjarmasin datang saja ke Martapura

    • wedewwww…ada pak Ustadz Anak Buah Guru Sekumpul…begini pak Ustadz ane tidak membahas tentang akidah keimanan..tapi ane membahas tentang kebenaran latar belakang dari ustadz Bangun Samudra, karena latar belakangnya ini menjadi komoditi eksport utk mencari penghasilan dan ketenaran….kalaulah benar, ya gakpapa..berati dia mendapatkan hidayahnya..tp klo salah berati dia penipu penebar kebohongan…wah ane sampai berbusa menjelaskannya nih…

  37. Kenapa harus di kaji,orang udah jelas artikulasi nya,karena memakai bahasa indonesia.aduh,aduh…
    Bodoh banget sih ini orang..??

  38. Kasihan tuh masjid sebelah rumah,udah peyot,minta sumbangan mana gk ada yg kasih.padahal muslim semua.semoga takbiran besok tuh masjid gk menelan korban…???

  39. Kisah-kisah pastor atau pendeta yg masuk Islam merupakan model DAKWAH AKROBATIK, pertama pada kejanggalan proses diri yg brsangkutan untuk menjadi muslim (andai benar dia muallaf). Semisal: Kalau dia seorng berpenddikan Kristiani yg tinggi seharusnya dia tahu bahwa metode membandingkan Alkitab dgn Alquran yg benar perlu berdasarkan pandangan yg lurus n mndalam dari masing-masing Ahli kitabnya, bukan mempelajari Alkitab dr pandangan profesor muslim atau mengkaji Alquran brdasarkan pandangan profesor Kristen. Ke dua, pada ketidak-sesuaian antara bangunan argumentasinya untuk memilih Islam dan meninggalkan kekristenan/ iman Katolik dgn dasar/ pondamen dari bangunan argumentasinya tsb. Semisal sebutan anak domba (untuk umat Nasrani) atau sebutan diri Anak Domba Allah (untuk Yesus Kristus) adalah sebutan analogi, bukan dalam arti harafiah umat Nasrani dianggap hewan domba, dan bukan berarti Yesus adalah raja domba. Umat Kristiani adalah jemaah beriman yg SEUMPAMA domba digembalakan oleh Sang Anak Domba Allah (Putra Allah, Yesus Kristus) agar tidak tersesat namun dapat selamat sampai di rumah TUHAN, Allah dan Bapa umat beriman. Betapa super aneh kalau seorang berpdndidikan agama yg tinggi tidak memahami hal tsb!!! Inipun HANYA salah satu unsur anti nalar/ tak logis dlm kisah spt di atas Motif akrobatik tsb menimbulkan tanda tanya besar akan keabsahan pendidikan bahkan pada identitasnya sbg muallaf (jelasnya org tsb nampak sbnrnya adalah muslim yg ngaku-ngaku Kristen/ Katolik lalu masuk Islam padahal dia emnk Islam dari sononya.

  40. Ksihan ni gereja dikota gw n mngkin diindonesia ini kok pda menyerupai kubah mesjid gereja kan runcing ke atas kok disamaain sma kubah mesjid
    Dah kehabisan model ya kasihan weka weka weka

  41. Hahahaha ksihan amat gereja kok niru ksihan orng nasrani

    KNPA LO GAK BISA JAWAB PERTANYAAN ANE
    PASTOR DAN PENDETA SIAPA YG BISA HAFAL SMUA ISI ALKITAB?????????

  42. Kenapa loe tanya ke ane tolol..??emang gua ngarti..??
    Cari aja di google tolol..??!!!!
    Kalo loe tanya ke gue,siapa bapak poligami,gue bisa jawab.

  43. Ck…ck…ck, yg kaya gini aja dijadiin bahan buat berantem. Pantes memang kalo Indonesia raya ini gampang dipecah belah.

  44. Hahahahaha umatnya aja gak ada yg tau ksiah kristen gak ada 1 pun orng didunia ini yg bisa hafal kitabnya sendiri hahahaha
    Dasar otak udang
    Bakar aja kitabnya alkitab hahahahahahahahaaha

  45. Syukur alhamdulillah pendeta itu mendapatkan hidayah dari Allah untuk memeluk Agama Islam, setelah mempelajari Al qur’an. Syukur bertambah satu lagi penganut agama Islam. Cuma umat Islam juga harus hati-hati siapa tau itu akal akalan pendeta untuk menghancurkan islam dari dalam yg dikenal dgn istilah MISSIONARIS. Hal ini pernah terjadi pada perang kemerdekaan di aceh, Belanda tdk berhasil menaklukkan perjuangan rakyat Aceh dgn kekuatan senjata. Akhirnya Belanjat mengutus SNOCK HORGRONYE seorang missionaris untuk (pura-pura) memelul islam. Sekarang hal-hal seperti itu banyak juga terjadi indonesia yg mayoritasnya pemeluknya adl islam. Kita harus waspada.!!!

  46. WOY KRISTEN KASIHAN AMAT SIH KALIAN GAK ADA YG BISA HAFAL ALKITAB
    KITAB SESAT BUATAN PAUS IKAN PAUS
    BAKAR AJA ALKITABNYA
    DASAR OTAK UDANG SEMUANYA HAHAHAHAHA

    • Hati2 klo ngomong. Ntar matinya dimkn tikus.
      Nggak usah kuatir. Kita nggak nyari temen kok.
      Susah bro jadi org katolik. Nggak usah ikut2an.
      Tp hati2 klo bikin berita yg nyangkut2 pastur. Biarawati.
      Soalnya disini kecatet semua mas bro. Sekolahnya mn. Babtisnya kpn. Krismanya kpn. Nikahnya kpn.
      Seminari menengahnya mn. Kaul kekal jadi pasturnya kapan. Makanya klo bikin hoax carilah orang yg cerdas. Yg ngerti dan tau persis katolik itu spt apa. Sm kaya org islam abangan. Org katolik jg ada yg abangan.. alias cm di ktp.. tp nggak ngerti apa2..
      Jgn buang abab utk menjelekkan kristen katolik
      Kita ini udah disebut kafir.. selama hidup kami juga harus ikut memikul salib Kristus. Jd nggak mungkinlah ngajakin org susah. Liat kalian rajin sholat jumat. Puasa. Tarawih. Trus lebaran. Itu aja kita udah seneng kok.
      Oiya kita memang kebanyakan nggak hafal alkitab bos. Jarang ada khatam. Tp kita berbuat dan bertindak sesuai ajaran yg utama yaitu Kasih.
      Mengenai Paus… itu hirarki.. mudeng nggak. Kaya Indo ada presidennya gitu. Jadi klo pastur katolik itu kaya jadi lurahnya gitu.. si Presiden ada itu data2nya semuanya. Mknya ati2 klo bikin berita. Jgn kecampur nyebutnya antara pendeta sm pastur.. ntar klo kebolak balik.. si sawung kampret seneng tuh.. soalnya datanya nggak akurat.
      Klo katolik.. kita mau masuk ke gereja manapun di seluruh dunia. Di hari yg sama.. bacaan kita sama semua misal Injil Yohanes bab.. ayat …sd … itu sama semua.
      Alkitabnya isinya jg sama. Cuma beda bahasa.. lagunya juga sama semua..
      Klo kenyataannya banyak org murtad dr katolik trus masuk ke Islam.. itu kan hak org.. semoga kehidupannya bisa lebih baik lagi.
      Oiya. Jgn lupa minta maaf sm Yesus. Karena kata2 anda terlalu kasar. Bagaimana pun Yesus lebih mulia drpd Anda.

      • KSihan amat klian kitab sndri kok gak hafal dasar dri mna diambil kitab aja gak hafal hahaha kasihan

        • Lebih kasihan lagi situ..
          Muslim yang faham isi Alquran sj menghargai Nabi Isa kok situ seenaknya sendiri menghina Nabi Isa. Klo sy lebih baik tidak hafal, daripada seperti anda,, katanya hafal tapi melecehkan Nabinya sendiri.

  47. Kenapa muslim itu,mau berdoa aja harus nunggu aba2 dari masjid..??emang tuhan loe itu kemana dulu..??
    Kayak hewan aja,kalo mau makan harus di panggili dulu..??
    Haha..
    Pusing pala berbie.

  48. Hehe..ada yg masalahin dimana skolah ni ustad, ada yg bela begini begitu..dll..yg jelas bener gak Tuhan manggil umatnya dengan sebutan anak domba? Kalo dalam Islam itu memang benar adanya dlm kitab Al Qur’an kita umatnya disebut dgn manusia dan org2 yg beriman. So silahkan telaah sendiri kitabnya masing2

  49. kalo sy udah lahap habis komen nya dr awal sampai akhir. …
    we love alloh bukn allah (bisa dsalah artikan sm yg non muslim)
    aku rindu alloh… aku ingin jd muslim sejati berhijab dan jauh dr kenistaan ^_^
    do’a kan aku saudara ku se iman 🙂

  50. ISLAM adalah sebenar benarnya agama, karna diciptakan berdasarkan ILMU, wahyu pertama yang turun kepada nabi MUHAMMAD SAW, berbunyi IQRO yaitu BACALAH, agar kita semua terbebas dari kebodohan, dan MURNI untuk satu tujuan (SYURGA) yang KEKAL, dan BUKAN terbentuk karna sebuah POLITIK untuk Sebuah KEKUASAAN dan berkembang karna PENCINTRAAN, ADNAN OKTAR (HARUN YAHYA) juga seoarang MUALAF dan saya adalah penggemar karya karya tulisnya, Semoga bermanfaat sebagai contoh kecil yang bisa meluruskan kebimbangan diantara Sahabat sahabat yang budiman.

    • BODOH AMAT KAU? GIMANALAH KAU BISA SELAMAT..MUHAMADMU AJA TIDAK YAKIN MASUK SORGA!!! SAMPAI SEKARANG ISLAM YG BODOH TETAP MENDOAKANNYA, AGAR ALLOHMU MENERIMANYA!
      MADA ORANG BUTA MENOPANG ORANG BUYA??? JANGAN HARAP COYYY…BUKA OTAKMU KAEAN

  51. Indah apanya..??
    Kalian semua itu bisa nya cuma ribut,ngebom tempat orang seEnak nya.kalian itu cuma sampah.yg maunya menang sendiri,merasa paling bener,paling suci.tapi tempat ibdahnya bisa buat merkosa orang.coba itu liat diman mana cuma bisa kisruh.anjing lebih suci ketimbang kalian.

  52. Ngapain Lah Kalian Jawab tu si Sawung kampret.. Ni Bahas asal muasal atau Bahas Keyakinan.. jelas jelas sawung tuhannya Browsing.. apa apa Browsing.. hadeh..
    yang jelasnya, Jesus itu gk tau sapa mamaknya, pasti nya JESUS itu anak manusia.. hahaha.. Mana ada TUHan yang menciptakan Umatnya cuma Pake celana dalam diarak arak plus di Salib.. Mikir laah.. Menebus Dosa.. Tuhan yang menciptakan Tuhan Pula yang menebus dosa umatnya.. aneh aneh Para Domba Domba ni.. Cuma Domba yang mau Tuhanya cm Pake sempak doank trus di Paku.. aaah Tolol..

    • ehheeh…kan sudah jelas broo..ane membahas asal sekolahnya pak Ustadz bukan membahas keimanan…ente-ente saja yang kebakaran jenggot sekliwirr trus nyimpang kearah keimanan, tapi santai saja broo…ane kagak balas komen yang menyangkut keimanan…woless saja kelesss…paling juga belum Syari’at, apalagi Ma’rifat dan boro-boro Hakikat.

  53. Mohon jgn buat nama2 yg mnjelekkan tuhan umat laen, ntar mereka memaki tuhan kita jg yg mana mereka ga ngerti n ga tau, yesus itu cuma sebutan oleh org trtentu saat itu aja, tp bliau wajib kita hormati, bliau nabi besar Allah jg,,,yesus(Isa) itu mulia n ga salah, yg salah ajaran gereja aja yg di buat2 oleh paulus n merubah isi injil, nabi Isa aja jg muslim, bliau brserah diri kpd tuhan yg Esa yaitu Allah swt

  54. menurut kepercayaan masing2 agama yg d anut mereka itu benar gk ada yg salah,,tpi perlu d ketahui & d pikir dng seksama dri semua kitab suci masing2 d setiap negara di dunia pasti berbeda bahasanya kenapa krna tdk akan tahu maknanya & isinya bkn saya membandingkan tpi kitab suci seluruh dunia itu 1 bahasa yaitu bahasa arab lihat laa negara2 jepang,amerika,cina eropa & lain2 pasti bahasa arab itu laa yg tertera dlm alQur’an perbandingkan laa dng kitab2 suci lain setiap negara pasti beda bahasanya kecuali alQur’an..ada yg gk bsa baca huruf ABJAD tpi bsa baca AlQur’an coba klau yg gk bsa HURUF ABJAD Mana bsa baca kitab sucinyaa.

    • Masalahnya tau artinya nggak
      Ntar satu bahasa tp anda yg baca nggak ngerti.
      Semoga anda bisa sgr khatam Alquran dan terjemahannya.
      Biasanya org2 yg faham Alquran komentarnya nggak ky yg disini.
      Klo setengah2 apalagi mualaf.. yaaa gitu deeeh

  55. Yg psti klian umat kristen ikutin yesus aja dy gak pke baju cma pke kolor knpa klian jga gak ngikutinnya dasar pengikut tidak stia sma tuhan nya
    Cba dong ikutin gak usah pke baju kyak tuhan orng gila hahahahahaha

  56. Yg pasti …. mslah dy skolh dimna … itu hl sulit d publiksikn dsni coz mslah ijzah it privasi … y mungkin klw ad yg mw mnemui uztd smudra … d rumhny it lbh baek …. dripda triak2 gx jlas …. Yesus mu ya urusan mu sendiri …. tpi Allah tuhan semua manusia gx mandang appun agama dn bngsany …. org bertuhan dpat di lhat sikapnya krna smw agama mngjarkn kbaikn, islam adl agma yg dsmpurnkan oleh Allah lwat Quran dan Rosul2nya …. bila bhsa mnusia d pke untuk mnerjmhkn bhsa tuhan pzt pnuh prtntngan …. krna org Brilmu sja yg thu cra mnrjmhkan bhsa tuhan … Quran jg mnjlaskn jng klian mnghina tuhan orang lain krna mreka akn mnghina tuhanmu tanpa dsar dn sg kbodohan … biarkn Allah bekerja saja …. manusia adl bodoh …

    • lho ya jelas dong Bro Dwi…dia bilang lulusan dari sekolah pastor dan dia wajib membuktikan bila kita tanyain..kecuali klo dia tidak bilang … lha wong klo ada razia polisi saja, kita wajib nanyain surat perintahnya kok..apalagi ini masalah iman kepercayaan….

  57. Mungkin ini tjuan Allah mnciptkan mhluk brnma “perbdaan” krna watak mnusia yg serba ingn thu sglanya dn mndrong mreka mncari thu ap yg mraka kurg thu atw tdak thu atw bhkan ingin mncari cra dn data utk mnguatkan argumenya … Semua itu mungkin cra Allah untk mnggiring mnusia kpda Allah krna awalnya mnusia itu satu dan dpsangkan kmudian branak pinak dg pmikiran yg berbda.. Moga qt dpat bijaksna mnyikapinya …

  58. لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (6)” (QS. Al Kafirun: 6) untuk Yang Beragama muslim tolong di kaji lagi ucapannya. jangan sampai di Hari kiamat kita tidak diakui oleh Pemimpin kita Nabi besar Muhammad SAW, Karena Rasul tidak mengajarkan untuk mengejek umat lain.BegituPun untuk yg beragama Nasrani,katolik,protestan Jangan sampai untuk kata-katanya menyinguung umat islam. karena umat Islam itu almu’minuuna ikhwatun=sesama muslim saudara,jika kepala yg sakit pasti anggota badan juga yg lain ikut sakit.Kalo emang Mau benar-benar fakta tolong jangan Pake data digital/browsing/apalah, tolong datangi dan wawancarai orang tsb yang masuk muslim (muallaf). Cinta Damai sesama Agama. Wallahu a’lam bissawab.

  59. Teman2, selamat siang. Mari merenungkan nasehat bijak dari Dalai Lama saat ditanya agama mana yg paling baik…..”Kawan, tak penting bagi saya apa agamamu, tak peduli Anda beragama atau tidak. Yang betul2 penting adalah perilaku Anda di depan kawan2 Anda, di depan keluarga, lingkungan kerja dan dunia”….

  60. Sudah lah kita lihat aja,agama siapa yg bakalan hancur duluan..??
    Liat tuh sodara2 loe yg di siria,di palestine.sesama muslim saling bunuh,saling penggal.itukah yg kamu sebut islam itu indah,islam itu agama yg sempurna..??sebentar lg bakaln rata jadi tanah itu.islam itu gk kurang,gk lebih dari agama TERROR..!!

  61. Kitab injil itu smula banyak versi ada 30 lebih tapi melalui sidang yang diakui cuma 4 aja (yohanes,markus,matius,lukas) skarang belum lama ini ditemukan kitab injil didaerah turki coba yang suka browsing baca tu “INJIL BARNABAS’ wlw islam tidak meyakini injil tersebut tapi ini termasuk dalam versi injil yang lebih dari 30 itu yang satu sama lain bertentangan.

  62. Injil yang diakui islam hanya injil yang dituliskan oleh nabi Isa As bukan oleh markus,yohanes,lukas,matius,barnabas dan lain2.

  63. Kristen mkan babi najis weka weka weka
    Tuhan gak pke baju mo dibeliin baju ksihan gak bisa beli baju siyesus

  64. Mas Sawung Kampret, gk usah sibuk nyuruh orang2 browsang browsing, krna browsing jg blum tentu bener, mending kamu cek aja kesekolahnya sono, SD, SMP, SMA, dan yg di vatikan, klu emng bner ada nama ustad tu dsana, brrti bner, klu gak ada nma ny, y kasian bnget loe cpek2 ksana gak ada hasil….

    • bro Garuda…sekarang zaman cyber…ngapain cape-cape ke TKP..tinggal searching di google..terpampang tuh lokasi sekolahnya..nama sekolahnya dan sejarah sejarah sekolahnya…kalau gak sesuai dari awal ngapain dilanjutin utk ngecehck nomor induknya si Bapak Ustadz..
      btw ente sekolah/kuliah/kerja gak bro..nah klo ente kuliah atau sekolah / kerja di tempat yang favorit..pasti terpampang tuh websitenya…kecuali klo hidup ente di dunia yang tidak favorit..yaaaa..ane maklum kalau serba manual hehehehe

  65. Ada ada saja kebohongan kebohongan yg mengatakan menerima hidayah lalu pindah, bagaimana kalau skrg sy blg saya seorang tokoh islam yg menerima pertobatan dan pengampunan lalu pindah masuk Kristen atau Katholik, sy punya bukti berupa surat surat asli kuliamislam dan tokoh islam, udahlah lebay. Kalau ngarang ceritamyg mutu dikit.

  66. Kalian itu gk beda jauh sama pengemis,bangun masjid aja pake nunggu sumbangan dari orang laen.ngemis pake alasan anak yatim.itu ISLAM..!!
    Jadi loe,loe pada harus bisa sadar.kalo agama yg kalian sembah,kalian anut itu,mengajarkan utk ngemis…!!!

    • Tapi ga kyk pastor yg memperkaya diri dari iuran wajib di gereja..
      Pernah dnger pastor punya jet pribadi dari uang jemaatnya di amerika???
      Pastor itu profesi ya?

  67. Saya orang Katolik, saya heran kok setiap ada orang kristen/katolik jadi muslim selalu ceramahnya menyerang agama lain, padahal kalo di gereja tidak pernah seorang imam menjelek jelekan agama lain, silakan kalo mau anda yang muslim datang sekedar melihat misa di gereja dan coba amati!Jadi saya justru tidak percaya kalo ustad samudera mantan pastor karena tdk menunjukkan kualitasnya sebagai seorang mantan pastor.coba ada ga ijasahnya, jangan jangan hanya penipu yang mengaku mantan pastor agar laku ceramah aja,kasihan umatnya sudah jadi korban penipuan!

    • lha wong nama sekolahnya saja salah broo….makanya ane terpanggil untuk menyelidiki kebenarannya…di you tubenya pak Ustadz bilang belum dilantik di umat..yaelah menurut teman ane si Google..jadi pastor itu bukan dilantik tapi ditasbihkan atau diurapi oleh pejabat gereja diatasnya..alias Bhishop atau Uskup dengan sakramen Imamat…betul kagak bro?

    • Betul… mereka nggak tau jd katolik susahnya kaya apa.
      Tiba2 ngaku2.. klo katolik tulen pasti komplit berkasnya.
      Tanyain aja mana surat babtisnya. Mana cincin kaul kekalnya.

  68. @sawung kampret : Lakum Dinukum Waliyadin (Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku)

    Semoga Allah memberi hidayah kepada mu, unk memilih agama yang di ridho-i Nya..

    Amin ya rob..

  69. Knpa gak ada satupun umat ktisten yg hafal alkitab??????
    Al-qur’an anak umur 10 thun aja udah hafal 30 juz
    TPi knpa alkitab gak ada yg bisa hafal
    Terus knpa kristen ibadah kok nyanyi itu ibadah atau lomva x factor weka weka weka

    • Wah ya jelas nggak hafal wong nggak pernah dibuka tiap hari hahahahaha intinya saja pak. Tiap minggu di gereja dibacain injil mana yg dibhs nggak usah bw alkitab jg bisa. Soalnya udah dicetak buat hari itu. Trus point2 diinget. Dilaksanakan gitu.. sekarang kalau sy hafal Alkitab hbs itu sy bunuh orang atau ngrampok.. buat apa coba.. apakah hafal Alkitab tp kelakuan sy bejat.. itu msh berarti di hadapan Tuhan?
      Klo katolik nggak ada band.. klo kristen sebagian ada krn itu cr mereka memuliakan Tuhan.
      Klo katolik lagu2nya diseluruh dunia sama. Bisa dibandingkan klo liat misa natal di vatikan dan misa biasa di gereja katolik mana pun.

      Klo sampai ada yg ikut Xfactor itu namanya bonus
      Bonus krn suaranya jadi ikut terasah di gereja

  70. sebenernya bagi yang benar2 mempelajari kitab baik alquran maupun injil mereka akan mengetahui mana yg salah dan mana yg benar, kitab yg benar itu firmannya datangnya dari Allah langsung seperti Alquran, coba baca isinya, sedang kitab injil itu buatan sahabat2 yesus, masa isi kitab berdasarkan petunjuk2 yohanes,lukas,matius, dll bukan berdasarkan petunjuk2/firman Allah, sesungguhnya orang islam itu lebih kristen dari umat kristen sendiri, karena mengakui yesus sebagai nabi dan menuruti kata2 nabi isa, yesus berkata dilarang makan babi dan minum alkohol, kenapa umat kristen banyak yg makan babi dan minum alkhol, jelas2 mereka tidak benar2 menerapkan ajaran yesus, satu kalimat jika ada di kitab injil ada kata kata yesus mengaku sebagai tuhan dan ada kalimat “aku yesus adalah tuhan” saya sebagai umat islam akan masuk kristen, jika tidak ada mohon pelajari alquran dan pelajari kitab injilmu yang benar karena kitab injilmu banyak yang menyesatkan karena banyak nya perubahan yg dibuat untuk menyesatkan kalian wahai umat kristen, smoga saudara2ku umat kristen mendapat hidayah tau dan mengerti ajaran yang benar agar bisa masuk surga yang sesungguhnya sesuai ajaran islam dan alquran

      • wah ente sudah pernah baca ya Bro/?? bukannya haram hukumnya membaca kitab suci agama lain?? wah ente melakukan dosa bro heheheh atau ente hanya tau dari katanya teman?? wah teman ente juga haram dong brooo…udah ke got sana cari tikus…

        • mulai bergerak kang?? ta kira kuat ga akan ofensif..jare sopo kang haram? di wadah ini kita sedang diskusi. halal jika tujuannya dakwah..yukk mari balapan sesama satria keyboard

          • Heheheh..ente salah kalau ane ofensif maupun defensif…ane disini membahas hal yang mutlak dan konkret yang hanya dilawan dengan bukti konkret yaitu tentang sekolahnya ustadz BS…ane tidak bahas masalah akidah keimanan broo…

          • ane sudah membrowsing mba Indah…tapi mohon digaris bawahi ya..ane tidak membahas keimanan lho ya…menurut madzhab Hanbali, ada redaksi yang melarang di dalam kitabnya Matholib Uli An-Nuha, dan itu hanya satu-satunya kitab Hanbali yang mengatakan itu haram,…..hasil copas

      • Mengapa kamu marah” dan benci lihat kami Nasrani? Krn kamu bebal & gag percaya, sampai2 kau jelek2kan Yesus kami. Aku tak percaya Muhammad itu nabi, tapi ngpain aku membencimu? Agamamu ya agamamu! Muhammad sajo mati diracun istrinya, kok kami gag sewot? Marilah istrinya itu!

