Home Kisah-Sejarah Profil Inilah Biksu Wirathu, Teroris Botak Pembantai Muslim Rohingya

Inilah Biksu Wirathu, Teroris Botak Pembantai Muslim Rohingya

16261
88
Biksu Wirathu (Huffingtonpost.com)

Ashin Wirathu. Sekilas wajahnya tampak polos dengan kepala botak khas biksu Budha. Namun, kekejaman pria kelahiran 10 Juli 1968 ini benar-benar di luar nalar.

Dialah pencetus gerakan ‘969’; sebuah gerakan anti-Islam yang kemudian membantai muslim Rohingya dan mengusir mereka dari tanah kelahirannya.

Catatan hitam Wirathu mencuat sejak tahun 2001, saat ia menghasut kaum Budha untuk membenci muslim. Hasilnya, kerusuhan anti-Muslim pecah pada tahun 2003. Tak lama kemudian, ia mendekam di penjara akibat ulahnya. Namun, tujuh tahunkemudian ia dibebaskan tepatnya pada tahun 2010. Ia mendapat amnesti yang diberikan untuk ratusan tahanan politik, usai reformasi pascamiliter berkuasa.

Biksu yang berusia 47 tahun itu kini menjabat sebagai kepala di Biara Masoeyein Mandalay. Di kompleks luas itu Wirathu memimpin puluhan biksu dan memiliki pengaruh atas lebih dari 2.500 umat Budha di daerah tersebut.

Dari basis kekuatannya itulah Wirathu memimpin gerakan anti-Islam “969”. 969 adalah kampanye provokatif yang menyerukan kaum Budha untuk memboikot bisnis dan masyarakat Muslim.

Angka 9-6-9 mengacu pada atribut Budha, ajaran serta kerahibannya. Sehingga ketika disebut 969 maksudnya adalah konsolidasi Budha. Dalam perkembangannya, 969 berarti gerakan kaum Budha yang anti-Islam.

“Kita memiliki semboyan perjuangan: Jika Anda makan, makan di 969. Jika Anda pergi, pergi ke 969. Jika Anda membeli, belilah ke 969,” tegas Wirathu dalam sebuah wawancara di Biara Mosoeyein.

Entah mulai kapan kampanye 969 didengungkan Wirathu. Namun menurut catatan media, kampanye provokatif Wirathu mulai meluas pada awal 2013. Ia menyampaikan serangkaian pidato di berbagai tempat, menyalakan kebencian kaum Budha atas umat Islam. Selain melalui pidato, gerakan 969 juga menyebar dengan cepat melalui stiker, brosur dan sebagainya. Stiker 969 bisa dengan mudah ditemui di sepeda motor milik orang Budha, mobil, warung pinggir jalan hingga pusat kota. Kebencian dan anti-Islam meluas dengan cepat, berbuah pembantian dan pengusiran umat Islam, khususnya Rohingya.

Ribuan muslim Rohingya dilaporkan terbunuh dalam pembantaian selama beberapa tahun terakhir. Sisanya bertahan hidup dengan keterbatasan dan ketertindasan. Ratusan orang mencoba pergi menyelamatkan diri, hingga pekan lalu sampai di Aceh setelah mengarungi laut lepas dengan kapal sederhana. [Ibnu K/Bersamadakwah]

88 KOMENTAR

  1. Padahal agama budha dan agama apapun mengajarkan tentang perdamaian. Apalagi setau aku budha yg paling mengajarkan tentang kebaikan. Pernah punya temen agama Budha dan orang nya sangat2 baik, begitu juga keluarga nya . Orang2 kayak gini yg ngerusak . Astagfirullah

    • Pemuka agama apapun, aku tak percaya jika hanya tentang “dirinya” yang ia selamatkan. Aku setuju sama mba/mas leeaa, bahwa manusia macam ini yang merusak kaidah agama itu sendiri. Allahu Akbar.

