Home Keluarga Inilah 10 Tips untuk Hidup Penuh Cinta

Inilah 10 Tips untuk Hidup Penuh Cinta

665
0
Pengantin muslim (squarespace)

Tujuan utama menikah adalah terciptanya keluarga yang penuh sakinah (ketenangan), mawaddah (cinta), dan rahmah (kasih sayang) di samping tujuan-tujuan mulia lainnya.

Sesungguhnya pernikahan seperti makhluk hidup lainnya memerlukan asupan makanan dan perhatian agar selalu diisi dengan perasaan cinta yang berkelanjutan. Di antara sifat para suami dan istri yang sukses di dalam kehidupan mereka adalah dikarenakan mereka bisa menjaga rasa cinta mereka dan sangat bersemangat untuk memupuk dan mengembangkan rasa cinta tersebut sehingga selalu menyala.

Rasa cinta akan muncul dari jiwa mereka masing-masing ketika mengucapkan kata-kata, perubahan-perubahan dan isyarat-isyarat. Berikut ini adalah tips untuk hidup penuh cinta seperti ditulis Batsinah As-Sayyid Al-Iraqi dalam bukunya:

1. Ulangilah bersama-sama, “Mudah-mudahan Allah mempertemukan kita semua di dunia dan di akhirat.” Ucapan seperti ini mampu menambah kuat hubungan suami istri dan menguatkan rasa cinta di antara pasangan suami istri.

2. Perbanyaklah sikap yang menandakan rasa kasih sayang yang merupakan sikap yang mudah dilakukan (sederhana), akan tetapi manfaatnya sangat besar.

Di antaranya seorang pasangan suami istri menyelimuti pasangannya ketika ia melihatnya sedang tidur, dengan cara mengambilkan sandaran (seperti bantal) ketika ia akan duduk, menyuapi makanan atau menghidangkan secangkir teh.

3. Buatlah waktu untuk bercakap-cakap antara pasangan suami istri sesekali dan kenanglah masa-masa lalu yang membahagiakan.

4. Membicarakan masa sekarang, masa depan dan cita-cita bisa memperkokoh ikatan hubungan suami istri.

5. Mengungkapkan keinginan masing-masing pasangan suami istri untuk membicarakan sebuah pembicaraan khusus yang bisa menambah perasaan cinta di antara keduanya.

6. Menjamin perasaan ketika diperlukan.

Apabila seorang istri sedang hamil, maka sang suami harus bisa merasakan penderitaan dan perasaan istrinya. Sebaliknya, apabila sang suami sedang sakit, maka sang istri memberikan pertolongan dengan penuh perasaan dan kasih sayang.

7. Memberikan sesuatu sesekali, baik dalam acara tertentu ataupun dengan secara tiba-tiba bukan untuk sebuah acara tertentu.

Hal ini sangat berpengaruh, karena hadiah tersebut diberikan tanpa diduga sebelumnya. Sebuah hadiah akan terkenang dengan baik di dalam ingatan.

8. Memperbanyak doa selepas shalat atau pada saat waktu terkabulnya sebuah doa agar Allah Ta’ala melanggengkan cinta di antara pasangan suami istri.

9. Masing-masing pasangan suami istri harus bisa bersikap toleransi dan berinteraksi dengan sebaik-baiknya.

10. Melupakan sisi buruk (pasangan) dan memfokuskan perhatian kepada sisi baik (sisi positif) pasangan dan memperlakukan di antara keduanya (pasangan suami istri) dengan hal-hal yang dicintai keduanya dan bukan dengan hal-hal yang diinginkan keduanya.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here