Home Ilmu Islam Fiqih Puasa Arafah, Niat dan Keutamaan Disertai 7 Hadits Shahih

Puasa Arafah, Niat dan Keutamaan Disertai 7 Hadits Shahih

83706
25
puasa arafah

Puasa Arafah adalah salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan (sunnah muakkadah) bagi kaum muslimin yang tidak sedang berhaji. Keutamaannya sangat luar biasa, dijelaskan dalam banyak hadits shahih.

Hukum Puasa Arafah

Bagi kaum muslimin yang tidak sedang mengerjakan ibadah haji, puasa arafah hukumnya sunnah muakkadah. Sedangkan bagi kaum muslimin yang sedang berhaji, tidak ada keutamaan untuk puasa pada hari arafah.

عَنْ عِكْرِمَةَ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى أَبِى هُرَيْرَةَ فِى بَيْتِهِ فَسَأَلْتُهُ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ بِعَرَفَاتٍ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ نَهَى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ بِعَرَفَاتٍ

Dari Ikrimah, ia mengatakan: “aku masuk ke rumah Abu Hurairah lalu bertanya tentang puasa hari Arafah bagi (jamaah haji yang sedang) di Arafah.” Lalu Abu Hurairah menjawab, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang puasa hari Arafah di Arafah” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah mencantumkan hadits tersebut kemudian mengutip penjelasan Imam Tirmidzi. “Para ulama memandang sunnah berpuasa pada hari arafah kecuali apabila berada di Arafah,” kata penyusun Sunan Tirmidzi itu.

Prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu menjelaskan, “bagi orang yang sedang menunaikan haji, tidak disunnahkan berpuasa hari Arafah. Bahkan disunnahkan untuk tidak berpuasa meskipun ia kuat agar tersedia kekuatan untuk berdoa dan juga mengikuti sunnah.”

“Sedangkan menurut mazhab Hanafi,” lanjut Syaikh Wahbah, “orang yang sedang berhaji boleh berpuasa hari arafah jika ia kuat.”

Syaikh Musthofa Al Bugho dalam Nuzhatul Muttaqin menjelaskan, “Pada hari Arafah, orang-orang yang tidak melakukan haji disunnahkan melakukan puasa Arafah, sedangkan orang-orang yang sedang melakukan haji tidak disunnahkan puasa karena dapat menyebabkan badannya lemah sehingga amalan-amalan ibadah yang lain terganggu.”

Waktu Puasa Arafah

Puasa arafah disunnahkan bagi kaum muslimin yang tidak sedang mengerjakan ibadah haji. Waktunya bertepatan dengan waktu wukuf. Jadi, saat jamaah haji sedang wukuf di arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, kaum muslimin yang tidak sedang mengerjakan haji disunnahkan untuk puasa arafah.

Keutamaan Puasa Arafah

Keutamaan puasa sunnah ini sangat luar biasa sehingga sangat merugi jika ditinggalkan atau terlewatkan.

Berikut ini tujuh hadits shahih yang menjelaskan keutamaannya.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

Rasulullah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau bersabda: “Menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.” (HR. Muslim)

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ

Puasa hari Arafah, aku berharap kepada Allah Dia menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya (HR. Muslim)

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ إِنِّى أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ

Puasa hari Arafah, sesungguhnya aku berharap kepada Allah, Dia menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; shahih)

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ غُفِرَ لَهُ سَنَةٌ أَمَامَهُ وَسَنَةٌ بَعْدَهُ

Barangsiapa berpuasa pada hari Arafah, maka ia diampuni dosa-dosanya setahun yang di depannya dan setahun setelahnya (HR. Ibnu Majah; shahih)

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ غُفِرَ لَهُ ذَنْبُ سَنَتَيْنِ مُتَتابِعَتَيْنِ

Barangsiapa berpuasa pada hari Arafah, maka dosanya diampuni selama dua tahun berurut-turut. (HR. Abu Ya’la; shahih)

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ غُفِرَ لَهُ سَنَةٌ أَمَامَهُ وَسَنَةٌ خَلْفَهُ

Barangsiapa berpuasa pada hari Arafah, maka ia diampuni tahun depannya dan tahun belakangnya. (HR. Thabrani dalam Al Mu’jam Al Ausath; shahih lighairihi)

سَأَلَ رَجُلٌ عَبْدَ اللَّهِ بن عُمَرَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ ؟ فَقَالَ : كُنَّا وَنَحْنُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَعْدِلُهُ بِصَوْمِ سَنَتَيْنِ

Seorang laki-laki bertanya kepada Ibnu Umar tentang puasa hari Arafah, dia menjawab, “Kami dulu bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyamakannya dengan puasa dua tahun.” (HR. Thabrani dalam Al Mu’jam Al Ausath; hasan lighairihi)

Baca juga amalan sunnah lainnya:
Sholat Dhuha
Sholat Tahajud
Puasa asyura

Niat Puasa Arafah

Di dalam hadits, tidak dijumpai bagaimana lafal niat puasa arafah. Rasulullah dan para sahabat biasa mengerjakan amal dengan niat tanpa dilafalkan.

