Beranda Ilmu Islam Fiqih Banyak yang Belum Tahu, Islam Melarang Qoza’

Banyak yang Belum Tahu, Islam Melarang Qoza’

56
Beberapa model qoza'

Apa itu qoza’? Qoza’ adalah memotong rambut secara tidak rata sehingga sebagian dicukur habis (dibotaki), sebagian lainnya tidak dipotong atau dibiarkan panjang. Di zaman sekarang, banyak model qoza’ terutama dilakukan oleh anak muda. Umumnya qoza’ di masa kini membentuk motif tertentu baik seperti ukiran, suatu lambang, atau hanya garis saja.

Qoza’ ternyata telah dijumpai pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Saat itu, qoza’ biasanya dilakukan oleh orang-orang jahiliyah. Sedangkan bagi umat Islam, Rasulullah menegaskan bahwa qoza’ merupakan perbuatan yang dilarang.

عَنْ نَافِعٍ مَوْلَى عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عُمَرَ – رضى الله عنهما – يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَنْهَى عَنِ الْقَزَعِ

Dari Nafi’ Maula Abdullah bahwa ia mendengar Ibnu Umar radhiyallahu anhuma mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang qoza’ (HR. Bukhari)

Hadits lain melalui jalur Anas bin Malik juga menegaskan larangan yang sama

عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – نَهَى عَنِ الْقَزَعِ

Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang qoza’ (HR. Bukhari)

Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan qoza’ adalah:

يُحْلَقُ بَعْضُ رَأْسِ الصَّبِىِّ وَيُتْرَكُ بَعْضٌ

Mencukur sebagian rambut dan membiarkan sebagian lainnya (HR. Muslim)

Rasulullah juga pernah melihat qoza’ secara langsung lalu beliau melarangnya.

رأَى رسُولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – صَبِيّاً قَدْ حُلِقَ بَعْضُ شَعْرِ رَأسِهِ وَتُرِكَ بَعْضُهُ ، فَنَهَاهُمْ عَنْ ذَلِكَ ، وقال : احْلِقُوهُ كُلَّهُ ، أَوِ اتْرُكُوهُ كُلَّهُ

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah melihat anak yang dicukur sebagian rambutnya dan dibiarkan sebagian lainnya, maka beliau melarang hal itu dan bersabda: “Cukurlah seluruhnya atau biarkan seluruhnya” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i)

Imam Nawawi menjelaskan bahwa para ulama telah sepakat bahwa qoza’ ini hukumnya makruh. Kecuali jika untuk keperluan tertentu seperti bekam atau pengobatan. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Bersamadakwah]

56 KOMENTAR

  1. Terus bagaimana status kepsternya
    Mohon pencerahannya, saya punya usaha potong rambut dn tidak sedikit yang minta potong demikian, apakah saya berdosa? Trus uang hasil usaha tersebut baik dan halal tidak buat saya dan keluarga

    • Subhanallah.. akhi semoga usaha atum dilancarkan Allah SWT. dengan cara lain dengan cara lain dan saya doakan semoga Allah SWT. rejeki yang barokah walau itu kecil tapi halal bagi antum dan keluarga antum, dan menjadikan hal ini sebagai lahan pahala dan lahan jihad antum didalam mentaati Allah SWT. dan Rasulnya, tapi saya pesankan kepada antum janganlah ketaatan kita kepada Allah SWT menjadikan kita menganiaya diri kita dan keluarga.

    • Rasulullah kan hanya perintahkan cukurlah atau biarkan seluruhnya, menurut hemat saya tdk ada perintah larangan. Dan sebagian ulama mengatakan makruh kecuali untuk pengobatan/bekam. Jd marilah kita berfikir dg logika. Asal itu bukan dosa knp harus menjadi beban ? Ttp memang lebih baik bila itu dipertimbangkan, tetapi kalau memang keluarga lagi butuh dana dan kita tdk ada jln lain, saya yakin Allah maha Rahman dan maha Rahiim. Hanya Allah yg wajib menjadi hakim buat kita. Innama a’malu bi niat

  2. kenapa dilarang???
    apa alasannya??
    apakah merugikan???
    atau mengganggu???
    tolong d jelaskan kenapa hal demikian dilarang????

  3. Komentar: sorry sye ckap melayu
    judi akan jadi halal bila ada lesen,
    Ceramah ugama boleh jadi haram tanpa permit dan tauliah,
    Kaum sejenis itu baik atas nama hak asasi manusia,
    Babi boleh jadi ‘halal’ atas nama kesihatan.
    Halal dan haram itu adalah piawaian Allah taala, bukan
    rekaan manusia!

