Beranda Tazkiyah Tazkiyatun Nafs Doa Pagi Malaikat yang Bikin Merinding dan Pasti Dikabulkan

Doa Pagi Malaikat yang Bikin Merinding dan Pasti Dikabulkan

0
doa pagi malaikat
ilustrasi (fikimgora)

Setiap pagi, ada dua malaikat yang berdoa. Jika disimak isinya, doa pagi mereka bikin merinding. Terlebih doa malaikat kedua.

Yang lebih bikin merinding, doa mereka pasti dikabulkan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Padahal semua manusia bisa masuk dalam pengelompokan doa tersebut. Entah masuk kelompok pertama atau masuk kelompok kedua.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan doa pagi mereka dalam sabdanya:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Tidaklah ada suatu hari pun di mana hamba-hamba Allah masuk pada waktu pagi harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun. Maka salah satu di antara mereka berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfak.” Dan malaikat yang lainnya berdoa, “Ya Allah berikanlah kerugian kepada orang-orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Sholat Dhuha

Doa pagi malaikat untuk orang yang berinfak

Doa pagi malaikat yang pertama ditujukan untuk orang-orang yang berinfak. Malaikat berdoa kepada Allah agar mereka diberikan ganti.

Dalam hadits lainnya Rasulullah mensabdakan bahwa infaq atau sedekah tidak akan mengurangi harta.

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Tidaklah sedekah mengurangi harta” (HR. Muslim)

Karenanya kita tidak akan mendapati dalam sejarah, orang jatuh miskin karena sedekah. Tidak ada orang yang bangkrut dan melarat gara-gara sedekah dan zakat.  Justru yang terjadi, orang yang suka bersedekah, insya Allah hartanya semakin bertambah. Bal yazdad, bal yazdad, bal yazdad.

Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu pernah menginfakkan separuh hartanya. Namun tidak ada ceritanya ia jatuh miskin setelah itu. Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu pernah menginfakkan seluruh hartanya. Namun tidak ada ceritanya ia menjadi fakir setelah itu. Bahkan harta keduanya semakin banyak dan berkah.

Hadits doa pagi malaikat ini juga menunjukkan keutamaan berinfak setiap hari. Sekecil apa pun. Dan doa ini tidak akan ditolak oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebab malaikat selalu taat kepadaNya dan tidak pernah bermaksiat.

Baca juga: Doa Iftitah

Doa malaikat untuk orang yang tidak mau berinfak

Doa pagi malaikat yang kedua ditujukan untuk orang-orang yang menahan hartanya, tidak mau berinfak. Malaikat berdoa kepada Allah agar mereka diberikan kerugian.

Kita patut berhati-hati dengan doa ini. Sebab doa ini juga tidak akan ditolak Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Orang yang menahan hartanya, tidak mau berinfak, umumnya didasari sifat bakhil, rakus dan tamak. Cinta dunia membuat ia tidak mau hartanya berkurang. Ia menganggap dengan menyimpan dan menahan hartanya, hartanya tidak akan berkurang.

Namun ia salah. Justru dengan kekikirannya, Allah menjatuhkan kerugian kepadanya. Hartanya memang tidak berkurang dengan keluarnya zakat dan infaq. Namun harta itu bisa berkurang dengan musibah dan bencana. Mungkin hartanya berkurang karena pencurian dan penipuan. Mungkin hartanya berkurang dengan jatuh sakit atau anaknya masuk rumah sakit.

Mungkin juga hartanya berkurang karena anak-anaknya suka berfoya-foya dan menghamburkan uang. Atau bahkan anaknya mengkonsumsi narkoba hingga menghabiskan banyak harta. Atau membutuhkan rehabilitasi yang memakan banyak dana. Maka jangan hanya berpikiran pendek dan tertipu dengan logika keliru.

Mari upayakan berinfak sesuai kemampuan kita. Jangan pernah menahan harta karena kikir dan cinta dunia. Semoga Allah memberkahi harta kita, di antaranya dengan wasilah doa pagi malaikat setiap harinya. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.