Home Tazkiyah Fadhilah Carilah Rezeki yang Halal, Jauhi yang Haram (Bagian 3)

Carilah Rezeki yang Halal, Jauhi yang Haram (Bagian 3)

423
0
ilustrasi (dirittiglobali)

Lanjutan dari Carilah Rezeki yang Halal, Jauhi yang Haram (Bagian 2)

Sumaith Bin Ajlan mengatakan, “Wahai anak Adam, perutmu cuma satu jengkal, apakah kamu mau masuk neraka karena perut?”

Ibrahim bin Adham menuturkan, “Tidak akan memahami orang yang seharusnya dapat memahami, kecuali orang mengetahui apa yang masuk ke dalam perutnya.”

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

أَجْمِلُوْا فِيْ طَلَبِ الدُّنْيَا فَإِنَّ كُلاًّ مُيَسَّرٌ لَهُ مَا كُتِبَ لَهُ مِنْهَا

“Baguskanlah dalam mencari dunia, karena setiap orang dimudahkan sesuai dengan apa yang telah dituliskan untuknya.” (HR. Al-Baihaqi).

Aisyah Radhiyallahu Anha pernah mengatakan,

“Kurangilah perbuatan dosa, sesungguhnya kamu tidak akan bertemu Allah dengan sesuatu yang lebih utama dari pada sedikit dosa.”

Wahai para hamba Allah, berhati-hatilah dan jangan tertipu!

Sesungguhnya tangan bisa dipotong gara-gara mencuri uang tiga dirham, orang merdeka dicambuk gara-gara minum setetes khamar, seorang wanita masuk neraka gara-gara seekor kucing dan mantel bisa berubah menjadi api yang membakar orang yang mengkhianatinya meskipun ia mati syahid.

Hendaklah kita senantiasa bersyukur atas semua rahmat dan karunia yang telah Allah berikan kepada kita. Jangan pernah silau oleh kekayaan dunia, karena semua itu akan sirna dan tidak akan dibawa mati.

Jangan pernah berharap untuk banyak harta, karena tidak semua orang yang mempunyai banyak harta akan taat kepada Allah dengan hartanya.

Berdoalah kepada Allah agar dikaruniakan harta yang dapat menunjang ketaatan kita kepada-Nya dan menegakkan agama-Nya.

Ya Allah, berilah kami pertolongan untuk melakukan yang halal, makan sesuatu yang halal dan minum sesuatu yang halal, wahai Yang Maha Penyasih lagi Maha Penyayang.

Ya Allah cukuplah yang halal bagi kami sehingga terjauh dari hal-hal yang diharamkan. Ya Allah, jadikanlah kami merasa cukup dengan karunia-Mu sehingga kami menjauhi segala sesuatu selain Engkau.

Ya Allah, berilah kami rezeki yang halal, yang baik dan diberkahi. Sungguh, hanya Engkaulah Yang Maha Memberi Rezeki dan Maha Luas karunia-Mu. Aamiiin Allahumma Aamiin ya Mujibassailiin.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

SHARE

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here