Beranda Tazkiyah Doa Doa Masuk Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Masuk Rumah Lengkap Arab Latin dan Artinya

doa masuk rumah

Islam mengajarkan doa dalam setiap kondisi. Termasuk doa masuk rumah. Nah, berikut ini doa masuk rumah, lengkap dengan tulisan Arab, tulisan Latin, dan artinya.

Rumah bukan sekadar tempat tinggal yang melindungi penghuninya dari panas dan hujan. Bisa beristirahat dan beraktifitas tanpa terlihat aurat dari luar. Rumah juga wadah cinta bagi seluruh anggota keluarga. Sekaligus tempat pendidikan pertama bagi anak-anak kita.

Karenanya, setiap kali seseorang beraktifitas ke luar, ia akan kembali masuk rumah. Terkadang tampak sebagai rutinitas, tetapi jika kita memenuhi adab dan berdoa, ia menjadi aktifitas yang kaya pahala. Sekaligus mendatangkan rahmat dan berkah-Nya. Di antaranya, setiap kali masuk rumah kita membaca doa.

Doa Masuk Rumah

Berikut ini doa masuk rumah dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

(Alloohumma innii as-asulka khoirol mauliji wa khoirol makhriji. Bismillaahi walajnaa wa bismillaahi khorojnaa. Wa ‘alalloohi robbinaa tawakkalnaa)

Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar. Dengan nama Allah aku masuk dan dengan nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits shahih riwayat Imam Abu Dawud.

Baca juga: Doa Ziarah Kubur

Adab Masuk Rumah

Imam An Nawawi dalam Al Adzkar menjelaskan, ketika masuk rumah, sunnah membaca basmalah, memperbanyak dzikir kepada Allah, dan mengucap salam. Baik ada orang maupun tidak, sunnah mengucap salam sebagaimana firman-Nya:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. (QS. An Nur: 61)

Jika tidak ada orang di dalam rumah, ucapan salamnya sebagaimana salam Ibnu Umar yang Imam Bukhari riwayatkan dalam Adabul Mufrad:

السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ

(Assalaamu ‘alainaa wa’alaa ‘ibaadillaahish shoolihiin)

Artinya:
Semoga keselamatan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih.

Imam An Nawawi menjelaskan, ucapan salam ketika tidak orang di dalam rumah ini merupakan sunnah yang juga Imam Malik riwayatkan dalam Al Muwatha’.

Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahih-nya, ketika seorang muslim masuk rumah seraya berdzikir kepada Allah, setan berseru kepada sesamanya bahwa mereka tidak bisa menginap di rumah tersebut.

Jadi, dengan membaca doa masuk rumah, kita akan mendapatkan pahala dan kebaikan, Allah memberkahi rumahnya, dan setan tidak bisa berdiam di rumah itu.

Semoga kita bisa mengamalkannya. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. Wallahu a’lam bish shawab. []

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.