Beranda Suplemen Motivasi Rumus (Dijamin) Kuat Bisnis

Rumus (Dijamin) Kuat Bisnis

ilustrasi @osztonzoszolgaltatasok.hu

Bisnis adalah proses menaikkan nilai jual sebuah barang atau komoditas. Dari semula kapas menjadi kain, terus hingga menjadi pakaian dengan berbagai jenis harga. Mulai harga puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan rupiah per potong. Begitupun dengan komoditas lainnya.

Dalam menaikkan harga, value (nilai) sebuah produk adalah keniscayaan. Hanya dengan value yang baik, pasar (market) mau mengeluarkan lebih banyak uang untuk berbelanja. Masuknya uang ke dalam penjualan untuk diteruskan ke dalam modal itu disebut revenue, yang kemudian diambil selisih dengan modal dan pengeluaran lain hingga menjadi profit.

Karena itu, bisnis memiliki rumus. Ialah olah pikiran dan perasaan agar sebuah produk benar-benar memiliki kekuatan dan menang di pasar berupa banyaknya penjualan, tersebarnya manfaat, dan kembalian modal dalam jumlah yang melimpah hingga bisnis bisa terus menerus berputar.

CEO Keke Busana, Rendy Saputra dalam materi keempat Sekolah Bisnis Dua Kodi Kartika menjelaskan tiga hal yang menjadi kunci kuat atau tidaknya sebuah bisnis yang bergerak di bidang apa pun. Jika tiga hal ini kuat, maka bisnis pun akan kuat hingga menjadi viral dan benar-benar dibutuhkan kehadirannya.

The Value of Product (Kekuatan Produk)

Untuk menguji kekuatan produk, seorang pelaku bisnis harus menggunakan berbagai jenis pertanyaan penguji.

Mengapa orang-orang memilih produk kita?

Apa yang membedakan produk kita dengan produk lain?

Oleh karena itu, pelaku bisnis dituntut untuk menghasilkan produk dengan kualitas terbaik dengan berbagai jenis kelebihan yang tidak dimiliki oleh produk lain. Harus ada nilai lebih yang membuat pasar melirik hingga melakukan order dan pengulangan pesanan (repeat order).

Selain produk yang memiliki nilai lebih, semua yang terlibat dalam bisnis juga turut berpengaruh dalam menentukan kuat atau tidaknya nilai sebuah produk. Baik seorang pembuat produk yang disiplin, bagian pembelanjaan yang jujur, karyawan yang bekerja dengan sepenuh hati, pekerja kebersihan yang mengerjakan seluruh tugas dengan hati riang, sampai kepada pelayan customer yang menjawab pertanyaan dengan baik dan semua yang terlibat dalam bisnis tanpa terkecuali.

Harus terjadi sinergi padu hingga menghasilkan harmoni bisnis yang menghasilkan kemanfaatan yang luar biasa.

Bersambung ke Rumus (Dijamin) Kuat Bisnis (2)