Beranda Tazkiyah Doa Doa Bercermin, Lengkap Arab Latin dan Artinya

Doa Bercermin, Lengkap Arab Latin dan Artinya

doa bercermin

Islam mengajarkan doa dalam segala kondisi. Termasuk saat bercermin. Nah, berikut ini doa bercermin, lengkap dengan tulisan Arab, tulisan Latin, dan artinya.

Setiap hari, kita pasti bercermin. Terutama ketika pagi hari atau hendak pergi bekerja atau kondangan. Tentu jika ingin menyenangkan suami atau istri, kita juga perlu memperbaiki penampilan di antaranya dengan bantuan cermin.

Nah, langsung saja, berikut ini dua doa bercermin. Yang satu doa singkat dari hadits shahih, satu lagi doa yang lebih panjang tetapi derajat haditsnya dhaif. Kendati demikian, doa tersebut Imam An Nawawi cantumkan dalam Al Adzkar.

Doa Bercermin yang Shahih

Berikut ini doa bercermin dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya:

اللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

(Alloohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqi)

Artinya:
Ya Allah, sebagaimana Engkau baguskan tubuhku, maka baguskanlah akhlakku

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits shahih riwayat Ibnu Hibban, Al Baihaqi, dan Abu Ya’la.

Baca juga: Doa Masuk Rumah

Doa Bercermin Panjang

Selain doa di atas, ada pula doa bercermin yang lebih panjang. Berikut ini lafazh Arab, tulisan latin, dan artinya:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي سَوَّى خَلْقِي فَعَدَّلَهُ وَكَرَّمَ صُوْرَةَ وَجْهِي فَحَسَّنَهَا وَجَعَلَنِي مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

(Alhamdulillaahil ladzii sawwa kholqii fa’addalahu wakarroma shuurota wajhii fahassanahaa wa ja’alanii minal muslimiin)

Artinya:
Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan penciptaanku dan menjadikan susunan tubuhku seimbang, memuliakan bentuk wajahku dan memperindahnya serta menjadikanku termasuk golongan kaum muslimin.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Ibnu Sunni. Imam An Nawawi mencantumkannya dalam Al Adzkar.

Baca juga: Doa Ziarah Kubur

Faedah Doa Bercermin

Dua doa bercermin di atas sama-sama berisi ungkapan syukur bahwa Allah menjadikan tubuh dan fisik yang bagus, rupa yang indah. Ucapan ini akan menumbuhkan kepercayaan diri dan rasa syukur atas fisik dan wajah kita.

Dengan kepercayaan diri dan rasa syukur, kita akan lebih mudah bahagia. Dan kebahagiaan kita akan berpengaruh pada aura, pemikiran, dan tindakan. Tumbuh antusias dan semangat, juga kejernihan berpikir dan kreatifitas. Hasilnya, insya Allah kita lebih mudah mencapai kesuksesan.

Kemudian, kita juga memohon kepada Allah untuk memperbaiki akhlak kita. Dan sungguh kebaikan akhlak ini jauh lebih penting daripada keindahan fisik. Dengan memiliki akhlak yang baik, Allah akan mencintai kita. Demikian pula orang-orang yang beriman akan mencintai kita. Bahkan seluruh manusia pada umumnya.

Semoga kita bisa mengamalkan doa bercermin ini. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. Wallahu a’lam bish shawab. []

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.