Home Ilmu Islam Fiqih Tata Cara Mandi Junub Sesuai Tuntunan Rasulullah

Tata Cara Mandi Junub Sesuai Tuntunan Rasulullah

432540
98
shower ilustrasi mandi junub - (telegraph.co.uk)

Ketika seorang muslim junub, baik karena berhubungan atau mimpi, maka ia wajib mandi agar kembali suci. Berikut ini tata cara mandi junub sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits-hadits shahih:

1. Niat mandi wajib

Mulailah dengan niat mandi wajib untuk menghilangkan hadats besar. Niat ini membedakan mandi wajib dengan mandi biasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

“Semua amal tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuai apa yang ia niatkan” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

2. Membersihkan kedua telapak tangan

Siram/basuhlah tangan kiri dan bersihkan dengan tangan kanan. Pun sebaliknya, siram/basuhlah tangan kanan dan bersihkan dengan tangan kiri. Ulangi tiga kali

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اغْتَسَلَ مِنْ الْجَنَابَةِ فَبَدَأَ فَغَسَلَ كَفَّيْهِ ثَلَاثًا

“Dari Aisyah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya tiga kali…” (HR. Muslim)

3. Mencuci kemaluan

Cuci dan bersihkan dari mani dan kotoran yang ada padanya serta sekitarnya

4. Berwudhu

Ambillah wudhu sebagaimana ketika hendak shalat

5. Membasuh rambut dan menyela pangkal kepala

Masukkan telapak tangan ke air, atau ambillah air dengan kedua telapak tangan (jika memakai shower), lalu gosokkan ke kulit kepala, lantas siramlah kepala tiga kali.

6. Menyiram dan membersihkan seluruh anggota tubuh

Pastikan seluruh anggota tubuh tersiram air dan dibersihkan, termasuk lipatan atau bagian-bagian yang tersembunyi seperti ketiak dan sela jari kaki.

Langkah ke-3 hingga ke-6, dalilnya adalah hadits-hadits berikut:

عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا اغْتَسَلَ مِنْ الْجَنَابَةِ بَدَأَ فَغَسَلَ يَدَيْهِ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ كَمَا يَتَوَضَّأُ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ يُدْخِلُ أَصَابِعَهُ فِي الْمَاءِ فَيُخَلِّلُ بِهَا أُصُولَ شَعَرِهِ ثُمَّ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ ثَلَاثَ غُرَفٍ بِيَدَيْهِ ثُمَّ يُفِيضُ الْمَاءَ عَلَى جِلْدِهِ كُلِّهِ

“Dari ‘Aisyah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa jika Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian berwudlu sebagaimana wudlu untuk shalat, lalu memasukkan jari-jarinya ke dalam air dan menggosokkannya ke kulit kepala. Setelah itu beliau menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengalirkan air ke seluruh kulitnya.” (HR. Al Bukhari)

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اغْتَسَلَ مِنْ الْجَنَابَةِ يَبْدَأُ فَيَغْسِلُ يَدَيْهِ ثُمَّ يُفْرِغُ بِيَمِينِهِ عَلَى شِمَالِهِ فَيَغْسِلُ فَرْجَهُ ثُمَّ يَتَوَضَّأُ وُضُوءَهُ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ يَأْخُذُ الْمَاءَ فَيُدْخِلُ أَصَابِعَهُ فِي أُصُولِ الشَّعْرِ حَتَّى إِذَا رَأَى أَنْ قَدْ اسْتَبْرَأَ حَفَنَ عَلَى رَأْسِهِ ثَلَاثَ حَفَنَاتٍ ثُمَّ أَفَاضَ عَلَى سَائِرِ جَسَدِهِ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ

Dari Aisyah dia berkata, “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudhu dengan wudhu untuk shalat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki.” (HR. Muslim)

Demikian tata cara mandi junub sesuai tuntunan Rasulullah. Meskipun rukunnya hanya dua, yakni niat dan membasuh semua permukaan kulit serta rambut, hal-hal lainnya adalah sunnah. Yang jika kita mengamalkannya, insya-allah bukan hanya kita suci dari hadats besar, tetapi juga mendapatkan pahala karena mengikuti sunnah yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Pembahaan lebih lengkap termasuk hikmahnya, bisa dibaca di: mandi wajib

Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/bersamadakwah]

