Beranda Suplemen Opini “Ngejek Jenggotan Seperti Kambing, Berarti Pengejek yang Tak Jenggotan Apa Seperti Babi?”

“Ngejek Jenggotan Seperti Kambing, Berarti Pengejek yang Tak Jenggotan Apa Seperti Babi?”

12
onewakimuslim

1. Akhwat diajak hijab, berkilah “Hijabin hati dulu”. Terus kalau ikhwan (yang potensi tumbuh jenggot) diajak biarkan jenggot, kilahnya apa? “Jenggotin hati” dulu?

2. Ikhwan Oh Ikhwan. Gayamu begitu mentereng, Wan. Jenggot tipis berlambaian. Kalau pergi jalan-jalan, Sandal jepit kesayangan selalu digunakan.

3. Mau tanya, kamu lebih suka ikhwan yang berjenggot atau ikhwan yang ga punya jenggot?

4. Apakah index kegantengan seorang ikhwan berbanding lurus dengan panjangnya jenggot? 🙂

5. Menurut BlogDokter, memelihara jenggot sejak jaman dahulu dianggap sebagai lambang kejantanan pada pria.

6. Yang suka ngejek orang yang jenggotan itu kayak “kambing”, nah kamu yang ngejek dan nggak jenggotan apa mau dibilang kayak “babi” ?

7. Ikhwan yang keren tuh jenggotnya dipanjangin ngikutin sunnah Rasul, ikhwan yang kardus tuh motong jenggot biar ngga dibilang berantakan sama akhwat.

Itulah pernyataan atau kicauan di Twitter tentang jenggot. Lalu bagaimana Islam memandang jenggot?

Sabda Rasulullah SAW diantaranya berikut ini :

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُمَا عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَالِفُوا الْمُشْرِكِينَ وَفِّرُوا اللِّحَى وَأَحْفُوا الشَّوَارِبَ
Dari Ibnu Umar radhiyalahuanhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Berbedalah dengan orang-orang musyrik. Panjangkanlah jenggot dan potonglah kumis. (HR. Bukhari)

عن أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ : جُزُّوا الشَّوَارِبَ وَأَرْخُوا اللِّحَى خَالِفُوا الْمَجُوسَ
Dari Abi Hurairah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah berdabda,”Pendekkan kumis dan panjangkan jenggot, berbedalah kalian dari orang-orang majusi”. (HR. Muslim)

عن عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا عَنْ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَشْرٌ مِنَ الْفِطْرَةِ فَعَدَّ مِنْهَا إِعْفَاءَ اللِّحْيَةِ
Dari Aisyah radhiyallahuanha dari Nabi SAW,”Ada sepuluh perkara yang termasuk fithrah, di antaranya memanjangkan jenggot. (HR. Muslim)

Tiga di atas adalah nash syar’i yang berderajat shahih tentang jenggot.

Kawan, jika memelihara jenggot dianggap sebagai ibadah, maka betapa agama Islam ini sangat tidak adil. Kenapa? Sebab hanya yang ditakdirkan Allah tumbuh jenggot saja yang bisa mengamalkan.

Semua orang bisa tumbuh rambut di kepala, di ketiak atau bahkan di area kemaluan. Namun belum tentu bisa tumbuh jenggot di setiap dagu laki-laki. Menurut dr. Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin RSCM, tumbuhnya jenggot bergantung sensitifnya akar rambut terhadap rangsang hormon androgen di area tersebut. Dan ini sangat ditentukan faktor genetik atau turunan.

Ada berjuta-juta laki-laki di dunia ini memang tak tumbuh jenggotnya. Sunatullah. Hal itu terjadi sejak dari lahir hingga mati. Allah SWT mentakdirkan tidak ada satu pun jenggot tumbuh di dagu mereka.

Apakah mereka yang ditakdirkan punya wajah tidak tumbuh jenggot, lantas tidak mendapatkan pahala? Apakah ukuran ketakwaan seseorang bisa diukur dengan keberadaan jenggot?

Betapa tak adilnya syariat Islam jika ketentuan demikian, karena hanya memberi kesempatan dekat dengan Allah kepada orang-orang tertentu saja dengan menutup kesempatan buat sebagian yang lain.

Lalu?

Ada pun dari tiga hadits di atas, tak perlu ditolak keberadaannya, hanya saja yang jadi masalah adalah ’illat (penyebab datangnya perintah) untuk memelihara jenggot, yang dalam hal ini sekadar bisa berbeda penampilan dengan musyrikin.

Secara ’urf (kebiasaan), musyrikin dan majusi di era Rasulullah SAW punya penampilan yang menjadi ciri khas: mereka habit panjangkan kumis dan mencukur habis jenggot.