Syaikh Wahbah dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu menjelaskan, semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah hati. Melafalkan niat bukanlah syarat, namun ia disunnahkan oleh jumhur ulama selain mazhab Maliki dengan maksud membantu hati dalam menghadirkan niat. Sedangkan menurut mazhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak bersumber dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dalam mazhab Syafi’i, lafal niat puasa Arafah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shouma ‘arofata lillaahi ta’aalaa)

Artinya: saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta’ala

Kapan waktu niat puasa Arafah ini? Sebaiknya, niatnya di waktu malam sebelum terbit fajar. Namun karena ini adalah puasa sunnah, maka jika terlupa, boleh niatnya di pagi hari asalkan belum makan apa-apa dan tidak melakukan hal apapun yang membatalkan puasa.

Sebagaimana Rasulullah pernah puasa sunnah dengan niat di waktu pagi seperti pada hadits berikut ini:

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ قَالَتْ دَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ هَلْ عِنْدَكُمْ شَىْءٌ. فَقُلْنَا لاَ. قَالَ فَإِنِّى إِذًا صَائِمٌ. ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَرَ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ أُهْدِىَ لَنَا حَيْسٌ. فَقَالَ أَرِينِيهِ فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا . فَأَكَلَ

Dari Aisyah Ummul Mukminin, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menemuiku pada suatu hari lantas beliau bertanya, “Apakah kalian memiliki sesuatu untuk dimakan?” Kami pun menjawab, “Tidak ada.” Beliau pun bersabda, “Kalau begitu saya puasa.” Kemudian di hari lain beliau menemui kami, lalu kami katakan pada beliau, “Kami baru saja dihadiahkan hays (jenis makanan berisi campuran kurman, samin dan tepung).” Lantas beliau bersabda, “Berikan makanan tersebut padaku, padahal tadi pagi aku sudah berniat puasa.” Lalu beliau menyantap makanan tersebut. (HR. Muslim).

Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

Maraji’:

  • Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq
  • Fiqih Islam wa Adillatuhu karya Prof. Dr. Wahbah Az Zuhaili
  • Nuzhatul Muttaqin syarah Riyadhus Shalihin karya Dr. Musthafa Al Bugho, Dr. Musthafa Said Al Khin, Muhyidin Mistu, Ali Asy Syirbaji dan Muhammad Amin Luthfi
  • Shahih at Targhib wa at Tarhib karya Syaikh Muhammad Nasiruddin Al Albani
  • Kitab Fadhail A’mal karya Ali Muhammad Al Maghribi
SHARE

25 KOMENTAR

  1. Selain puasa arafah ada juga puasa tarwiyah. Adakah dalilnya dan bagaimana keutamaan puasa tarwiyah mohon pencerahan

    • Puasa tarwiyah yang dilaksanakan tanggal 8 Dzulhijjah (sehari sebelum puasa arafah) umumnya bersumber dari riwayat Ibnu An Najjar dan Abu Syaikh dari Ibnu Abbas yang menyebutkan puasa tarwiyah menghapus dosa setahun dan puasa arafah menghapus dosa dua tahun.

      Riwayat tersebut dinilai dhoif oleh Asy Syaukani dan Ibnul Jauzi. Para ulama dalam kitab fiqih seperti Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq dan Fiqih Islam wa Adillatuhu karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili serta Fiqih Empat Mazhab hanya membahas puasa arafah dan tidak mencantumkan puasa tarwiyah.

      Namun demikian, tetap boleh melakukan puasa di tanggal 8 Dzulhijjah dengan keumuman dalil bahwa amal pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah sangat dicintai Allah, termasuk puasa pada hari pertama hingga hari kesembilan. Adapun tanggal 10 dilarang puasa karena Idul Adha. Wallahu a’lam bish shawab.

      • Maksih kang iraiannya, stelah baca2 sy jd tertarik insyaAllh besok puasanya bs smp beduk, iklas dn berkah… Amin

  2. Subhanallah… luar biasa keutamaan puasa arafah. Kalau di Indonesia berarti besok ya puasa arafah tapi kok ada teman yang mulai puasa hari ini?

    • Seperti yang ditulis anAnis Aulia di atas, puasa 8 Dzulhijjah tersebut adalah puasa tarwiyah.