  71. Comment:hanya mengingatkan saja…sebaik’a jngn slng mnghina dan mngejek agama masing”…yg salah bkn agamanya karna dlm agama mnapun smua mngjarkan cinta damai,adapun yang mau cari sensasi,bikin fakta bohong spt kata mas kampret itu mnjd urusan tnggung jwb dia sm TUHAN’a msng”…jngn di hairaukan slma tdk merugikan kita…NO PROBLEM…jngn di bikin repoot,nti jd cape sndri.

  72. Hahaha . Sawung kampret.. ane salut lo jawab ini itu. Tpi lu sumbernya di browsing doang.. emang lu yakin sumber yg lu dapt dari internet bisa dipercaya. Secara gag langsung lu kena tipu juga. . Lu sok berfikir kaya profesor tapi hoax jg info dari internet aja belagu. Mending lu baca kitab injilmi tu terus u bandingkan sama alqur-an berani gak lu. Q yakin lu pacangan nyadar hanya baru baca satu kalimah di dalaam kitab suci al-qur’an.

    • Wah bro Muhammad…terima kasih sebelumnya karena ente sdh mulai terbuka mindnya…awalnya ane browsing nama sekolahnya…ada atau tidak sekolahnya..ternyata sesuai yang saya jelaskan diatas, alamat, nama sekolah, sejarahnya gak klop dengan keterangannya pak Ustadz
      Sekolah itu bentuk bangunan, yang tidak semerta merta pindah atau berubah dan sudah puluhan tahun..jadi mikir dikit lah bro Muh…masa sih sekolah yang favorit bisa jadi Hoax di internet..sama seperti ente klo browsing sekolah Favorit UMY atau UMM, atau UMS…jelas alamat, nama, sejarahnya….
      Ane sudah jelaskan diawal..klo masalah keimanan ane tidak bahas..apalagi masih baca baca Alquran….paling paling masih syariat..belum mafriat ataupun hakikat…

  73. Anak yg hafal alquran,itu anak mana.wajar2 ajalah klu bs hafal,orang bahasa yg di pakek sehari hari bahasa arab.udah deh,semakin loe ngotot,semakin nunjukin loe itu bego.
    Banyak orang kristen yg hafal alkitab,cm gk pernah di eksposes.karena apa?karena kalo sampek masuk tv,sampah2 kyk elo pada ngamuk.

  74. Bodoh amat so sawung kampret percaya sma browsing internet emang lo gak tau yg bkin internet itu manusia jdi bisa aja slah
    Kyak si paus ikan paus kitab dirubah isinya
    Klo ALLAH SWT yg buat itu bru 100% benat
    Dasar ktisten goblok

    • hahahah..woless saja keless Bro Yesus makan tikus…wah kebanyak makan tikus jadi mikirnya seperti tikus..lha wong ente saja juga percaya dengan berita ini kan….berita ini kan juga diupload via internet..ente juga nulis disini dan bisa tampil disini karena internet…udah ke comberan dan ke got dulu, cari tikus sana eheheheh

  75. Cba jelaskan ada gak didalam injil atau alkitab yesus mengatakan akulah tuhan maka sembahlah aku dan apakah yesus itu makan babi?????

  76. Emang ada kok orang cari nafkah dari cara menipu, termasuk ustad Bangun Samudra ini. Coba tanya beliau, jika benar beliau ex pastor katolik, dari ordo apa. Seminarinya di mana. Administrasi ordo dan seminari sangat bagus. Lalu cek di seminari dan provisionat ordo. Mudah bukan?

    • nyebut nama sekolahnya saja salah bro…udah jangan dibebani dengan pertanyaan pertanyaan yang berat berat…kasihan mereka sdh terkena agen-agen penipu iman…

  77. Banyak muslim yg doyan babi,bahkan anjing pun doyan.kucing pun dimakan.kalo orang kristen masih diatas level nya,emg doyan sama babi.tp kalo disuruh makan anjing,ato kucing gk ada..!!
    Kami tidak menjijikan sperti orang islam.

  78. Hahahaha ktisten yg makan babi anjing dan kucing dikota ku setiap natal orng2 ktisten mencari babi dan anjing buat dimakan hina sekali

  79. INI PERTANYAAN TERAKHIR KALO ADA YG BISA JAWAB SAYA BISA YAKIN KRISTEN
    ADAKAH DIDALAM INJIL DAN ALKITAB YESUS MENFATAKAN AKULAH TUHAN DAN SEMBAHLAH AKU MAKA AKAN KU TEBUS DOSA KALIAN.?????
    APAKAH YESUS MAKAN BABI.?????
    APAKAH YESUS PERNAH MEMBANGUN GEREJA DAN APAKAH YESUS IBADAH BERNYANYI DAN IBADAH DIHARI MINGGU. BUKANNYA HARI SABAT????
    DAN KENAPA YESUS TIDAK MEMAKAI BAJU APAKAH KARNA DIA TIDAK MAMPU MEMBELI BAJU TUHAN KOK MAMPU BELI BAJU.???

    SILAHKAN DIJAWAB SECARA DETIL

    • Pelecehan namamu broo, gimana klu dibilang MIHAMMAD Makan Tikus busuk? Perasaanmu gimana?
      Jgn sampai gitulah..saling menghargai donk?

  80. Saya mau masuk kristen tapi ada syaratnya…
    Tolong cari di injil manapun kalo ada yang menerangkan yesus berkata “akulah tuhanmu” , “sembahlah aku”…
    Itu kata Dr.Zakir Naik

    Yg kristen tolong bantu cari ya…
    Ini yg mau masuk kristen org yg luar biasa tinggi pemahaman agama islam nya soalnya…

  81. Mohon maaf sebelumnya jika ada kata” sy yg salah yg tidak berkenan nantinya. Setiap agama mengajarkan tentang saling mengasihi satu sama lain, kalau kita saling mencela satu sama lain percuma dong kita dengar khotbah dari pendeta/pastor atau ceramah dari ustadz. Tiap agama telah mengajarkan yang baik dan benar menurut firman Tuhan/Firman ALLAH kepada kita. Tapi perbuatan kita tidak sesuai dengan yang diajarkan. Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, hanya Tuhan Pencipta alam semesta ini yang sempurna. Tiap manusia mempunyai dosanya masing masing. Jadi kita sebagai umat manusia harus bisa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bukan saling mencela satu sama lain. Percumalah ibadah kita kalau saling mencela dan menjelekkan kepercayaan orang lain. Biarlah kita memilih keyakinan kita masing masing, karena keyakinan dan perbuatan kita nantinya yg akan menentukan kita nantinya.

  82. SAWUNG KAMPRET DAN LISA COBA JAWAB INI PERTANYAAN TERAKHIR KALO ADA YG BISA JAWAB SAYA BISA YAKIN KRISTEN
    ADAKAH DIDALAM INJIL DAN ALKITAB YESUS MENFATAKAN AKULAH TUHAN DAN SEMBAHLAH AKU MAKA AKAN KU TEBUS DOSA KALIAN.?????
    APAKAH YESUS MAKAN BABI.?????
    APAKAH YESUS PERNAH MEMBANGUN GEREJA DAN APAKAH YESUS IBADAH BERNYANYI DAN IBADAH DIHARI MINGGU. BUKANNYA HARI SABAT????
    DAN KENAPA YESUS TIDAK MEMAKAI BAJU APAKAH KARNA DIA TIDAK MAMPU MEMBELI BAJU TUHAN KOK MAMPU BELI BAJU.???

    • ente browsing sendiri lah..kan ada tuh alkitab on line….cari tuh di portal kristen jawabannya disana..ane gak bahas masalah akidah iman disini mas brooo…saking emosinya, ngetiknya salah salah..cucud typing…heheh

  83. Maaf utk rekan rekan muslim, saat ini sedang bulan puasa jadi sebaiknya kita perbanyak melakukan yang baik dan benar agar amal ibadah kita di terima oleh sang maha pencipta.

  84. SAWUNG KAMRET DAN LISA JAWAB INI PERTANYAAN TERAKHIR KALO ADA YG BISA JAWAB SAYA BISA YAKIN KRISTEN
    ADAKAH DIDALAM INJIL DAN ALKITAB YESUS MENGATAKAN AKULAH TUHAN DAN SEMBAHLAH AKU MAKA AKAN KU TEBUS DOSA KALIAN.?????
    APAKAH YESUS MAKAN BABI.?????
    APAKAH YESUS PERNAH MEMBANGUN GEREJA DAN APAKAH YESUS IBADAH BERNYANYI DAN IBADAH DIHARI MINGGU. BUKANNYA HARI SABAT????
    DAN KENAPA YESUS TIDAK MEMAKAI BAJU APAKAH KARNA DIA TIDAK MAMPU MEMBELI BAJU TUHAN KOK MAMPU BELI BAJU.???

    • hehehhe..ente ngapain emosi kaya gitu..kan ane sudah bilang di depan, ane tidak bahas akidah keagamaan to….dan bahasa ente kelihatan banget penuh amarah, jangan jangan darahku jadi halal buat mu…apakah pak ustadz di masjidmu mengajari begini?

        • kan ane sudah kasih solusinya broo…buka di google..portal Kristen atau Alkitab Online, atau Yesus atau iman Katholik…karena ane didepan sudah bilang, ane tidak bahas masalah iman..yang ane bahas sekolahnya ustadz BS..ok broo…

          • Ente ini bahlul atau moyangnya bahlul hehehe sdh dibilangin jgn nanya ane tentang keimanan disini tp kok ngeyelnya minta ampun…atau ente gaptek gak bisa browsing atau malah takut dosa karena baca kitab suci agama lain? tinggal tulis di google trus di klik..kan ente langsung menemukan jawaban yang ente tanyakan..kan selesai…

          • Hahaha udah gw browsing tu cri diom google dialkitab gak ada tuh yesus mengatakan akulah tuhan dan sembahlah aku maka akan ku tebus dosa klian
            Ksihan amat dah ditipu sma paus ikan paus hahahaha

          • Hahaha udah gw browsing tu cri diom google dialkitab gak ada tuh yesus mengatakan akulah tuhan dan sembahlah aku maka akan ku tebus dosa klian
            Ksihan amat dah ditipu sma paus ikan paus hahahahaha

  85. Menembak orang,memenggal kepala orang,sambil nebutin allah akbar…
    Hadeh,itu yg elu sembah iblis,atau gimana..??

  86. Knpa umat kristen gak ada yg bisa jawab pertanyaanku
    Knpa oh knpa
    Apa krna mereka tidak tahu atau tdak mengerti ataukah mereka bodoh?

  87. Kita anak domba,loe semua anak anjing.
    Pertanyaan loe basi,gk mutu.
    Loe tanya aja sana sama muhammad,kenapa dulu kawin lagi..??
    Ngakunya nabi,tapi 1 istri masih kurang..??nabi apaan..??!!!

    • WOy bro knpa lo gak bisa jawab pertanyaan ane knpa lo takut klo kebohongan alkitab terbongkar kasihan

  88. nama : yesus makan tikus, ferdy, paus ikan paus, yesus, jix..sepertinya sekumpulan hoping…jgn jgn sama orangnya..kok gaya bahasanya sama..heheheh whatever lah ehhehe

  89. Di rumah saya ada nih baju2 BEKAS saya yg sudah tak layak pakai…mungkin bisa di titip kepada saung kampret, muhamad, lisa..untuk di berikan kepada lelaki yg sedang nyangkut di kayu salib..kasian dr dulu gak pke baju..kedinginan ituh…masuk angin entar siapa yg mao ngerokin coba? Hhhhmmmmm…

    • ehehehe…budaya ente itu memang payah broo bakti..masa ngasih sedekah baju bekas kok yang sudah tidak layak pakai?? aneh..emang orang tuamu atau ustadzmu ngajarinya begitu boss?? atau mungkin ente sdh tdk punya baju yang pantas pakai kelesss….hehehe wah ini modelnya seperti Ustadz BS nih…mencela orang lain dengan memberikan barang yang sudah tidak pantas pakai…whateverlah klo begitu hehehh

      • Udah deh biar gw bliin aja siyesus baju yg bru 1 karung biar gak malu maluin dan biar hak kedinginan hahaha

        • ente sekolah dulu aja bahlul…sekolahin dulu otak ente…kasihan ortu ente, duit utk bayar sekolah tapi dipakai utk beliin baju orang lain heheheh

  90. لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ
    Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku. (QS Al Kafirun: 6)

    وَقُلِ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ فَمَن شَاء فَلْيُؤْمِن وَمَن شَاء فَلْيَكْفُرْ إِنَّا أَعْتَدْنَا لِلظَّالِمِينَ نَاراً أَحَاطَ بِهِمْ سُرَادِقُهَا وَإِن يَسْتَغِيثُوا يُغَاثُوا بِمَاء كَالْمُهْلِ يَشْوِي الْوُجُوهَ بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءتْ مُرْتَفَقاً
    Dan katakanlah: “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu; maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir”. Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. (QS Al Kahfi: 29)

    Jadi kalau menurut saudara yg muslim kalau yg lain adalah kafir,maka sdh ada tempat bagi yg kafir itu di neraka.Kita tdk usah meributkannya…lebih baik berlomba mengumpulkan pahala kebaikan supaya jalan kita ke sorga semakin jelas…dengan memaksakan kepada orang lain akan mengurangi pahala anda. Final dari kehidupan ini kan cuma surga dan neraka.Kita lihat sj nanti kita berada dimana? Sorga atau neraka.

    • Pahala.!
      Nando, jika saya korupsi sampai triliunan…trus saya sumbang ke pesantren2 dan panti asuhan?? Banyak lah pahalanya ych?

  91. kami muslim tidak sah jika tidak percaya nabi isa, yang menurut kaum kristin isa itu tuhanya. saya mau tanya di alkitab ada gk diterangkan nyawa didalam tubuh manusia itu ada dimana… klo ada berarti agama kalian bener bener agama bukan agama mimpi. didunia salah apalagi akhirat, amit amit bisa kesyurga yang ada ke neraka. klo ada tolong di jawab

  92. ya ALLOH knpa hati ini sakit membaca tulisan orang2 yg g tau islam tp menjelek2n islam..
    sgla nyebut2 ka’bah cm tumpukan batu bata,ada yg blng najis,ada yg menjelek”n nabi Muhammad krna istri’y lbh dr satu..
    ya ALLOH…
    beri hidayah Mu di bulan yg suci ini..
    sadar’kn mereka ya ROBB

  93. Islam itu haqqul yaqiin.
    Utk yg hatinya masih tertutup, coba sekali2 pelajari Kitab Suci Al-Quran yg ada terjemahnya. Jgn hanya mengandalkan fasilitas buatan manusia saja yg kebenarannya bisa dibuat2.
    Allah telah menunjukkan Kebesaran-Nya kpd ustd Samudra ,seorang pastur, yg awalnya mempelajari AlQuran utk menjatuhkan islam, yaitu dgn memberikannya hidayah. Krn Allah lah Tuhan Semesta Alam.
    Tidak mungkin yg diciptakan sama dengan Yang Menciptakan.

    • yaelah ini bahlul lagi nih…sudah dikasih informasi bahwa si ustadz BS adalah penipu, bukan mantan pastor karena sekolahnya tidak valid, masih aja percaya. Tapi yaudah deh toh yang ketipu bukan ane..tapi ente hehhehe

  94. Ngakak liat komen2 sawung kampret yang kebakaran jenggot setelah membaca berita diatas.
    Sok modern segala suruh2 orang browsing, napa lu ga memakai “azas pembuktian terbalik” aja?
    Kalo situ ga percaya dengan sekolah, identitas, asal usul dll yg dimuat berita diatas seharusnya lu yang tunjukin bukti2nya , bukan komen2 yg bernada sinis dan malah memperlihatkan cara berpikir lu yang kerdil dan kelanak2an.
    Jika anda iri dengan berita seperti ini seharusnya anda lebih sibuk mengurusi umat yg seiman denganmu, tak perlu koar-koar yang ga jelas juntrungannya.

    • halah..ini paling hopingnya si Yesus makan tikus….keliatan banget gaya bahasanya..dan orangnya bahlul dan moyangnya bahlul..mohon ente lihat postingan komen ane diatas…ente di sekolah tidak diajarin metodologi penelitian ya…maklum lah otak bahlul ente belum belum nyampe…

  95. Seru semua commentnya…saling menyalahkan dan mencari kebenaran serta kemenangan atas ajaran yang dianutnya. Apa pun agama anda apakah upahnya ? Hanya sorga dan neraka. Agama apa yang punya bukti pengikutnya ataupun nabinya udah ada balik dari sorga atau neraka ke dunia jaman sekarang ini? Mengapa kita saling menghina dan menghujat? Agama hanya memberikan arahan,aturan,janji tentang ketaatan kita untuk memperoleh tiket ke sorga. (yesus makan tikus, muhammad) bertobatlah…

  96. Kalo ajaran agam anda mengajarkan indah
    Koq pada komment yg tidak pantas,
    Yg pindah agama muslim ke agama lain juga banyak
    Yg agama kristen/katolik pindah agama muslim juga banyak
    Berpikirlah yg jernih
    Benar yg disampaikan inisial sawung kampret.
    Sawung kampret hy membuktikan keabsahan peristiwa sejarah sekolah dari seorang pastor yg pindah agama lain.
    Mau pindah agama ya silahkan

    • betul bro, ente dan ane org indonesia, yang dikenal saling bertoleransi sejak nenek moyang , kita wajib menjaga kerukunan ini…BHineka Tunggal Ika dan Pancasila

    • mau kebenaran lansung datang ke orangnya,jadi beliau bisa langsung jawab..masa lo ukur kebenaran lo dr browsing..

  97. Hahaha udah gw browsing tu cri diom google dialkitab gak ada tuh yesus mengatakan akulah tuhan dan sembahlah aku maka akan ku tebus dosa klian
    Ksihan amat dah ditipu sma paus ikan paus hahahahaha

  98. Sebelumnya maaf,saya ini orang awam
    yang masih perlu banyak belajar,tapi
    melihat artikel diatas sekolahnya/menimba ilmunya seperti mengada-ngada.
    Bagi saya yang buat blog ini malah
    belum tentu orang islam,klo toh orang
    islam yang buat ada kemungkinan belum mengetahui secara pasti dari profil ustd samudra tsb. Klo lihat isi komentar dari para komentator diatas yang sangat menggebu2 untuk
    mengolok2 seaama komentar tersebut,malah ada
    kemungkinan salah satu dari mereka
    sendiri yang buat/ngarang isi dari blog
    tersebut dengan tujuan memprovokatif.
    Saya mohon maaf klo ada pihak
    yang tersinggung dengan komentar saya
    dan saya mohon bagi sipembuat blog ini
    untuk menelaah lagi isinya dan klo perlu
    minta pendapat dulu ke ustd samudra sebelum
    mempostingkanya.Terima kasih.

    • Assalammualaikum warrahmatulahi wabarakatuh…Ane harus sopan nih kalau lawan bicaranya spt ini, begini Mba Pipiek, ane menelusuri di yuotubenya Ustadz BS..memang di Youtubenya, utz BS menyatakan bahwa dia eks pastor dgn rinci menjelaskan sekolahnya..awalnya ane berpikir bahwa dia mendapatkan hidayah, kemudian ane browsing sekolah-sekolah yang dia sebutkan satu persatu..tp ternyata tidak valid..maka ane menjelaskan ke pengunjung bahwa ini penipuan..tp banyak yang gak terima..ya prinsipnya ane hanya ngasih informasi saja. wassalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh…

    • Tolong ditanyakan..
      1. Mana Surat babtisnya ( siapa Ibu dan Bapak babtisnya )
      2. kapan menerima Sakramen Krisma
      3. kapan menerima komuni pertama
      4. ijasah SD, Ijasah SMP
      5. ijasah SMA klo Ust. Samudra dr sekolah umum
      berarti harus melalui proses spt ini :

      Postulat: lamanya 1 tahun (tahap ini berlaku bagi calon yang tidak mengalami pembinaan di Seminari Menengah).
      Novisiat: lamanya 1 tahun.
      Pendidikan Filsafat dan Teologi (S1): lamanya 4 tahun.
      Tahun Pastoral: ada yang menerapkan 1 tahun ada yang menerapkan 2 tahun.
      Pendidikan Filsafat dan Teologi (S2): lamanya 2 tahun.
      Tahbisan Imamat ( kaul kekal )
      Satu lagi apa Ordo atau Konggregasi nya?? ( kalau nggak mudeng.. silakan browsing )

      hati2 klo membawa nama MANTAN PASTUR

      Silakan berpindah agama, tapi jangan jadikan agama anda seperti barang KOMODITI,
      yang harus di iklan kan dengan berbagai cara.

  99. si umar bin gatal,abis makan semangat kitu..??
    Tuh,tuhan mu udah teriak2 di masjid.cepetan nungging-nungging sono…!!!!

  100. Sy jd curiga yg Membuat blog dan yg komen saling berseberangan diatas ini adalah org yg sama yg tujuannya memprovokasi dan memperlihatkan seolah2 kaum muslim tidak beradab dlm bertutur kata. Ya Robb ku, berikanlah hidayahMu kepada org2 ini. AMin.

  101. cari di google sekolahnya “Sekolah Tingga Pastor Katolik Santo Giovanni” gak ketemu.
    Nama aslinya gak brani di tulis karena apa?
    Nipuuuuu… Umat islam kok senangnya berita hoax tipu2…..

  102. Maaf sebelumnyaa. Secara simple aja . Bukankah kita yg beragama islam jika memasuki rumah Allah harus dengan keadaan suci (bersih) dn tidak kotor . Tetapi knpa umat kristiani boleh memasuki gereja dlm keadaan hadas besar ( tdk suci) . Kita terlahir dlm keadaan suci . Alhamdulillah saya bngga mnjadi seorg muslim dn terlahir sebagai muslim . Betapa indah kuasa Allah

  103. @dabby : seseorg yg dikatakan bisa memiliki istri lbh dri satu apabila ia mampu berbuat adil . Dan hanya nabi yg mampu brbuat adil . DN asal anda tahu iyaa ketika khodijah meninggal dunia baru lah nabi Muhammad SAW menikah lagi . Kalau anda tdk mengerti tntang agama kami . Sebaiknya anda tutup saja mulut anda itu

  104. Orng kristen msuk gereja rumah tuhan pke sepatu ada najis nya dalam keadaa tidak suci nsuk gereja
    Klo islam msuk mesjid dalam keadaan suci dngan wudhu
    Ksihan ktisten masuk gereja pke sepatu msuk rmah sndri sepatunya dilepas lbih mulia tmah sndri dri pda rmah tuhan hah hahaha

  105. Bagaimana Anda tahu Anda najis apa tidak? apa Anda sudah bertanya pada-Nya, Anda najis atau tidak?
    wudhu memang untuk membersihkan smua; sebelum Anda berbicara dan bersyukur kepada Nya; smua agama pun sama; dengan cara yang berbeda.. Berbeda itu indah kha? kalau sama; laki” semua misal; apa Anda mau anal satu sama lain?? Gak khan…

    • Krna sdah dijelaskan falam Al qur’an dngan mando n betwudhu qt bersih dri najis
      Tpi klo klian bwa msuk najis kedalam gereja pke sepatu didalam gereja ada yg pke celana dalam doang ksihan memperlihatkan aurat ups kristen kan gak ada n gak pke aurat tuhannya aja telanjang weka weka weka

  106. kalau Anda sesudah membaca reply ini marah”, brarti Anda selalu Najis .. trus dengan air saja langsung bersih? hati dan pikiranmu apa sudah kamu confirm dengan pencipta Mu bahwa kamu lolos dari kenaijasan duniawi?…

  107. Kenapa saling melecehkan, apakah kalian blm percaya diri dgn agama yg kalian anut? Di Alkitab byk kata2/perumpamaan jadi kita harus dgn tuntunan Tuhan memahaminya.

