Beranda Tazkiyah Fadhilah Cara Mudah Mengundang Malaikat Datang ke Rumah

Cara Mudah Mengundang Malaikat Datang ke Rumah

rumah
Rumah (motherearthnews.com)

Hadits ini sering kita dengar. Namun, kita mungkin luput dari satu hal ketika memperhatikan hadits ini. Bahwa di dalamnya Rasulullah menunjukkan satu cara untuk mengundang malaikat masuk ke rumah kita.

Cara mudah mengundang malaikat datang ke rumah. Judul ini terinspirasi dari ceramah Ustadz Farid Dhofir di Masjid Islamic Center Gresik, malam ini. Dan tentunya, malaikat yang datang adalah malaikat rahmat, bukan malaikat maut yang tanpa diundang suatu saat pasti datang menghampiri setiap insan.

مَا جَلَسَ قَوْمٌ مَجْلِسًا يَذْكُرُونَ اللَّهَ فِيهِ إِلاَّ حَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَتَغَشَّتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَتَنَزَّلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

“Tidaklah suatu kaum bermajlis di satu majlis yang di dalamnya mereka mengingat Allah, melainkan malaikat menaungi mereka, mencurahkan rahmat dan menurunkan sakinah dan Allah menyebut-nyebutkan mereka kepada makhluk-makhluk yang ada di sisiNya.” (HR. Ibnu Majah)

Majlis dalam hadits ini, menurut Ustadz Farid, bisa terjadi di mana saja baik masjid, sekolah maupun rumah. Maka melalui hadits ini sesungguhnya kita mendapatkan informasi dari Rasulullah mengenai cara mengundang malaikat ke rumah kita.

Yadzkuruunallah, inilah cara agar malaikat datang ke rumah kita. Yakni rumah itu kita jadikan tempat untuk bermajlis dalam rangka yadzkuruunallah. Berdzikir kepada Allah atau mengingat Allah. Prakteknya luas. Bisa dengan mengajak keluarga tilawah, bisa dengan membentuk forum mengkaji Al Quran untuk keluarga, halaqah keluarga, dan lain sebagainya. Yang pasti, di dalam majlis itu kita bisa mengingat Allah.

Jika ini yang kita lakukan; mengajak keluarga bersama-sama mengaji atau mengkaji Al Quran, pada majlis semacam itulah malaikat akan datang ke rumah kita. Tidak sekedar datang, namun mereka menaungi anggota keluarga kita seraya mencurahkan rahmat dan menurunkan sakinah.

Jika dinaungi malaikat, dicurahkan rahmat dan mendapat sakinah, maka keluarga kita akan menjadi keluarga yang bahagia. Keluarga yang harmonis. Keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Keluarga yang barakah.

Jadi, jika ingin mengundang malaikat datang ke rumah, tak perlu susah-susah. Cukup ajak seluruh anggota keluarga kita tilawah atau ngaji bersama, maka malaikat akan datang meskipun kehadiran mereka tidak bisa kita indera. [Muchlisin BK/Cbersamadakwah]