Beranda Tazkiyah Doa Doa untuk Pengantin yang Shahih, Jangan Ucapkan yang Terlarang

Doa untuk Pengantin yang Shahih, Jangan Ucapkan yang Terlarang

doa untuk pengantin

Setiap ada teman atau kerabat menikah, kita pasti mendoakannya. Namun, jangan salah. Ada di antara doa untuk pengantin yang terlarang. Pernah sahabat Uqail bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu mendapatkan doa demikian, maka ia pun meluruskan.

Apa doa yang terlarang itu? Catat baik-baik agar kita tidak mengucapkannya kepada pengantin:

بِالرَّفَاءِ وَ الْبَنِيْن

Semoga bahagia dan banyak anak (laki-laki).

Doa inilah yang pernah Uqail dapatkan di hari pernikahannya. Maka ia pun mengatakan kepada tamu tersebut, “Janganlah kamu mendoakan demikian karena Rasulullah telah melarangnya.”

Mengapa Rasulullah melarangnya? Sebab doa itu menggambarkan kebanggaan orang jahiliyah. Mereka berbangga diri dengan anak laki-laki tapi merasa hina mendapatkan anak perempuan. Islam mengoreksi keyakinan tersebut. Dalam Islam, anak laki-laki maupun perempuan sama-sama mulia dan merupakan nikmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Mendoakan bahagia sebenarnya tidak masalah. Namun, dalam keluarga bukan hanya ada bahagia. Terkadang juga ada sedihnya, ada musibahnya. Karenanya, ketika tamu tersebut menanyakan harus mengucapkan doa apa, Uqail mengajarinya doa untuk pengantin yang telah Rasulullah ajarkan.

Doa untuk Pengantin yang Shahih

Berikut ini doa yang Uqail dapatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Doa shahih yang memohonkan keberkahan baik dalam bahagia maupun sedihnya, berkah baik dalam nikmat maupun saat menghadapi musibah ketika berkeluarga.

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَ بَارَكَ عَلَيْكَ وَ جَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

(Baarokalloohu laka wa baaroka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khoir)

Artinya:
Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits shahih riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ahmad.

Dalam doa yang Rasulullah ajarkan ini, ada kata laka dan ada ‘alaika. Meskipun sama-sama meminta keberkahan, tetapi dengan adanya preposisi yang berbeda ini, maknanya menjadi: barakah pada hal-hal yang disenangi dan sekaligus barakah pada hal-hal yang tidak disenangi.

Jadi kita mendoakan pengantin muslim senantiasa mendapatkan keberkahan baik dalam kondisi yang mereka senangi maupun tidak mereka senangi. Misalnya saat mereka mendapat banyak rezeki dari Allah, mereka berada dalam keberkahan dengan sikap syukur dan banyaknya infaq. Dan ketika suatu saat mereka berada dalam keterbatasan ekonomi, mereka juga berada dalam keberkahan dengan sikap sabar dan menjaga diri.

Baca juga: Doa Sesudah Belajar

Doa Allahumma Allif Bainahuma

Selain doa di atas, ada pula doa untuk pengantin dari sebagian ulama agar kedua mempelai Allah anugerahi keterikatan hati sehingga rukun seperti keluarga Nabi.

Nah, berikut ini doa untuk pengantin dari ulama dalam tulisan Arab, tulisan latin, dan artinya:

اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ آدَمَ وَحَوَّاءَ . وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ إِبْرَاهِيْمَ وَسَارَه . وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ يُوْسُفَ وَزُلَيْخَا .  وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ مُحَمَّد  صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَخَادِجَةَ الْكُبْرَى

(Alloohumma allif bainahumaa kamaa allafta baina Aadam wa Hawa. Wa allif bainahumaa kamaa allafta baina Ibroohimma wa Saarah. Wa allif bainahumaa kamaa allafta baina Yuusuf wa Zulaikho. Wa allif bainahumaa kamaa allafta baina Muhammad shollalloohu ‘alaihi wasallam wa Khoodijatal kubroo)

Artinya:
Ya Allah, eratkan hubungan keduanya (rukunkan) sebagaimana engkau eratkan hubungan antara Adam dan Hawa. Eratkan hubungan keduanya sebagaimana engkau eratkan hubungan antara Ibrahim dan Sarah. Rukunkan keduanya sebagaimana engkau rukunkan Yusuf dan Zulaikha. Rukunkan keduanya sebagaimana engkau rukunkan Muhammad shallalahu ‘alaihi wasallam dan Khadijah al kubra.

Keterangan:
Doa ini bukan bersumber dari hadits shahih. Biasa dibaca oleh sebagian ulama di Indonesia untuk mendoakan pengantin yang baru menikah.

Baca juga: Doa Ziarah Kubur

Semoga Allah menjadikan keluarga kita penuh berkah sebagaimana kita mendoakan pengantin baru mendapat keberkahan dalam seluruh segmen kehidupan. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. Wallahu a’lam bish shawab. []

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.