  108. Comment:blog d atas MERAGUKAN BANGET !!!
    YG MAU BLAJAR BENAR SILAHKAN,TP TIDAK DGN CARA BRDEBAT (KLIATAN BODOHNYA).
    PNJELASAN TNTANG SMUA SKOLAH ITU PALSU !!!!
    JGN SALING HINA.BUAT SMUA YG KOMEN LBIH BAIK D BACA,DAN D CARI KBENARANNYA BARU KOMEN !!!
    BIAR TAU KBENARANNYA !!!
    HORMATILAH SSAMA UMAT BRAGAMA,ISLAM/KATOLIK TIDAK D AJARKAN MNGKOMERSILKAN HAL” KYA BGITU.
    AKU ISLAM 100% TPI TIDAK STUJU DGN KBOHONGAN (PNGAKUAN N MSALAH SKOLAH) USTAD SAMUDRA D ATAS !!!
    TRLALU JLAS KLO DY BOHONG.
    BOLEH BRDAKWAH,TPI JGN MNJATUHKN AGAMA LAIN APALAGI MNYAKITI PRASAAN UMAT BRAGAMA TSB !!!
    BAGIMULAH AGAMAMU DAN BAGIKU AGAMAKU !!!
    BUAT SAUDARA SE IMAN (ISLAM) JGN TRPANCING DGN CARA LICIK BLOK D ATAS.
    BUAT UMAT AGAMA LAIN,MAAF ATAS KE’DZOLIMAN PRNYATAAN (YG PUNYA BLOG & YG KOMEN RADA” PANAS) D ATAS.
    YAKINLAH DGN KYAKINAN KALIAN MASING”.
    SMOGA ALLAH MNGAMPUNI DOSA” KITA SEMUA.
    AAMIIIN….

    • Urusan apa anda mmpermasalahkn ustad Samudera bhong/ bnr? Apa anda dirugikan, biarlah kbhongan/ kbenaran ustad Samudera itu urusannya dg Alloh SWT. Dan maaf, knp ya saya merasa ragu anda itu jg seorang Muslim.

      • Ane termasuk kelompok humanis ibu Nurul..fikiran ane hanya merasa kasian saja krn banyak yang tertipu
        .memang itu urusan Ustadz BS dengan Sang Khalik..
        tapi ibu lihat hasilnya bukan?? liat pada komen-komennya pedas-pedas dan saling menjatuhkan dan terkesan tdk bermoral seakan akan diajari seperti itu..
        makanya agar ada titik terang ane menyajikan data-data yang ternyata berseberangan dengan yang diungkapkan oleh Ust. BS tanpa membahas akidah keimanan dari salah satu agama…
        Ini baru latar belakangnya saja, sudah pada heboh…

  109. Apabila Alloh SWT telah mngunci telinga, mata dan hati seseorang, maka tiada seorangpun yang dapat memberinya petunjuk. Islam adalah rahmatanlil’alamin. Rahmat bagi seluruh alam. Islam adalah agama yang sempurna dan telah dirihoi oleh Alloh SWT. Firman Alloh ta’ala:

     الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا (٣)

    “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu.” (Al-Maaidah: 3) . Silakan yang mau mncari kebenaran hakikki, smoga Alloh SWT memberi petunjuk dan hidayah. Aamiin.

  110. Misi all… w org muslim… tpi w saluut sma sawung kampret… dia gak bilng agama’e benar atau slah… yg dia permsalhiin… sumber’e doang yg slah… sluut gua sma luuh… walau kita beda agama… pikiran luuh dewasa

    • hehehehe…terima kasih broo….ane menyajikan data-data saja..dan data-data harus objektif, terukur, dan realable / nyata.

  111. Islam itu indah, tp orang2 macam kalian yg bikin islam memuakkan dimata dunia.orang2 yg selalu merasa tinggi derajatnya, orang2 yg merasa punya kapling di surga, yg selalu menghujat orang lain yg berbeda agama, apa yg dilakukan umat islam untuk mengindahkan agamanya?terorisme,FPI, intoleransi, memojokkan umat lain yg berbeda agama?itu yg namanya agama pembawa damai? Yg ada, anda semua membuat agama islam terlihat arogan, kejam, sadis, dan memuakkan. Yg bilang islam untuk orang yg berfikir coba segera mikir. Paling2 pada langsung nyolot, orang islam mah gitu. Ngerasa paling bener di bumi dan di akhirat. Ngerasa sok suci, sok bakal masuk surga, padahal tindakannya selalu menyakiti umat lain. Bayangkan betapa malunya Tuhan kalian punya umat macam kalian wahai umat islam nan dungu..

  112. aku pesen buat dulur2 muslim disini..ga usah ngotot n tegang menghadapi pembuat onar..mereka akan selalu mengusik pikiran n hati anda..kenapa?? karena HANYA ITU YG MEREKA BISA!!..
    seloww wae bereaksinya..ga usah berubah jadi bolot n bajuri…biarkan mereka dng amunisi2 klasiknya..
    sebenarnya kasihanilah mereka…lahir, tercerahkan, bernafas, makan minum sebagai MINORITAS..lhaa ntu yg mereka kejar lurr
    yuukkk mari melambai

    • sy bangga loh jadi minoritas… jangan salah..
      kita nggak pernah ngajakin situ ikut kita..
      soalnya susah bro jadi orang Katolik kasihan situ ntar nggak kuat mentalnya..
      makanya kalau ustad BS bener2 katolik, harusnya dia nunjukin berkas2nya
      surat babtis, surat krisma, kpn pelajaran komuni pertama. kapan Kaul Kekal nya jd pastur
      anda pikir dlm satu hari bisa jadi orang katolik…
      nggak bisa masbro…

      • bagus deh neng kalau bangga..teruskan deh bangganya..kalau gt pesanku buat orang2 lain. orang yg selalu sesak dadanya lihat dan denger begitu jayanya Islam..dan sdh menjadi kodrat akan berkuasa di muka bumi sebelum kiamat datang..eh iyaa..aku ga tau sgimana susahnya seh hukum katolik..tp aku yakin neng akan botak jika ingin menjadi ustad yg konaah. yaa klo ada jalan yg mudah ke surga sehh pasti antri tu..n kalian masih aja mau repot beekutat disini dng mencungkil2 kenyamanan kami..biar bodoh n tolol selama itu akan menambah keimanan kami, soo be it!..
        sono deh pergi ke orangnya klo memang pengen puas pribadi..ngapain jg koar2 sok ahli dimari..get a life dude

      • susah jd katholik?..ya jelas susah lah, ajarannya membingungkan dan ngak masuk logika…3 ya 3, 1 ya 1..masa 3 adalah satu..nabi adam ngak punya bapak dan ibu harusnya lebih hebat donk

      • Emm bru tahu q….klo jd seorang khatolik itu susah….alhamdllh agama saya sangat mudah dan dimudahkan bahkan untuk sesuatu yg wajib…sangat mudah…dan sangat dipermudah..
        Karna tuhan sya tidak pernah membebankan umat nya….apalagi memberatkan umatnya….gak pernah ….

  113. Comment:orang yg bener2 beriman dan dekat dengan TuhanNYA ,,,ga sempet buat mainan internet kaya kita2 ini kawan apalagi berdebat tentang Agama,saya yakin mereka lebih memilih beribadah untuk tuhanya__jadi klopun kalian islam atau kristen ,,,kalian pikir apakah kalian termasuk yg dekat dan beriman,,,semua agama mengajarkan cinta kasih kawan ,,,orang kristen bisa saja melakukan kejahatan begitupun juga oran islam,, tpi saya yakin mereka bukan orang yg beriman dan dekat dengan tuhanNYA,,,damailah hidup di Indonesia dengan Agama kalian masing2_

  114. Comment: coba jelaskan kenapa pernh beredar beredar kabar pastor yg menghamili para biarawati di eropa, dan knpa di gereja2 bagian belakangnya di buat tembok tinggi? Bener kah banyak aborsi para biarawati yang di kuburkan di belkang gereja???

  115. Katanya umat kristen dijamin 100% msuk surga knpa gak mati aja biar lngsung msuk surga wkakkakaka
    Cri krja aja hrus sekolah biar dpt krja kok surga gampang amat masuknya wkka

  116. WOy lisa dan sawung kampret mati aja skrng biar lngsung msuk surga
    Klo lo takut brrti penjaminan yesus msuk surga itu bohong weka weka weka

    • setiap ente sebut nama ane ” sawung kampret” ane langsung merapat bro…hehehe..ente gak usah ganti ganti nama dahhhh….btw ane terima kasih didoakan cepet ketemu dengan Sang Khalik dan masuk syurga bareng Sang Khalik….Aminnn ( setiap ente sholat…doakan ane ya hehehehehe)

  117. Yang non muslim komen disini kurang kreatif. Udah basi nanyain ijazah para mantan pendeta atau pastor yang masuk islam. Selalu ini yang ditanyakan. Kalau si pendeta gak masuk islam pasti gak akan ditanyakan dimana dia sekolah. Kalau sudah pindah baru dimasalahkan bilang gak ada. Kalau mau ketemu langsung aja ke mualafnya gak usah koar koar disini.
    Kemarin hal yang sama terjadi pada mualaf ketua MCI steven indra wibowo yang difitnah oleh akun twitter fakta katolik. Di ajak ketemuan paling juga gak mau ketemu. Malu soalnya cuma bisa koar koar supaya muslim pada bilang ustadz bangun dan ko steven ini pembohong dan palsu. Kita bisa kok mikir. Sudah banyak mantan biarawati, pendeta, frater, pastur yang diginiin juga. Sebut saja yahya waloni, irene handono,samsul arifin nababan, hanny kristianto dll. Setelah masuk islam, pihak sana semua langsubg memfitnah sebagai pembohong, meragukan dsb
    Kalian mau dikasih bukti apapun kalau sudah dibutakan dan ditulikan ya gak akan ada hasilnya. Jadi saran saya, gak usah ngurusin urusan orang. Urusin saja agama anda sendiri. Kalau anda minta ijazah orang orang itu. Saya juga tanya mana di bible yesus bilang dia tuhan. Langsung gak pake cerita aneh aneh tapi “aku ini Tuhan sembahlah aku”. Tanya pendeta anda dimana. Kalau mualaf atau pendeta anda ini bohong, biar Allah yang tahu dan balas kebohongan mereka.
    (Al-Baqarah):111 – Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata: “Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi atau Nasrani”. Demikian itu (hanya) angan-angan mereka yang kosong belaka. Katakanlah: “Tunjukkanlah bukti kebenaranmu jika kamu adalah orang yang benar”.
    (Al-Baqarah):120 – Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.

    • heehehhe….ane yakin ente belum ngecheck keabsahan keterangannya, ane dikasih otak oleh Sang Khalik,
      awalnya ane juga berfikir bahwa Ust. BS mendapat hidayah..wowwww kereenn 35 th dididik Katholik dan jadi pastor lagi..tp bisa berubah, Ust. BS menyebutkan asal sekolahnya..klo yang lainnya tidak berani menyebutkan sekolahnya..lagian sekolah tinggi pastor itu sangat sedikit di Indonesia..Hasil browsing kurang dari 10….dan ternyata hasilnya mengecewakan ane…jreeengggg,….hasilnya tidak VALID… makanya ane menyampaikan data yang absah, valid, objective, dan tidak membahas tentang akidah keimanan…

      • Ngapain situ balas komen ini. Gua kagak manggil manggil nama sampean. Urus diri anda masing masing. Kalau anda di kasih otak belajar yang benar.
        Gua mah lebih percaya orang orang seperti mereka daripada orang macam kalian. Steven Indra Wibowo sudah pernah menantang orang orang yang meragukan ijazahnya tapi setelah diundang ke rumahnya malah gak ada yang datang.
        Yang punya masalah dengan ijazah Pak Bangun kan sampean. Cari sendiri sana kalau sampean berani gak usah koar koar disini bilanh fitnah. Setelah sampean dapat emang bohong baru boleh koar koar. Kalau anda koar koar disini padahal bukan anda yang punya ijazahnya berarti anda memfitnah.
        Gak usah dibalas please. Saya gak butuh komen anda kalau anda punya akal. Lagian saya komen gak pernqh sebut nama anda juga to saat komen ini. Komen saya general kok.

  118. Masih ada yang percaya asal usul sekolahnya??..klo masih ada, bearti ente masih subyektif karena doski agamanya Islam heheheh…sehingga apapun yang ust BD katakan.anda pun akan percaya mentah-mentah…dan gak tau apa jadinya Indonesia nantinya….

    Klo ente sdh percaya kalau doski ngibul..berati ente sdh objektive..dan siap jadi agen-agen kerukunan beragama seperti sifat dasar manusia Indonesia yang cinta damai, toleransi, gotong royong, kekeluargaan….PANCASILA DAN BHINEKA TUNGGAL IKA..assalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh…salam damai sejahtera…om swastiyastu om santhi santhi om..amithaba..Zuì liánghǎo de zhùyuàn….Berkah Dalem Gusthi Kang Moho Kuaos…

  119. Sawung kampret ane dah browsin diintenernet tentang ijin atau alkitab gak ada tuh yesus mengatakan akulah tuhan maka sembahlah aku maka akan aku tebuh dosa kalian dan masuk surga.
    Knpa lo takut bahas soal akidah??? Takut terbongkar kebohongannya whaahahahahaha

    • Heheheh..ane datang broo…merapat nih…ente sudah browsing di Alkitab On line? dan tidak menemukannya? yakin?? coba kata kuncinya apa di Alkitab Online? lha ente ngetiknya saja seperti anak TK yang baru nulis..cucud semua hehehe

      Ngapain akidah keimanan didiskusikan disini broo apalagi dengan ente?? krn bagi ane iman itu hubungan ane dengan Sang Khalik saja..karena ane percaya sama Sang Khalik, ane kagak percaya sama ente ntar musrik, apalagi bahasa ente itu kasar seperti bahasa setan bin iblis….

        • ane bisa ngukur otak bahlul ente dari nickname ente bro…jadi percumalah ente menjelaskan akidah keimanan ane..ente paling kagak nyampe, mending ente banyakin tuh sholat wajib dan sholat sunnah, palagi tahajud,ber-zikir, sholawatan, tadaruz, tarawih, jangan hanya mandi wajib saja yang rajin hehehe..ente paling masih haram untuk mandi wajib hahahaahh

  120. isinya komen ini kok sebagian besar ‘sawung kampret’ dan ‘browsing’ hahahahahaha…..

  121. Saya orang surabaya, kawan saya laki lulus sma santa maria sby raya darmo thn 88 dan kakak kawan saya laki juga lulus thn 86 dan angkatan sebelumnya juga sudaj ada murid laki…santa maria sby cuma murid perempuan saja itu jaman dulu banget….sawung kampret yg ngapusi…

  122. sawung kamprey…kamu browsing browsing dulu ada gak lulusan laki laki sma santa maria raya darmo surabaya lulusan thn 86….hahahahaha

  123. ya gitu, emang udah prosedurnya kalau ada pastor masuk islam.. kasih komen pakai nama muslim, bilang pastor palsu, sekolah gk jelas, islam suka ngejelekin,kejam,fpi..blablabla.. udah pengalamaan..hahahaha

    • Bro..ente ini nepuk air didulang terpercik muka sendiri…ente pakai nama yang sering dipakai oleh org-org kristen..hehehehe woless saja bro..ente hopingnya yang diatas atas itu ya….
      ane kan ngasih data broo..data ane hanya bisa dilawan oleh bukti yang otentik juga..misalnya ijazah..atau apa kek….
      Kalau ente sudah pengalaman menghadapi seperti ini, harusnya ente ngasih cara agar temen temen ente itu lebih canggih dong dalam menyajikan data..agar ane si sawung kampret tdk meragukannya…hehehe woless saja broo…assalammualaikum broo..sdh mau buka puasa nih….

  124. iya betul…klau ada berita ttg Islam/ muslim terutama di koran kompas pasti komen komen non muslim kata kata kotor…ya begitulah memang fitrahnya mau diapain lagi…yg penting kita muslim jgn ikut ikutan menurunkan standard tinggi kita sebagai muslim….biarkan mereka berkata kata kotor yg itu sebenarnya menurunkan derajat mereka yg memang sudah tidak tinggi

    • Ini juga sama nih…nepuk air di dulang..terpercik muka sendiri…ente sekolah kan bro..sdh tau artinya kan..klo belum tau..silakan browsing ehehehehhe….kan nicknamenya sudah jadi jongos ane…disuruh sawung kampret…baru kali ini ane mendapat jongos yang setia ehheeh

      itu nasehat untuk hoping hopingmu kan broo dari yesus makan tikus sampai dengan yesus tuhan telanjang dlll….sepertinya ane bahasanya woless woless saja…hehehe

    • allooo brooo..ane merapat…wah ente plagiat name ane ya bro..agar mirip dikit dikit..mirip produk import saja ente nih….wah mohon maaf plagiat ane…ane tidak membahas masalah keimanan dengan ente, ente saja niru niru..seperti iblis yang sukanya niru niru….Astaghfirullah hal adzim…

  125. Astaghfirullahhaladzim….. ternyata manusia2 sekarang lebih mengutamakan nafsu marahnya dari pada hati nuraninya. Ingat Islam adalah Rahmatan Lil’alamin…harusnya kita lebih bisa menerima perbedaan. Nabi Muhammad aja sdh mengajarkan Akhlaq yg mulia bagaimana bersikap terhadap non muslim. Klo mmng kita tdk berkenan dngn mereka mending gak usah ditanggapai nanti jg berhenti sendiri. Karena mau dia murtad ataupun mau jd mualaf itu hanya hidayah dari Allah. Meskipun kita ngomong sampai berbusa klo Allah mash belum beri Hidayah-Nya ya ttp aja gak akan terbuka hatinya. Cukup saling menghormati aja. Dan u yg non muslim tolong jangan pakai nama atribut2 agama kami klo komennya bertentangan dgn agama kami. Ini justru akan memecah belah negara kita. Damai itu indah kenapa harus bertengkar?????Bagiku Agamaku…bagimu agamamu..

    • SEbenarnya ane sih woless woless saja sista….tp ada yang kebakaran jenggot sekliwir karena ane meragukan asal muasal sekolahnya si ustd. BS..
      karena dakwah ustadz BS itulah yang membuat Indonesia yang dulu aman tenteram, damai..jadi begini nih.
      .coba kalau si BS itu ngakunya mantan preman spt Anton Medan..ane doain agar segera naik Haji utk kesekian kali..agar mendapat hidayah dan mendapatkan kedamaian dekat dengan Sang Khalik…

      • mas sawung, sampeyan kan “sok’ tau tuh tentang asal usul sekolah pak BS, lha mbok kalo emang “bener-bener” tau sampeyan bagi-bagi lah ke para commenter “link” info kebenaran sekolahnya pak BS yang mas sawung tau, biar kami juga jadi tau kebenarannya. oke mas sawung yang “sok” tau (“sok” tau nya akan terus saya pake untuk ngoment mas sawung selama link yang diminta belum mas kasih).

  126. terimakasih koreksinya, bagaimanapun ustad bangun samudra tetap manusia biasa. sebagai saudara seiman mewakili beliau saya minta kalau ada kata yg dianggap salah..saya kira tidak ada manusia yg tidak pernah berbuat salah….

    • Alhamdulilah….enaknya es campur ni…, allo bro..nickname ente itu malah mengolok-olok sodara ente Ustd. BS…klo ente saja=celono mlorot truss klo ustd BS apaan broo…jgn gitu dong broo…itu tidak baik..ok broo…PANCASILA broo.

    • Alloo broo…sopo iku Paus paulus ke 2 bro? inpoh dari manah broo?? wah ente jgn bikin HOAX lagi dah..jgn jgn ente sealiran dengan ust. BS yang senengnya bikin HOAX doang…ane kagak mau sealiran dengan ente bro..ente aliran penipuan..seperti kerjaannya iblis yang suka menipu…

  127. Lakum Diinukum wa Liya Diin
    Bagimu agamamu, bagiku agamaku. Inilah di antara prinsip akidah Islam yang mesti dipegang dan dianut setiap muslim. Namun sebagian orang masih tidak memahami ayat ini. Urusi saja amal masing2 bro/sista gk usah urusi samudralah, kampret. Orng lain. Gk usah bilang sok benar, pikirin apa amal ibadah kita udah cukup masuk sorga. Pa gk tinggalin sholat,puasa,zakat. Om cuma ingatin, dewasalah jgn jdi bocah. Gk da untung siapa benar/salah. Pikirin pa kamu pasti masuk sorga. Gk penting berita2 gini. Bnykin tuh zikir.. baca al-quran dramadhan tahun ini.

    • Pokoknya kalau ada yang manggil ane..sawung kampret..pasti ane merapat…..baik Om Riskan, setuju om riskan…banyakin berzikir, tadaruz, tarawih, sholawatan, sholat wajib dan sunnah…
      Tapi woless saja om Riskan, ane kagak sok benar lho Om, kalau data ane salah, kan ane juga minta dikoreksi dengan data yang lebih Valid, wah pasti ada untungnya kalau benar atau salah om, kalau kagak ada untungnya, ngapain blogger ini ng-upload kabar unvalidated…

      Ook Om..salam buat Tante ya dari Sawung Kampret…hehehe assalamualikum warrahmatulahi wabarrakatuh….ingat mandi wajib ya om klo mau subuhan keburu imsak nanti ehheehh

      • Sepertinya saya paham dg maksud mas sawung kampret…
        Dan hebat jenengan, tidak menanggapi dg emosi tiap balasan komen ,
        Boleh nanya? Mas ato mbak ya, jenengan muslim ato non muslim? Hhe

        • Alloww..ane merapat, sorry habis kejar setoran, tengkyu pujiannya broo..alhamdulilah ada yang faham maksud ane.. ane cowok bro..hehehe..Ane kan sudah bilang, masalah keimanan adalah hubungan ane dgn Klalik ane broo dan ane diajari oleh nenek moyang ane utk menjadi 100% orang indonesia hehehhe

  128. Menarik mengikuti koment koment yg msk,,,,hebat sawung kampret,,bs memancing bnyk org ikut trlibat dlm diskusi,,,,pa yg d koment sm kampret ( maaf kl slh manggil ) ga salah jg,,,,emang bnr hrs da kbnrn dlm cerita,,,,skrng bnyk penjual agama,,,,,,jd kt hrs hati hati,,,,Mslh keyakinan beragama tu hak pribadi masing2 org,,,ma’af loc da salah ucap,,,,

    • setuju brooo….tengkyu..kamsia..hatur nuwun..terima kasih…alhamdulilah .ada yang setuju dengan otak ane…

  129. Hargailah orang yg telah msk islam berarti sdh mendpt hidayah dr allah kita hormatin sj tdk usah sll mencela keburukan orang krn kita blm tentu lbh baik dr mrk..

  130. Klau mau lihat debat muslim n non muslim bisa lihat d youtobe DR zakir naik..gmna para pastor tdak bsa menjawab pertanyan”_an yg ada.
    Semua perjlnan dan ke jadian d dunia ni sudah tertulis dengan jelas di dalam al-qurran.sblum mnusia di lahir kan…

  131. saya muslim, dulu jarang banget sholat, dan sekarang sedang dalam proses hijrah memperbaiki diri. semula dengan tenangnya saya ninggalin sholat, dan alhamdulillah satu tahun belakangan ini gak pernah ninggalin sholat wajib. saya gak ingin gembar-gembor bahwa saya dpt hidayah, tapi telah mengalami proses hingga saya berada dalam keadaan yg sekarang.

    paling sedih jika baca situs, blog, artikel di sosmed yg mengklaim tentang hijrahnya seseorang, biasanya aktivis agama tertentu, tapi kredibilitas artikel tersebut sangat meragukan. lebih miris lagi jika baca komentar para pembaca, yg memberikan tanda setuju tanpa crosscheck lebih dulu 🙁

    semoga Allah menunjukkan jalan yg lurus 🙂

    • Jos!! Setuju, sependapat.☺
      Sama mas, saya islam dari lahir sampai sekarang, tapi baru di serambi rumah-Nya saja. Ini saya pelan2 juga dalam proses mau masuk ke dalam rumah-Nya. Semangat mas, semangat!!

  132. Wahai non muslim.jika memang kalian mencari kebenaran.islam jawabannya.gk usah terlalu banyak celoteh.silahkan ambil kitab kalian injil dan ambil Alquran.mari bandingkan isinya.yang saya heran.jelas2 yesus bilang di injil kalau dia menyembah Allah.berarti Tuhan itu Allah.tuhan kalian aja nyembah tuhan kami.tuhan itu maha pengampun dosa..jika tuhan kalian disalin untuk menebus dosa.kepada siapa dia menebus dosa ?????? Mari berfikir jernih.mungkin saat ini kami2 para muslim yang ilmu agamanya hanya sejengkal belum bisa meyakinkan kalian.tapu diakhirat nanti penyesalan untuk yang tidak mau berfikir
    Untuk saudara yang dari tadi ngandalin browsing sama youtube.saya ajak anda untuk lihat dr.zakir naik di youtube.lihat.buktikan !!!!