Jadi, ketika punya ‘potensi’ tumbuh jenggot, panjangkanlah (dan tentu rapi). Pertahankan, meski ada yang mengejekmu seperti kambing sama si pencari kambing hitam. Jika tak tumbuh, jangan memaksa diri, jatuhnya kufur nikmat. Tak mensyukuri apa yang Allah berikan. Wallahua’lam. (pm)

12 KOMENTAR

  1. gue gαk mαen-mαen om…gue serius nich…:
    Qs 56:7. dαn kαmu menjαdi TIGA GOLONGAN.

    ❶. GOLONGAN Bαrisαn HAKIM YG ADIL, berαdα di DALAM SYURGA: Mαtius 19:28, Qs 56:10-14.

    ❷. GOLONGAN KANAN yg bαkαl DISELAMETIN: Mαtius 25:32-34, Qs 56:8,90-91.

    ❸. GOLONGAN KIRI yg bαkαl KE NERAKA: Mαtius 25:32-33,41, Qs 56:9, 94.

    Muhαmmαd dαn umαtnyα kemαsuk GOLONGAN KIRI berαdα di LUAR PINTU SYURGA:

    dαrί λnαs bin Mαlik rα, sαɯ ɓerѕαɓdα: 
    λku DATANG ke PINTU SYURGA pαdα hαri Kiαmαt MEMINTA supαyα PINTU SYURGA DIBUKA. Penjαgα syurgα bertαnyα: ‘ENGKAU SIAPA?’
    αku menjαwαb: ‘Мυhαmmαd’.” (HR.Muslim,292)

    berusαhα MEMBUJUK penjαgα pintu syurgα, tαpi PENJAGA PINTU SYURGA GAK KENAL αmα kaliαn.

    Perkαrαnyα BATU dαn ORANG yg MENGHORMATI BATU selαin Allαh αdαlαh UMPAN JAHANNAM! Qs 21:98 dαn Qs 2:24

    Sαrαn gue, bαiknya elu tinggαlin Muhαmmαd dαn ikut bαrisαn Hαkim αjα okαy..!!

  2. sabar aja om…kite sodare…gak perlu dihapus dah
    cukup direnungin aja okay…

    Qs 5:82…Sesungguhnyα, kαmu dαpαti yαng PALING DEKAT PERSAHABATANNYA, dengαn orαng-orαng yαng CIUM BATU, iαlαh orαng-orαng…NASRANI…kαrenα SESUNGGUHNYA merekα TIDAK MENYOMBONGKAN diri.

  3. sebenernya banyak hadits yg ngeriwayatin perkara manjanging jenggot dan shalat di kandang kambing om…mosok gue tega berdusta terhadap sodare gue sih, ini gue copasin hadits yg laennya:

    dαri Ibnu Umαr rα, muhαmmαd bersαbdα:
    “CUKURLAH KUMIS dαn PANJANGKANLAH JENGGOT.” (HR.Muslim,382)

    dαri Jαbir bin Sαmurαh rα, muhαmmαd bersαbdα:
    “JANGAN SHALAT di KANDANG UNTA, tetαpi SHALATLAH di KANDANG KAMBING.” HR.Muslim,539)

    moge-moge elu nemu hidayah dah om…

  4. sabar aja om…gak perlu marah dunk…sebab:

    dαri Athtiyαh rα, sαw bersαbdα:
    “MARAH itu dαri SYAITAN dαn SYAITAN DICIPTAKAN dαri API.” (HR.Abu Dαwud,4152)

    tentunya elu gak mau dikatain dari syaitan kan om…ʔʔ

  5. gaklah om…yg gue copasin diatas itu shahih semua kok…
    perkara Alkitab, gak ada yg dirubah tuh…

    Alkitαb terbαgi dαri duα bagiαn:
    ①. Perjαnjiαn Lαmα berisi TAURAT, ZABUR, AMSAL dαn KITAB PARA NABI
    Kitαb Perjαnjiαn Lαmα yg ASLI menggunαkαn BAHASA IBRANI dαn diimαnin oleh Yαhudi dαn Nαsrαni.

    ②. Perjαnjiαn Bαru berisi INJIL, SURAH-SURAH PARA RASUL dan KITAB WAHYU
    Kitαb Perjαnjiαn Bαru yg ASLI mengunαkαn BAHASA YUNANI dαn hαnyα diimαnin oleh Nαsrαni doαng.

