Beranda Tazkiyah Doa Doa Melepas Pakaian, Menutup Pandangan Jin dan Setan

Doa Melepas Pakaian, Menutup Pandangan Jin dan Setan

0
doa melepas pakaian

Islam mengajarkan doa untuk setiap aktivitas manusia. Termasuk saat melepas pakaian. Nah, berikut ini doa melepas pakaian, lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan artinya.

Setiap hari kita pasti berganti pakaian. Yang tentu saja kita juga melepasnya. Dan pastilah tidak hanya sekali. Karena di zaman sekarang, pakaian kerja atau seragam sekolah tidak sama dengan pakaian santai di rumah. Demikian pula berbeda dengan pakaian untuk shalat di masjid.

Artinya, dalam sehari kita bisa beberapa kali berganti pakaian. Saat melepas baju atau celana, kita dengan mudah menghindari pandangan orang lain. Dengan melepasnya di kamar, misalnya. Namun, bagaimana dengan jin yang ada di situ? Nah, di sinilah perlunya doa melepas pakaian. Bukan hanya agar berpahala dan mendatangkan keberkahan, tetapi juga untuk menurup pandangan jin dan setan.

Doa Melepas Pakaian Singkat

Doa melepas pakaian ini sangat singkat. Namun, keutamaannya luar biasa. Berikut ini mulai dari lafadz Arab, tulisan Latin, dan artinya:

بِسْمِ اللَّهِ

(Bismillaah)

Artinya:
Dengan nama Allah

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Imam Tirmidzi dengan derajat shahih. Dengan membaca doa ini, aurat seorang muslim terlindung dari pandangan jin sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِى آدَمَ إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الْخَلاَءَ أَنْ يَقُولَ بِسْمِ اللَّهِ

Tirai antara mata jin dan aurat seorang manusia ketika ia memasuki jamban adalah mengucapkan bismillah.

Dalam Syarh Hisnul Muslim dijelaskan, kata satru dalam hadits ini bermakna hijab atau sekat. Ucapan bismillah menjadi hijab karena ia seperti cap yang ada pada manusia yang tidak akan sanggup dihilangkan oleh jin.

Baca juga: Doa Memakai Pakaian

Doa Melepas Pakaian

Ada pula doa melepas pakaian yang lebih panjang. Berikut ini lafadz Arab, tulisan Latin, dan artinya:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ

(Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huw)

Artinya:
Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain Dia

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Ibnu Sunni. Imam Nawawi juga mencantumkannya dalam Al Adzkar.

Baca juga: Doa Keluar Masjid

Semoga Allah memudahkan kita untuk mengamalkan doa-doa ini. Menjadikan aktivitas berganti pakaian menjadi berpahala dan berkah serta terlindungi dari pandangan jin dan setan. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. Wallahu a’lam bish shawab. []

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.