  133. Sawung kampret…jgn kau gunakan bahasa arab..ucapan salam dan pujian kepada Allah swt hanya utk muslim..kalao kau berucap begitu berarti kau sudah tau bahwa agama islam yg benar dan baik..tak perlu kau pakai bahasa umat muslim tentang pujian kepada Allah.karna kau adalah domba tak pantas kau mengucap alhamdulilah.kara itu artinya segala puji hanya bagi Allah…lebih baik kau diam dan tenggelam dengan kebodohan mu.

  134. Saya pny ijazah SD Kanisius,,
    Sy 6 thn belajar disana, saat guru saya menceritakan kisah penyalibab yesus, sy merasa kasihan, knp org2 itu jahat menyiksany?dan bertanya2 kenapa tuhan gak bisa melawan? Harusnya org2 itu dimatikan saja dg kekuatannya. Begitulah kebingungan yg sy rasakan di usia belia sy,,,

  135. Skrg ap aj bisa direkayasa, demi kepentingn pribadi , kelompok maupun organisasi, bukan bermaksud mnyalahkn, ataupun merasa paling benar, bnyk berita yg beredar gk jelas, ttpi ad jg yg betul, jdi sebaiknya kita bisa menelaahnya terlebih dahulu, tdk perlu saling mnghina, terlebih lagi kita satu bangsa, sy hanya mau bilang “Lakumdiinukum waliiyadiin” “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”

    Wallahualam…

  136. Comment:Alquran kitab yang sempurna,langsung jadi ketika diturunkan Tuhan,ini argument nyeleneh? Kalau Sempurna ngapain lagi mesti memakai Hadist buat penafsiran ??? Ini suata fakta yang membuat keraguan semakin besar. Saya pribadi pas membaca Alquran (baca teks pakai terjemahan indonesia),tata tulisannya amburadul,pake segala tanda kurung ( ) sebagai penjelasan. Juga di dalam alquran ada mengurusi,mengutuki melaknat agama lain paling banyak mengkafirkan Yahudi dan Kristen, kalau didalam Alkitab Perjanjian Lama maupun Injil Perjanjian Baru tidak pernah sama sekali membahas apalagi menyebutkan Agama Islam. Apalagi tulisan atau ucapan “KAFIR“ bagi saya pribadi sangat tidak menyenangkan. Bagaimana jika didalam Alkitab ada tulisan mengkafirkan Islam dan pengikutnya,pasti bakal perang dunia berkepanjangan! Semua pribadi orang pasti tidak suka kalau disebut kafir. Alquran selalu mengkafirkan pemeluk Agama Lain. Membuat sakit mata membacanya.

    • Sebutan “Kafir” adalah sebutan bagi mereka yang ada di luar Islam. Ini pada intinya adalah masalah bagaimana kita menyebut golongan internal dan eksternal suatu agama, sebagaimana Kristen pun menyebut kami kaum muslimin sebagai “domba-domba tersesat”. Pun agama Hindu, Buddhisme, Konghucu dll. pasti punya cara tersendiri untuk menyebut mereka yang di luar agamanya.

      Yakin di bibel tidak ada yang membahas tentang Islam? Ada kok. Cari tentang lembah ‘bakkah’ di bibel, cari juga tentang ‘bakkah’ dalam al-Qur’an. Cari tentang keturunan Isma’il a.s. yang bernama Kedar dan tinggal di jazirah Arab.

      Kalau dibilang “Jangan ngurusin orang lain”, datangnya Anda sebagai seorang non muslim–lalu berkomentar pula di situs Islam–bukankah sebuah bentuk perbuatan “ngurusin orang lain” yang sangat jelas?

      Pun sesuai dengan judul situs ini, “bersamadakwah” maka memang logis untuk “ngurusin urusan orang lain” sebab sedari awal dakwah Rasulullah s.a.w. pun “ngurusin keyakinan orang lain” yang salah lalu menyeru mereka pada Islam. Para misionaris Katolik dan zending Protestan pun saat menyebarkan keyakinannya, sedang “ngurusin keyakinan orang lain”.

      al-Qur’an tidak diturunkan serta merta dalam bentuk kitab yang jatuh dari langit, sebagaimana yang Anda sangka. Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur selama 23 tahun. 13 tahun di Makkah dan 10 tahun di Madinah. Kalau Anda lihat di kitab al-Qur’an yang Anda baca, ada kode “Makkiyah” dan “Madaniyah” di tiap surah. Itu menunjukkan pada fase apa ayat dan surah itu diwahyukan. Qur’an diturunkan sebagai wahyu lisan yang dihafal. Qur’an hanya dicatat ketika para sahabat sudah menghafalnya. Dan semasa Rasulullah masih hidup, beliau melarang mencatat pelajaran yang lain dari beliau selain al-Qur’an mencegah kontaminasi dengan yang bukan bagian dari al-Qur’an.

      Qur’an dibukukan pada masa pemerintahan Utsman ibn Affan, tidak sampai 100 tahun setelah wafatnya Rasulullah (bandingkan dengan kanonisasi bibel dan jaraknya dengan ‘wafatnya’ Yesus) dengan crosscheck kepada hafalan para sahabat.

      Berbeda dengan Bibel, Qur’an berbasis ujaran lisan, bukan tulisan teks di atas kertas.

      Adapun hadits / sunnah Nabi, adalah segala pengajaran berupa ucapan, perbuatan, atau ketetapan Nabi yang awalnya dilarang dicatat karena takut bercampur dengan al-Qur’an. Ibarat kata, kalau al-Qur’an adalah UUD, maka hadits adalah UU yang mengatur teknis pelaksanaannya.

  137. Ditawarkan produk baru yg sempurna orisinil yang melengkapi produk lama yang sudah out of date,silahkan cek dengan diskusi sebelum mengambil produk ini dengan pemakai yang benar,browsing ke dalam hati nurani dan pikiran anda,buku manual lengkap ditambah panduan harian jaminan puas bahagia sampai akhir.Testimoni kepuasan pemakaian dapatkan setelah kematian anda.Produk Tuhan Alloh Yang Maha Esa yang tidak punya cabang dimanapun,pastikan Islam nama produk ini dengan manualnya Kitab Al Qur’an dan tuntunan Al Hadist,tidak ada tipu-tipu.

  138. Ditawarkan produk baru yg sempurna orisinil yang melengkapi produk lama yang sudah out of date,silahkan cek dengan diskusi sebelum mengambil produk ini dengan pemakai yang benar,browsing ke dalam hati nurani dan pikiran anda,buku manual lengkap ditambah panduan harian jaminan puas bahagia sampai akhir.Testimoni kepuasan pemakaian dapatkan setelah kematian anda.Produk Tuhan Alloh Yang Maha Esa yang tidak punya cabang dimanapun,pastikan Islam nama produk ini dengan manualnya Kitab Al Qur’an dan tuntunan Al Hadist,tidak ada tipu-tipu.Pastikan anda didampingi pemakai yang benar saat me”review”produk ini.

  139. Boleh nanya gak.khusus sama org yg ber agama kristen.
    1. Dalam kitab injil,atau bibel atau kita apapun pedoman agama kristen, ada kah isinya yang menyatkan yesus itu tuhan? Klo ada coba tunjukan nama kitab m ayat berapa.
    2. Klen yang ber agama kristen, ajaran siapa yang klen ikuti dalam beribadah? Jesus atau paus(ajaran gereja)?
    3. Klo klen mengikuti ajaran jesus, berarti klen mengikuti printah,perilakunya, dan menjauhi larangannya?
    A.apa klen sunat? Sebab jesus do hari ke 8 dia di sunat.
    B. Apa klen puasa? Sebab jesus berpuasa hingga 40 hari.
    C. Apa klen makan babi? Sebab jesus melarang pengikutnya memakan babi.
    D. Apa klen minum alkohol? Jesusu tidak pernah meminum alkohol atau sejenisnya.

    4.apa klen mengikuti ajaran paus (gereja)?Berarti tuhan klen itu jesus atau paus?

    Mohon penjelasannya klo klen emang umat kristen yg beriman

  140. @Sawung Kampret: Menjatuhkan kredibilitas orang dengan menyerang hal pribadinya dan bukan fokus pada apa yang ia sampaikan itu namanya ad hominem, sebuah logical fallacy. Saya yakin anda tahu, sebab namanya pakai bahasa Latin, bahasa agama Anda. Kalau mau fair, bahaslah secara komparatif prinsip-prinsip dasar Islam dan Kristen. Mulai dari tauhid vs trinitas saja dulu.

    Sekiranya pun betul Pak Bangun berbohong tentang asal usulnya, tidak menjadikan Islam yang dianutnya lantas menjadi salah. Kalau pakai logika yang sama, dan pakai metode browsing kesukaan anda, Jusuf Roni, he is infamous about his lies. Browse who Jusuf Roni is.

    @Pencari Kebenaran : Sebutan “Kafir” adalah sebutan bagi mereka yang ada di luar Islam. Ini pada intinya adalah masalah bagaimana kita menyebut golongan internal dan eksternal suatu agama, sebagaimana Kristen pun menyebut kami kaum muslimin sebagai “domba-domba tersesat”. Pun agama Hindu, Buddhisme, Konghucu dll. pasti punya cara tersendiri untuk menyebut mereka yang di luar agamanya.

    • ente itu ngemeng apa to Andri, ente itu moyangnya bahlul ya, klo si UBS saja sdh menipu dalam asal muasalnya, apalagi yang disampaikan di dakwahnya…waduhhhh parah banget, saya mendengarkan dakwahnya saja sambil tertawa sampai mau pipis…
      bahasa Ente keren dalam komentar..tapi dangkal dalam ngambil justifikasi….sehingga ane menyebutnya..ente itu mbahnya Bahlul..hehehhe..wiss sana belajar dulu…

  141. @Pencari Kebenaran: yakin di bibel tidak ada yang membahas tentang Islam? Ada kok. Cari tentang lembah ‘bakkah’ di bibel, cari juga tentang ‘bakkah’ dalam al-Qur’an. Cari tentang keturunan Isma’il a.s. yang bernama Kedar dan tinggal di jazirah Arab.

    Kalau dibilang “Jangan ngurusin orang lain”, datangnya Anda sebagai seorang non muslim–lalu berkomentar pula di situs Islam–bukankah sebuah bentuk perbuatan “ngurusin orang lain” yang sangat jelas?

    Pun sesuai dengan judul situs ini, “bersamadakwah” maka memang logis untuk “ngurusin urusan orang lain” sebab sedari awal dakwah Rasulullah s.a.w. pun “ngurusin keyakinan orang lain” yang salah lalu menyeru mereka pada Islam. Para misionaris Katolik dan zending Protestan pun saat menyebarkan keyakinannya, sedang “ngurusin keyakinan orang lain”.

  142. @Pencari Kebenaran: al-Qur’an tidak diturunkan serta merta dalam bentuk kitab yang jatuh dari langit, sebagaimana yang Anda sangka. Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur selama 23 tahun. 13 tahun di Makkah dan 10 tahun di Madinah. Kalau Anda lihat di kitab al-Qur’an yang Anda baca, ada kode “Makkiyah” dan “Madaniyah” di tiap surah. Itu menunjukkan pada fase apa ayat dan surah itu diwahyukan. Qur’an diturunkan sebagai wahyu lisan yang dihafal. Qur’an hanya dicatat ketika para sahabat sudah menghafalnya. Dan semasa Rasulullah masih hidup, beliau melarang mencatat pelajaran yang lain dari beliau selain al-Qur’an.

    Qur’an dibukukan pada masa pemerintahan Utsman ibn Affan, tidak sampai 100 tahun setelah wafatnya Rasulullah (bandingkan dengan kanonisasi bibel dan jaraknya dengan ‘wafatnya’ Yesus) dengan crosscheck kepada hafalan para sahabat.

    Berbeda dengan Bibel, Qur’an berbasis ujaran lisan, bukan tulisan teks di atas kertas.

  143. mengetahui injil Ib**ni versi lama ane msih salut,,,dstu d akui bhwa ISA as bkn yohanes(yesus) mngakui akan ada nabi trakhir mmnerangkan agama dn kitab nya yg gk ada keraguannya. namun d perjanjian baru kitab2 yg bertebaran 100% seperti cerita yg trlanjur menyebar. ktika d bandingkn dengan agama kuno sun blessing pnerapan ritualisasi nya tuh kena bngt sm trinitas umat nasrani. bgaimna tdk ,, dlm perjanjian lama ibadah nasrani itu trlahir habit hari sabtu,,knp jdi hari minggu (SUN-Day).tgl 25 desember adalah hari terakhir musim winter dn akan mnjelang birthday of sun tp meraka timpah sbgai natal. ”bagaimna mungkin”Surga yg Tuhan janjikn keindahan dn keKekalnya bgtu sempurna,,,jngnkn mnusia,,binatang pun bs masuk surga jika mmng apa yg tuhan minta hnya sebatas 1x dlm sminggu(yaitu hari minggu untuk menyanyi d gereja) ”begitu mudah dn tdk msuk akal!!! dsitulah saya tdk yakin bhwa ajaran ini salah. Tuhan ko seneng musik kya musisi z.ane sedih dan gak bkln bs masuk surga wlwpn 1x dlm sminggu yg bgtu mudahnya, karna sya tak bersuara dn gk bs nyanyi.Saya sedih ”knp tuhan (Dzat yg tdk pnya zat) mnyamar dn d hakimi,d salib,d hina sprti ini bhkan dampak dri pengorbanan atas dosa manusia? dan jika tau bhwa manusia itu akan berdosa knp Dia ciptakan. dan knp Dia (dzat) mau berubah jdi Zat???jika tuhan berubah jdi Zat,,,dia terbatas. untung Tuhan mu jadi Zat(seorang) manusia,,,klo jdi sebatang Rokok,,seekor ulat,,sebutir Es,,segenggam bunga pst repot. terakhir kitab jabur,taurot,injil, dll kecuali (Al quran) bljar Tauhid nmun tidak pernah menerangkan Rukun beribadah kpd Tuhannya (tdk ada trinitas atas nama putra,bapa dn roh kudus pke tangan gtu2). arti nya penyempurnaan agama mmng ada d islam dan logis. subhanallah,,,apa yg terjdi d dunia al quran sudah mencantumkannya pdhl tdk ada revisi sedikitpun dri jaman kenabian Rosulallah Muhammad SAW. arti nya ini ketetapn Tuhan ” Allah SWT”. Doaku ” Ya Allah dlu hamba Khilaf dmn Tuhan hamba berada. Hamba hnya mnusia yg biasa tp ats syukurku ”alhamdulillah” Engkau berikan logika kbnrn jlnMu yg bnr. Hamba tdk pungkiri masih bnyk,,,bnyk,,,dn bnyk kekurang dri apa yg hamba katakn kmalasn ini untuk mnduduki surga Mu yg bgtu indah. kekurangan ku tdk mmutuskn harapn janji akhiratmu. Jika surga cm ada satu dn hnya untuk satu golongn yg lulus standar keagamaannya mungkin d agama trsebut,sya tdk akan msuk surga. hampir sejenis provider,,,cma janji dn kasih syg palsu. thank

  144. semoga ini menjadi tambahan ilmu buat semua..yg penting niatnya..kehidupan di alam kubur dan alam akhirat itu pasti..mari beriman dg ilmu, krn Api Neraka itu azab yg sangat Pedih..

  145. Debat kusir, payah. Ini harusnya si Ibnu K (penulis artikel ini) kasih penjelasanlah darimana dia dapat CV Om Bangun Samudra ini. Kan salah tu kalau posting artikel yang “sensitif” ini tapi isinya ada yang salah. Mari, tegakkan tiang kita setegak-tegaknya, tanpa harus merubuhkan tiang lainnya. ☺

  146. Sawung Kampret,!!

    org” besar & pintar diagamamu aha dah pada pindah,berarti dgn kepintaran mereka,mereka mampu menemukan kebenaran yg sebenarx.
    cuma org yg bodog aja yg bertahan.
    coba qm liat video & asal usul ustadz “mohamad yahya waloni” yg dulux adalah seorang pendeta yg sangat taat pada eks agamax yg dulu & jg punya sekolah tinggi ilmu teologi kristen ditanah papua.
    monggo di cek!!

    • Ente ini ngemeng apa to…kebenaran yang mana? lha wong si UBS itu menipu asal muasalnya kok malah diterima sebagai kebenaran….Ane sudah lihat videonya UBS, makanya ane komen, karena ane tertawa sampai mau pipis…parah banget ngapusinya….ane bilang ngapusi karena ane tau faktanya…

  147. semua agama sama,tidak ada bedanya,kalaupun agama pastor yng mau pindah keyakinan,janganlah saling menjatukan agama,jrna itandi indonesia ini,berbeda ras,suku,agama,tapi tetap kita bersatu demi indonesia jaya

  148. Td yg nanya sejak kapan Nabi Muhamad SAW jd nabi…sebab katanya yg didenger di tv kalo magrib Muhamad Rasulluloh” itu tau nggak sih bedanya Nabi dan Rasul? Kalo nggak tau ini ane kasih tau Nabi itu adalah seseorang yg mendapat wahyu dr Allah SWT untuk kalangan kaumnya saja sedangkan Rasul selain untuk kaumnya jg untuk seluruh umat manusia jd Nabi Muhamad SAW adalah seorang Nabi dan Rasul yg diutus Allah selain untuk kaumnya jg untuk seluruh umat manusia…pertinyiinnyi sekarang sejak kapan ya Nabi Isa AS atau yg di agama sebelah dipanggil Yesus itu diangkat jd Tuhan yg disembah? Dan siapa yg mengankat dan memproklamirkan sebagai penebus dosa umat manusia? Lalu siapa yg menebus dosa orang yg menyalibkan Yesus? ..cb bantu browsing ya….

  149. Jk tdk mempercayai Yesus sbgai Tuhan ! Sy mau tantang ada utk mengucapkan.. Ambil nyawa saya Yesus ..10X berucap.. brani GK ? Klo g brani… brrti Yesus benar2 Tuhan… Krn w yakin Tuhan w itu Hidup dan bangkit dr kematian… jng brfikir Logika manusia.. krn tdk ada yg mustahil bg Tuhan utk menjd Manusia..

  150. Comment:untuk yg muslim, jangan pernah menghina agama lain karena mereka akan menghina agama mu juga, setiap mereka menghina agama mu atau nabi mu apakah itu bukan dosa buatmu yang berasal dari mu juga. naaudzubillah imindzalik. jangan membuat pertanyaan yang mereka tidak menayakan jangan membuat pernyataan yang membuat mereka menghina agama mu dan nabi mu. sekedar mengingatkan.

  151. Dan janganlah kamu menghina sesembahan-sesembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan menghina Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan …” (QS. Al-An‘am [06]:108).

  152. Fakta simple: Yang tertulis dalam alkitab..” Tuhan tidah beranak dan tidak diperanakan” tapi kenyataannya ” Yesus anak MARIA yang lahir dalam KANDANG DOMBA. Sedangkan dalam ALQUR’AN jelas tertulis LAA ILLAHA’ILLAULAH yang artina TIADA TUHAN YANG PATUT DISEMBAH SELAIN ALLAH
    #simple

  153. tolong yg muslim di baca surat al kafirun dan terjemahan nya, biar gak perlu meladeni apa yg seharusnya tidak perlu di ladeni. apa mau di kompor kompori dan akhirnya berucap hal yg tdk di sukai Allah? “untukmu agamamu, untukku agama ku”.. that’s it. itu yg lebih penting.

  154. Kok pada rame koment ustad bangun yaa sebetulnya data semua itu valid cuma tahunnya aja yg beda contoh santa maria sby ada murid laki2nya itu sdh mulai th 85 dan ustad bangun menyelesaikan s2 di vstikan hanya ditempuh dg 3 thn dan lulus dg kelulusan yg mrnakjubkan dlm masa di vatikan beliaujg mempelajari dari 4 agamaaekalian….dan dari 4 agama ini ustad mendapat hidayah utk memeluk agama islam… Dan itu beliau sampaikan ke kepala pastor kepala di vatikan…dari pernyataan itu ustad diusir dari vatikan karena beliau lebih mempercayaiagsma islam làlu beliau mendalami islam yg diyakini adalah agama yg Rahmatan lil Alamin…coba dicek data itu di google bang kampret yaa…satu hal lagi ya ksmpret ISA itu nabi bukan tuhan karena nabi Isa banyak mendapat tuntunan dari Allah SWT…coba cek data yg saya infokan matur nuwon….

  155. GINI DEH…..
    DALAM ALQUR’AN ADA TANTANGAN UNTUK ORANG ISLAM DAN ORANG KRISTEN: “JIKA AKIDAH ISLAM YANG BENAR (BAHWA ISA ADALAH HAMBA ALLOH, NABI DAN UTUSANNYA,
    MAKA KAMU (ORANG KRISTEN YG MENGATAKAN YESUS/ISA SEBAGAI TUHAN ATAU ANAK TUHAN), SERTA KELUARGA (ANAK DAN ISTERIMU) AKAN DILAKNAT DI DUNIA DAN AKHIRAT OLEH DZAT YANG MENCIPTAKAN MANUSIA DAN ALAM SEMESTA. TAPI BILA AKIDAH KRISTEN (YG MENGATAKAN YESUS/ISA SEBAGAI TUHAN ATAU ANAK TUHAN) YANG BENAR MAKA ORANG ISLAM( YANG MEYAKINI BAHWA ISA ADALAH HAMBA ALLOH, NABI DAN UTUSANNYA) AKAN DILAKNAT DI DUNIA DAN AKHIRAT OLEH DZAT YANG MENCIPTAKAN MANUSIA DAN SELURUH ALAM SEMESTA.
    KALAU KALIAN MERASA BENAR SILAHKAN BILANG… “BERSEDIA”
    UNTUK MEMPELAJARI TENTANG INI KALO MO BROWSER, KEYWORDNYA ADALAH “MUBAHALAH”

  156. Saya ingatkan yg muslim utk tidak menghina sembahan atau tuhan orang kafir karena mereka akan juga berlaku demikian sebaliknya dengan tanpa pengetahuan sedikitpun.BANYAK MESIN PENCARI DI INTERNET / BROWSER YANG AKAN MENGARAHKAN KE SITUS PENJEBAK KEYAKINAN ANDA,WASPADALAH.LINDUNGI DIRIMU DARI CARA-CARA SYETAN DAN AGENNYA UTK MENJADIKAN DIRIMU KAFIR!

  157. mau pastor masuk islam, mau ustadz masuk kristen, itu pilihan dia, yang penting berkelakuan baik, tidak merugikan orang lain, dan berguna bagi sesama, insyaallah keberkahan senantiasa di sisinya.

    • Comment: pendangkalan aqidah….

      seolah semua agama sama yg penting baik…hati2 ujungnya KAFIR/ murtad ga masalah yg penting baik…

      Tolak ukur dihadapan Allah adalah Keimanan. ..
      Tolak ukur kemuliaan adalah Taqwa….

      kampanye terkini… Korupsi Vs Agama

  158. SMA santa maria Surabaya ada kls putra thn 1982 dst, jam belajar siang – sore hari. Utk kls putri jam belajar dipagihari

  159. Sawung kampret ini mudah2han dapat hidayah suatu saat bisa memahami kebenaran …pernah baca konsili nisea belum? Sebelum konsili nisea yesus itu masih di anggap nabi…pas konsili nicea di ambil lh poting kayak pemilihan suara yesus ini mau di jadiin apa…nah di situlh yesus di angkat/di daulat atau di percayakan untuk menjadi tuhan…setelah itu kitab yg ada selain 4 (markus/lukas dan 2lagi) tidak boleh di simpan…jika ada orang yg nyimpan bakal di hukum mati….nah ini semua di lakukan oleh kaisar romawi kala itu untuk mempersatukan kerajaan yg sudah hampir perang saudara….kaisar tau jika ajaran kepercayaan romawi di rubah maka tidak akan di terima oleh rakyat…maka di jadikan lah ajaran kristen itu mengadopsi ajaran romawi lama yg menyembah dewa matahari (mereka juga sama menyembah 3dewa) yg di implementasikan ke ajaran kristen skr seperti hari lahir nya yesus di rubah jadi hari minggu (sunday) tgl 25 desember tgl lahir nya dewa matahari aneh kan coba browsing agama romawi kuno …pasti sama ama ajaran kristen hanya nama dewa nya saja di rubah…..

  160. injil yg sekarang atau perjanjian baru adalah kitab buatan yahudi.. makanya bro. klau kamu pinter sjarahnya d pelajari jangan asal tau aja.

