Beranda Ilmu Islam Fiqih Waktu Terbaik Shalat Hajat, Jam Berapa?

Waktu Terbaik Shalat Hajat, Jam Berapa?

Waktu terbaik shalat hajat
ilustrasi (Pinterest)

Hanya dua rakaat, shalat hajat memiliki keutamaan yang luar biasa. Kapan waktu terbaik shalat hajat sehingga doanya lebih mustajab dan hajatnya dikabulkan Allah?

Shalat hajat adalah sholat sunnah yang dikerjakan dengan maksud khusus memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabulkan hajat, kebutuhan atau keperluannya.

Para sahabat selalu berdoa meminta kepada Allah dalam setiap kebutuhan mereka. Yang dianggap paling sederhana sekalipun. Mereka mengamalkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

لِيَسْأَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَاجَتَهُ حَتَّى يَسْأَلَهُ الْمِلْحَ وَحَتَّى يَسْأَلَهُ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَا انْقَطَعَ

“Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Tuhan, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sandalnya ketika putus.” (HR. Tirmidzi; hasan)

Ketika kebutuhan atau keperluan itu dirasa besar, Rasulullah mengajarkan untuk tidak hanya berdoa namun mendahuluinya dengan dua rakaat shalat hajat.

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ يُتِمُّهُمَا أَعْطَاهُ اللَّهُ مَا سَأَلَ مُعَجِّلاً أَوْ مُؤَخِّراً

Barangsiapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat. (HR. Ahmad)

“Dianjurkan bagi setiap muslim yang memiliki kebutuhan yang syar’i untuk melakukan shalat hajat,” tulis Syaikh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fiqih Empat Madzhab.

Waktu Shalat Hajat

Dalam artikel Sholat Hajat yang saya tulis, banyak pertanyaan seputar waktu sholat hajat. Selain itu, banyak sekali kaum muslimin yang mencari kapan waktu terbaik shalat hajat di search engine. Karenanya, sengaja saya tulis secara khusus di sini.

Shalat hajat bisa dilakukan kapan pun baik siang maupun malam, di luar waktu dilarang shalat. Ada pun waktu dilarang shalat ada lima yakni:

  1. Dari shalat Shubuh hingga terbit matahari terbit
  2. Dari matahari terbit hingga matahari meninggi seukuran satu tombak (kira-kira 15 menit setelah matahari terbit)
  3. Ketika matahari tepat di atas kepala
  4. Dari shalat Ashar hingga mulai tenggelam
  5. Dari matahari mulai tenggelam hingga tenggelam sempurna

Dengan demikian, shalat hajat bisa dikerjakan:

  1. Di waktu sholat dhuha
  2. Setelah Shalat Zhuhur hingga sebelum masuk waktu Shalat Ashar
  3. Setelah Shalat Maghrib hingga sebelum masuk waktu Shalat Isya’
  4. Setelah Shalat Isya’ hingga sebelum masuk waktu Shalat Subuh

Jadi, waktu shalat hajat ini terbentang luas. Jika dihitung dalam jam, total waktu yang diperbolehkan shalat hajat sekitar 19 jam dalam sehari semalam. Artinya, relatif tidak ada kendala waktu bagi muslim yang mau mengerjakan shalat sunnah ini.

Waktu Terbaik Shalat Hajat

Lalu kapan waktu terbaik shalat hajat? Dari seluruh waktu itu, yang terbaik dan paling utama adalah pada sepertiga malam terakhir. Sebab waktu itu adalah waktu paling mustajab untuk berdoa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan keutamaan waktu tersebut dalam sabdanya:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir di setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Siapa saja yang berdoa kepada-Ku akan Kukabulkan, siapa saja yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberi, siapa saja yang memohon ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘. (HR. Bukhari dan Muslim)

Sepertiga malam terakhir juga merupakan waktu paling utama untuk menunaikan sholat tahajud.

Jam berapakah sepertiga malam terakhir itu?

Satu malam dihitung sejak masuk waktu Isya’ dan berakhir saat terbit fajar. Katakanlah jam 19.00 Wib hingga 04.00 Wib. Yaitu selama sembilan jam. Sepertiga malam berarti tiga jam, dengan pembagian sebagai berikut:

  • Sepertiga malam pertama: Sekitar jam 19.00 – 22.00 Wib
  • Sepertiga malam kedua: Sekitar jam 22.00 – 01.00 Wib
  • Sepertiga malam terakhir: Sekitar jam 01.00 – 04.00 Wib

Sekitar jam 01.00 Wib hingga jam 04.00 Wib (terbit fajar) itulah sepertiga malam terakhit dan itulah waktu terbaik shalat hajat. Pembahasan lengkap mengenai shalat hajat mulai dari tata cara, niat hingga keutamaannya bisa dibaca di artikel Niat Sholat Hajat. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.