Beranda Suplemen Ramadhan Kumpulan Ceramah Ramadhan 2024 (Kultum Singkat)

Kumpulan Ceramah Ramadhan 2024 (Kultum Singkat)

7
Kumpulan ceramah ramadhan 2024

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, BersamaDakwah kembali menghadirkan kumpulan ceramah Ramadhan. BersamaDakwah mendedikasikan Kumpulan Ceramah Ramadhan 2024 ini untuk para khatib atau mubaligh serta kaum muslimin secara umum. Selain untuk kultum tarawih, ceramah-ceramah ini juga bisa untuk kuliah Subuh atau bacaan harian secara pribadi.

Terkadang, karena kesibukan dan kendala lainnya, khatib tarawih tidak sempat menyiapkan materi kultum ramadhan. Bisa pula sudah menyiapkan materi tetapi membutuhkan ide tema atau bahan ceramah untuk menambah khazanah keilmuan dan inspirasi. Semoga dengan kehadiran kumpulan ceramah Ramadhan ini, para khatib yang tidak sempat menyiapkan materi terbaru bisa terbantu.

Sedangkan untuk masyarakat umum, semoga konten ini bisa menjadi bahan bacaan berkualitas di bulan Ramadhan. Bacaan yang menguatkan keimanan, meningkatkan semangat ibadah, dan menambah keilmuan terutama seputar ibadah Ramadhan.

Berikut ini kumpulan ceramah Ramadhan 2024. Untuk membacanya, silakan klik link masing-masing yang telah tersedia:

1. Hukum dan Dalil Puasa Ramadhan

Kultum Ramadhan 2024 perdana ini menguraikan hukum puasa Ramadhan dan dalilnya baik dari ayat Al-Qur’an maupun hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Kemudian, mengajak kaum muslimin merespon perintah puasa tersebut sebagaimana seharusnya orang beriman merespon sebuah kewajiban.

Selengkapnya, baca di Dalil Puasa Ramadhan

2. Keutamaan Ramadhan

Kultum kedua ini menjelaskan 10 keutamaan Ramadhan berdasarkan hadits-hadits shahih. Dengan memahami keutamaan Ramadhan yang demikian luar biasa, semoga kita lebih termotivasi untuk mengisi Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Selengkapnya, baca di Keutamaan Ramadhan

3. Keutamaan Puasa

Ceramah Ramadhan ke-3 menjelaskan 10 keutamaan puasa berdasarkan hadits-hadits shahih, mulai dari pahala puasa yang tak terbatas, bau mulut orang berpuasa lebih baik dari minyak misik, hingga menjauhkan dari neraka.

Selengkapnya, baca di Keutamaan Puasa

4. Orang yang Boleh Tidak Puasa

Menjelaskan empat golongan orang yang boleh tidak puasa Ramadhan. Juga menguraikan cara menggantinya. Yakni orang yang wajib tidak puasa dan wajib meng-qadha’. Orang yang boleh tidak puasa dan wajib meng-qadha’. Orang yang boleh tidak puasa dan wajib membayar fidyah. Serta orang yang boleh tidak puasa, tetapi ada khilafiyah apakah wajib qadha’ atau membayar fidyah.

Selengkapnya, baca di Orang yang Boleh Tidak Puasa

5. Hikmah Puasa

Menjelaskan 8 hikmah puasa baik dari aspek ruhiyah maupun sosial dan medis. Hikmah puasa ini disarikan dari Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka, Fiqih Puasa karya Syaikh Yusuf Al Qardhawi, dan Al Islam karya Said Hawwa.

Selengkapnya, baca di Hikmah Puasa

6. Pembatal Pahala Puasa

Sungguh merugi jika kita seharian berpuasa tetapi tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga. Karenanya, perlu bagi kita mengetahui 10 hal yang membuat puasa sia-sia. Semoga kita kemudian bisa menghindarinya.

Selengkapnya, baca di Pembatal Pahala Puasa

7. Sunnah Puasa

Ceramah Ramadhan ini membahas 10 sunnah puasa Ramadhan. Mulai dari makan sahur dan mengakhirkannya, menyegerakan berbuka, memperbanyak doa terutama saat berbuka puasa, tadarus Al-Quran, memperbanyak infaq, hingga i’tikaf pada 10 hari terakhir Ramadhan.

Selengkapnya, baca di Sunnah Puasa

8. Puasa Berkualitas

Kultum Ramadhan ini membahas 6 langkah agar puasa berkualitas. Sebab puasa adalah ibadah yang langsung Allah nilai dan tidak terbatasi dengan pelipatgandaan pahala 10-700 kali. Pahalanya bisa tak terbatas, tergantung kualitas.

