Beranda Keluarga Pernikahan Salim A. Fillah; Menikah Bukan untuk Bahagia

Salim A. Fillah; Menikah Bukan untuk Bahagia

8
ustadz Salim A. Fillah. Sumber gambar: senyumparainsan

Sosok muda dan enerjik asal Kota Gudeg ini tidaklah asing bagi kaum Muslimin negeri ini. Pria berbadan gagah dan shalih yang murah senyum ini adalah satu di antara sekian banyaknya permata yang menerangi negeri ini lantaran ilmu dan cara dakwahnya yang santun.

Dibesarkan dari ayah dan ibu yang merupakan perpaduan antara Nahdhatul ‘Ulama’ dan Muhammadiyah, dai muda yang menyelesaikan pendidikan strata satunya di Universitas Gajah Mada ini merupakan sosok yang memulai tebar dakwahnya di bidang tulisan.

Karya pertamanya yang beredar sekitar tahun 2004, Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan, merupakan salah satu buku yang hingga kini masih terus dicetak ulang. Sedangkan karya terakhirnya yang ditulis sendiri-Lapis-Lapis Keberkahan-langsung cetak ulang dalam hitungan hari.

Dalam banyak kajiannya, ustadz yang bernama asli Nursalim ini banyak menghadirkan tulisan-tulisan yang segar, inspiratif, dan menggerakkan pembacanya terkait tema pernikahan, amal, dan sejarah Islam. Selain santun dan kronologis hingga mudah dinikmati, pilihan diksi dai yang sudah berkeliling nusantara dan luar negeri ini terbilang langka sehingga menjadi daya gugah bagi pembaca maupun penyimak kajiannya.

Khusus dalam soal pernikahan, banyak kaum Muslimin yang merujuk kepada buku-buku dan ceramah yang beliau tulis. Berikut di antara cuplikan ceramahnya soal tema yang senantiasa seru untuk dibincangkan ini.

Unik, dalam cuplikan ceramah berdurasi pendek yang diedit oleh Saling Sapa ini, ustadz yang lebih dikenal dengan nama Salim A. Fillah ini berkata,  “Kita menikah bukan untuk berbahagia.”

Lalu, buat apa menikah?

Kita menikah bukan untuk berbahagia. Kita menikah untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Pernikahan itu menjadi bagian dari misi ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka, di dalam pernikahan itu, supaya kita mampu melaksanakan visi ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala itu, yang kita cari adalah keberkahannya.
Karena, berkah itu ziyaadatul khairi fii kulli hal, bertambahnya kebaikan di segala keadaan; semakin mesra kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala di semua peristiwa; semakin dekat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala di berbagai ujian hidup-lapang ataupun sempitnya, susah ataupun senangnya, kehilangan ataupun mendapatkannya. Semua keadaan itu dalam rangka ibadah. Maka kita mengharapkan ada barakah.
Di mana letak kebahagiaan? Bahagia hanya makmum bagi keduanya. Kebahagiaan hanyalah makmum di dalam kehidupan pernikahan kita. Hanyalah makmum bagi ibadah dan berkah yang kemudian kita tegakkan.

Semoga Allah Ta’ala senantiasa menjaga beliau dan seluruh dai di muka bumi ini. Semoga Allah Ta’ala kurniakan keberkahan kepada beliau, ilmunya, keluarganya, bukunya, ceramahnya, dan seluruh hidupnya. Semoga Allah Ta’ala menjadikan beliau jalan keberkahan bagi sebanyak-banyaknya kaum Muslimin dan sesama manusia. Aamiin. [Pirman/Bersamadakwah]

8 KOMENTAR

  1. Ustadz saya juga ingin menikahi dan psangan sya juga siap untuk menikahi saya,sya juga ingin mnjlankan sunnah nabi,tapi ustadz org tua sya tidak ingin menikahi sya dngan berbagai alsan,jd sya hrs bgaimana ustadz?

    • Asalamualaikum ..
      Bagi bagi info bermanfaat ikhwan wa Akhwat skalian ..
      Refrensi Islami tepat untuk dimiliki Para Ustad, Dosen, Guru, Kantor Instansi, Yayasan, Pondok pesantren dan Rumah tangga ..

      Yang Terbaru dari Sabiluna Media Islam Digital
      Refrensi Lengkap Dunia Islam …
      New Edition .. PERPUSTAKAAN ISLAM DIGITAL VERSI FLASDISK’ 16Gb Full..

      Tinggal tancap langsung bisa digunakan ..
      Lebih praktis, Aman karna sudah diproteksi dari virus dan isi 2x lipat lebih banyak dari edisi sebelumnya yang menggunakan media CD
      Sangat Pas dan Cocok dimiliki para guru, Ustad, Dosen,Kantor, Sekolahan, Kampus, Pondok pesantren dan rumah tangga..