SHARE

98 KOMENTAR

    • sepertinya sama mbak,, klo mengaji di hadits tentang junub ada, komplit sy pernah mengaji dan diterangkan sama mubhaligh tp lama tak mengaji jd agak lupa. pada point 4. Membasuh rambut dan menyela pangkal kepala itu bisa dilakukan dalam bilangan ganjil. kalo laki2 rambut pendek dan cepak cukuplah 3x, klo perempuan berambut tebal ya lebih dr 3x asalkan bilangan ganjil bisa 5x, 7x, 9x, 11x dst… kira2 kulit kepala kita merasakan segar/dinginnya air,, klo rambut keriting dan keribo kan air masuk ke kulit kepala agak susah tuh,, bisa lebih dr 11x, 15x kek, asal bilangan ganjil

      • Gnjil genap sbenarnya gk msalah..hnya sja allah suka dengan yg gnjil..oleh krna itu d anjurkan dengan yg gnjil

    • laki-laki dengan perempuan sama saja, kalo kita merasa ummat nabi Muhammad s.a.w. ikuti sunnah nya. kecuali hal-hal yang telah ditetapkan bagi laki2 maupun perempuan.

    • karena niat hanya ada dalam hati, tak usah di ucapkan, dengan maksd hati unt mandi juga itu sudah termasuk pada niat

  1. 5. Membasuh rambut dan menyela pangkal kepala

    Masukkan telapak tangan ke air, atau ambillah air dengan kedua telapak tangan (jika memakai shower), lalu gosokkan ke kulit kepala, lantas siramlah kepala tiga kali.
    kulit kepala yang mana yang dimaksud dan pangkal kepala apa?

    • kulit kepala itu kalo misalkan kepala orang botak(maaf) maka sudah tidak ada rambut. yg tersisa hanya kulit kepala saja. itulah kulit kepala.

      pangkal kepala itu belakang leher agak keatas.

  2. Menyiram air dr ujung kepala hingga kekaki yg sebelah kanan sebanyak 3 kali dgn membaca niat tiap x siraman, lalu lakukan yg sebelah kiri dgn cara yg sama. Seblm na bersihkan dl kotoran2 itu n wudhu. Baru lakukan siraman
    td. Tp admin beda ya cara na. Hmmm

    • Yang dijelaskan admin ini sudah sesuai tuntunan Rosululloh… Jika ada cara lain itu mungkin saja. Tapi pastikan dulu bahwa itu juga ada dalam tuntunan Nabi Saw.

  3. Setelah mandi junub apakah masih diwajibkan untuk berwudlu jika mau sholat (blm batal setelah mandi junub), terimakasih…

  4. Setahu saya kl mandi junud langka pertama basuh tangan trs ambil air wudhu..basuh kepala sebelah kiri 3x..trs sebelah kanan 3x..trs siram kepala smpai merata….btl apa salah ya…mohon sarannya

      • Itu niat tanpa ada asal nya. Niat cukup dalam hati, tidak ada lafadz khusus. Janganlah mengikuti apapun yg bersangkutan dgn agama kecuali ada dalil shahih.

  5. Niat mandi junub : nawaetu ghusla lirof’il hadasil akbari fardollillahita’ala,

    Niat ingsun adus krono ngilangi hadas kang besar fardoliillahitaala

  6. Apa benar cipratan air mandi wajib tidak boleh masuk ke bak mandi? apabila air di bak itu tetap digunakan itu tidak sah?

    • kalau masalah itu, sebagian ulama berbeda pendapat. ada yang mengatakan boleh,,,ada yang mengatakan tidak, kalau pendapat imam syafi’i itu tidak boleh kalau jumlah air yang didalam bak nya sedikit ( tidak cukup dua kulla ) tapi kalau air yang didalam bak itu banyak atau lebih dari 2 kulla, maka mandi nya sah, terimaksih

  7. Bagaimana dengan berenang? Apakah saat kita berenang secara otomatis kita suda melaksanakan mandi junub?

    • tidak ada yang otomatis bro,,,semua nya butuh proses,,hehehhe
      kalau sebelum kita nyebur kesungai atau kekolam beranang, kita melakukan hal yang di sunnah kan, itu sudah syah bro, tapi dengan syarat, niat nya jangan lupa.