  161. Ya benar lah manusia itu cuma wedhus. Alkitab mengajarkan tidak ada satupun manusia yang luput dari dosa, semua manusia lahir dengan kecenderungan berdosa, tidak memiliki kapabilitas dan tanggung jawab murni untuk membedakan mana yang baik dan mana yang benar. Alkitab tidak mengagungkan manusia karena manusia tidak layak diagungkan dalam keberdosaannya. Tetapi sepertinya Al-Qu’ran ikut mengagungkan manusia dan mencoba mencuri kemuliaan Allah.

  162. Intinya, Yesus itu menyembah ALLAH SWT, dan berdo’a pun pda ALLAH SWT, klo pun pengapusan dosa yang ada pada Al-kitab, itu pun ke pada ALLAH SWT. Gak usah bahas ustadznya sekolah dimana. Kebenarannya Yesus itu bertuhan pada ALLAH SWT.

  163. Untuk menilai sesuatu haruslah ada dasar yang bisa dipakai sebagi acuan penilaian , misalnya mengukur suhu memakai termometer , mengukur panjang memakai meteran , mengukur berat memakai timbangan , dst. Nah seorang ilmuwan Perancis DR. Maurice Bucaille , telah meneliti Al Qur’an dan Injil dengan acuan Sains Modern , dan semua informasi tentang sains yang terdapat dalam Al Qur’an TIDAK ADA SATUPUN YANG BERTENTANGAN dengan Sains Modern. So, apakah mungkin seorang yang buta huruf dan hidupnya hanya berkutat di jazirah Arab, bisa mengetahui Sains Modern 14 abad kemudian ? MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMANNYA.

  164. saya rasa kampret juga gak ada salahnya. saya harap penerbit blog ini bersedia bertanggung jawab, kemungkinan adanya mis dari penjelasannya pada sekolah yang pernah ditempuh Ustad Bangun Samudera. jadi sekiranya pembuat blog ini dimohon untuk memberikan klarifikasi kalau memang ada kesalahan pada penginputan sumber atau referensi pada yang bersangkutan (Ustad Bangun Samudera). saya tidak berpihak kepada sapa sapa. I’m a moslem dan kita ini satu negara broer…
    junjunglah saling toleransi dan menghormati. gak perlu saling ejek ato saling menjatuhakan. keyakinan ada dlm hati dan pikiran masing – masing, kalaupun ada yang mendptkan hidayah, alhamdulillah,, berarti di dlm hati dan pikirannya sudah terbuka untuk memilih. Wasalamu’alaikum bagi yang Muslim dan salam hormat bagi yang non muslim.

  165. kalo dari Ustad Bangun Samudra juga membaca comment ini, dimohon sekiranya untuk memberikan klarifikasi akan kebenarannya agar kondisinya tidak semakin keruh. trims

  166. dari wajahnya.. ini asli orang islam dari lahir.. entah kenapa di sebut romo..
    Atau dalam bahasa jawa romo itu bapak… ini bisa di mengerti..seorang anak bisa menyebut kanjeng romo kepada ayahnya…

    entah kenapa yang mirip arab ini suka hal bohong…

  167. Mf stlah sy membaca komen2 diatas, dr islam trahir melecehkan!
    Puji Yesus, sebab yg percya padaNya diberi kesabaran! Sabarlah org2 kristen sebab deritamu tidak ada bandingnya dgn derita Tuhan kita Yesus Kristus!
    Ingat: imanmu yg menyelamatkan, bukan PAHALA.
    Mengapa kata domba digunakan? Mengapa tidak KAMBING?
    Islam menggunakan kambing, makanya semua sama seperti kambing! Tdk terarah, tdk dapat digembalakan!
    Istilah domba dlm alkitab, lihatlah hidupmu wahai pengikutbMuhammad yg gak seberapa, apakah engkau tidak perlu digembalakan? Engkau mudah terceraiberai, lemah! Bukan muhammad yg menyelamatkanmu, sebab dia sampai sekarang didoakan! ISLAM: Isa=YESUS KRISTUS, Subuh, Luhur, Adzan, Magrip!
    Jika kalian pengikut islam trus merasa benar, ingatlah bahwa yg turun menghakimimu adalah ISA ALMASIH.
    Baca dulu buku “Riwayat Hidup Muhammat”, biar kamu pintar!
    Dia disebut nabi oleh siapa sebenarnya? Kritis dulu kalian semua, sampai saat ini kalian mendoakannya supaya diselamatkan, dia tidak pernah berdoa sama kalian! Yesus berdoa bagi kami yg percaya padaNya: YA BAPA (ALLAH) AMPUNILAH MEREKA SEBAB MEREKA TIDAK TAU APA YANG MEREKA PERBUAT!
    Allah yg dipanggil umat islam aulloh: haus darah (masa membunuh manusia, bakar gereja berseru aullohh) TAKUUUTT!
    KAMI PENGIKUT YESUS DIAJARKAN, KASIHILAH MUSUHMU!
    KAMI TIDAK PERLU MUSUH, SEBAB KAMI TAKUT TUHAN MIRKS ATAS KAMI!
    JADI JGN MAU JADI KAMBING, JADILAH SEPERTI DOMBA!
    ASALAM’MUALAIKUM….
    SYALOM, YESUS MEMBERKATI

    • yaah baca komentar anda seperti anak2 yg baru belajar membuat paragraf, “BANYAK SALAHNYA” maklumlah otak DOMBA

      • Awier..kurang jelas yach penjelasan saya?
        Selidikilah Muhammadmu..
        Kuselidiki Yesus Tuhanku!
        Selidiki mulai dari kecil sampai dia mati di racun istrinya.?
        Selidiki berapa istrinya? (Kok nabi gila2 beristri)???
        Kalau Yesus kami, lahir dr Firman Allah.
        Mujizat2 dia lakukan, dan sampai saat ini mujizat itu nyata!
        Nama Yesus mampu menyelamatkan, bahkan roh jahat seperyimupun bisa dia usir!
        Kami hidup mengandalkan Yesus! Makanya kami mengasihi musuh kami dan tidak ada pembalasan!
        Kalian yg mengikuti muhammad berlaku seperti muhammad yg selalu menjarah (perang badhar & perang uhud). Makanya, kelakuan kalian gag karuan!
        Ada pula yg komen “tunggu turun muhammad”, sejak kapan muhammad turun????? Masuk sorga sajo DIRAGUKAN…hehehehe! Buktinya sampai detik ini kalian masih mendoakannya!
        Muhammad itu bukan pendoa syafaat, malah meminta doa..ckckck
        Kasihan para pengikutnya dibohongi!
        Tolong Perhatikan, mengapa pemakaian gelah bagi muhammad berbeda dari yg lain? Ngerti msksudku kan?

    • Tunjukan kawan ayat dalam alkitab bahwa Yesus berkata bahwa “aku tuhan”atau “sembahlah aku”
      Bagi kami Tuhan itu satu.Allah Swt. Islam agama satu satunya yang mewajibkan umatnya mengimani Yesus sebagai utusan dan hamba Allah.Bukan menyembahnya.

  168. Betul kata netral.coy bahwa Isa itu yah Yesus (Isa Al Masih)

    Kita semua yah bersaudara mengapa percaya aneh2 dan saling menghujat ?
    Bahkan Al Quran menyebut Isa Al Masih yang akan menghakimimu, mengapa menghujat Isa Al Masih ? Nabimu juga.

    Mari kita saling mengasihi dan menghormati. Kalau ustad tersebut benar sudah 35 tahun jadi pastor pasti dia tau Isa Al Masih karena dia bel ajar ilmu teologi.

    Tidak mungkin pula seorang pastor punya misi buruk untuk “menentang dan menolak nya ( Al Quran)” karena di dalam kristiani tidak diajarkan untuk mem benci, tetapi justru untuk saling mengasihi sesama manusia., bukan untuk saling mem benci.

  169. Pertanyaan saya untuk sahabt nasrani,,apakah ada ayat di dalam injil,yang mengatakan bahwa jesus mengaku bahwa dirinya adalah TUHAN,,

  170. Lukas pasal 6 ayat
    12: “Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa
    dan semalaman ia berdoa kepada Allah”

    Kl memang jesus itu Tuhan,mengapa dia berdoa,dan dia berdoa kepada siapa???

  171. Waduh enak banget dosa-dosanya ada yang nebus. Ya sudah bikin aja dosa yang sebanyak-banyaknya, hidup segila-gilanya, toh nanti ada yang nebus. Agama kok penuh iming2, kaya bocah kecil….wkkkkkk

  172. Krisetan itu ngak terima kalau pemuka agamanya beralih ke jalan yg benar..para krisetan langsung kesurupan, soalnya para pastor yg lain nanti bangkrut..hahhahahha..

  173. Yesus tidak pernah mengajarkan pengikutnya untuk saling menghina,saling membenci dan saling membunuh. Itu lah ajaran cinta kasih yg diajarkan Yesus kepada pengikutnya. Semoga kita manusia yg diciptakan oleh Allah,dapat hidup dengan rukun,damai,dan sejahtera.

  174. Ahh…. yang penting mah terakhirnya akan masuk surga…. Nikmat tau surga itu, Jika memang Kristen itu agama benar, yang pasti masuk surga itu Muslim, karena di Agama kami, Isa itu diakui kenabiannya dan kami sangat menghormati Nabi Isa mangkanya kami Sebut Isa Alaihisalam.. yg artinya “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadanya”. Naahh Kalo Islam yang benar? yang pasti masuk neraka ya orang Nasrani, karena sudah mengina Nabi Muhammad dan merendahkan Allah SWT.. Islam hanya untuk orang2 yang berfikir saja…. Semoga menjadikan renungan untuk semuanya.

  175. wah banyak juga yang masih koment setelah ane off…..ya masih saja saling menjelekan tidak fokus dengan yang ane bahas….whatever lah…

  176. sesungguh nya islam di beri untuk org yg ber akal dan berfikir” coba kamu perhatikan di alkitab kamu dan cari sndiri” ini kata yesus sendiri” dngr lah hai orang israel allah itu esa.. Allah itu tuhan kita.. Dan strus nya.. Dia sendiri mengatakan kata KITA.. KITA Disitu artinya jamak atau tunggal sih..?? Yg mendengar dan yg mengatakan brati sama2 kita disitu.. Knp kok rumit sih cara berfikir kalian orang nasrani.. Berfikir la yg dalam kusus nya kamu kempret.

    • Salam sejahtera, sampu rasun, kulo nuwun, assalamualaikum, Shyalom, Om swastiastu, spada….
      welehhh…welehh…terimakasih bang Ahmad…ane sudah disuruh berifikir..dan resultante pikiran ane ..masih tetep sama..yaitu UBS the fake story…heheheh…trus btw ane kagak bahas aqidah keimanan bang Ahmad.. Ane hanya bahas asal muasal nya bang UBS, ane juga belum bahas isi dakwahnya…klo asal muasalnya penipu..yang disampaikan pun juga pasti penipuan…jadi buat apa dibahas isi dakwahnya ya….

  177. alkitab dan alqur’an sama2 di tulis oleh tangan manusia.. Skrg nyata nya alqur’an di tulis waktu zaman nabi muhamad masih hidup.. Yg menerima wahyu dan yg menuliskan wahyu sama2 bertemu saat itu juga.. Alkitab kapan di tulis.. Nyata nya alkitab di tulis stelah nabi isa sudah mati.. Beratus2 tahun sesudah nya.. Dan ketmu gak nabi isa atau yg kalian sebut yesus itu sama penulis alkitab nya.. Nyata nya tidak sm sekali.. Mungkin gak yg nulis itu mengarang cerita nya sendiri tentang isa.. Ya sngat mungkin la.. Dari situ saja kalian harus nya bisa berpikir lebih jernih lagi dalam mencari kebenaran suatu agama..

  178. 1. Mana pengakuan Yesus di dalam Alkitab bahwa dia beragama Kristen ?

    Semua pengikut Yesus pasti mengakui bahwa mereka beragama Kristen. Tetapi apakah ada di antara mereka bisa memberikan bukti atau menunjukkan ayat-ayat yang tertulis di dalam Alkitab bahwa Yesus beragama Kristen?

    Jika Yesus ternyata bukan beragama Kristen, lalu apa nama agama Yesus yang sebenarnya? Siapa saja yang bisa menunjukkan bukti atau menunjukkan ayat-ayat yang benar-benar tertulis di dalam Alkitab (Bible), pengakuan Yesus bahwa dia beragama Kristen, Banyak umat Kristiani tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Yesus bukan beragama Kristen dan yang menamakan agama itu `Kristen’ bukan Yesus, tapi Barnabas dan Paulus (Saulus) di Antiokhia. Perhatikan ayat-ayat Alkitab dibawah ini :
    “Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan. Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Sauius; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia. Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang.

    “Di Antiokhia-lah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen” (Kis 11:23-26)

    Ayat diatas membuktikan bahwa yang menamakan agama itu “Kristen’ bukan Yesus. tetapi Barnabas dan Paulus.
    Seumur hidupnya Yesus tidak pernah tahu kalau agama yang dibawanya dinamai Kristen, sebab nama “Kristen’ itu baru muncul jauh setelah Yesus mati. Timbul pertanyaan; kalau begitu kapan Yesus mati dan kapan agama yang dibawanva dinama Kristen? Menurut data yang kami baca dalam beberapa buku yang ditulis oleh kalangan Kristen sendiri, diantara-nya dalam buku “Religions on File” Yesus lahir sekitar tahun 4 SM (Sebelum Masehi) dan wafat sekitar tahun 29 M (Masehi). Sementara Paulus dan Barnabas memberi nama “Kristen” terhadap agama yang mereka bentuk, yaitu sekitar tahun 42 M. Ini berarti sekitar 13 tahun (42-29=13) setelah Yesus mati, baru muncul agama Kristen bentukan Barnabas dan Paulus.
    Didalam kitab suci agama Islam yaitu Al- Qur`an, tidak dijumpai satu pun kata “Kristen”, yang ada kata “Nashara” karena Yesus berasal dari kota Nazareth. Dan pengikut ajaran Yesus disebut “Nashrani bukan Kristen. Bahkan didalam Alkitab itu sendiri, kata “Kristen’ hanya disebutkan paling banyak 6 (enam) kali, yaitu pada Kis 11:26, Kis 26:28, Rm 16:7, 1 Kor 9:5, 2 Kor 12:2 dan 1 Ptr 4:16)

    2. Mana ajaran Yesus ketika berumur 13 sampai 29 tahun ?

    Tidak semua umat Kristini mengetahui: bahwa cerita atau kisah tentang diri Yesus di dalam Alkitab ada banyak yang hilang Bahkan yang hilang itu, tidak tanggung-tanggung, yaitu lebih separuh dari umur Yesus sendiri.

    Hampir dapat dipastikan, sebagian besar umat Kristiani yakin dan percaya bahwa Yesus mati pada usia sekitar 33 tahun. Sementara didalam Alkitat (Bible), yang tertulis hanya kisah Yesus sejak dia dilahirkan sampai berumur 12 tahun, lalu menghilang ketika berumur 13 tahun sampai: dengan 29 tahun kemudian muncul lagi pada usia 30 tahun, dan mati pada usia 33 tahun.
    Hilangnya kisah Yesus ketika beliau berumur 13 s/d 29 tahun, berarti selama 17 tahun kisah Yesus tidak ada atau hilang dan tidak tercatat di dalam Alkitab.

    Jika Yesus mati pada usia 33 tahun, sementara kisahnya ada yang hilang selama 17 tahun, berarti yang masuk kedalam Alkitab hanyalah kisah Yesus selama 16 tahun saja. Yesus dipercayai oleh umat Kristiani sebagai “Firman Yang Hidup”. Kalau begitu berarti ada sebagian besar atau lebih separuh dari umurnya ada “Firman Yang Hilang”. Bayangkan saja, 17 tahun adalah lebih separuh umurnya Yesus, hilang atau tidak tercatat dalam kitab Injil. Padahal pada usia 13 s/d 29 tahun merupakan usia Yesus ketika remaja menuju dewasa, dimana sudah barang tentu banyak sekali hal-hal atau peristiwa yang lebih berguna dan lebih besar yang mungkin saja beliau lakukan, tetapi tidak tercatat didalam Alkitab. Jadi sangatlah beralasan sekali bahwa Injil itu dikatakan tidak komplit atau sempurna, karena banyak bagian-bagian atau sisi-sisi lain yang pernah Yesus lakukan atau perbuat, tetapi tidak dicatat oleh para penulis Injil, karena kehilangan jejak atau kisahnya benar-benar hilang. Seandainya jika murid-murid Yesus yang 12 orang itu selalu mengikuti kemana saja Yesus berdakwah, tentu apa yang beliau lakukan atau sabdakan selama 17 tahun , mereka tulis dalam Injilnya bukan??

    Timbul pertanyaan:
    Apakah yang dilakukan Yesus selama berumur 13 sampai dengan 29 tahun?
    1. Menerima dan menulis wahyu Allah (mana dan apa saja bunyi wahyu tersebut?)
    2. Mengajar dan berdakwah kemana-mana (apa saja yang diajarkannya)
    3. Menulis Injil yang difirmankan kepadanya (Injil yang mana? Kan tidak ada Injil Yesus bukan?)
    4. Membantu ibunya Maryam (memasak dan mencuci? rasanya tidak mungkin)
    5. Tidak berbuat apa pun, hanya menunggu firman (Tuhan kok nganggur, pasif?)
    6. Menikah/berumahtangga (mungkin saja, tapi tidak tercatat karena kisahnya selama 17 tahun hilang)
    7. Membantu ayahnya Yusuf sebagai tukang kayu (Tuhan jadi tukang kayu?)
    8. Nganggur saja, makan, tidur, tidak melakukan kegiatan apapun (Tuhan koq nganggur, tidak berkarya?)
    9. Pergi mengembara (kemana saja perginya, dan apa yang dilakukannya?)
    10. Kembali kepada Bapanya selama 17 tahun lalu turun lagi kebumi (mana ‘ buktinya?)

    Bukti-bukti Yesus berdakwah ketika berusia 12 dan 30 tahun:
    “Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.” (Lukas 2:42)

    “Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur’ kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, la adalah anak Yusuf, anak Eli….” (Lukas 3:23)

    Lukas 2:42 diatas itu menceritakan kisah Yesus ketika dia memulai berdakwah dan mengikuti kajian yang disampaikan para alim ulama di dalam Bait Allah (Luk 2:46-49). Kemudian kisah beliau hilang samasekali ketika dia berumur 13 s/d 29 tahun, dan baru muncul kembali ketika beliau berumur 30 tahun, seperti yang tertulis dalam Injil Lukas 3:23 diatas tadi.

    Lukas 3:23 memberikan bukti kemunculan Yesus pada usia 30 tahun, kemudian beliau wafat dalam usia sekitar 33 tahun.

    Oleh sebab itu, seandainya ada umat Kristiani atau siapapun yang bisa memberikan bukti-bukti tertulis dalam Alkitab (Bible) tentang kisah Yesus ketika beliau berumur sekitar 13 s/d 29 tahun, yaitu ketika beliau memasuki usia remaja sampai dewasa. beragama Nashrani tidak menyangka dengan pertanyaan yang kelihatannya sepele, tetapi sebenarnya sangat berarti bagi keimanan dan kehidupan beragama, karena hal tersebut menyangkut keselamatan di dunia dan akhirat.

    Jika kami sebagai umat beragama Islam sangat mengkritisi kandungan Alkitab (Bible), hal itu wajar-wajar saja, sebab Al Qur`an banyak memberikan informasi tentang keberadaan Yesus (nabi Isa), Taurat, Zabur dan Injil, yang semua itu merupakan bagian dari keimanan kami, bahkan termasuk salah satu rukun iman bagi setiap muslim di seluruh dunia ini.
    Nah seharusnya umat Kristiani yang lebih pantas mengkritisi kandungan kitab sucinva bukan??

    3. Pernahkah Yesus Mengatakan:
    “Akulah Allah Tuhanmu, maka sembahlah Aku saja”???

    Pertanyaan yang ketiga ini sangat menantang bagi semua pihak, terutama: bagi umat Kristiani karena hampir semua umat Kristiani, rasanya tidak ada yang tidak menyembah kepada Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat mereka. Mulai dari anak kecil, dewasa dan orang tua, mereka semua diajarkan bahwa Yesus adalah Tuhan atas Allah itu sendiri yang harus disembah Padahal setelah kami pelajari, kaji dan dalami, ternyata tidak ada satu dalilpun di dalam Alkitab (Bible) itu sendiri diman Yesus pernah bersabda bahwa “Akulah Allah Tuhanmu, maka sembahlah aku saja.” Tidak ada!! Yang ada justru Yesus bersabda, “Sembahlah Allah Tuhanmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.
    Ucapan atau sabda Yesus tersebut menberikan suatu pengertian kepada kita bahwa Yesus itu bukan Tuhan atau Allah yang harus disembah, karena dia hanyalah seorang Nabi atau Rasul.
    Untuk lebih jelasnya marilah kita simak kisah didalam Alkitab yaitu pada Injil Matius 4:8-10, yaitu ketika Yesus dicoba oleh Iblis sebagai berikut :
    “Dan Iblis membawanya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, dan berkata kepadaNya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku. ” Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!” (Matius 4:8-10)
    Ayat-ayat tersebut adalah seputar kisah tentang percobaan di padang gurun ketika Yesus akan dicobai Iblis. Sebelumnya Iblis mencoba Yesus dengan menyuruh membuat batu-batu jadi roti, namun tidak berhasil, kemudian percobaan kedua Iblis menyuruh Yesus jatuhkan dirinya dari atas bubungan Bait Allah, namun tidak berhasil. Terakhir Iblis membawa Yesus kepuncak gunung yang tinggi dan menawarkan untuk diberikan kepada Yesus semua kerajaan dunia ini dan kemegahannya, asalkan Yesus mau sujud menyembah kepadanya.
    Pada percobaan yang ketiga inilah Yesus menghardik Iblis tersebut seraya berkata, “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”

    Dari ucapan Yesus tersebut dapat kita pahami:
    1. Iblis tahu bahwa Yesus mengajarkan Tauhid, yaitu menyembah hanya kepada Allah saja (laa ilaaha ilallaahu).
    2. Terhadap Iblis saja Yesus perintahkan bahwa menyembah dan berbakti itu hanyalah kepada Allah saja, bukan lainnya, bukan juga pada dirinya.
    3. Iblis tahu bahwa Yesus itu bukan Tuhan, sebab jika Yesus itu Tuhan, tentu kata-kata Yesus sebagai berikut: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah aku Tuhan, Allahmu, dan hanya kepadaku sajalah engkau berbakti!”

    Yesus sendiri yang memberikan kesaksian bahwa menyembah dan berbakti itu, hanyalah kepada Allah, bukan kepada dirinya, mengapa justru Yesus itu yang dijadikan sesembahan oleh saudara-saudara kita umat Kristiani?
    Dalam kitab suci Al Qur`an Nabi Isa as (Yesus) juga mengajarkan Tauhid, yaitu menyembah itu hanya kepada Allah saja, bukan kepada yang lainnya, bukan juga kepada dirinya. Perhatikan ucapan Nabi Isa as (Yesus) dalam Al Qur`an:

    “Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu, maka sembahlah Dia, inilah jalan yang lurus. “(QS. Ali Imaran 3 : 51)

    Bahkan dalam kitab Taurat Musa Ulangan 6:4, dikatakan bahwa Tuhan itu Esa:

    “Dengarlah, hai orang Israel: Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu esa!”