  2. Kita mnusia gk da yg lbh tnggi drjatx d mta allah tnpa trkcuali agama appun…yg baik ttap baik yg bruk ttap bruk…kau bnci umat islam..kau bntai umat islam..silahkan klu thu baik mnrut ajranmu..tpi kmi umat islam mngkin tdak akan mmbalsmu krna km pnya etika pnya allah yg maha tau..jdi jngan bngga klu skrg km msh bsa trtwa @wirathu

  3. Comment:BIKSU ANJING!!! Sekarang ANJING ini bisa merasa menang dapat membantai dan mengusir muslim rohingya,tapi tunggu saja si ANJING ini mati dimakan anjing gila pemakan bangkai. Jadi bersiaplah mati hai BIKSU ANJING WIRATHU.

  4. Dr Muhammad Arifin Badri

    Mengenali Musang Dari Domba.

    Sobat! Telah baratus ratus tahun Allah menceritakan bahwa orang orang kafir itu kejam nan bengis. Mereka berdarah dingin, alih alih hanya darah ummat Islam, darah para nabipun mereka tumpahkan. Alih alih hak asasi manusia, hak asasi Allah saja mereka rampas. Alih alih kehormatan dan harga diri ummat Islam, kehormatan Allah-pun mereka langgar.

    Simaklah firman Allah Ta’ala berikut :
    وَمَا قَدَرُوا اللهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّمَاوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ
    Mereka tiada menghormati Allah dengan sebenarnya penghormatan, padahal bumi seluruhnya akan Ia genggam, dan seluruh langit akan Ia gulung dengan Tangan Kanan-Nya. Maha Suci Allah lagi Maha Tinggi dari segala yang mereka sekutukan. ( Az Zumar 67)

    Pada ayat lain Allah berfirman:
    إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
    Sesungguhnya kesyirikan itu ialah kelaliman yang sangat besat ( Lukman 13)

    Saudaraku! Masihkah anda hanyut dalam mimpi bahwa orang orang kafir akan menghormati anda dan agama anda? Masihkan anda mengimpikan bahwa orang orang kafir akan menjaga hak hak anda?

    Masihkah anda menutup mata dari sejarah panjang darah ummat Islam yang terus membanjiri bumi Allah ? Belum cukupkah Petaka yang menimpa saudara saudara kita Muslim Rohingya, Afganistan, Suria, Cina, Iraq dan lainnya sebagai buktinya? Masihkah anda menantikan giliran sebagai korbannya?

    Karena itu, bila anda tidak ingin menjadi korban selanjutnya maka tunaikanlah pesan Allah Ta’ala berikut:
    وَأَعِدُّوا لَهُم مَّا اسْتَطَعْتُم مِّن قُوَّةٍ وَمِن رِّبَاطِ الْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِ عَدُوَّ اللهِ وَعَدُوَّكُمْ وَآخَرِينَ مِن دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ اللهُ يَعْلَمُهُمْ وَمَا تُنفِقُوا مِن شَيْءٍ فِي سَبِيلِ اللهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنتُمْ لَا تُظْلَمُونَ
    Dan persiapkanlah untuk menghadapi mereka, segala kekuatan yang dapat engkau siapkan; berupa pasukan berkuda, yang dengannya angkau dapat menggetarkan musuh-musuh Allah dan juga musuh musuh kalian. Dan juga menggetarkan musuh musuh lain yang tidak kalian ketahui, namun Allah mengetahui keberadaan mereka ( musuh dalam selimut ). Dan tiada yang engkau belanjakan di jalan Allah melainkan Allah pasti memberikan imbalannya kepada kalian sedangkan kalian tiada dianiaya. ( Al Anfal 60 )

    Dan tahukah saudaraku! Kekuatan yang paling urgen untuk kita persiapkan saat ini ialah kekuatan idiologi, akidah dan iman. Dengannya kita dapat mengenali musuh dari kawan, membedakan musang berbulu domba yang hobi berseragam dengan seragam ummat Islam namun hobinya menjual islam dan ummatnya kepada musuh musuh Islam.

    Apalah artinya anda memiliki senjata dan kekuatan paling canggih bila anda belum mampu membedakan musang dari domba?