      Silahkan dibaca penjelasan tentang puasa tarwiyah di atas. Yang intinya, tidak ada hadits shahih yang menjelaskan keutamaannya secara khusus dan tidak dibahas dalam kitab-kitab fiqih. Namun diperbolehkan dengan keumuman dalil bahwa amal pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah sangat dicintai Allah, termasuk puasa pada hari pertama hingga hari kesembilan. Adapun tanggal 10 dilarang puasa karena Idul Adha. Wallahu a’lam bish shawab.

  3. niat puasa arafah itu terdapat dalam kitab apa ya? Kalau memang Nabi tidak mengajarkan berarti kan nggak perlu membaca niat seperti itu karena niat boleh dengan bahasa apapun yg penting ikhlas karena niat kan tempatnya di hati

    • Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan oleh Alllah SWT untuk menjalankan puasa arafah. Mumpung diberi sehat dan waktu sempat, mabfaatkan waktu yang tersisa dengan puasa Arafah dan hiasi 10 hari awal bulan dzulhijjah 1438 H denga berlomba lomba dalam kebaikan , tadarus A Quran pagi siang malam, Sholat dhuha dan tahajud. Semoga negeri Indonesia rakyatnya dan para peminpin sangat suka sekali sholat shubuh sampai Isya berjamaah di masjid. AAmiin

  4. Subhanallah, untuk puasa arafah waktu berbukanya apakah pada saat waktu adzan maghrib di tanggal 9 dzulhijah ataukah setelah sholat idul adha pada tanggal 10 dzulhijah?

  5. Sahur itu sangat di anjur kan ..karna agar puasa kita bisa lancar…tapi jika tak ingin sahur juga tidak ada larangan

  6. Semoga di lancarkan bagi qt semua yg mnjalankan puasa arafah besok.dan amalan dr ibadah kita bisa di terima oleh allah swt.😊😊amin

  7. Ampuni segala dosa2 yg hamba perbuat disengaja maupun tdak disengaja yaallah O:) saya niat berpuasa untuk esok hari karna ALLAH TA’ALA , amin

  8. Assalamualaikum apa kita masih bisa di katakan puasa kalau hanya niat di pagi hari saja karena tidak sempat untuk bangun buat sahur??

    • Sebagaimana Rasulullah pernah puasa sunnah dengan niat di waktu pagi seperti pada hadits berikut ini:

      عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ قَالَتْ دَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ هَلْ عِنْدَكُمْ شَىْءٌ. فَقُلْنَا لاَ. قَالَ فَإِنِّى إِذًا صَائِمٌ. ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَرَ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ أُهْدِىَ لَنَا حَيْسٌ. فَقَالَ أَرِينِيهِ فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا . فَأَكَلَ

      Dari Aisyah Ummul Mukminin, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menemuiku pada suatu hari lantas beliau bertanya, “Apakah kalian memiliki sesuatu untuk dimakan?” Kami pun menjawab, “Tidak ada.” Beliau pun bersabda, “Kalau begitu saya puasa.” Kemudian di hari lain beliau menemui kami, lalu kami katakan pada beliau, “Kami baru saja dihadiahkan hays (jenis makanan berisi campuran kurman, samin dan tepung).” Lantas beliau bersabda, “Berikan makanan tersebut padaku, padahal tadi pagi aku sudah berniat puasa.” Lalu beliau menyantap makanan tersebut. (HR. Muslim).

      Wallahu a’lam bish shawab.

  9. Assalamu alaikum. Sy dapat pesan WA kalau Kita harus saling memaafkan sebelum.hari Arafah. Sebab ada sabda nabi kalau segala amal baik diangkat Allah kecuali amal orang yg bermusuhan di riwayatkan imam.Al.Baqir. apakah ini hadist shahih ?

  10. assalamualaikum.
    mau tanya kak,
    saya pernah searching kok niatnya ada yang begini “Nawaitu Shauma Syahri Dzilhijjati sunnatan lillahita’aala.”
    beda atau sama ya intinya dari niat puasa arafah diatas.
    tolong infonya

  11. Assalamualaikum,
    Bagaimana dengan kebiasaan beberapa orang yg meminta maaf atau mengirimkan ucapan Mohon maaf lahir batin sebelum melakukan puasa arafah?Apakah ada dalilnya?

  12. Asalamualaikum . Min mau nanya . Temen saja kemaren berpendapat katanya kan puasa arafah itu menghapus dosa setahun sesudah dan setahun yang akan datang . Trus dia bilang gini min . Berarti kalo kita nglakuin dosa setahun yang akan datang diampuni dong . Itu gimana min .

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here