    • maaf apabila saya lancang menjawab,

      sesuatu yang haram memang betul boleh menjadi halal apabila dia bertemu dengan kondisi yang mengharuskan dia memilih yag haram, dan setiap hal pasti terkena 5 hukum yakni wajib,sunnah,haram,mubah,makruh, maka kita sebagai manusia menggunakan al qur’an dan hadits sebagai pedoman untuk mengikuti yang wajib/sunnah/mubah (halal) dan menjauhi yang makruh maupun haram, karena sesuatu apapun memiliki manfaat dan bahaya, betul adanya perkara halal dan haram adalah urusan Allah ta’ala, tapi kita manusia boleh memutuskan halal dan tidaknya suatu hal dari pedoman yang diberikan Allah Ta’ala.

      Terimakasih

  4. Dengan perbuatan qoza bisa menganiaya (zalim) kepada orang lain , seperti memalak, atau bertingkah seperti preman .
    Astagfirullah

    • kalo tentara itukan dipotong pendek, semetara qoza itu memotong pendek sebagian dan membiarkan yang lainnya panjang.

      misalnya memotong pendek samping kiri dan kanan dan memanjangkan sisanya, seperti mohak, skin head dll

  5. Islam itu agama paling fanatik, terlalu banyak larangan, semua hampir diharamkan, agama paling mengekang, dan terlalu mendengarkan perintah muhammad, bukan perintah Tuhan, saya rasa tidak masuk akal, karena terlalu berlebihan. Pantasnya islam itu bukan disebut sebagai agama, tetapi aturan tentang duniawi, saya tidak percaya islam sedikitpun, karena saya memang bukan muslim.

    • Ya bagus, Anda memang belum Faham tentang Islam, Maka sadar lah selagi masih hidup, pelajarilah Islam secara mendetai, fahamilah maksud dan tujuanya ” tak kenal maka tak sayang ” Tuhan itu tidak sama dengan manusia, Nabi Muhamad SWA adalah rosul Allah, hanya manusi ( dapat meninggal pada waktunya ) yang di beri kelebihan dan dipercaya menyampaikan Amanah, untuk menyampaikan hal-hal yang Benar ” Al-Qur’an “= manual book manusia akhir jaman, sadarlah sebelum kematian menjemput kita, jangan salh kan kami ” Muslim ” kelak, yang sudah mengingatkan anda tentang dunia dan akhirat dalam Al-Qur’an

    • Yah memang sudah dikatakan bahwa dunia ini adalah penjara bagi orang muslim, karena berisikan hal-hal yang dilarang. Dan sudah dikatakan juga boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu dan boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal itu baik bagimu. ALLAH Maha Mengetahui. Dan soal anda tidak percaya islam itu hak anda karena dalam ajaran agama saya; untukmu agamamu, untukku agamaku. Jadi ya jalankan ajaran agama masing-masing. Semoga Allah memberkahi anda ^^

    • Islam mengharamkan sesuatu karena sesuatu itu nantinya pasti berakibat buruk. Dalam hal ini, cukuran model begitu memang tidak dilarang tidak pula haram. Tapi, apa anda dan anak anda seluruhnya mau dicukur model begitu?. Dan pantaskah?. Itulah Islam, semua ada hukumnya. Islam itu sempurna dan akan tetap sempurna. Saya yakin suatu saat anda malah terbuka mata hatinya amin.

    • islam itu mengatur semuanya menjadi lebih baik dan tidak pernah mengajarkan ajaran yg menyimpang dari norma-norma dan bagimu agamamu bagiku agamaku.

    • Kami mempercayai nabi kami , karena Nabi Muhammad SAW telah mendapat wahyu dari Allah swt bukan dari pemikirannya sendiri . Beliau hanyalah perantara antara manusia dengan allah . Dan agama kami pun bukan mengekang tapi melindungi kami dari setiap bahaya dan sesuatu yg merusak diri kami . Tuhan kami menyayangi kamj , sehingga ia memerhatikan sedetail mungkin apa yang akan menjadi suatu yg berbahaya bagi kami . Dan kami pun tak menymbah manusia yang tidak hidupnya tidak kekal dan abadi . Sekian.

    • Kesimpulannya gini. Anda punya kendaraan? saat berkendara diJalan raya atau pun jalan tol pasti ada aturan dan larangan
      Masing masing..
      yang memberi aturan siapa? Negara kan. dan yang mengatur polisi kan.
      Kenapa banyak aturan ????? Agar anda selamat dan tidak tersesat.
      Perumpamaan islam itu banyak sekali tinggal dari mana anda mau menyadari kebenaran.saya tidak tahu siapa anda,apakah anda orang kaya orang cerdas,bodoh atau lainnya.dan ingat nabi muhammad itu suruhan/pesuruh/utusan. Simple kan? Klo mau curhat mangga 089644666601 islam itu indah. Cuma anda kurang mengenal aja.

