Home Suplemen Motivasi 6 Langkah Petunjuk Nabi Ketika Mimpi Buruk

6 Langkah Petunjuk Nabi Ketika Mimpi Buruk

103028
15
ilustrasi (funnypicsdotweerga.com)

Sebagaimana diterangkan Rasulullah dalam haditsnya, mimpi buruk berasal dari syetan. Entah mimpi itu tidak disukai, mimpi yang menakutkan ataupun mimpi yang menyedihkan; ketiganya masuk dalam kategori mimpi jenis ini.

Bagaimana jika kita mimpi buruk? Lakukanlah enam langkah sebagaimana tuntunan Rasulullah ini, insya Allah tidak akan ada hal membahayakan yang akan menimpa.

Ta’awudz

Begitu terbangun dari mimpi buruk, segeralah berlindung kepada Allah dengan membaca ta’awudz; a’udzu billahi minasy syaithanir rajiim (aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk).

الْحُلْمُ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِذَا حَلَمَ فَلْيَتَعَوَّذْ مِنْهُ وَلْيَبْصُقْ عَنْ شِمَالِهِ فَإِنَّهَا لَا تَضُرُّهُ

“Mimpi buruk berasal dari setan, maka jika salah seorang diantara kalian bermimpi buruk, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah karenanya” (HR. Al Bukhari)

Disunnahkan bacaan ta’awudz ini tiga kali sebagaimana sabda Rasulullah dalam hadits lainnya.

Meludah ke kiri tiga kali

Setelah berlindung kepada Allah, hendaklah orang yang bangun dari mimpi buruk meludah ke kiri tiga kali.

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ الرُّؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثًا وَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ ثَلَاثًا وَلْيَتَحَوَّلْ عَنْ جَنْبِهِ الَّذِي كَانَ عَلَيْهِ

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali…” (HR. Muslim)

Dalam hadits ini, urutannya adalah meludah dulu, baru membaca ta’awudz.

Shalat

Langkah ketiga adalah shalat. Jika ta’awudz adalah meminta perlindungan Allah dengan ucapan, shalat adalah meminta pertolongan Allah dengan ucapan sekaligus perbuatan. Untuk bisa menunaikan shalat, seorang muslim harus berwudhu terlebih dahulu, sedangkan wudhu juga menjaga seseorang dari gangguan syetan.

فَإِنْ رَأَى أَحَدُكُمْ مَا يَكْرَهُ فَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ وَلَا يُحَدِّثْ بِهَا النَّاسَ

“Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian shalatlah…” (HR. Muslim)

Mengubah posisi tidur

Setelah shalat, mungkin seseorang yang telah bermimpi buruk ingin tidur lagi. Rasulullah mengajarkan, hendaknya orang yang telah bermimpi buruk mengubah posisi tidurnya.

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ الرُّؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثًا وَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ ثَلَاثًا وَلْيَتَحَوَّلْ عَنْ جَنْبِهِ الَّذِي كَانَ عَلَيْهِ

“Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan syetan tiga kali, dan mengubah tidurnya dari posisi semula.” (HR. Muslim)

Tidak menceritakan mimpi

Mimpi buruk tidak boleh diceritakan kepada siapapun; baik kepada keluarga maupun kepada orang lain.

فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مَا يُحِبُّ فَلَا يُحَدِّثْ بِهِ إِلَّا مَنْ يُحِبُّ وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَلْيَتْفِلْ ثَلَاثًا وَلَا يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا فَإِنَّهَا لَنْ تَضُرَّهُ

“Siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu tidak membahayakannya.” (HR. Al Bukhari)

Baca juga:

Jenis Mimpi dalam Islam
Tuntunan Islam jika Mimpi Baik

Tidak menafsirkan mimpi dengan penafsiran negatif

Rasulullah menjelaskan bahwa mimpi-mimpi itu tidak akan terjadi kecuali setelah ditafsirkan. Karenanya, kalaupun terpaksa menafsirkan mimpi, maka tafsirkanlah dengan hal-hal yang baik atau positif.

الرُّؤْيَا عَلَى رِجْلِ طَائِرٍ مَا لَمْ تُعْبَرْ فَإِذَا عُبِرَتْ وَقَعَتْ

“Mimpi itu berada di kaki burung (mengambang) selama tidak di ta’birkan/ditafsirkan, jika dita’birkan bisa jadi mimpi itu akan terjadi.” (HR. Ibnu Majah; shahih)

Wallahu a’lam bish shawab [Muchlisin BK/bersamadakwah]

SHARE

15 KOMENTAR

  1. Kenapa ya saya kalau tidur miring ke kiri selalu mimpi buruk? Kalau miring ke kanan mimpinya enak & indah, kyk jalan2 ke mall, makan enak, pakai baju bagus, jadi menteri, dapat duit, dapat harta karun, dsb. He he he 😀

  2. Saya mimpi melihat diri saya jd pengantin dan itu artinya jelek …trua gmn kalau sudah terlanjur sya tafsirkan …bismillah semoga gk terjadi amin.

  3. Saya tadi malam mimpi marah marahin istri saya ataw betengkar mulut, cuman istri saya diam saja tidak banyak prmbelaan. Dan setelah itu saya bermimpi di waktu yg sama,saya bermimpi di beri petunjuk kepada orang laen tw kalw mw berobat pak di situ saja dengan ki itu.berobat kepada seorang ki tw ustad, yg di dampingi bapak kandung saya, disitu ki meracik obat buat istri saya,nmun di mimpi itu penyakit istri saya waktu itu masalah perut. Sedang kan buat saya cuman di arahan saya harus ke jawa karna penyakit saya sudah besar dan sudah di ujung mulut, begitu arahan ki di dalam mimpi saya.mhon petunjuknya, apa maksud dari mimpi saya.

  4. At bermimpi di tangkap polis sedang kn sy pn tak tahu apa msllhnyr. Mlihat ank bini mngis sy tkot sgt tnpe ank bini sy tak brerti sy hidup blh tlong jelas kn apa mksd mimpi sy itu

  5. Assalamuaalikum saya baru saja menikah ditanggal 10 December.setelah menikah saya tidur pasti bermimpi padahal sudah baca doa baca surah pendek dan sebagai Nya. Setelah tinggal dikontrakan baru pun,hampir setiap hari saya Bermimpi. Mohon petunjuk Nya.
    Agar saya tidak mangalaminya lagi

  6. gimana ya saya slalu mimpi teman2 kerja saya slalu mencelakakan saya di mimpi… dan salah satu nya adalah manager saya yg di mimpi tiba2 dia resign
    perna jgf mimpi di bunuh

  7. Rosulullah memerintahkan kita agar tidak menceritakan mimpi yang buruk2 itu karena ditakutkan jika Setan mendengar/mengetahui mimpi buruk kita maka dia akan berusaha sekuat mungkin untuk mewujudkan mimpi buruk tersebut. Jika mimpi buruk tersebut menjadi kenyataan maka otomatis kita akan sangat mudah mempercayai mimpi. Disitulah setan akan merasuk untuk menyesatkan kita. Semogakita terlindung dari godaan setan yang terkutuk. Aamiin

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here