Beranda Tazkiyah Doa Doa Awal Tahun Hijriyah dan Artinya

Doa Awal Tahun Hijriyah dan Artinya

0
doa awal tahun hijriyah

Kita telah berada di bulan Dzulhijjah. Sebentar lagi kita memasuki tahun 1445 hijriyah. Tepatnya pada 1 Muharram 1445 hijriyah yang pada tahun ini insya Allah jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023. Tentunya kita ingin tahun 1445 hijriyah lebih baik daripada 1444 hijriyah.

Selain melakukan muhasabah apa yang telah kita lakukan pada tahun 1444 hijriyah dan menyusun rencana (resolusi) untuk tahun 1445 hijriyah, kita juga bisa berdoa di awal tahun 1445 hijriyah. Nah, berikut ini doa awal tahun hijriyah dan artinya.

Doa Awal Tahun Hijriyah

Berikut ini doa awal tahun hijriyah beserta tulisan Arab, tulisan Latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

(Alloohumma antal abadiyyul qodiimul awwal. Wa ‘alaa fadhlikal ‘azhiimi wa kariimi juudikal mu‘awwal. Haadzaa ‘aamun jadiidun qod aqbal. As,alukal ‘ishmata fiihi minasy syaithooni wa auliyaa’ih, wal ‘auna ‘alaa haadzihin nafsil ammaaroti bis suu’, wal isytighoola bimaa yuqorribunii ilaika zulfaa, yaa dzal jalaali wal ikroom)

Artinya:
Ya Allah, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Keterangan:
Doa ini tercantum dalam kitab Maslakul Akhyar karya Habib Sayyid Utsman bin Yahya.

Baca juga: Doa Akhir Tahun Hijriyah

Doa Awal Tahun dari Hadits

Ada pula doa lain yang untuk akhir bulan yang sekaligus juga untuk akhir tahun ketika bertepatan dengan akhir Dzulhijjah. Berikut ini tulisan Arab, tulisan Latin, dan artinya.

اَللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيْمِانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ وَرِضْوَانِ مِنَ الرَّحْمَنِ وَجَوَازِ مِنَ الشَّيْطَانِ

(Alloohumma adkhilhu ‘alainaa bil amni was salaamati wal islaami wa ridlwaani minar rohmaani wa jawaazi minasy syaithoon)

Artinya:
Ya Allah, masukan kami ke dalamnya dengan aman, iman, selamat dan Islam. Mendapatkan ridho Allah dan dijauhkan dari gangguan syetan.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Imam Thabrani dalam Mu’jamul Ausath.

Baca juga: Doa Iftitah

Catatan Khusus

Dua doa di atas bukanlah doa dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Doa pertama tidak ada dalam kutubut tis’ah (9 kitab hadits) yakni Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan Tirmidzi, Sunan An-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, Musnad Ahmad, Muwatha’ Malik, dan Sunan Darimi.

Sedangkan  hadits kedua, menurut riwayat Imam Thabrani merupakan doa sebagian sahabat. Sebagian sahabat membacanya di awal bulan atau awal tahun.

Karena tidak ada tuntunan khusus doa akhir tahun yang Rasulullah ajarkan, boleh bagi kita berdoa dengan doa apa pun. Termasuk doa dengan bahasa Indonesia. Yang penting isinya baik untuk dunia dan akhirat kita. Untuk doa-doa shahih yang Rasulullah ajarkan, silakan baca di Kumpulan Doa. [Nuruddin Faqih/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.