    • Islam itu damai. Anda gak boleh men-jugde tanpa menelaah permasalahan. Jika ada oknum mengatas nama Islam untuk buat kekejian. Sejatinya mereka bukan Muslim. Karena Islam itu damai. Segala sesuatu yang diatur dalam hukum Islam. Semata-mata untuk kebaikan khalifah. Agar kita tidak menjadi khalifah yang hanya bisa merusak bumi saja.

    • Anti muslim, sebagai seorang non muslim, wajar jika anda tidak percaya sedikitpun tentang islam tetapi akan lebih baik jika anda mempelajari islam secara utuh dan obyektif dari sumber terparcaya. jangan takut, islam tidak pernah memaksa anda tetapi islam sangat menghargai kebenaran yang sejati

  6. cm bantu jawab, kalo kurang berkenan mohon tny kpd yg lebih ahli:
    1. kenapa dilarang?
    contoh ya. Pada jaman Rasulullah memakan daging babi, anjing, binatang bertaring, darah, bangkai pdhal wkt itu mereka tidak mengujinya hny menurut saja. 14 abad berselang kita baru tau alasannya knp melalui medis. begitu juga hal ini, mungkin skrg blm terkuak rahasiany sampai nanti ada para ahli yg mengungkapkan alasan knp gk boleh Qoza’

    2. apa alasannya?
    Daerah Qoza’ /yg dipotong adalah rambut yang ditumbuhi rambut tebal dan bukan berada di antara tepi yaitu cabang maupun punuk leher. saya menyirati bagaimana kalian bisa adil dng org lain jika terhadap diri sendiri saja tidak bisa adil. Qoza’ merupakan ketidak adilan trhadap diri sendiri pd bagian rambut. kecuali dalam keadaan darurat seperti utk pengobatan dmn rambut dipotong utk operasi/bekam/ cabut maggot yg bersarang dikepala.

    3. apakah merugikan?
    ilmu saya yg masih rendah. kalo merugikan dr segi dunia, saya tidak tahu. tapi dr segi perintah, itu sama saja dng kalian membangkang terhadap perintah Rasulullah. Bagaimana kalian bisa berjalan dibumi Allah dng membangkang perintah utusan-Nya. krn sejauh ini semua perintah Rasul-Nya berdampak positif.

    4. klo usaha pangkas rambut yah mohon diganti modelnya. sama aja seperti merokok itu sudh teruji bahayanya. tp perdagangannya ttp meluas. meskipun efek Qoza tidak separah merokok. tp analogi nya seperti itu.

    5. kalo akngkatan bersenjata gmn? setahu saya mereka tidak di potong habis. tp potong tipis disamping dan potong pendek di bagian atas.

    yh cm itu pendapat saya. jd kalo ada yg salah dan kurg berkenan. tolonglah dimaafkan, krn saya juga masih awam. wallahu’alam

  7. Rasulullah saw melarang umat nya mengikuti gaya hidup yang dilakukan oleh orang-orang kafir, supaya jelas perbedaan antara orang kafir dan orang mukmin.

  8. Itu redaksi hadisnya “shobiyyan” artinya anak kecil,bukan “ROJULAN” artiya laki2 dewasa,itu gambarannya kaya model rambutnya si kentung(tuyul dan mbak yul)atw seperti model rambtnya boboho,jadi larangan itu untuk anak kecil ,mungkin alasannya untuk pertumbuhn rambut atw jangan di cukur habis smpy kelihatan kulitnya krna alasan kesehatan seperti kita tahu arab itu panas ,untuk yg sudah dewasa kita semua tahu semua memakai sorban dikepala,jadi ga ada hubungannya sama lelaki dewasa

  9. Astaghfirullahaladzim, smg Allah mengampuni dan memberikan hidayahNya..Aamiin. Kita hidup sbg umat Nabi Muhammad knp kita tdk mengimaninya? Semua ajaran, sabda Nabi, kebiasaan Nabi adalah hal yg mesti kita imani dan kita ikuti karena semua adalah perintah Allah yg mesti disampaikan kpd umat manusia melalui beliau sbg utusanNya. Banyak hal yg dulu org kafir, yahudi, nasrani tdk percaya dan semua adl salah tp setelah melalui ilmu, akal dan tehnologi yg dg izinNya semua benar dan nyata bahwa semua yg dilarang pasti berbahaya dan yg disuruh pasti bnyk manfaatnya. Knp islam itu fanatik? Memang harus fanatik krn ada sumbernya jelas yaitu Al Qur’an dan Al Hadist dan kalo islam tdk fanatik nanti mudah goyah iman islamnya jikalau ada issu atau bujuk rayu setan yg mengajak ke hal yg dilarang islam. Kita yakin dan percaya bahwa islam adalah rahmatan lil .’

