Beranda Tazkiyah Doa Doa Ziarah Kubur Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Ziarah Kubur Lengkap Arab Latin dan Artinya

doa ziarah kubur

Ziarah kubur merupakan salah satu sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk mengingat kematian. Selain itu, juga mendoakan si mayit. Berikut ini doa ziarah kubur, lengkap dengan tulisan Arab, tulisan Latin, dan artinya.

Dulu Rasulullah pernah melarang ziarah, namun kemudian mengizinkannya. Bahkan menganjurkannya. Sebagaimana sabda beliau:

نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا

Dahulu aku melarang kalian berziarah kubur, maka (sekarang) berziarahlah. (HR. Muslim)

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرًا

Dahulu aku melarang kalian untuk berziarah kubur, sekarang berziarahlah karena ziarah bisa melembutkan hati, membuat air mata menetes, dan mengingatkan akhirat. Dan janganlah kalian mengucapkan ucapan batil. (HR. Hakim)

Lalu bagaimana doa-doa yang beliau ajarkan saat ziarah kubur? Ada beberapa doa, antara lain sebagai berikut:

Doa Ziarah Kubur Riwayat Aisyah

Doa ziarah kubur ini merupakan riwayat Imam Muslim dalam Shahih-nya dari Bunda Aisyah radhiyallahu ‘anha. Imam An Nawawi juga mencantumkannya dalam Al-Adzkar di bawah judul Dzikir Para Peziarah Kubur.

Berikut ini lafazh doa yang Rasulullah ajarkan kepada Bunda Aisyah, beserta tulisan Arab, Latin, dan artinya:

السَّلاَمُ عَلَى أَهْلِ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَيَرْحَمُ اللَّهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لَلاَحِقُونَ

(Assalaamu ‘ala ahlid diyaari minal mu’miniina wal muslimiina wa yarhamulloohul muqtaqdimiina minnaa wal musta’khiriina wa innaa insyaa-alloohu bikum lalaahiquun)

Artinya:
Salam keselamatan atas penghuni rumah-rumah (kuburan) dari kaum mukminin dan muslimin, mudah-mudahan Allah merahmati orang-orang yang terdahulu dari kita dan orang-orang yang belakangan, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian.

Keterangan:
Doa ini dibaca saat memasuki kompleks pemakaman. Jadi ketika kita ziarah kubur dan memasuki pemakaman, kita langsung mengucapkan salam dan doa tersebut.

Baca juga: Doa Setelah Sholat

Doa Ziarah Kubur Riwayat Buraidah

Doa ini juga Imam Muslim cantumkan dalam Shahih-nya. Imam An Nawawi juga menuliskannya dalam Al Adzkar dan Syaikh Said bin Wahf Al-Qathani dalam Hisnul Muslim.

Dalam hadits shahih yang Imam Muslim riwayatkan dari Buraidah ini, Rasulullah mengajarkan doa ziarah kubur:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ لَلاَحِقُونَ أَسْأَلُ اللَّهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

(Assalaamu ‘alaikum ahlad diyaari minal mu’miniina wal muslimiina wa innaa insyaa-alloohu lalaahiquun, as’alullooha lanaa walakumul ‘aafiyah)

Artinya:
Salam keselamatan atas kalian para penghuni rumah-rumah (kuburan) dari kaum mukminin dan muslimin, dan kami insya Allah akan menyusul kalian. Aku memohon kepada Allah keselamatan bagi kami dan kalian.

Keterangan:
Sunnah membaca doa ini ketika memasuki kompleks pemakaman.

Baca juga: Doa Iftitah

Doa Ziarah Kubur Singkat

Doa ketiga ini juga mirip dengan dua doa sebelumnya. Bedanya, ini lebih singkat dari keduanya. Merupakan riwayat Imam Ahmad dalam Musnad-nya.

Berikut ini doa ziarah kubur singkat beserta tulisan Arab, Latin, dan artinya.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ ، إِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاَحِقُونَ

(Assalaamu ‘alaikum ahlad diyaari minal mu’miniina wal muslimiina innaa insyaa-alloohu bikum laahiquun)

Artinya:
Salam keselamatan atas kalian para penghuni rumah-rumah (kuburan) dari kaum mukminin dan muslimin, dan kami insya Allah akan menyusul kalian.

Baca juga: Doa Qunut

Doa Memintakan Ampun untuk Ahli Kubur

Ketiga doa di atas sunnah dibaca ketika memasuki pemakaman. Boleh memilih salah satunya karena intinya sama; mendoakan keselamatan dan mengingatkan bahwa nanti kita pasti akan menyusul mereka di alam barzakh.

Nah, selain doa tersebut, sunnah pula mendoakan ahli kubur dengan memintakan ampunan, rahmat, dan keselamatan. Keterangan ini bisa kita dapati dalam Syarh Hisnul Muslim.

Bagaimana doa memintakan ampunan untuk ahli kubur? Berikut ini di antaranya:

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

(Robbanaghfirlanaa wali-ikhwaaninal ladziina sabaquunaa bil iimaan walaa taj’al fii quluubinaa ghillal lilladziina aamanuu Robbanaa innaka ra-uufur rohiim)

Artinya:
Ya Allah, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dan janganlah Engkau biarkan ghill (dengki) dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari Surat Al Hasyr ayat 10

Baca juga: Doa untuk Kedua Orang Tua

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

(Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wawassi’ mudkholahu waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihi minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa zaujan khoiron min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar)

Artinya:
Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia. Luaskanlah kuburnya dan mandikanlah ia dengan air, salju dan embun. Sucikan ia dari seluruh kesalahan seperti dibersihkannya kain putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Lalu masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari cobaan kubur dan azab neraka.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits shahih riwayat Imam Muslim yang sebenarnya merupakan doa Sholat Jenazah.

Demikian doa ziarah kubur, semoga kita bisa mengamalkannya dan semakin baik mengingat akhirat serta berbekal untuk menghadapinya. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. [Nuruddin Faqih/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.