  8. niat mandi junub : ” nawaitul ghusla liraf’il hadatsi akbari an jami’il badani fardhollillahi ta’ala” ( sengaja aku mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar pada sekalian badan ku fardhu karena allah ta’ala ) terimakasih, semoga bermanfaat

    • tidak harus memakai sabun atay shampoo, yang penting, niat dan meratakan air ke semua permukaan tubuh…dan air yang di gunakan lebih baik dari shower atau kran langsung. Karen ketika memakai air di bak harus extra hati2, supaya air yag kita gunakan tidak menjadi musta’mal….
      Wallohu ‘alam

  9. . Dalam mandi wajib kan kita di haruskan meratakan air ke seluruh tubuh, boleh kah kita merataknnya ke kemaluan dan dubur kita? Apa kah itu membatalkan mandi? Atau hanya membatalkan wudhu? Dan apakah harus berwudhu lagi?

    Terimaksih

    • Itu tidak membatalkannya, karena memang meratakan air ke semua anggota tubuh bahkan lipatan2 nya adalah kewajiban. Termasuk lipatan teliga, dubur, atau farji (kelamin perempuan), yang hanya bisa di ratakan memakai tangan dengan posisi jongkok.Juga termasuk meratakannya kedalam puser…
      Wallohu ‘alam..

  10. Niat mandi junub yg bener yg mana sih yang “nawaitul ghusla lliraf’il hadatsil akbar i jami’il baddani fardholl lillahi ta’ala” apa “nawaitul ghusla lirafil’l hadatsil akbar minal janabati fardlhon lillahi ta’ala”

  11. tidak Ada lafal yg diucapkan dalam niat , niat tempatnya didalam hati, cukup maksudkan atau niat kan Mandi tab utk Mandi junub, sesungguhnya Allah maha mengetahui atas segala sesuatu

  12. Makanya sbelum mandi junub kita bersihkan dulu dari 2 kmaluan kita(cebok dulu),stelah tu baru wudhu + niat,lalu niat mandi junub dbarengi dengan guyuran prtama ditumbuhnya rambut kpala 3x,lalu guyur badan bagian kanan dahulu lnjut sblah kiri,,&bersihkan smpai keujung kaki serta sela2 seluruh bdan & kuku yg ad kotorannya hrus dbersihkan.ulama ada yg brpendpt boleh mlakukan sholat stlah mandi besar krna yg kecil sdh dwakili yg bsar,asalkan slama mndi junub dia tdk batal boleh saja.tapi lbih baik lgi berwudhu kmbali utk mnjaga ibadah kita dri kragu2an…smga brmanfaat

  13. Gan, kalo onani atau seseorang menonton film porno lalu keluar air mani itu mandi yg harus dilakukan mandi hadas mandi junub atamandi besar

  14. ada gak ketentuan dalam mandi wajib itu ?
    misalanya kalau air nya gak lebih dari dua kulah ia akan menjadimustakmal untuk di gunakan mandi.
    mohon penjelasannya .terima kasih !

  15. Setahu saya yg diajarkan ustad saya tata cara mandi wajib cma niat dan siram badan dngan air sebanyak 3 kali , apakah it jga trmasuk sah atau gmna ?

  16. Pada dasarnya niat diwajibkan agar umat setiap melakukan ibadah adalah dalam keadaan yang sadar, dari semua Hadist Nabi blm ada ditemukan contoh lafadz membaca niat, maka sebagian para ulama berpendapat niat itu cukup dikatakan dalam hati tanpa adanya suatu ketentuan harus berlafadzkan kalimat yang baku, sebagian ulama lagi berpendapat tata cara niat diatur bacaannya menjadi baku, pilihan semua ada pada kita mau menggunakan yg mana, tp ingat jg ada hadis nabi yg mengatakan “Man amila amala laisa alaihi fahuwa roddun” yg barang siapa yg mengerjakan amalan selain dari yg aku kerjakan maka dia sungguh2 akan ditolak.

  17. Misalnya saya mimpi lalu kaki saya sedang sakit dan tidak boleh terkena air apakah saya tetap menyiramnya atau tidak?

  18. Assalamu’alikum sya pengen nanya jika misalnya ada orang yang habis nonton atau baca gituan apakah dia juga harus mandi junub?

