Beranda Suplemen Motivasi Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Terlalu Berharap

Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Terlalu Berharap

0
theoncologyinstitute

Orang yang tidak mendapatkan apa yang dia inginkan juga bisa digolongkan sebagai orang yang mengalami musibah.

Ada orang yang sangat berharap menduduki jabatan tertentu, tetapi saat ingin mencapainya ia tiba-tiba di-PHK. Ada orang yang begitu ingin memiliki istri yang cantik dan baik, tetapi apa daya wanita yang ditemuinya hanya malah menyakiti dirinya. Ada orang yang bercita-cita menjadi pemain bola, tetapi kebetulan ia mendapatkan kecelakaan sehingga kakinya harus diamputasi.

Semua ini bisa membuat manusia shock atau kaget, karena yang terjadi sama sekali tidak seperti yang diharapkannya. Kenapa ini bisa terjadi? Jawabannya hanya satu: orang itu berharap terlalu banyak.

Coba bayangkan bagaimana sakitnya jika mengharapkan sesuatu tetapi tidak mendapatkannya, dan yang didapatkan malah kekecewaan dan kesedihan. Ini sama seperti orang yang sedang naik tangga dan terjatuh saat hampir mencapai puncak. Tentunya jatuh dari puncak akan lebih sakit daripada jatuh dari tempat yang lebih rendah, bukan?

Sebenarnya Anda boleh saja berharap atau bercita-cita, justru itu penting untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai. Tetapi masalahnya di sini, janganlah terlalu mengandalkan kepada harapan tersebut. Jalan yang akan Anda lewati masih sangat panjang. Di tengah perjalanan ada banyak persimpangan dan angin keras yang akan menggoyang diri Anda dalam mencapai cita-cita tersebut.

Tentukan tujuan atau cita-cita Anda. Setelah itu berupayalah lahir dan batin untuk mewujudkannya. Jangan memikirkan hasilnya! Jika Anda terlalu memikirkan hasilnya akan kacau pula. Apalagi ternyata jika hasil pekerjaan tersebut menjadi di luar dugaan. Pastilah Anda akan sakit dan kecewa.

Tetapi jika Anda mengonsentrasikan diri penuh pekerjaan tanpa menimbang-nimbang bagaimana hasilnya nanti, insya Allah semua yang Anda harapkan akan berhasil. Yang penting, janganlah terlalu berharap kepada hasil dari pekerjaan Anda.

Berharaplah hanya kepada Allah. Berharap kepada Allah tidak akan mengecewakan. Sama sekali. (pm)

*Dikutip dari Ya Allah Tolong Aku - AK
 

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.