      ISINYA MELIPUTI:
      Ribuan kitab2 tebal salafus sholeh terjemahan bahasa indonesia, Kamus Al munawir 3 bahasa, tafsir ibnu katsir 30 juz, Belajar bahasa arab interaktif, Belajar ilmu fisika dan biologi interaktif, keliling dunia Islam, sejarah para sahabat, sahabiyah,imam dan tabiin, Ilmu Fiqih, Tuhid, Aqidah, Jihad dll.. Jumlahnya Ribuan ..

      Software Hadist canggih kitab 9 imam,
      Mencari hadist dalam hitungan detik, lebih dari 62000 hadist
      Dilengkapi mesin pencari hadist, ilmu mstholaah hadist, perowi dan sejarah perowi, kumpulan hadist dhoif,mursal,maudhu dll.. Teks Arab dan Terjemah indonesia..
      Penggunaan sangat mudah, Cara penginstalan hanya 1x Klik, dan Bisa diinstal berkali kali..

      Software2 islami untuk anak
      Belajar bhs arab anak, anak islam, anak mandiri, anak cerdas,
      Kitab2 tebal harun yahya, kitab2 kristologi, Ceramah Kristologi, ensiklopedi muslimah’ belajar nahwu shorof, Video2 harun yahya , video haji dan umroh sesuai sunah, Tata cara memandikan jenazah (Sangat cocok untuk Media bermain dan belajar PAUD dan TK) dan masih banyak lagi ribuan lainya..

      Alqur’an Digital Al Kalam Lengkap dengan Audio Murotal 30Juz dengan pilihan 4 Qori yang berbeda, Ilmu tajwid per Ayat, Tafsir per ayat dll

      -Tafsir Ibnu Katsir terbaru versi exe 30jus lengkap dengan pencarian ayat dan kata

      -Audio Video belajar bahasa Arab untuk pemula
      -Video lilin kisah Nabi nabi dan para sahabat, video keislaman lainya
      -Belajar sholat lengkap interaktif untuk anak anak, dll..

      Perpustakaan Islam Digital versi Flasdisk kami Promosikan dengan harga Rp 350.000
      Gratis ongkos kirim seindonesia

      Segera Miliki Software Ensiklopedi Islam Lengkap dan dapatkan banyak manfaat didalamnya..
      Harga Promosi Rp 350.000 Gratis Ongkir Seluruh Indonesia..

      Belanja yang bermanfaat Inshaa Allah menjadi sebab keberkahan Rizki yang kita dapatkan..
      JAMINAN 100% GA ADA RUGINYA BELI BAHAN MATERI UNTUK MEMAHAMI DIENUL ISLAM,
      -Menjadi sumber amal yang terus mengalir jika dipinjamkan atau di wakafkan
      Isinya Ribuan ilmu Syariat Islam ..
      Lebih hemat puluhan juta, lebih praktis, lebih membantu dan mempermudah dalam belajar, pekerjaan serta Dakwah Islam
      – Pasti Berkahnya dan pasti manfaatnya dunia akhirat

      Syukron Katsiro’ karna sudah meluangkan waktu sejenak membaca pesan informasi ini
      Semoga Kita dan keturunan kita menjadi hamba hamba pilihan Allah yang senantiasa berpegang teguh dengan Aqidah Islam Ahlu Sunnah Wal Jamaah sebagaimana yang dicontohkan Oleh Rasulullah SAW dan Para Sahabatnya ..

      Pemesanan Hubungi : 0838 6181 7818
      atau Inbok aja smile emotikon
      WILAYAH SEMARANG, SOLO,JAKARTA BISA LANGSUNG DIANTAR ..
      100% AMANAH TERBUKTI TERPERCAYA
      Jazakumullah Khoyron Katsir .

  2. Assalaamu’alaikum ustadz

    Saya ingin menikah, namun pasangan saya menjanjikan 2 tahun lagi, sedangkan pacaran itu mendatangkan mudharat.

    Saya jadi bingung. Menunggu/ meninggalkan

    • Waalaikumusalam.. mbak, kalau menurut saya hanya ada dua pilihan “halalkan atau tinggalkan sementara”. Klau kata imam syafi’i, “Allah akan menimpakan pedihnya pengharapan pada orang yang berharap kepada selainNya”..klau Al Qur’an bilang “ada orang2 yang menjadikan kenginannya sebagai Tuhan” dan “janganlah dekati zina” apa yang mbak rasakan sama sekali dengan yang dulu saya rasakan..Allah maha pembolak balik hati.. tidak ada yang bisa menjamin perasaan seseorang setahun, sebulan atau beberapa jam kemudian. 🙂 hanya satu yang menjadi bahan pemikiran saya “tidak ada satu laki2 pun pada zaman rosulullah yang berani mendekati seorang perempuan mulia tanpa ada kesanggupan langsung menokahi” 🙂 kita memang mungkin tidak semulia itu, tapi kita bukan perempuan serendah itu yang didekati dengan belum ada kemampuan menikahi dari seorang laki2.. wallahualam..

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.