  19. Tadz stelah mmbershkn kmluan kan berwudzu. Apkah mmbersihkan kakinya waktu betwudzu atw di akhirkan. ?

  20. Ass..jika orang habis nonton flm porno itu tdk wajib mandi besar,karena badannya tdk najis,tapi pakaian yg di pakaai anda saat lihat flm itu tdk boleh di pakai untuk ibadah,karena najis..kenapa tidAk najis?khan juga keluar cairan?karena caIran tsb bukan sperma(mani),akan tetapi madi.perbedaannya keluar mani sama madi,yaitu jika keluar sperma(mani) harus mandi besar karena badan kita najis,n pakaian yg di kena mani boleh d pakai ibadah asalkan tdk ada pakaian lagi,tpi jika ada lbh baik ganti pakaian baru,karena ibadah sama sang pencipta..MADI yaitu tdk di wajibkan mandi karena badan kita tdk najis,akan tetapi pakain kita yg najis dan tdk boleh di pakai untuk ibadah,,,,

    Jaza kumullahu khoiru jaza…aminnnn.

  21. Komentar:asslmkum ,,klw boleh sy kasih penjelasan tentang junub ,, misalny sy brhubungan malem skitar jm 9 malm ,tp sya mandi junub ny jm 5 shubuh ,apkh hukum ny mandi junub di tunda, n harus brp lm batas junub tu ..? Trimkash sblumny , ,wassalm

  22. Assalaamu’Malaikum.. Mohon pencerahannya. Wudhu dlm prosesi mandi junub tersebut, dilakukan dalam keadaan (maaf) telanjang juga atau tidak (mengingat kalau mandi pasti telanjang) karena disebutkan bahwa urutan wudhu berada setelah proses membersihkan kemaluan. Sedangkan sepengetahuan saya, mengambil wudhu sambil telanjang adalah tidak diperbolehkan. Apabila pengetahuan saya tersebut tidak benar, mohon agar berkenan meluruskannya. Jazakumulloh khoiron katsiiron. Syukron. Wassalaamua’alaikum..

  23. ass,saya ingin bertanya,dulu waktu saya umur 13tahun saya mengalami pubertas dengan cara mimpi basah.tp saya lupa buat mandi besar dan diumur yg ke14 saya baru mandi besar..yg saya tanyakan apakah yg seperti itu akan mendapat dosa?

  24. Assalamu alaikum wr.wb, Mau tanya disitu tata cara mandi junub ada berwudhu, apakah niat wudhu waktu melakukan mandi junub harus dibaca atau bagaimana? Mohon jawabannya, terima kasih wassalam.

    • Nda ada niat khusus mbak…
      Niat itu ckp dlm hati. Misalnya..kita mau masuk kamar mandi,biasa kan terbersit dlm hati “ahh…aq mo mandi junub” atau “aq mo mandi bersih nih, br slesai haid”…itulah yg dmksd niat.
      Jd nda ada doa/bacaan khususx mbak..

  25. Klo saya mandi wajib,1.niat.2.basuh kemaluan dpn belakang,3.ambil air wudhu.4 siram badan bagian kanan3x dan siram badan bagian kiri 3x.itu bener gk yah?mohon sekali di benarkan..

  26. Assalamualaikum. Pak ustad.
    Sya mau tanya. Klw sya mandi wajib. Tpi cara nya sperti mandi biasa.. Cuma kita niat nya mau mndi wajib.
    Apakah wandi wajib nya sah / tdak.
    Mhon pnjelasan nya pak.

    • Oh iya mungkin benar,ya atau engga saya yang salah tanggapnya Wallahu a’lam bish-shawabi,Allah dan RasulNya,lebih mengetahui

  27. Assalamualaikum…saya mw bertanya misalkn ada orang yang sdh melakukn hub intin dan bsknya dy sdh halangan pastinya dy kn belom mandi junub karena dy haid stlh haid slsai dy ingin mandi junub sama mandi besar, yang jadi pertanyaan di sini adalah ini mandi junub dulu apa mandi besar dulu apa bagaimana? Tolong di jawab. Dan klw orang tersbt cuma baca niat sperti ini: nawaitu ghuslafi hadasil akhbari jami’il badani fardolillahitaala, gpp ? Kn seperti membsuh tangn itu ada hadist nya cuma dy gk baca hadidt melaikn baca niat itu gmna ?

  28. Pertanyaan ; setelah membasuh tangan dan kemaluan,lalu membasahi kepala dan berhudlu lalu mandi.semua proses td dlm keadaan telanjang syah tdk mandi wajibnya…?
    Blm dijawab.

  29. Niat itu datangnya dari hati tidak diucapkan tidak masalah yg terpenting niat dalam hati nya sungguh2, atau jika ingin niat dan tidak tau arab nya bisa dengan indonesia “aku niat mandi wajib ingin menghilangkan hadats besar dari jinabah karna alloh ta’ala” trmksh

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here