  10. Maaf ke putus… Islam adalah Rahmatan lil ‘alamin, rahmat utk seluruh alam. Semoga kita dikuatkan iman islam kita, bisa istiqomah dalam beribadah sesuai ajaran Rasul dan kelak kita dikumpulkan di syurganya ALLAH SWT, Aamiin.

  11. Setiap yang saya kerjakan adalah dosa.dari dosa itulah saya cari nafkah. Saya kira saya sudah dizona aman, saya kira saya dengan menolak mengecatkan rambut orang saja saya sudah selamat.ternyata setiap hari masih saya lakukan. Saya capster di barbershop dan hampir semua potongan rambutnya bergaya seperti yang di larang.tuntutan kerja. Solusinya bagaimana?

  12. Terima kasih amart sangat mencerahkan
    Agar kita tidak membiarkan terutama anak anak kita ikut tren tren bintang bintang idola yang tidak semestinya.
    Lain halnya dengan Tentara .. mereka rata rata 001
    Karena ada hubungan dengan kesehatan.
    Jika di potong pendek mereka akan mudah membersihkan rambutnya
    Karena jika mereka latihan bisa jadi terkena kotoran dalam jangka wkt lama..
    Dan apalagi jika mereka bertugas di tengah hutan kadang mereka tidak mandi..
    Jika rambut mereka tidak di potong pendek .. saya kira akan timbul masalah kesehatan.
    Dan dalam pemotongan mereka tidak ada unsur untuk gaya gaya dan ngk neko neko 0.1.2 atau 0.0.1

  13. Menimbulkan kesombongan dah pasti, coba org tua suruh nilai pasti gak karuan, karena hidup itu hrus seimbang, melakukan segala sesuatu tdk boleh setengah2..

  14. Saya pernah baca kalau seseorang mengikuti gaya suatu kaum maka ia termasuk salah satu pengikut kaum itu sendiri.. Sedangkan qoza’ itu sering di terapkan/di gunakan oleh kaum kafir, jadi menurut saya nabi Muhammad SAW melarang qoza’ semata2 agar umatnya tidak termasuk kedalam pengikut kaum kafir. Mohon maaf kalau salah dan lancang.

  15. Kalo yang saya tafsirkan, QOZA itu seperti potongan rambut salah satu suku INDIAN atau bangsa JEPANG kuno atau CINA kuno yang memang pinggirnya botak tapi di tengah rambutnya panjang sampai bisa diikat. jadi saya pikir model rambut di zaman Rosul tidak mutlak mirip dengan model rambut yg lagi tren di zaman sekarang kecuali memang sama persis dengan bangsa2 yg saya sebutkan di atas.
    Adapun pengaruhnya ke psikologis itu tergantung dari tingkat kesolehan masing2 individu, jika memang lebih percaya diri berdakwah dengan tren rambut yg sekarang selama tidak melewati batas etika kenapa tidak. Wallohu A’lam.

  16. Kalo yang saya tafsirkan, QOZA itu seperti potongan rambut salah satu suku INDIAN atau CINA kuno yang memang pinggirnya botak tapi di tengah rambutnya panjang sampai bisa diikat dan atau bangsa JEPANG kuno yg tengahnya sengaja dibotakin. jadi saya pikir model rambut di zaman Rosul tidak mutlak mirip dengan model rambut yg lagi tren di zaman sekarang kecuali memang sama persis dengan bangsa2 yg saya sebutkan di atas.
    Adapun pengaruhnya ke psikologis itu tergantung dari tingkat kesolehan masing2 individu, jika memang lebih percaya diri berdakwah dengan tren rambut yg sekarang selama tidak melewati batas etika kenapa tidak. Wallohu A’lam.

  17. Tolong klo menulis di cantumkan mengutip dari buku apa, halaman berapa….jangan asal menulis biar semua yg membaca bisa mengerti ke aslian hadisnya.thx

  18. Gak boleh ya gak boleh. jangan banyak tanya kenapa, kayak orang yahudi. Dari segi etika juga gak layak dipandang, seperti memaki sendal cuma sebelah, jangan tanya kenapa gak boleh. Intuisi anda bisa jawab sendiri.

  19. Jadi gimana kalo model rambut yang cukur perwira(menipiskan bagian samping, tetapi tidak sampai botak) yang berarti masih terlihat rambutnya?

  20. Sy klo potong rambut, samping pendek dan atas lebih panjang. Apakah ini termasuk qoza?.. Semoga kita semua selalu mampu menjauhi segala laranganNya serta melaksanakan perintahNya dengan baik. dan smoga Alloh selalu menjaga hati kita dlm Iman dan Islam. aamiin.

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.