Beranda Tazkiyah Doa Doa Ketika Turun Hujan, Agar Berkah dan Tidak Jadi Musibah

Doa Ketika Turun Hujan, Agar Berkah dan Tidak Jadi Musibah

doa turun hujan

Ketika musim kemarau dan cuaca panas, kita berharap hujan turun. Namun ketika turun hujan, banyak orang mengeluh. Umumnya karena ada banjir, atau yang lebih sederhana, jemuran tidak kering-kering. Nah, ini doa ketika turun hujan agar membawa berkah dan tidak menjadi musibah.

Tentu doa ini tidak sim salabim menghentikan banjir. Karena banjir itu sunnatullah akibat kerusakan yang manusia perbuat. Misalnya penebangan hutan, buruknya drainase, buang sampah sembarangan, hingga buruknya tata ruang. Untuk menghentikan banjir, perlu ikhtiar sejalan dengan sunnatullah. Mulai dari reboisasi, pengelolaan tata ruang, memperbaiki drainase sehingga aliran air lancar, hingga membuang sampah pada tempatnya.

Sambil ikhtiar menjemput sunnatullah itu berjalan, doa tetap harus kita panjatkan. Sebab ada faktor lain yang kita inginkan; keberkahan. Hujan yang berkah; yang menyuburkan tanaman, menjadi sumber air minum dan berbagai kebutuhan, hingga solusi atas kekeringan. Bukan hujan yang menjadi musibah.

Doa Ketika Turun Hujan

Dalam kondisi umum, ketika turun hujan, bacalah doa yang Rasulullah ajarkan ini. Bagi Anda yang tidak bisa membaca tulisan Arab, kami sertakan pula tulisan latin, dan artinya:

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

(Alloohumma shoyyiban naafi’aa)

Artinya:
Ya Allah, mohon turunkan hujan yang deras lagi bermanfaat.

Keterangan:Doa ini bersumber dari hadits shahih riwayat Imam Bukhari.

Baca juga: Doa Iftitah

Doa Ketika Hujan Deras (Berpotensi Banjir)

Selain doa di atas, ada lagi doa turun hujan yang Rasulullah ajarkan. Khususnya saat hujan sangat deras dan menimbulkan banjir.

Berikut ini doa ketika hujan deras dan berpotensi banjir, lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan artinya.

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا ، وَلاَ عَلَيْنَا

(Alloohumma hawaalainaa walaa ‘alainaa)

Artinya:
Ya Allah, semoga (hujan turun) di sekitar kami bukan di daerah kami.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits shahih riwayat Imam Bukhari.

Ada pula doa yang lebih lengkap. Juga merupakan riwayat Imam Bukhari dalam Shahih-nya.

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالآجَامِ وَالظِّرَابِ وَالأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

(Alloohumma hawaalainaa walaa ‘alainaa. Alloohumma ‘alal akaami wal jibaali wal aajaami wadh dhiroobi wal audiyati wamanaabitisy syajar)

Artinya:
Ya Allah, semoga (hujan turun) di sekitar kami bukan di daerah kami. Ya Allah, semoga di atas gundukan-gundukan, bukit-bukit, perut-perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.

Baca juga: Doa Qunut

Penjelasan Doa Turun Hujan

Doa pertama, waktu membacanya adalah di awal turun hujan. Atau dalam kondisi hujan normal. Ada pun jika hujan sangat deras sehingga khawatir ada bahaya atau terjadi banjir, maka bacalah doa Allaahumma haalainaa… tersebut.

Doa tersebut memiliki sababul wurud yang luar biasa. Yakni ada seorang laki-laki yang masuk ke masjid pada hari Jumat ketika Rasulullah sedang khutbah. Ia melaporkan banyaknya tanaman rusak akibat kekeringan dan minta Rasulullah mendoakan agar hujan.

Begitu Rasulullah berdoa, tak lama kemudian muncul arak-arakan awan. Lalu hujan turun dengan derasnya. Yang menjadi masalah, hujan turun selama satu pekan sehingga matahari pun tidak kelihatan dan banjir memutuskan jalan. Pada Jumat berikutnya, laki-laki tersebut kembali menghadap Rasulullah minta agar Rasulullah mendoakan hujan berhenti. Rasulullah pun berdoa dengan doa Allaahumma haalainaa… tersebut dan tidak lama kemudian hujan pun berhenti.

Baca juga: Doa Setelah Sholat

Kumpulan Doa Lainnya

Islam adalah agama yang syamil mutakamil. Sempurna dan menyeluruh. Islam agama yang sempurna untuk umat manusia sejak masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hingga kiamat datang. Ajaran Islam menyeluruh meliputi seluruh segi kehidupan. Karenanya, tidak ada satu bidang pun kecuali Islam memiliki tuntunan baik yang bersifat umum maupun khusus. Terkadang global dan terkadang sangat detail dan hampir semua ada doanya.

Doa ketika turun hujan ini menjadi bukti bahwa Islam itu syamil mutakamil. Jika dalam menghadapi hujan saja ada tuntunannya, apalagi mengelola perkara-perkara penting dan krusial. Semua ada panduannya.

Semoga kita bisa mengamalkannya. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. []

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.