    Berdasarkan Taurat, Injil dan Al Qur`an, Tuhan yang disembah itu adalah Tuhan yang Esa, bukan Yesus yang disembah. Bahkan Yesus sendiri menyuruh menyembah hanya kepada Allah yang dia sembah.
    bila menemukan ayat dalam Alkitab (Bible), dimana Yesus mengatakan kepada para pengikutnya, “Akulah Allah, Tuhanmu, maka sembahlah aku saja”.
    Yesus tidak pernah mengajarkan kepada umatnya bahwa dia adalah Tuhan atau Allah itu sendiri, yang harus disembah.
    Menyamakan Yesus dengan Tuhan atau Allah, adalah suatu perbuatan dosa, sebab baik Yesus maupun Allah, tidak mengajarkan seperti itu. Bahkan didalam Alkitab itu sendiri, Allah melarang siapa saja yang, menyamakan Dia dengan yang lainnya Perhatikan ayat Alkitab sebagai berikut:

    “Kepada siapakah kamu hendak menyamakan Aku, hendak membandingkan dan mengumpamakan Aku, sehingga kami sama? (Yesaya 46: 5)

    4. Pernahkah Yesus Mengatakan:
    “Akulah yang mewahyukan Alkitab, Aku pula yang menjaganya”

    Semua umat Kristiani meyakini bahwa Alkitab itu 100% firman Allah. Menurut mereka, para penulis Alkitab itu semuanya di. ilhami oleh Roh Kudus ketika mereka menulis kitab tersebut. Kalau memang Alkitab itu benar-benar 100% firman Allah. tentu didalam Alkitab itu ada pernyataan dari Allah bahwa Dia-lah yang mewahyukan Alkitab itu, dan Dia pula yang menjaganya. Oleh sebab itu sangatlah wajar jika ada yang mempertanyakan mana dalilnya firman Allah didalam Alkitab yang mengatakan “Akulah yang mewahyukan Alkitab, dan Aku pula yang menjaganya. ”

    Jika pertanyaan seperti itu diajukan kepada Al Qur`an, maka Al Quran bisa memberikan kesaksian dan bisa berbicara bahwa dia benar-benar dari Allah.
    Alkitab yang diantaranya terdiri dari Taurat, Zabur dan Injil, adalah nama-nama kitab suci yang banyak disebutkan oleh Al Qur`an. Bahkan ummat Islam wajib mengimaninya karena kitab-kitab tersebut adalah kitab-kitab yang pernah Allah turunkan kedunia ini. Taurat kepada Nabi Musa, Zabur kepada Nabi Daud, dan Injil kepada Nabi Isa. Karena Al Qur`an banyak menyebut-nyebut kitab-kitab tersebut, maka kami umat Islam juga mempelajari, apakah kitab-kitab yang dimaksud Al- Qur`an itu ialah seperti yang ada sekarang ini di tangan umat Kristiani. Dalam mempelajarinya, kami justru menemukan begitu banyaknya ayat-ayat yang jelas-jelas berasal dari penulis kitab itu sendiri maupun orang lain, seperti contoh dibawah ini:

    “Dari Paulus, hamba Kristus Yesus, yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil Allah.” (Roma 1:1)
    Dari Paulus, seorang rasul, bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, melainkan oleh Yesus Kristus dan AIIah, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati,…. (Galatia 1:1)
    “Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa peristiwa yang telah ……. (Lukas 1:1)

    Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis rentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus,…. (Kisah Rasul 1:1 )
    “Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku di perantauan. “(Yakobus 1:1)
    “Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil……. ” (1 Petrus 1: 1)
    “Dari penatua kepada Ibu yang terpilih dan anak-anaknya yang benar-benar aku kasihi. Bukan aku saja yang mengasihi kamu, tetapi juga semua orang yang telah mengenal kebenaran….. ” (2 Yohanes 1:1)
    “Dari Yudas, hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa,….. (Yudas 1:1)

    Contoh dari semua ayat-ayat Alkitab tersebut jelas sekali itu berasal dari si penulis kitab itu sendiri. Siapa pun yang membacanya, akan mengatakan bahwa itu tulisan sipenulisnya. Makanya tidaklah keliru jika dikatakan bahwa Alkitab itu adalah 100% kitab Ilahi, dan 100% kitab Insani karena didalamnya bercampur antara firman Allah dan tulisan manusia dlsb. Dan hal itu merupakan suatu bukti yang tidak mungkin terbantahkan. Dalam meneliti, mempelajari dan mendalami kandungan Alkitab, kami tidak menemukan adanya ayat yang menjamin bahwa Alkitab itu benar-benar diturunkan oleh Allah dan Dia yang menjaganya. bagi siapa pun yang bisa memberikan bukti tertulis didalam Alkitab apabila ada ayat yang berbunyi: “Akulah yang mewahyukan Alkitab, dan Aku pula yang menjaganya.”

    Berbeda dengan Al Qur`an, yang bisa bersaksi dan berbicara dari dirinya sendiri bahwa dia benar-benar berasal dari Allah. Bukan hanya satu ayat, tetapi ada sekian banyak ayat Al Qur`an yang memberikan kesaksian bahwa dia berasal dari Allah. Perhatikan ayat-ayat sebagai berikut:

    “Alif laam miim raa. Ini adalah ayat-ayat Al Quran, dan yang diturunkan kepada engkau dari Tuhanmu adalah benar, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.”(Qs 13 Ar Radu 1)
    ” Alif laam raa, (inilah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya engkau mengeluarkan manusia dari gelap kepada terang dengan izin Tuhan mereka ke jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.” (Qs 14 Ibraahim 1 )
    “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur`an dan sesungguhnya Kami pula yang memeliharanya. ” (Qs 15 Al Hijr 9)

    5. Mana perintah Yesus atau Tuhan untuk beribadah pada hari Minggu ?

    Pertanyaan ini mungkin agak aneh dan bahkan dianggap sepele atau main-main saja. Padahal ini merupakan salah satu pertanyaan serius yang perlu dipikirkan, perlu diperhatikan, dan perlu dipertanyakan, karena menyangkut ritual yang secara terus menerus atau continue dilakukan dan diamalkan oleh hampir seluruh umat Kristiani di dunia.

    Melakukan ritual ibadah wajib secara terus menerus tanpa dalil atau perintah dari Allah, merupakan ibadah yang sia-sia. Padahal apa yang dilakukan itu akan diminta pertanggung jawaban dihadap Allah. Oleh sebab itu wajarlah jika kita tinjau kembali, apakah yang kita lakukan selama ini benar-benar punya dalil atau dasar yang kuat dari kitab suci kita, ataukah itu hanya berasal dari perintah Manusia biasa atau pendapat para pemimpin agamanya, kemudian mewajibkan para pengikutnya untuk melakukannya.
    Kalau hal seperti itu yang terjadi, kemudian di ikuti oleh para pengikutnya, maka itu berarti yang kita ikuti adalah ajaran manusia, bukan ajaran Allah. Contohnya, beribadah atau masuk gereja pada hari Minggu, ternyata tidak ada satu dalilpun didalam Alkitab yang menyuruh beribadah atau menjadikan hari Minggu sebagai hari yang harus dipelihara, disucikan atau dikuduskan. Oleh sebab itu bagi siapa saja yang bisa memberikan dalil yang tertulis dalam Alkitab bahwa adakah perintah dari Allah untuk mengkuduskan, mensucikan atau menjadikan sebagai hari peristirahatan, jika ada dalil di dalam Alkitab?.

    Sebenarnya jika benar-benar mengikuti firman Allah dalam Alkitab, maka hari peribadatan itu ialah hari Sabat (Sabtu) bukan Minggu! Hari inilah (Sabat) yang ada dalilnya dalam Alkitab, bahkan perintah untuk memelihara, menjaga dan mengkuduskannya, jelas sekali ada tertulis didalam Alkitab itu sendiri. Apalagi yang menulis perintah untuk mengkuduskan hari Sabat adalah Allah itu sendiri, yang telah menoreh diatas kedua loh batu.
    Bahkan kedua loh batu tersebut ditulis dengan jari tangan Allah sendiri, lalu Dia sendiri yang menyerahkan kepada Nabi Musa as untuk disampaikan dan diajarkan kepada kaumnya. Simak ayat frman Allah dalam Alkitab sebagai berikut:
    Setelah itu berpalinglah Musa, lalu turun dari gunung dengan kedua loh hukum Allah dalam tangannya, loh-loh yang bertulis pada kedua sisinya; bertulis sebelah-menyebelah. Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu. ” (Ke132:15-16)
    Sungguh ironis sekali, ternyata perintah Allah untuk menjaga, memelihara dan mengkuduskan hari Sabat, ternyata dilanggar dan juga tidak dipatuhi lagi oleh hampir semua umat Kristiani di dunia, kecuali sebagian kecil sekte Advent.

    Padahal kalau kita baca dalam Alkitab, ternyata ada ancaman yang sungguh mengerikan, yaitu ancaman hukuman mati bagi mereka yang tidak memelihara dan yang melanggar kekudusan hari Sabat. Coba kita simak ancaman Allah bagi yang tidak memelihara dan mengkususkan hari Sabat.
    “Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: “Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah Tuhan, yang menguduskan kamu. Haruslah kamu pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang melanggar kekudusan hari Sabat itu, pastilah ia dihukum mati, sebab setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara bangsanya.” (Ke131:12-14)
    Yang lebih menarik lagi yaitu, ternyata Yesus seumur hidupnya tidak pernah mengkuduskan hari Minggu. Seumur hidupnya Yesus selalu mengkuduskan hari Sabat dan setiap mengajar selalu pada hari Sabat. Yesus tidak pernah satu kalipun menganjurkan untuk beribadah atau mengkuduskan hari Minggu. bagi siapa saja yang bisa memberikan dalilnya.
    Perhatikan hari apa yang Yesus kuduskan di dalam Alkitab, hari Sabtu atau hari Minggu?

    Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat (Sabtu) la masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.
    Markus 1:21 Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar.
    Markus 6:2 Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang ‘ besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: “Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?
    Lukas 4:16 Ia (Yesus) datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaanNya pada hari Sabat la masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Al kitab.
    Lukas 4:31 Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat.
    Lukas 6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya.
    Lukas 13:10 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.

    Masih banyak ayat-ayat lainn-ya dimana Yesus memelihara dan mengkuduskan hari Sabat, tapi dari 7 (tujuh) ayat tadi saja, sudah lebih dari cukup memberikan bukti-bukti kepada kita bahwa sesungguhnya menurut Alkitab, hari yang diperintahkan untuk di ibadati, dipelihara, dan dikuduskan adalah hari Sabat (Sabtu) bukan Minggu !!
    Yesus tetap memelihara dan mengkuduskan Sabat, sebab dia yakin bahwa apa yang Allah tetapkan untuk berlaku kekal, tidak mungkin dibatalkan olehnya. Yesus sangat yakin dengan janji Allah bagi yang memelihara hari Sabat.
    Mari kita renungkan janji Allah bagi yang memelihara dan mengkuduskan hari Sabat.

    “Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat “hari kenikmatan”, dan hari kudus Tuhan “hari yang mulia; apabila engkau menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak mengurus urusanmu atau berkata omong kosong, maka engkau akan bersenang-senang karena Tuhan, dan Aku akan membuat engkau melintasi puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut Tuhan-lah yang mengatakannya. ” (Yesaya 58:13-14)

    Bukankah ayat-ayat tersebut memberikan bukti bahwa sesungguhnya tidak ada satu perintah di dalam Alkitab masuk geieja hari Minggu atau mengkuduskan hari Minggu. Bahkan seumur hidup Yesus hanya beribadah pada hari Sabat (Sabtu) bukan Minggu. Ternyata hari Minggu dikuduskan karena menurut pendapat pemuka agamanya hari itu Yesus bangkit dari kuburnya
    Sekarang bagaimana dengan hari Minggu? Apakah ada perintah atau jaminan berkat bagi mereka yang mengkuduskan hari Minggu?
    1.Allah tidak berhenti bekerja pada hari Minggu.
    2.Allah dan juga Yesus tidak pernah memberkati hari Minggu.
    3.Tidak ada hukum yang menyuruh memelihara hari Minggu.
    4.Yesus tidak pernah memberkati hari Minggu.
    5.Hari Minggu tidak pernah dikuduskan oleh Allah maupun Yesus.
    6.Tidak ada pelanggaran hukum jika bekerja pada hari Minggu.
    7.Tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab yang melarang bekerja pada hari Minggu.
    8.Tidak ada berkat yang dijanjikan bagi mereka yang memelihara hari Minggu.
    9.Hari Minggu tidak pernah disebutkan dalam Alkitab sebagai hari ibadah bagi umat Kristiani.
    10.Tidak pernah hari Minggu disebut sebagai hari perhentian.
    11.Yesus tidak pernah menyinggung tentang hari Minggu.
    12.Kata “Hari Minggu” bahkan tidak pernah muncul dalam Alkitab, kecuali disebut “pekan pertama minggu itu”, tapi bukan “Hari Minggu” dan hanya sekali disebutkan yaitu pada Kis 20:7, itupun hanya pertemuan dimalam hari, yaitu Sabtu malam.
    13.Para nabi dan orang terdahulu tidak pernah memelihara hari Minggu.
    14.Tidak ada ayat dalam Alkitab tentang perobahan Sabat jadi hari Minggu.
    15.Tidak pernah Tuhan maupun Yesus berfirman bahwa ada dua hari Sabat yang dikuduskan dalam seminggu, yaitu hari Sabtu dan Minggu.
    16.Tidak ada satupun perintah di dalam Alkitab yang menyuruh merayakan “hari kebangkitan” Yesus sebagai pengganti hari Sabat.
    17.Tidak pernah Tuhan berfirman bahwa “hari kebangkitan” Yesus harus dikuduskan seperti hari Sabat.
    18.Seumur hidupnya, Yesus hanya beribadah pada hari Sabat
    19.Tidak ada seorang nabipun di dalam Alkitab yang pernah menvuruh mengkuduskan hari Minggu.
    20.Seumur hidupnya, tidak sekalipun keluar dari mulut atau bibir Yesus tentang hari Minggu dan lain-lain.

    Berdasarkan 20 alasan tersebut, maka dapatlah dipastikan bahwa sesungguhnya tidak ada satu dalilpun dalam Alkitab untuk mengkuduskan hari Minggu! Ternyata hari Minggu hanyalah hari yang diperintahkan oleh pengemuka agama Kristen hanya karena dianggap penting karena Yesus bangkit pada hari Minggu. Padahal tidak ada satu dalilpun didalam Alkitab itu yang menyuruh mengkuduskan hari Minggu dan tidak ada janji Allah atau berkat yang Allah janjikan bagi mereka yang memelihara dan yang mengkuduskan hari Minggu, tidak ada!! Justru yang ada ialah ancaman Allah bagi mereka yang tidak memelihara dan yang tidak mengkuduskan hari Sabat (Sabtu).
    Terkadang ada sebagian umat Kristiani yang mengatakan, jika Sabat harus dikuduskan, kenapa umat Islam tidak turut mengkuduskan hari Sabat?

    Jawabannya tentu karena kami umat Islam punya hari tersendiri sebagai hari yang diperintahkan untuk beribadah pada hari tersebut. Dan hal itu ada dalilnya dalam Al Qur’an, yaitu pada Qs 62 Al Jumu`ah ayat 9 :

    “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka hendaklah kamu bersegera untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Demikianlah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui.”

    Hari Sabtu atau Sabat ada dalil di Alkitab. Hari Jum’at ada dalil dalam Al Qur`an. Hari Minggu, mana dalilnya ?

    6. Mana dalilnya dalam Alkitab Yesus 100% Tuhan & 100% manusia???

    Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sangat perlu kita pertanyakan kepada umat Kristiani, sebab hampir dalam setiap acara diskusi atau perdebatan, alasan yang paling sering dipakai oleh mereka adalah bilamana dalam keadaan kepepet, yaitu bahwa Yesus adalah 100% Tuhan dan 100% manusia.
    Alasan-alasan seperti itu sudah ketinggalan, karena bila alasan seperti itu masih terus dipertahankan, maka sampai kapan pun tidak akan menyelesaikan persoalan. Atau dengan kata lain alasan seperti itu dipakai sebenarnya hanya untuk menutup-nutupi kelemahan Alkitab itu sendiri. Padahal alasan seperti itu samasekali tidak punya dalil dalam Alkitab. Artinya tidak ada satu dalilpun yang tertulis dalam Alkitab bahwa “Yesus adalah 100% Tuhan dan 100% manusia”.

    Umumnya para Pendeta atau Misionaris, atau umat Kristiani lainnya sering menjawab dengan mengangkat dalil Yohanes pasal 1 ayat 1 & 14.
    “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”(Yohanes 1:1).
    “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaannya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. (Yohanes 1:14)
    Menjadikan ayat ini sebagai refrensi bahwa Yesus adalah 100% Tuhan dan 100% manusia, sulit bisa diterima akal sehat. Maka untuk itu agar lebih mudah dipahami dicomotlah bagian pertama dari pembukaan Alkitab yaitu pada kitab Taurat Musa, ialah Kitab Kejadian 1 pasal 1 dan Kitab Kejadian pasal 1 ayat 26, yang bunyinya sebagai berikut:
    “Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.” (Kejadian 1:1)
    “Berfirmanlah Allah “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” (Kejadian 1:26).
    Dari bunyi ayat Kejadian 1:26 ini, ada kata “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut rupa dan gambar Kita…..’ Yang dimaksud dengan kata “Kita,” menurut penafsiran umat Kristiani, itu adalah bentuk kata Trinitas yang tersembunyi sebelum Yesus datang kedunia dalam kitab Perjanjian Baru. Jadi kata “Kita” itu mengandung makna : Tuhan Bapa, Tuhan Anak dan Tuhan Roh Kudus, atau dengan istilah lain dikenal Bapa, Firman dan Roh Kudus.

    BAPA itu = Tuhan = Allah (oknum pertama) FIRMAN itu = Yesus = Anak Allah (oknum kedua) dan ROH KUDUS itu = Tuhan juga (oknum- ketiga).

    Awal kitab Kejadian pasal 1:1 berbunyi “Pada mulanya Allah..:.’ Awal Yohanes pasal 1:1 berbunyi “Pada mulanya adalah Firman” dan pada awal kitab Kejadian pasal 1:26 berbunyi “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut rupa dan gambar Kita…..”

    Dari ketiga dalil tersebut (Yoh 1:1 dan 14, dan Kej 1:1 dan 26) para misionaris menafsirkan Yoh 1:1 yang berbunyi “Pada mulanya adalah Firman…” selaras dengan Kejadian 1:1 yang berbunyi “Pada mulanya Allah… ” Dengan demikian menurut mereka Firman itu adalah Allah. Yang dimaksud dengan kata “Firman” adalah Yesus itu sendiri. Sementara Firman itu adalah Aliah, kalau begitu berarti Yesus = Allah. Kemudian pada Yoh 1:14 dikatakan bahwa “Firman itu telah menjadi manusia” Sedangkan manusia itu adalah Yesus. Kalau Firman itu adalah Yesus dan Yesus itu adalah Allah, berarti Allah itu telah menjadi manusia yang disebut Yesus. Oleh sebab itu makna dari Yoh 1:1 yang berbunyi: “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah…’ yaitu Yesus yang mulanya ada bersama-sama dengan Allah, adalah Allah itu sendiri yang telah menjadi manusia.
    Memang sulit sekali bisa diterima penafsiran ayat-ayat tersebut, sebab sesuatu yang tidak rasional dipaksakan harus menjadi rasional.

    Menurut penafsiran kaum muslimin, kata “firman’ berarti “perkataan” atau “kalam” (kalamullah) yang bermakna “perkataan Allah.” Misalnya jika Allah ingin menciptakan sesuatu, cukup Dia berkata (berfirman) “KUN” (jadilah) maka jadilah. Contoh bagaimana penciptaan Nabi Isa as (Yesus) dan Nabi Adam as di dalam Al Qur’an.
    Allah jelaskan sebagai berikut :
    “Sesungguhnya perbandingan (kejadian) Isa di sisi Allah adalah seperti (kejadian) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya, “Jadilah” maka jadilah dia. ” (Qs 3 Ali `Imraan 59).

    Mengenai Injil Yohanes pasal 1 ayat 1 dan 14, dalam buku The Five Gospels yang diterbitkan oleh Harper San Fransisco, yang dikomentari oleh Robert W. Funk dan Roy W. Hoover, ternyata ayat-ayat tersebut tidak masuk dalam kategori ucapan Yesus yang diseminarkan.

    Injil yang diakui di Indonesia ada empat yaitu Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Di Amerika sekitar tahun 1993, di kota Sanoma CaIifornia, disponsori oleh Westar Instituie, Injil itu diseminarkan oleh sekitar 76 orang ahli dari berbagai kalangan, seperti guru besar dari berbagai universitas terkenal didunia, para ahli ilmu theologi dari Katolik dan Protestan, ahli kitab suci, ahli bahasa Ibrani dll yang semuanya tidak ada orang Islam. Injil yang diseminarkan ada lima yaitu Injil Matius Markus, Lukas, Yohanes dan Injil Thomas. Ke lima Injil yang bernama “The Five Gospels” diseminarkan dalam rangka mengklasifikasikan sabda Yesus. Makanya dalam cover The Fiue Gospels tersebut tertulis What Did Jesus Really Say? The Search For The Authentic Words of Jesus. (Apa yang benar-benar Yesus ucapkan? Mencari ucapan asli dari Yesus).

    Dalam kitab The Five Gospels tersebut, semua ucapan atau sabda Yesus, dicetak berwarna. Ada empat warna yang disepakati, yaitu merah (RED), merah muda (PINK), kelabu (GRAY) dan hitam bolt (BLACK).
    Ada tiga option (pilihan) yang disepakati untuk menentukan derajat kebenaran sabda / ucapan Yesus, yaitu :
    Option 1
    >>Red : I would include this item unequivocally in the database for determining who Jesus was.
    >>Pink : I would include this item with reservations (or modifications) in the database.
    >>Gray : I would not include this item in the database, but I might make use of some of the content in determining who Jesus was.
    >>Black : I would not include this item in the primary database.

    Option 2
    >>Red : Jesus undoubtedly said this or something very like it.
    >>Pink : Jesus probably said something like this.
    >>Gray : Jesus did not say this, but they ideas contained in it are close to his own.
    >>Black : Jesus did not say this, it represents the perspective or content of a later or different tradtion.

    Option 3
    >>Red : That`s Jesus !
    >>Pink : Sure sounds like Jesus. ** Gray : Well, maybe.
    >>Black : There`s been some mistake.

    Dari hasil seminar, ternyata Injil Yohanes pasal 1 ayat 1 & 14 tidak masuk kategori yang dinilai atau yang diseminar-kan, sebab ayat-ayat tersebut dianggap bukan sabda atau ucapan Yesus. Ayat itu hanyalah ucapan Yohanes saja! Dan ayat tersebut tidak masuk dalam kategori RED, PINK, GRAY & BLACK.
    Hasil akhir dari penelitian dalam seminar yang dilakukan oleh 76 ahli dari berbagai kalangan, menyatakan sebagai berikut :
    “Eighty-two percent of the words ascribed to Jesus in the gospels were not actually spoken by him, according to the Jesus Seminar.”
    “Delapan puluh dua persen kata-kata yang dianggap berasal dari Yesus di dalam Injil, tidaklah benar-benar diucapkan olehnya, menurut Seminar Yesus.”
    Pernyataan 76 (tujuh puluh enam) ahli dari berbagai kalangan dari seluruh dunia dalam Seminar tentang Yesus, sungguh mengejutkan dunia, khususnya dikalangan kaum Kristiani, sebab kalau 82% (delapan puluh dua persen) isi Injil bukan benar-benar diucapkan Yesus, berarti hanya 18% (delapan belas persen) saja isi Injil yang dianggap ucapan Yesus. Ternyata Yoh 1:1 & 14 yang jadi acuan bahwa Yesus 100% Tuhan dan 100% manusia, menurut 76 ahli tersebut, bukan ucapan Yesus, tapi hanya pendapat penulis Injil itu saja, yaitu Yohanes. Padahal para perseta Seminar Yesus tersebut, tidak ada satupun orang Islam, dan tidak satupun berasal dari lndonesia.
    Lebih ironis lagi, dari semua Injil-Injil yang diseminarkan tersebut, Injil Yohanes termasuk yang hampir 100% dianggap bukan ucapan Yesus.
    Hasilnya sungguh mengejutkan, dari 4 (empat) kategori, tidak ada satu ayatpun dalam seluruh Injil Yohanes yang dicetak hurup Red. Hurup Pink saja hanya ada 1 (satu), hurup Grey hanya ada 4 (empat) ayat saja, selebihnya Black.
    Perincian khusus Injil Yohanes sebagai berikut:

    RED : (That is Jesus!), tidak satu ayat pun yang dicetak merah, berarti tidak ada satu ayatpun yang dianggap benar-benar ucapan Yesus.
    PINK: (Sure sounds like Jesus), hanya ada satu ayat saja yaitu Yoh 4:43.
    GRAY : (Well, maybe), hanya ada 4 (empat) ayat saja, yaitu pada Yoh 12 ayat 24, 25, 26 dan Yoh 13 ayat 20.
    BLACK : (Jesus did not say this There’s been some mistake!) selebihnya bukan ucaan Yesus!

    Bayangkan saja, Injil Yohanes terdiri dari 21 pasal, 878 ayat dan 19099 kata. Kalau RED tidak ada, PINK hanya 1 ayat, GRAY 4 ayat, berarti sisanya BLACK (bukan ucapan Yesus) ada 873 ayat.