Selengkapnya, baca di Puasa Berkualitas

9. Hakikat Puasa

Kultum singkat dan praktis ini menjelaskan hakikat puasa. Bahwa puasa bukan sekadar menahan lapar dan dahaga. Puasa hakikatnya adalah menahan diri dari segala bentuk kemaksiatan dan segala hal yang Allah haramkan. Hakikat puasa adalah membentuk taqwa.

Selengkapnya, baca di Hakikat Puasa

10. Keutamaan Sabar

Ceramah ini mengulas tentang hakikat sabar dan keutamaan sabar. Berpangkal dari salah satu nama bulan Ramadhan yakni syahrush shabr; bulan kesabaran. Lalu menjelaskan mengapa Ramadhan memiliki salah satu nama demikian.

Selengkapnya, baca di Keutamaan Sabar

11. Puasa Mata

Kultum Ramadhan hari ke-11 ini membahas tentang puasa mata. Yakni mempuasakan mata dari hal-hal yang Allah haramkan. Mempuasakan mata dari segala bentuk kemaksiatan. Ketika kita mampu menjaga mata, maka nikmatnya iman dan ibadah pun dapat kita rasakan. Di dunia selamat dari fitnah, di akhirat selamat dari api neraka.

Selengkapnya, baca di Puasa Mata

12. Puasa Perut

Kultum singkat ini menjelaskan puasa perut bukan sekedar mempuasakannya dari lapar dan dahaga. Puasa perut artinya juga mempuasakan perut dari makanan haram, makanan syubhat, dan makan yang berlebihan.

Selengkapnya, baca di Puasa Perut

13. Puasa Lisan

Agar puasa kita berkualitas, kita harus menjaga lisan agar tidak bermaksiat. Jika kita berhasil menjaga lisan selama Ramadhan, puasa yang berhasil akan berdampak pada sebelas bulan berikutnya dalam mempuasakan lisan kita dari penyakit ghibah dan lainnya.

Selengkapnya, baca di Puasa Lisan

14. Ramadhan Bulan Taubat

Tema ini menjelaskan Ramadhan sebagai syahrut taubah. Bulan taubat. Ia saat menyegerakan taubat yang tepat. Ia menguraikan keutamaan taubat, pembagian dosa, hingga syarat taubat.

Selengkapnya, baca di Ramadhan Bulan Taubat

15. Ramadhan Bulan Qiyamul Lail

Kultum Ramadhan ini menjelaskan bagaimana Ramadhan membentuk kebiasaan qiyamul lail. Terutama melalui shalat tarawih selama sebulan penuh tiap malam di bulan Ramadhan. Dijelaskan pula keutamaan qiyamul lail berdasarkan hadits-hadits shahih. Agar memotivasi selepas Ramadhan terjaga kebiasaan qiyamul lail tersebut.

Selengkapnya, baca di Ramadhan Bulan Qiyamul Lail

16. Ramadhan Bulan Tarbiyah

Ceramah Ramadhan ini membahas Ramadhan sebagai syahrut tarbiyah, bulan pendidikan. Suasana Ramadhan yang sangat kondusif untuk ibadah juga memudahkan banyaknya kajian Islam. Mulai dari ceramah tarawih, kuliah Subuh, kajian menjelang buka puasa, hingga kajian-kajian lainnya. Ada pula pelatihan intensif atau daurah.

Maka, selayaknya kita perkuat semangat tarbiyah dengan mengetahui keutamaan ilmu dan terus berusaha tafaqquh fiddin. Tak hanya di bulan Ramadhan, semangat tarbiyah harus kita jaga di bulan-bulan lainnya.

Selengkapnya, baca di Ramadhan Bulan Tarbiyah

17. Nuzulul Qur’an

Ceramah ini membahas Nuzulul Quran mulai dari arti, tanggal terjadinya hingga kewajiban kaum muslimin terhadap Al-Qur’an. Yakni mengimaninya, membacanya, mantadabburinya, menghafalkannya, hingga mengamalkannya.

Selengkapnya, baca di Nuzulul Quran

18. Mahjura

Kultum Ramadhan ini kembali membahas tentang Nuzulul Qur’an. Kali ini, sebuah renungan singkat apakah kita menjadikan Al-Qur’an sebagai mahjura atau tidak. Indikatornya adalah bagaimana interaksi kita dengan Al-Qur’an khususnya soal tadabbur.

Selengkapnya, baca di Ceramah Singkat Nuzulul Quran

19. Membangun Ukhuwah Islamiyah

Di bulan Ramadhan, kepedulian sosial masyarakat kita meningkat. Ini bagian dari berkahnya Ramadhan. Selayaknya kepedulian ini kita jaga. Juga menjaga persaudaraan sesama muslim, ukhuwah islamiyah. Bahkan persaudaraan sebangsa (ukhuwah wathaniyah) dan persaudaraan kemanusiaan (ukhuwah basyariyah).