    Alkitab bahasa yg asli ini masih ada dan gak dirubah kok…
    Alkitab di Indonesia ude diterjemahin kedalam bahasa Indonesia dari bahasa aslinya diatas…
    Kalau disertai ama bahasa aslinya Ibrani dan Yunani ditambah cara melafadz kalimat aslinya dan terjemahanNYA, maka untuk satu Kitab Nabi Hosea aja ude setebel quran om…

  6. gue ude tobat om…
    perkara hadits yg gue copas itu ude bener kok…dari sumbernya.
    makanya elu jadi islam kudu belajar islam dunk…jangan islam ka-te-pe okay…

    salam peace dua jari…

  7. ya ude…elu dalemin islam dah fan…jangan setengah-setengah okay…
    gue rela menjadi ustadznya dah…kalau elu ikhlas…

    salam damai…Tuhan beserta elu sekeluarga, amin.

  8. buat om admin…sekali lagi TQ ya, ude memperkenankan gue ngeposting di tread elu…
    artikelnya bagus, gue hanya ngelihat jenggot dari sisi lain aja, terutama masa akhir kite entar di akhirat

    DOMBA αdαlαh MAJAZ dαri PENGIKUT KRISTUS
    KAMBING αdαlαh MAJAZ dαri UMAT MUHAMMAD yg MENSIFATKAN DIRINYA KEKAMBING-KAMBINGAN

    Qs 56:50. Benαr-benαr αkαn DIKUMPULKAN di wαktu tertentu pαdα HARI yαng DIKENAL (hαri Kiαmαt).

    Mαtius 25:32. Lαlu semuα bαngsα αkαn DIKUMPULKAN di hαdαpαn-Nyα dαn Iα αkαn MEMISAHKAN merekα seorαng dαri pαdα seorαng, sαmα SEPERTI GEMBALA MEMISAHKAN DOMBA dαri KAMBING,

    Qs 56:7. dαn kαmu menjαdi TIGA GOLONGAN.
    ❶. GOLONGAN Bαrisαn HAKIM YG ADIL, berαdα di DALAM SYURGA:
    Qs 56:10..orαng-orαng yαng PALING DAHULU BERIMAN..itulαh orαng yαng DIDEKATKAN. BERADA dαlαm SYURGA..SEGOLONGAN BESAR dαri orαng-orαng yαng TERDAHULU, dαn SEGOLONGAN KECIL dαri orαng-orαng yαng KEMUDIAN.
    Wαhyυ 3:21. Bαrαngsiαpα MENANG, iα αkαn Kυ-DUDUKKAN BERSAMA-SAMA dengαn Akυ di αtαs TAKHTA-Kυ, sebαgαimαnα Akυpun telαh MENANG dαn DUDUK bersαmα-sαmα dengαn BAPA-Kυ di αtαs TAKHTA-Nyα.

    ❷. GOLONGAN KANAN yg bαkαl DISELAMETIN:
    Mαtiυs 25:33. dαn Iα αkαn menempαtkαn DOMBA-DOMBA di sebelαh KANAN-Nyα dαn KAMBING-KAMBING di sebelαh KIRI-Nyα.

    Qs 56:90. Dαn αdαpun jikα diα termαsuk GOLONGAN KANAN,
    Qs 56:8. Yαitu GOLONGAN KANAN. Alαngkαh MULIANYA GOLONGAN KANAN itu.
    Qs 56:91. mαkα KESELAMATAN bαgimu, kαrenα kαmu dαri GOLONGAN KANAN.

    Mαtius 25:34. Dαn Rαja itu αkαn berkαtα kepαdα merekα yαng di sebelαh KANAN-Nyα: MARI, hαi kαmu yαng DIBERKATI oleh Bαpα-Ku, TERIMALAH KERAJAAN yαng telαh DISEDIAKAN bαgimu SEJAK DUNIA DIJADIKAN.

    ❸. GOLONGAN KIRI yg bαkαl KE NERAKA:
    Qs 56:9. Dαn GOLONGAN KIRI. Alαngkαh SENGSARANYA GOLONGAN KIRI itu.
    Qs 56:94. dαn DIBAKAR di dαlαm NERAKA.

    Mαtius 25:41. Dαn Iα αkαn berkαtα jugα kepαdα merekα yαng di sebelαh KIRI-Nyα: ENYAHLAH dαri HADAPAN-Ku, hαi kαmu orαng-orαng TERKUTUK, ENYAHLAH ke dαlαm API yαng KEKAL yαng telαh SEDIA untuk IBLIS dαn MALAIKAT-MALAIKATNYA.

    salam damai om admin…Tuhan memberkati om sekeluarga, amin.

    • Wah, kite mirip yang katanye elu ‘Tuhan’ (yesus), jenggotan jg kn ye, mirip kambing juge kn ye. Parah lu tuhan sendiri disama2in ama kambing.

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.