    7. Mana dalilnya asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dijamin “pasti masuk surga??

    Umat Kristiani umumnya berani memastikan sesuatu yang belum tentu atau belum pasti terjadi. Mereka beranggapan asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, di jamin “pasti masuk surga”. Padahal memastikan seseorang masuk surga, itu bukan hak atau wewenang kita manusia, itu hanyalah hak Allah Swt. saja. Jika ada umat Islam mengatakan kepada mereka kata “Insya Allah”, sering diprotes, katanya “jangan insya Allah-insya Allah dong, yang pasti aja dong!!” Mereka tidak memahami bahwa mengucapkan Insya Allah adalah sesuatu yang dianjurkan dalam kitab suci Al Qur’an dan juga Alkitab. Tetapi sebagian besar umat Kristiani tidak paham bahwa didalam Alkitab sebenarnya dianjurkan mengucapkan Insya Allah bila mengatakan sesuatu yang belum tentu terjadi. Bahkan dikatakan, bila tidak mengucapkan Insya Allah sesuatu yang belum pasti terjadi, dia tergolong sombong, dan bahkan berdosa.

    Perhatikan ayat Alkitab sebagai berikut:
    “Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung”, sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan beruat ini dan itu.” Tetapi sekarang kamu memegahkan diri dalam congkakmu, dan semua kemegahan yang demikian adalah saIah. Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.” (Yak 4:13-17)
    “Ia minta diri dan berkata: “Aku akan kembali kepada kamu, jika Allah menghendakinya.” Lalu bertolaklah ia dari Efesus.” (Kis 18:21)
    “Tetapi aku akan segera datang kepadamu, kalau Tuhan menghendakinya. Maka aku akan tahu, bukan tentang perkataan orang-orang yang sombong itu, tetapi tentang kekuatan mereka.(1 Kor 4:19).
    Kata-kata dalam semua ayat ayat tersbut yaitu “Jika Tuhan menghendakinya” dan “Jika Allah menghendakinya” serta “Kalau Tuhan menghendakinya”, semua itu maknanya sama yang dalam Al Qur’an disebut “insya Allah”.
    Didalam Alkitab cetakan lama, kata-kata “Jika Tuhan Menghendakinya” semuanya tertulis jelas dengan kata “insya Allah
    Perhatikan Alkitab lama cetakan tahun 1960 sebagai berikut:
    “Hai kamu jang berkata: “Bahwa hari ini atau besoknja biarlah kita pergi kenegeri anu serta menahun disitu, dan berniaga dan mencari laba”; pada halnya kamu tiada mengetahui apa yang akan terjadi besoknya. Bagaimanakah hidupmu itu? Karena kamu hanya suatu uap, yang kelihatan seketika saja lamanya, lalu lenyap. Melainkan patutlah kamu berkata: “Insya Allah, kita akan hidup membuat ini atau itu”. Tetapi dengan hal yang demikian kamu memegahkan dirimu dengan kemewahanmu itu; maka semua kemegahan yang demikian itu jahat. Sebab itu, jikalau orang yang tahu berbuat baik, pada halnya tiada diperbuatnya, maka menjadi dosalah baginya.
    “Melainkan sambil meminta diri ia berkata: “insya Allah, aku akan kembali kepadamu.” (Kisah Para Rasul 18:21)
    “Tetapi insya Allah aku akan datang kepadamu dengan segeranya, dan aku akan mengetahui bukan perkataan mereka itu jang……dst. (1 Kor4:19).
    Dalam Al Qur`an, mengucapkan kata insya Allah merupakan suatu kewajiban bila kita tidak mengetahui sesuatu yang bakal terjadi. Perhatikan ayat-ayat Al Qur`an sebagai berikut:
    “Maka tatkala mereka masuk menemui Yusuf, Yusuf membawa ibu bapaknya ke tempatnya dan berkata, “Masuklah kamu ke negeri Mesir, insya Allah dalam keadaan aman. ” (Qs 12 Yusuf 99)
    “Musa berkata, “Insya Allah engkau akan mendapati aku orang yang sabar dan aku tiada mengingkari perintahmu. ” (Qs 18 Al Kahfi 69)
    “Maka tatkala anak mencapai umur dapat bekerja bersamanya, Ibrahim berkata, “Hai anakku, sesungguhnya aku melihat di dalam mimpi bahwa aku akan menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu?” Dia berkata, “Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepada engkau; insya Allah engkau akan mendapati aku termasuk orang-orang yang sabar.” (Qs 37Ash Shaaffaat 102)
    Ternyata dari keterangan Alkitab tidak boleh m.engatakan “PASTI” untuk sesuatu yang belum tentu terjadi. Memastikan dijamin “Pasti masuk surga” bila percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, adalah perbuatan sombong dan dosa. Jika hanya asal percaya kepada Yesus, semua ummat Islam percaya kepada Yasus yang disebut Nabi Isa as. Tidak sempurna iman seorang muslim jika tidak mengimani semua nabi, termasuk Nabi Isa. Bahkan percaya kepada semua nabi termasuk Nabi Isa as (Yesus), merupakan salah satu Rukun Iman yang harus di imani oleh setiap muslim dimanapun mereka berada. Hanya saja umat Islam mengimani beliau hanya sebagai Nabi atau Rasul, bukan Tuhan!!

    Menurut pandangan ummat Kristiani, asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat maka dijamin pasti masuk surga. Tetapi menurut pandangan Islam, hal itu bertolak belakang 180 derajat, justru kalau percaya kepada Yesus sebagai Tuhan, maka disitulah tidak mungkin diselamatkan, karena telah menjadikan tuhan-tuhan lain selain Allah. Dan itu disebut dosa syirik, yaitu salah satu dosa yang tidak diampuni oleh Allah.
    Dalam kitab Injil, Yesus berfirman bahwa keselamatan itu tergantung bagaimana kita mengamalkan perintah Allah. Perhatikan ucapan Yesus sebagai berikut:

    “Bukan setiap orang yang berseru kepadaku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. ” (Mat 7:21)
    Berdasarkan ucapan Yesus tersebut, dapat kita simpulkan bahwa bukan setiap orang yang berseru Yesus, Yesus yang akan masuk kedalam surga, tetapi kata Yesus yaitu mereka yang melakukan sesuai dengan perintah Allah. Tentu menjadi pertanyaan, apakah ummat Kristiani sudah melakukan sesuai perintah Yesus dan perintah Allah?? Marilah kita lihat beberapa contoh sebagai bukti:

    1. Allah Mengharamkan Babi
    “Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku beiah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. Daging binaiang-binatang itu janganlah kamu makan dan bangkainya jartganlah kamu sentuh; haram semuanya itu bagimu. (Imamat 11:7-8)
    Allah telah mengharamkan babi. Kenyataannya mereka tidak haramkan babi, malah babi jadi makanan kesukaan mereka. iustru yang haramkan babi umat Islam bukan?

    2.Yesus sunat
    “Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, la diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.” (Luk 2:21 )
    Yesus sunat, tetapi para pendeta tidak wajibkan sunat. Justru yang bersunat yaitu ummat Islam. Nah apakah mereka ikuti perintah Allah? Justru umat Islamlah yang ikut perintah bersunat!!

    3. Yesus mati dikafani tidak pakai peti
    “Yusufpun membeli kain lenan, kemudian ia menurunkan mayat Yesus dari salib dan mengapaninya dengan kain lenan itu. Lalu ia membaringkan Dia di dalam kubur yang digali di dalam buki t batu. Kemudian digulingkannya sebuah batu ke pintu kubur itu.” (Mar 15:46)

    Yesus mati dikafani, tidak pakai peti. Apakah umat Kristiani yang mengaku pengikut Yesus bila mereka mati dikafani dengan kain putih dan dikubur tidak pakai peti?? Ternyata mereka bila mati, pakai jas, sepatu, dasi. pakaian yang paling bagus, didandani seperti penganten, lalu dimasukkan kedalam peti, padahal Yesus mati hanya dikafani dengan kain putih dan tidak pakai peti. Ini berarti mereka tidak mengikuti contoh bagaimana matinya Yesus. Justru yang mengikuti matinya Yesus, adalah umat Islam. Bahkan dalam Islam, kuburan tidak perlu dibeton seperti bangunan rumah, cukup menaruh batu diatas kubur sebagai tanda. Diatas kuburan Yesus juga ditaruh sebuah batu, sebagai tanda, dan dalam Islam disunahkan menaruh batu diatas kuburan.

    Sebenarnya masih ada begitu banyak bukti-bukti bahwa ummat Kristini tidak mengikuti perintah Yesus dan Allah. Dari beberapa ayat yang kami paparkan sebagai contoh itu, cukup memberikan bukti bahwa jaminan keselamatan itu bukan hanya asal percaya kepada Yesus dijamin pasti masuk surga, tetapi bagaimana mengamalkan seluruh ajaran Yesus dan Tuhannya Yesus yaitu Allah Swt.

    Setelah dicek diseluruh isi Alkitab, ternyata tidak ada satu ayatpun yang menjamin asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat “dijamin pasti masuk surga.” Oleh sebab itu jika ada umat Kristiani yang bisa menunjukkan ayatnya yang mengatakan bahwa asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat “dijamin pasti masuk surga, kami sediakan hadiah uang tunai sebesar Rp. 10.000.000.- (sepuluh juta rupiah) untuk satu pertanyaan ini saja.

    Allah menjamin masuk surga bagi orang-orang yang benar-benar beriman dan bertaqwa kepada-Nya yaitu mereka yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya.
    “Dan barang siapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah akan memasukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya, dan itulah kejayaan yang besar.” (Qs 4 An Nisaa ` 13)

    Ayat tersebut menjelaskan bahwa yang di jamin masuk surga oleh Allah, yaitu mereka yang taat kepada Allah dan Rasulnya. Bagaimana bisa dijamin masuk surga, jika hanya asal percaya, tetapi tidak mengamalkan serta tidak taat perintah Allah dan Rasul-Nya?? Buktinya betapa banyak ayat-ayat dalam Alkitab, dimana tidak diamalkan dan tidak ditaati oleh umat Kristiani. Oleh sebab itu keselamatan itu yaitu bagaimana kita taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan mengamalkan yang diperintakan-Nya.
    Bagaimana yang tidak taat kepada Allah dan rasul-Nya serta melanggar hukum dan ketentuan-Nya, apakah mereka dijamin pasti masuk surga??. Perhatikan ayat selanjutnya :

    “Dan barang siapa durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya dan melanggar batas-batasnya (hukum) Allah, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam neraka, kekal di dalamnya dan baginya azab yang menghinakan. ” (Qs 4 An Nisaa` 14)

    8. Mana foto asli wajah Yesus dan siapa pemotretnya ?

    Berdasarkan ayat tersebut, bagi mereka yang mengatakan asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dijamin pasti masuk surga, padahal tidak melakukan perintah Allah dan Yesus, maka bukan jaminan surga yang didapat, tapi neraka.
    Sebagian besar rumah umat Kristiani hampir dapat dipastikan terpampang gambar atau lukisan Yesus dan ibunya Maria dengan wajah yang ganteng dan cantik rupawan dengan pakaian yang berwarna warni. Tentu menjadi pertanyaan:
    Apakah wajah Yesus dan ibunya Maria adalah wajah mereka yang asli atau itu hanya hasil rekayasa saja ?
    Jika wajah mereka itu asli, siapa yang memotretnya ?
    Tustel atau camera merek apa yang dipakai saat itu?
    Apakah 2000an tahun yang lalu sudah ada camera atau tustel berwarna ?
    Jawabannya pasti semuanya mustahil Tetapi banyak umat Kristiani terlihat begitu khusu’ bila sembahyang atau meminta pertolongan dihadapan gambar atau lukisan Yesus dan Maria.
    Ada sebagian umat Kristiani yang dulunya ngaku mantan Islam, kemudian masuk Kristen dengan alasan dia dijamah oleh Yesus. Ada juga yang katakan dia melihat wajah Yesus. Padahal semua kesaksian seperti itu jelas bohong. Kenapa? Sebab darimana dia tahu bahwa itu benar-benar wajah Yesus?? Wajah bapak kakeknya saja hampir tidak ada orang yang pernah tahu, apalah wajah orang yang telah mati lebih 2000 tahun yang lalu. kalau ada orang bisa memperlihatkan wajah Yesus yang sesungguhnya. Wajah-wajah Yesus dalam semua gambar tersebut, pasti hanya hasil rekayasa atau hasil imaginasi seseorang. Jika disuruh orang suku Asmad di Irian melukis wajah Yesus menurut imaginasi mereka, mungkin saja wajah Yesus dibuat hitam, pendek, kribo, tanpa busana dan pakai koteka. Jika ada yang mengaku pernah dijamah dan ketemu Yesus, lihatkan gambar-gambar tadi, tanyakan padanya dan tolong tunjukin, wajah yang mana yang dilihatnya? Sungguh satu Kebohongan besar jika wajah Yesus adalah salah satu dari wajah-wajah tersebut.

    Beberapa wajah palsu Jesus yang kami posting pada hosting yang lain, klik sini

    9. Mana dalilnya Yesus lahir pada tanggal 25 Desember dan perintah merayakannya

    SEJARAH NATAL

    Chritmas diartikan sebagai hari kelahiran Yesus, yang dirayakan oleh hampir semua orang Kristen didunia, berasal dari ajaran Gereja Katolik Roma. Padahal ajaran tersebut tidak terdapat dalam Alkitab dan Yesus-pun tidak pernah memerintahkan kepada murid-muridnya untuk menyelenggarakannya.
    Perayaan yang masuk kedalam ajaran Gereja Katolik Roma pada abad ke empat ini, berasal dari upacara adat masyarakat penyembah berhala. Perayaan Natal yang diselenggarakan diseluruh dunia ini samasekali tidak mempunyai dasar dari Alkitab.

    Menurut penjelasan di dalam Catholic Encyclopedia edisi 1911, yang berjudul “Christmas”, ditemukan kata-kata yang berbunyi sebagai berikut :

    “Christmas was not among the earliest festivals of church, the first evidence of the feast is from Egypt. Pagan custom centering around the January calends gravitated to christmas. ”
    “Natal bukanlah upacara gereja yang pertama, melainkan ia diyakini berasal dari Mesir. Perayaan yang diselenggarakan oleh para penyembah berhala & jatuh pada bulan Januari ini, kemudian dijadikan hari kelahiran Yesus.”

    Masih dalam Encyclopedi itu juga dengan judul “Natal Day” bapak Katolik pertama mengakui bahwa :
    “In the Scnptures, no one is recorded to have kept a feast or held a great banquet on his birthday. It is only sinners (like Pharaoh and Herold) who make great rejoicings over the day in which they were born into the world. ”

    “Didalam Kitab Suci, tidak seorangpun yang mengadakan upacara atau menyelenggarakan perayaan untuk merayakan hari kelahiran Yesus. Hanya orang-orang kafir saja (seperti Firaun dan Herodes) yang berpesta pora merayakan hari kelahirannya ke dunia ini.”

    Natal Menurut Encyclopedia Americana Tahun 1944
    “Christmas…it was according to many authorities, not celebrated in ihe first centuries of the Christian church, as the Christian usage in gene.ral was to celebrate the death of remarkable persons rather than their birth… ” (The “Communion”, which is instituted by New Testament Bible authority, is a memorial of the death of Christ.) “A feast was established in memory of this even (Christ’s birth) in the fourth century. In the fifth century the Westem Church ordered it fo be celebrated forever on the day of the old Roman feast of the birth of Sol, as no certain knowledge of the day of Christ’s birth existed.

    “Menurut para ahli, pada abad-abad permulaan, Natal tidak pernah dirayakan oleh umat Kristen. Pada umumnya, umat Kristen hanya merayakan hari kematian orang-orang terkemuka saja, dan tidak pernah merayakan hari kelahiran orang tersebut.” (“Perjamuan ci” yang termaktub dalam Kitab Perjanjian Baru, hanyalah untuk mengenang kematian Yesus Kristus.) “Perayaan Natal yang dianggap sebagai hari kelahiran Yesus, mulai diresmikan pada abad ke empat Masehi. Pada abad kelima, Gereja Barat memerintahkan kepada umat Kristen untuk merayakan hari kelahiran Yesus, yang diambil dari hari pesta bangsa Roma yang merayakan hari “Kelahiran Dewa Matahari”. Sebab tidak seorangpun yang mengetahui hari kelahiran Yesus.”

    ASAL USUL NATAL

    Natal berasal dari kepercayaan pen-yembah berhala yang dianut oleh masyarakat Babilonia kuno dibawah raja Nimrod (cucunya Ham, anak nabi Nuh). Nimrod inilah orang pertama yang mendirikan menara Babel, membangun kota Babilonia, Niniweah dll, serta kerajaan di dunia dengan sistem kehidupan, ekonomi dan dasar-dasar pemerintahan. Nimrod ini adalah seorang pembangkang Tuhan. Jumlah kejahatannya amat banyak, diantaranya dia mengawini ibu kandungnya sendiri Semiramis.
    Setelah Nimrod meninggal, ibunya yang merangkap istrinya menyebarkan ajaran Nimrod bahwa roh Nimrod tetap hidup selamanya walaupun jasadnya telah mati. Adanya pohon Evergreen yang tumbuh diatas sebatang pohon kavu yang telah mati, ditafsirkan oleh Semiramis sebagai bukti kehidupan baru bagi Nimrod. Untuk mengenang hari kelahiran Nimrod setiap tanggal 25 Desember, Semiramis menggantungkan bingkisan pada ranting-ranting pohon itu sebagai peringatan hari kelahiran Nimrod. Inilah asal usul Pohon Natal. Melalui pemujaan kepada Nimrod, akhirnya Nimrod dianggap sebagai “Anak Suci dari Surga’. Dari perjalanan sejarah dan pergantian generasi ke generasi dari masa-kemasa dan dari satu bangsa ke bangsa lainnya, akhirnya penyembahan terhadap berhala Babilonia ini berubah menjadi Mesias Palsu, yaitu berupa Dewa Baal, anak Dewa Matahari.

    Kepercayaan orang-orang Babilonia yang menyembah kepada “Ibu dan anak” (Semiramis dan Nimrod yang lahir kembali), menyebar luas dari Babilonia ke berbagai bangsa di dunia dengan cara dan bentuk berbeda-beda, sesuai dengan bahasa di negara-negara tersebut. Di Mesir dewa-dewi tersebut bernama Isis dan Osiris. Di Asia bernama Cybele dan Deoius.

    Di Roma bernama Fortuna dan Yupiter, juga di negara-negara lain seperti di China, Jepang, Tibet bisa ditemukan adat pemujaan terhadap dewi Madona, jauh sebelum Yesus dilahirkan.
    Pada abad ke 4 dan ke 5 Masehi, ketika dunia pagan Romawi menerima agama baru yang disebut “Kristen”, mereka telah mempunyai kepercayaan dan kebiasaan pemujaan terhadap dewi Madonna jauh sebelum Kristen lahir.

    Natal adalah acara ritual yang berasal dari Babilonia kuno yang saat itu puluhan abad yang lalu, belum mengenal agama yang benar, dan akhirnya terwariskan sampai sekarang ini. Di Mesir, jauh sebelum Yesus dilahirkan, setiap tahun mereka merayakan kelahiran anak Dewi Isis (Dewi langit) yang mereka percaya lahir pada tanggal 25 Desember.

    Para murid Yesus dan orang-orang Kristen yang hidup pada abad pertama, tidak pernah sekalipun mereka merayakan Natal sebagai hari kelahiran Yesus pada tanggal 25 Desember. Dalam Alkitab/Bible, tidak ditemukan walau satu ayatpun Tuhan/ Allah maupun Yesus yang memerintahkan untuk merayakan Natal, sebab perayaan setiap tanggal 25 Desember, adalah perayaan agama Paganis (penyembah berhala) yang dilestarikan oleh umat Kristiani.

    Upacara Natal adalah berasal dari ajaran Semiramis istri Nimrod, yang kemudian di lestarikan oleh para penyembah berhala secara turun temurun hingga sekarang ini dengan wajah baru yang disebut Kristen.

    SINTERKLAS

    Sinterklas atau Santa Claus sebenarnya bukan ajaran yang berasal dari penganut paganisme (penyembah berhala) maupun Alkitab. Sinterklas adalah ciptaan seorang Pastur yang bernama “Santo Nicolas” yang hidup pada abad ke empat Masehi. Menurut Encyclopedia Britannica halaman 648-649 edisi kesebelas, disebutkan :

    “St Nicholas, bishop of Myra, a saint honored by the Greek and Latins on the 6th of December…a Legend of his surreptitious bestowal bf dowries on the three daughters of an impoverished citizen…is said to have originated the old custom of giving present in secret on the Eve of St. Nicholas (Dec 6), subsequently transferred to Christmas day. Hence the association of Christmas with Santa Claus.”
    “St. Nicholas, adalah seorang pastur di Myra yang amat diagung-agungkan oleh orang-orang Yunani dan Latin setiap tgl 6 Desember. Legenda ini berawal dari kebiasaannya yang suka memberikan hadiah secara sembunyi-sembunyi kepada tiga orang anak wanita miskin. untuk melestarikan kebiasaan lama dengan memberikan hadiah secara tersembunyi itu digabungkan ke dalam malam Natal. Akhirnya terkaitlah antara hari Natal dan Sabta Claus..”

    Sinterklas Mengajarkan Kebohongan

    Dalam ajaran agama manupun, semua orang tua melarang anaknya berbohong. Tetapi menjelang Natal, banyak orang tua yang membohongi anaknya dengan cerita tentang Sinterklas yang memberikan hadiah Natal ketika mereka tidur. Begitu anak-anak mereka bangun pagi, didalam sepatu atau kaos kaki mereka yang digantungkan didepan pintu rumah, telah berisi berbagai permen dan hadiah lainnya. Oleh sebab itu Sinterklas merupakan pembohongan yang dilakukan oleh setan yang menyamar sebagai manusia.

    “Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang. Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka.”(2 Kor 11:14-15)

    POHON TERANG
    Pohon Terang atau Pohon Natal, samasekali tidak pernah dianjurkan oleh Tuhan maupun Yesus untuk mengadakan atau merayakannya. Itu semua diadopsi dari ajaran agama pagan (kafir kuno). Pohon itu sendiri disebut dengan istilah “Mistleto” yang biasanya dipakai pada perayaan musim panas, sebagai persembahan suci kepada matahari.

    Menurut Frederick J. Haskins dalam bukunya Answers to Questions disebutkan:
    “The use of Christmas wreaths is believed by outhorities to be traceable to the pagan customs of decorating buildings and places of worship at the feast which took place at the same times as Christmas. The Christmas tree is from Egypt, and its origin date from a period long anterior to the Christian Era.”

    “Hiasan yang dipakai pada upacara Natal adalah warisan dari adat agama penyembah berhala (paganisme) yang menghiasi rumah dan tempat peribadatan mereka yang waktunya bertepatan dengan malam Natal sekarang. Sedangkan pohon Natal berasal dari kebiasaan Mesir Kuno yang masanya lama sekali sebelum lahirnya agama Kristen.”

    Sungguh mengherankan sekali dan sekaligus memprihatinkan, ternyata sebagian besar umat Kristiani tidak mengerti dan tidak menyadari tentang sejarah perayaan Natal dan Pohon Terang.
    Mereka begitu antusias menambut kedatangan hari Natal, bahkan jauh jauh hari sebelumnya mereka sudah mempersiapkan dengan biaya yang begitu besar dalam menyambut hari kelahiran Tuhan mereka. Padahal merayakan Natal dengan Pohon Terang samasekali tidak punya dasar atau dalil didalam kitab suci mereka sendiri. Para Pendeta dan Pastur diseluruh dunia bahkan Uskup dan Paus, jika ditanya tentang Natal dan Pohon Terang, pasti akan mengakui bahwa memang tidak ada dalil dan ajaran dalam Alkitab bahwa Yesus lahir pada tanggal 25 Desember dan tidak ada satu ayatpun tertulis didalam Alkitab (Bible) yang memerintahkan untuk merayakannya.