20. Keutamaan I’tikaf

Sepuluh hari terakhir merupakan waktu paling utama dari Ramadhan. Sunnah utama di masa ini adalah itikaf. Sehari sebelum tiba sepuluh hari terakhir, ceramah ini menjelaskan keutamaan itikaf.

Selengkapnya, baca di Itikaf

21. Lailatul Qadar

Ceramah ini membahas lailatul qadar mulai dari arti lailatul qadar, keutamaannya, kapan terjadinya, tanda lailatul qadar, doa lailatul qadar, hingga ciri orang yang mendapatkannya.

Selengkapnya, baca di Lailatul Qadar

22. Mencetak Generasi Islami

Zaman terus berubah. Generasi pasti berganti. Tantangan ke depan semakin besar. Maka selayaknya kita menyiapkan generasi mendatang yang kokoh, bukan generasi lemah, bukan generasi home service. Spirit Ramadhan menginspirasi kita untuk mencetak generasi Islami.

23. Ramadhan dan Perubahan

Ramadhan merupakan bulan pendidikan. Selama 30 hari kita ditempa oleh tarbiyah Ilahiyah. Banyak yang berubah di bulan Ramadhan, jangan sampai kembali terjungkal di bulan berikutnya. Semangat perubahan di bulan Ramadhan perlu kita jaga.

24. Ramadhan dan Manajemen Waktu

Waktu adalah uang, time is money, demikian pepatah Barat mengatakan. Dalam Islam, waktu bukan sekedar uang. Bahkan waktu adalah kehidupan itu sendiri. Demikian pentingnya waktu, pada beberapa ayat, Allah sampai bersumpah dengannya. Wal fajri, demi (waktu) fajar. Wal laili, demi (waktu) malam. Wadh dhuhaa, demi waktu dhuha. Wal ashr, demi masa.

Ceramah Ramadhan hari ke-24 ini membahas tema Ramadhan dan Manajemen Waktu. Berisi prinsip-prinsip manajemen waktu dalam Islam yang telah kita latih di bulan Ramadhan.

Selengkapnya, baca di Manajemen Waktu

25. Ramadhan dan Syukur

Ramadhan memang identik dengan kesabaran. Ia bahkan memiliki nama syahrush shabr, bulan kesabaran. Namun, Ramadhan juga mengajarkan syukur. Bagaimana Ramadhan mengajarkan syukur dan apa saja yang akan kita dapatkan dengan syukur? Kultum Ramadhan hari ke-25 ini membahasnya.

Selengkapnya, baca di Ramadhan dan Syukur

26. Merindukan Surga

Di akhirat kelak, hanya ada dua tempat kembali. Surga dan neraka. Surga adalah tempat penuh kenikmatan dan kebahagiaan. Di bawah naungan ridha Allah, bahkan kita bisa bertemu dengan-Nya. Nikmat di surga tak pernah terlihat mata, belum pernah didengar telinga dan tidak terbersit dalam pikiran sebelumnya.

27. Istiqamah

Amal yang paling Allah cintai adalah yang kontinyu meskipun sedikit. Terus menerus meskipun tidak banyak. Istiqamah dalam kebenaran, istiqamah dalam kebaikan.

Selengkapnya, baca di Istiqomah

28. Zakat Fitrah

Amal khusus di bulan Ramadhan selain puasa adalah zakat fitrah. Bagaimana hukumnya, berapa besarnya dan bagaimana ketentuannya, tema ini menjelaskannya. Termasuk bolehkah membayar zakat fitrah dengan uang? Bagaimana jika melalui lembaga amil zakat?

Selengkapnya, baca di Zakat Fitrah

29. Meramadhankan Seluruh Bulan

Meramadhankan seluruh bulan adalah ikhtiar membawa  semangat ibadah dan amal shalih Ramadhan ke bulan-bulan berikutnya. Bagaimana penjelasannya? Kultum Ramadhan hari ke-29 ini mengupasnya.

Selengkapnya, baca di Meramadhankan Seluruh Bulan

Demikian kumpulan ceramah Ramadhan 2024. Jika ada tema yang belum bisa diklik berarti belum tersedia secara lengkap kultum Ramadhan dengan tema tersebut. Semoga tersedia sebelum tanggal itu tiba. [BersamaDakwah]

7 KOMENTAR

  1. Terimakasih sudah menyediakan ceramah ramadhan 2024. Semoga semua judulnya segera tersedia.

    O ya itu kenapa cuma 29 bukan 30 judul?

  2. syukron katsir saudaraku.
    judul-judul yang diterbitkan itu baik dan bisa membantu teman-teman da’i dan daimah,karena terkadang kita kesulitan membuat tema atau judul. dan memang judul boleh sama tetapi pasti beda isinya karena kemampuan da’i satu dengan lainnya tidak sama alias beda.

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.