    Kata Bibel / Alkitab tentang Pohon Natal

    “Beginilah firman Tuhan: “Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah langkah bangsa-bangsa, janganlah gentar terhadap tanda-tanda di langit, sekalipun bangsa-bangsa gentar terhadapnya. Sebab yang disegani bangsa-bangsa adaIah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu? Orang memperindahnya dengan emas dan perak; orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang. Berhala itu sama seperti orang-orangan di kebun mentimun, tidak dapat berbicara; orang harus mengangkatnya, sebab tidak dapat melangkah. Janganlah takut kepadanya, sebab berhala itu tidak dapat berbuat jahat, dan berbuat baik pun tidak dapat. ” Tidak ada yang sama seperti Engkau, ya Tuhan! Engkau besar dan nama-Mu besar oleh keperkasaan. ” (Yeremia 10:2-6)

    Ayat-ayat Alkitab tersebut jelas sekali mengatakan bahwa Pohon Terang adalah upacara penyembahan berhala yang tidak bisa berbicara, tidak bisa berbuat jahat dan tidak bisa juga berbuat baik. Tetapi kenapa masih saja disembah oleh sebagian besar umat Kristiani? Jawabnya karena mereka tidak mengerti kandungan kitab sucinya, dan hanya ikut-ikutan apa kata pemimpin agama mereka. Tidak mereka sadari bahwa justru mereka bukan pengikut Yesus yang setia. Pengikut Yesus (Isa) yang sebenarnya adalah ummat Islam!

    Apakah Natal Memuliakan Yesus?
    “Maka hati-hatilah, supaya jangan engkau kena jerat dan mengikuti mereka, setelah mereka dipunahkan dari hadapanmu, dan supaya jangan engkau menanya-nanya tentang tuhan mereka dengan berkata: Bagaimana bangsa-bangsa ini beribadah kepada illah mereka? Aku pun mau berlaku begitu. Jangan engkau berbuat seperti itu terhadap Tuhan, Allahmu; sebab segala yang menjadi kekejian bagi Tuhan, apa yang dibenci-Nya, itulah yang dilakukan mereka bagi illah mereka; bahkan anak-anaknya lelaki dan anak-anaknya perempuan dibakar mereka dengan api bagi illah mereka. (32) Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu Iakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya. ” (Ulangan 12:30-32)

    “Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.”(Matius 19:8-9)
    “Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perin!ah manusia. Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia. ” (Markus 7: 7-8)

    Merayakan Natal = Melestarikan Kebohongan dan Pemborosan
    Menjelang Natal akan bermunculan berbagai iklan di toko-toko, koran, majalah dlsb. Jutaan dolar dan miliaran rupiah dihamburkan untuk promosi berbagai barang dagangan untuk keperluan Natalan. Semuanya dikemas sedemikian rupa sehingga tampak seperti “Malaikat Pembawa Terang”, padahal tanpa mereka sadari ajaran Yesus mereka telantarkan, karena yang mereka rayakan adalah tradisi ajaran agama kafir kuno, bukan perintah Tuhan ataupun Yesus

    “Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapaku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepadaku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” (Matius 7:21-23)

    “Percuma mereka beribadah kepada-Ku. sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia. (Markus 7: 7-8)
    “Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: “Untuk apa pemborosan ini? Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin.” (Matius 26:8-9)

    Dari penjelasan sejarah Natal ini, jelaslah bahwa Natal itu bukan ajaran Yesus.
    Yesus seumur hidupnya tidak pernah sekalipun menyuruh merayakan Natal bagi dirinya. Merayakan dirinya sebagai seorang Nabi atau Rasul saja beliau tidak pernah ajarkan, apalagi menyuruh merayakan kelahirannya sebagai Tuhan!! Tidak ada satu dalilpun dalam Alkitab menyatakan Yesus lahir tanggal 25 Desember. Pendeta, Pastur bahkan Paus di Roma-pun mengakui bahwa Natal bukan ajaran gereja. Oleh sebab itu jika ada umat Kristiani atau siapapun yang bisa menunjukkan dalilnya dalam Alkitab Yesus lahir pada tanggal 25 Desember.

    Dalam pandangan Islam, haram hukumnya bila ikut-ikutan merayakan Natal. Jangankan umat Islam, bagi umat Kristiani pada dasarnya sama sekali tidak punya satu dalilpun merayakan Natal. Umat Islam yang merayakan Maulid Nabi Muhammad saw. itupun tidak ada Quran dan Sunnahnya, apalagi merayakan Natal. Merayakan Natal sama saja merayakan “kelahiran Tuhan,” padahal dalam pandangan Islam, Tuhan tidak lahir dan tidak pula dilahirkan.

    Jika Umat Kristiani merayakan Natal hanya sebatas Yesus sebagai seorang Nabi atau Rasul atau seorang Utusan Tuhan, itu masih bisa dipahami. Tetapi umat Kristiani merayakan hari Natal, bukan sebagai hari kelahiran Yesus sebagai seorang Nabi, Rasul atau Utusan Tuhan, tetapi sebagai hari kelahiran Yesus sebagai “Anak Tuhan” atau “Anak Allah”.
    Haram hukumnya menurut pandangan Islam karena berdasarkan Al Qur`an, Yesus bukan Tuhan dan Tuhan tidak punya anak.

    “(Dia) pencipta langit dan bumi, bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai istri. Dia menciptakan segala sesuatu, dan Dia mengetahui seala sesuatu. ” (Qs 6 Al Maa-idah 101 )
    Bahkan dalam ayat lain Allah wahyukan kepada Rasul-Nya Muhammad saw, bahwa jika Dia mempunyai anak benaran, maka orang yang mula-mula akan menyembah anak itu adalah Rasul-Nya yaitu Muhammad saw.

    “Katakanlah, “Jika Yang Maha Pengasih itu mempunyai anak, maka akulah orang yang mula-mula menyembahnya,” (Qs 43 Az Zuhkruf 89).
    Bahkan dalam ayat lain Allah peringatkan kepada mereka (Yahudi dan Nashara) bahwa tidak benar Dia mempunyai anak!

    “Mereka (orang-orang kafir) berkata: “Allah mempunyai anak”. Maha Suci Allah, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah; semua tunduk kepada-Nya”(QS. Albaqarah 2 : 116)

    “Katakanlah, “Dia-lah Allah yang maha Esa. Allah tempat meminta. Dia tidak beranak dan tidak (pula.) diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya”. (Qs 112 Al lkhlash 1-4)

    • Mas kalo tidak mengerti tidak usah banyak bacot and tulis fitnah. Kalo mau ngerti belajar dulu deh. Perasaan pertanyaan anda sudah saya jawab di Zona Muslim, silahkan anda cari jawabannya. Kalo tidak ketemu silahkan tinggal googling aja pasti ketemu jawabannya, apa anda malas cari jawabannya atau tidak mau tau jawabannya. Sehingga membenarkan pertanyaan saudara menjadi pernyataan yg memojokan umat tertentu. Anda itu bukan Kristen jadi anda juga tidak punya Keimanan Kristen itu sendiri. Kalo anda mengerti Kristen pasti anda tidak akan mengajukan pertanyaan di atas, dan tidak juga menuliskan ayat yg menyatakaan Tuhan itu beranak. Inilah yg tidak dipahami oleh Muslim yg ilmunya cetek/dangkal. Sebelum Muhammad lahir Yahudi/Kristen tidak pernah menganggap Tuhan itu beranak. Anak Tuhan itu cuma bahasa manusia, sama halnya “Anak Medan” atau pun “Anak Kapal”. Lalu apakah anda juga menafsirkan Medan itu melahirkan anak atau Kapal itu melahirkan anak, pintarlah sedikit tidak usah banyak. Perlu saya tekankan Tuhan Kristen itu dari Nuh sampai Kiamat tetap 1 (satu) Tuhan, Tuhan yang Esa. Bapa, Putra dan Roh Kudus hanyalah bahasa manusia yg mengelompokan 3 oknum Tuhan. Bapa disebut sbg Allah yg mencipta dan memelihara, Putra disebut sbg Allah yg turun ke Bumi utk menebus dosa manusia, Yesus itu manusia boss, yg Tuhan dimaksud Roh Allah yg ada dlm Yesus (sifat keillahian). Kenapa? Karena Yesus itu perwujudan Kalimatullah dan Rohullah yg anda maksud. TIdak ada satupun di dunia ini seorang manusia yg suci yg berasal dari Kalimatullah dan Rohullah. Adampun tidak sebab Adam masih memakai media Tanah dan hanya tiupan Roh dariNya. Dalam membaca ALquran jangan membaca kata dalam kurung (…) sebab itu secara tdk langsung merubah makna dan arti sesungguhnya naskah aslinya. Dan ini sebua pencemaran thdp Alquran, tapi herannya Umat Islam membiarkan begitu saja seolah-olah itu sah. Dan hal tsb yg dibilang Alquran juga bisa berubah dari aslinya. Karena memahami bahasa aslinya tidak semudah memahami bahasa lain.
      Karena itu Tuhan dalam Alquran tdk boleh menjudge ataupun menilai agama Kristen, karena Muslim pastinya tidak memahami Kristen yg lebih mendalam dalam memahami sosok Tuhan itu sendiri dan sejarah agama yang dibawa oleh NUH sampai Ishak lalu terakhir ke Yesus. Islam berasal dari Kekristenan Ismail yg dikonversikan kebudayaan Arab maka lahirlah Muhammad dari keturunan Ismail. Muhammad pun tidak memahami Kekristenan saudaranya sendiri yaitu Saudara Asli berdarah Yahudi, Muhammad itu berdarah Yahudi (dari Ibrahim & Hagar diturunkan ke Ismail).
      Maka dari itu terbitlah ayat Alquran
      An-Nisa’ 4:171
      Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, ’Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: “(Tuhan itu) tiga”, berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.

      (Ingat jangan baca dalam kurung dimana itu adalah tulisan tambahan/penafsiran manusia) Maksudnya, Islam dilarang keras melampui batas agama Islam itu sendiri tidak boleh mengambil kesimpulan kpd agama Kristen lewat kacamata Islam tapi memakai kacamata TUHAN. Sesungguhnya Isa itu adalah utusan Allah dan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan roh dari-Nya. Isa itu wakil Allah utk menyampaikan dakwahNYA secara langsung melalui RohNYA yg didalam Isa. Dan Isa itu hanyalah manusia biasa yg dijadikan alat DakwahNYA, makanya dlm Islam diajarkan Isa itu sudah berbicara sejak dilahirkan, Ibaratnya Isa itu cuma boneka yg diperalat TUHAN. Lalu kata stop bilang TUHAN itu TIGA, stop menuduh kalo Kristen itu Tuhannya tiga. Karena ayat ini diterbitkan oleh Tuhan punya maksud bagi Islam utk tidak menjudge UmatNYA yg lain, dan biarlah itu menjadi Misteri Allah sendiri dan biarlah Allah sendiri yg memeliharanya dan Muslim dilarang keras utk memperdebatkan Kristen. Tuhan juga tidak beranak walaupun Tuhan memakai Isa sbg alat yg langsung dari Kalimatullah dan Rohullah bukan berarti Isa itu anakNYA. Alangkah bodohnya yg menganggap Isa/Yesus itu Anak Allah. Dan justru Muslim sendiri yg selama ini mengganggap Tuhan itu beranak atau diperanakan, padahal Kristen tidak mengajarkan Tuhan itu beranak atau diperanakan. Aneh.

  179. ngapain sih isinya pada ribut & saling menyalahkan…. yakin sm ajaran masing2 dan kita pasti tau siapa yang benar/salah setelah kita mati.
    dan tanggung sendiri akibatnya. peace!!!

  180. setuju sekali jgnlah berdebat krna mslh ini,marilah kt tingkatkan iman dan taqwa kepada tuhan yg kt yakini,tunjukan kalau kt taat pada perintahnya,,,amin

  181. Saya beri jempol 2 untuk Mas Sawung Kampret, karena kejelian dan kemauannya menelaah, menganalisa, meneliti atau apalah namanya sehingga saya yang awam ini mampu dibuat beedecak kagum oleh hasil risetnya. Jujur, ini adalah pukulan telak bagi kita sebagai orang berpikir agar jangan langsung termakan oleh informasi yang datangnya dari satu dua sisi saja. Bisa jadi ada segelintir orang yang mau mengambil untung dibalik pendeknya cara pikir kita. Sebagai masukan dari saya, sekiranya untuk Mas Sawung, agar risetnya jangan sampai disini saja. Bagusnya usut terus sampai akhirnya ada titik terang bagi kami yang awam ini. Dan bukan cuma kasus ini saja, bisa jadi masih ada yang lain yang lain yang lebih janggal dan fenomenal dari yang ini.

    • Assalammualikum bang Putra Sinjai, terima kasih bang.
      Ane hanya menyampaikan metodologi penelitian saja bang…dan resultantenya sama seperti yang ane sampaikan diatas diawal awal….
      banyak sih bang kisah kisah dramatis yang ujung ujungnya seperti itu, baik yang muslim pindah ke non muslim..atau yang non muslim pindah ke muslim….prinsipnya klo asal muasalnya betul…yang disampaikan pun tidak jauh dari yang betul….begitu saja sih…trima kasih bang…

  182. ASTAGFIRULLAH janganlah saling menghina perbedaan agama .. itu sangat tidak baik karna Rasulullah SAW tidak pernah mengajarkan kepada kita umat muslim untuk menghina walaupun yang bukan sesama agamanya .. hargailah saja apa yang diucapkan mereka , saya tadi baru saja mendengar ceramah bahwa dikisahkan ada sesorang dari golongan orang yahudi yang sangat memusuhi Rasulullah meninggal , akan tetapi pada saat jenazah itu dilewatkan di depan Rasulullah SAW dan para sahabatnya , Rasulullah menghormatinya .. maka salah seorang sahabat bertanya ” Ya Rasul kenapa engkau menghormatinya sedangkan ia golongan orang yahudi yang selalu memusuhimu ? ” maka Rasulullah menjawab ” walaupun dia orang yahudi akan tetapi ia tetaplah manusia ciptaan Allah ” Subhanallah sungguh mulia hati Rasulullah SAW .. bukankah dengan contoh cerita ini kita sebagai umat muslim harus bisa menerima maksudnya yaitu tetap menghargai orang yang membenci kita dan membenci agama kita .. biarlah Allah SWT yang akan membalas perbuatannya kelak , karna di agama manapun tidak mungkin di ajarkan kejelekan untuk menghina orang lain .. untuk itu saudara-saudaraku yang muslim berhentilah menanggapi ucapan mereka yang menghina kita ataupun agama kita karna Allah SWT menyukai orang-orang yang sabar dan yakinlah pasti kelak Allah yang akan membalasnya

  183. ” Salah satu yang menarik dan membuatnya berpikir mendalam adalah saat mempelajari Al Qur’an. Semula, ia mempelajari Al Qur’an untuk menentang dan menolaknya. Tapi ia justru terkesima saat mendapati di dalam Al Qur’an banyak panggilan mulia dari Allah untuk hambaNya.

    Di surat An Nisa’ ayat 1 ada “yaa ayyuhan naas” (wahai manusia). Di surat Al Baqarah juga ada “yaa ayyuhan naas”

    Yang lebih dalam lagi, dalam sekian banyak ayat Al Qur’an mendahului dengan panggilan “yaa ayyuhal ladziina aamanuu” (wahai orang-orang yang beriman).

    “Panggilan-panggilan ini begitu memuliakan. Kita dipanggil sebagai manusia, bahkan kita dipanggil sebagai orang-orang beriman,” pikir Bangun Samudra.

    Ia lantas membandingkan dengan kitabnya yang menyebut “wahai anak-anak domba.”

    “Mengapa Tuhan kami memanggil kami sebagai anak domba yang dalam bahasa Jawa berarti wedhus? Benarkah ini panggilan dari Tuhan” ”

    Hahahaha.. anak Wedhus..
    Kalau anaknya Wedhus berarti bapaknya wehus juga toh? Hahahaha

    • heheheh…bang Alfas…ente harusnya juga tertawa terpingkal pingkal dong…setelah kroscek apa yang disampaikan oleh UBS versus kenyataannya….klo anda tidak sadar dan tidak tertawa…berarti anda ……upssss…..terserahlah….mau buktinya?

  184. Waaah kacau..
    Saya bersyukur masih ada yang mau masuk Islam, karena beliau mempelajari terlebih dahulu tentang Al-quran..
    Mungkin untuk kebenaran pendidikan beliau jelas perlu dipertanyakan..

    Agama mu agama mu, agama ku agama ku..

    Udah gak jaman ini hujat menghujat.. ini tahun berapa?? masih kayak gini aja.. ada hal yang lebih bermanfaat untuk umat beragama untuk dikerjakan dibandingkan menghujat agama orang lain..

    Tiap agama selalu ada hal baik yg disampaikan kepada umatnya.. Beda agama itu biasa, karena manusia pun begitu.. Beda rambut, beda kulit, beda kepala, berbeda pula wataknya..

  185. Sawung Kampret…Identitas Bangun samudra sama sj dgn Indentitas para Mantan pendeta/pastur lainnya,Indentitas mereka pd saat msh menjadi Pastur sdh dihapusi ketika sdh menjadi umat Islam…jika Indentitas mereka msh ada sampai skrg ketika msh menjadi Pendeta/Pastur ..Gereja akan kebakaran jenggot jika jemaat gereja yg mengerti indentitas mereka tentunya lalu para jemaat Gereja akan berkomentar/bertanya pd para penginjil…
    Inilah strategi Gereja utk menghapusi Indentitas para Mantan Pendeta/Pastur yg bermualaf supaya tdk diketahui kebenaran dr Indentitas mereka olh para jemaat Gereja

    Jadi anda tak perlu bersusah payah utk mengalihkan hal yg fakta pd Kami umat Muslim…sebenarnya anda sdg bersusah payah mengalihkan berita ini pd umat Kristen nya sendiri yg sdh membaca kabar ini spy tdk terpengaruhi olh kebenarannya

    • ente ki yen ngemeng di tulisan..mbok jgn asal njeplak to boss boss…memang gampang po ganti identitas nama, ada akta kelahiran ada surat kenal lahir..trus ada KTP, kemudian kok sakti sekali gereja bisa menghapus identitas, memang iki negaranya gereja po?
      Ane ini tidak mengalihkan hal yang fakta, dasar ente otak moyangnya bahlul…jelas jelas diatas ane menyampaikan fakta, kok dituduh mengalihkan fakta…
      Ente sebelum menjustifikasi, ente pelajari dulu obyek dan subyek, serta predikatnya….dasar moyangnya bahlul…

  186. 100 bagi yg tau kalo sekolah2 katolik yg dulu monosex terus th 80an pada berubah jadi unisex, lanang wedok sak sekolahan, kaya saya di pangudiluhur solotigo, payah payah banget, NGAWUR TETEG.

    • ahh,..tenane..nyatane de Brito sampai sekarang tetep kanggo wong lanang..dan stella duce..tetep kanggo wong wedok ….

  187. G usah berdebat,yg jalan nya salah & menyembunyikan kebenaran mereka akan merugi sendiri. membuat orang berubah ke jalan yg benar itu dr hati nya sendiri, bkn melalui debat. Yg pinter2 aja nyerah,berpendidikan & berwibawah..skrg jd muallaf. klo mereka beruntung insyaallah mereka mengetahui nya cpt atau lambat.

  188. oo iyo..huruf A di kata Allah di nick name-mu..seharusnya huruf Besar….wah salah ejaan yang merupakan hal yang prinsip, kok ngomong soal kebenaran….muke lo jauhhhh…heheheh

  189. Kepada ustadz BS, janganlah cari popularitas dengan membual, ngarang cerita palsu tentang hidupmu, agar mendongkrak kualitasmu. Saya kakak kelasmu langsung, amat sangat tahu tentang kamu. Janganlah kamu membohongi mereka, karena kebetulan mereka terbius oleh tipumu, kamu tahu betul bahwa kamu menipu hanya untuk cari dukungan, entah demi apapun. Sekalipun agama islam ada banyak kekurangannya, namun tidak perlu harus kamu tipu dengan cara-caramu. Saya sebagai orang katolik juga tidak suka melihatmu menipu mereka.

  190. KALAU ORANG KATOLIK MASUK ISLAM ITU NAMANYA HIDAYAH KARNA KEBENARAN AGAMANYA TAPI KALAU ORANG ISLAM MASUK KATOLIK KARNA MISKIN DI PAKSA MASUK KATOLIK BARU KASIH HARTA ATAU PEKERJAAN

  191. Nabi Nuh memerintahkan menyembah hanya kepada Allah dan muslim meyakini dan mengikuti, Nabi Ibrahim A.S memerintahkan menyembah hanya kepada Allah dan muslim meyakini dan mengikuti, Nabi Musa A.S memerintahkan menyembah hanya kepada Allah dan muslim meyakini dan mengikuti, Nabi Isa ibnu Maryam A.S memerintahkan menyembah hanya kepada Allah dan muslim meyakini dan mengikuti, Nabi Muhammad SAW memerintahkan menyembah hanya kepada Allah dan muslim meyakini dan mengikuti, mereka semua nabi dan rosul pilihan Allah yang terbaik, yang paling berat ujiannya di dunia sewaktu menyampaikan bahwa Allah lah Tuhan satu”nya yang wajib disembah manusia,jujur dan rendahkan lah diri ketika ingin mencari Tuhan, insha Allah dengan niat tulus pasti akan menemukan jalan kebenaran, Para Nabi betugas menyampaikan, melalui petunjuk dan dengan “PERANTARAAN” mereka lah umat manusia mengerti kepada siapa harus menyembah, hanya Allah dzat Yang Maha Suci yg tidak ada satupun menyerupaiNya. Nabi” tidak berkata” melainkan atas perintahnya, pun Nabi” tidak pernah meminta umatnya untuk menyembah dirinya sendiri. Risaukan lah akan akherat, itu adalah pertanggungjawaban yg berat, ketika setiap waktu kita didunia akan ditanya. Bukan hanya manusia seperti kita, bahkan para Nabi juga, apakah sudah disampaikan risalah ketauhidan hanya ada satu Tuhan yang bukan hanya utk semua manusia tapi untuk semua alam semesta.Maka beruntunglah manusia yang mengikuti, Adam, Idris, Nuh, Hud, Ismail, Musa, Ibrahim, Isa AS dan penutup para Nabi, Muhammad SAw, mulia lah nabi Isa yang sampai sekarang sejatinya belum pernah mati, menunggu waktunya tiba untuk kembali ke bumi untuk meluruskan akidah semua manusia, akidah tidak ada tuhan selain Allah, sama seperti yang disampaikannya untuk umatnya kala itu, sama seperti yang disampaikan Muhammad SAW. Semoga kita mendapatkan hidayah, dunia sementara, hanya untuk mengumpulkan bekal perjalanan panjang menuju akherat, maka siapkanlah, dan kehidupan di akherat itu kekal abadi selama”nya, wahai kaum muslimin Allah menjamin kita surga, tapi tidak menjamin kita untuk tidak masuk neraka, maka siapkanlah sebanyak”nya bekal, agar berat timbangan amal baikmu sehingga tidak harus mampir di neraka karena terlalu banyak maksiat dan tidak taatnya kita, dan sebaik” bekal adalah iman, amal dan taqwa hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Muliakanlah para nabi, cintailah para nabi, sebagaimana seharusnya kita mencintai mereka sebagai utusan Allah, dan semoga kelak kita bisa bertemu dengan Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW di surga yang kekal abadi selama”nya.Amiin.

  192. jangan pada ribut,, yesus itu nabi saya,,, jangan menghina yesus karna yesus bagi kristen dan katolik nabi besar kita Isa As,,,, jgn pada ribut ya,,, saya cinta yesus tapi saya muslim

  193. Wes..rasa ribut..instrospeksi diri sendiri,sudah benarkah kita ini..ndak usah mnilai org laen,nilai diri sendiri. Kesalahan org laen yg kecil kliatan,tp kesalan diri sendiri yg sbesar gajah ndak ngerti. Wes rasah ribut..ribut wae,brisik..

  194. >> POHON ITU KELIHATANNYA DRI BUAHNYA.
    >> AGAMA ITU KELIHATAN DARI PERILAKU UMATNYA.

    1. Umat Agama mana yang Berani Bunuh diri demi melampiaskan rasa dendamnya.
    2.Umat Agama mana yang ketakutan, kalau ada umat agama lain mendirikan bangunan tempat Ibadahnya.
    3. Umat Agama mana yang mau membunuh Umat agama yang sama tetapi lain alirannya.
    4. Umat Agama mana yang rela dirinya ” DIJAJAH” oleh budaya asal agama nya.
    5. Umata Agama mana yang daerah asalnya TIDAK pernah ada kedamaian sampai detik ini.

  195. Cari aja di youtube tentang kesalahan2 kristen. Orang orang kristen tuh banyak yang gk baca bible, hanya tau dari pendeta aja, padahal banyak dari bible yang mengajarkan tentang porno. Cuma para pendeta hanya membaca yang baik2nya saja. Lihat tuh orang2 barat suka banget porno karena ada pada bible.

    Kalau gkg percaya search di youtube. Dan di youtube tentang ISLAM dan AKAL SEHAT itu karena penelitiannya tidak terlalu mendalam.

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here