      • Ya setuju sama yang di atas. Saya yakin setiap agama mengajarkan kebaikan. Please, jangan suka memprovokasi kepada hal-hal yang bisa menghancurkan kedamaian semua umat. ‘Islam’ itu dari kata ‘Salama’ yang artinya damai. Nggak mungkin ajaran kita ini memerintahkan buat berburuksangka sama orang apalagi menyakitinya. Jangan sampai salah menafsirkan kitab suci kita. Berdakwahlah yang baik, yang damai, kalau belum nonton, coba cek film dan novel ’99 Cahaya di Langit Eropa’. Dari situ kalian akan tahu bahwa salah satu yang akan membuat Islam maju dan berkembang adalah pengetahuan dan menjadi agen muslim yang baik. 🙂

        • Saya kira komen tersebut bukan untuk menghasut atau provokasi, namun supaya kaum muslim lebih waspada saja. Mohon dibaca lagi.

    • oc saudaraku coba sekarang buatlah komunitas gerakan yang dapat menyadarkan ummat islam, bahwa orang2 kafir tidak akan pernah diam mengganggu ummat islam walaupun saat ini di berbagai belahan dunia orang masuk islam semakin pesat baik di eropa dan amerika. tpi kita harus sadar bahwa setiap saat kita terancam

  5. ini wujud dajjal di muka bumi,,,kalo manusia pasti punya hati nurani yg menolak hatinya untuk menyakiyiti sesama manusia, apalagi tokoh agama,, yg pasti ilmu agamanya mengajarkan kebaikan,,,semoga Allah bs membasmi dajjal ini dengan kekuasaannya,,,amiin

  6. Inilah tanda2 akhir zaman, tidak ada lagi kedamaian n kemanusian, yg tercipta, kerusakan mulai tumbuh mereka tidak peduli terhadap sesama manusia, mudahan mndapat Rahmat n ridho Allah swt.

  7. Ngajimu Gak Notot ………………………. Kakean Polah ….. pengend Urep Enak, “Manggono Panggon seng, seng mong ono Umatmu Thok, Mlebu kawasan Indonesia Buyar Koen sak Jemaatmu”, Pikiren maneh lek kate polah …….

  8. Koen mbelo agamamu teko Ummat Agomo liyo, aq mewakili Bongso muslim yow Mbantu kerabat2q kabeh, teko opo2 seng mok pergawe nang kerabat2q, terutama seng wes tentrem karo agomo islam, Oleh bedo Agomo, Bedo Adat Lan Budoyo, Bedo Nenek Moyang, Tapi seng Rukun, Mong Bedo Keyakinan Thok, ngarah mateni wong, nang agomomu gak diwarai rukun karo tonggo tah? ikuw pertanyaan conto cilik, seng conto Gede yow orep nang lingkungan seng akeh mayoritas agomo, ikuw sg masalah Agomo,…..saranku : totokno sek Ngajimu Pak Lek, ben ngerti ndi mosoh ndi konco, wa’alaikumsalam ……

  9. Ashin Wirathu Jika Kamu Berani Lawan Aku dari Banten

    Wahai Saudaraku semuslim seagama KIT A do’akan Ashin Wirathu Cepat di ajab Oleh Oleh Allah SWT Amin………………… Allahuakbar

  10. bagaimanapun orang diluar islam menindas, kita hanya panda mengumpat, mencaci, memaki dan sbb smapai kebun binatang dibawa.
    semuanya hanya sebatas itu saja, tp ketika muslim rohingya terombang-ambing dilautan antara hidup dan mati, semua negara menolak termasuk indonesia kecuali warga aceh, HAM selalu didengung-dengungkan tp hanya untuk penjahat saja utk membenarkan tindakkan

  11. sekarang yg harus kita lakukan adalah,mari membantu kesulitan kamu muslim rohingya dgn menyumbangkan sebagian dari rizqi kita kepada mereka

  12. kebanyakan comment enggak jelas… saya sendiri sekarang lagi dimyanmar tepat nya diibukota nya yangon,baru kemaren saya keliling2 disini.. masjid dan pagoda tempat ibadah nya budha bersebrangan jalan tapi gak ada pergesekan konflik besar2an yg diberitakan,walaupun ada itu tahun 2012… kalo masalah biksu itu tergantung pribadinya jangan bawa2 agama budha nya… semua agama pasti mengajarkan perdamaian

    • ya loh lihat yang aman2 boz lihat dirohingya deh, lihat para umat islam yang terlantar di berbagai negara asia semua menderitaaaaaa. kalau non islam yang berbuat kehancuran itu adalah oknum, tapi kalau umat islam yang berbuat kehancuran itu adalah agama? hmmmm……..

  13. Wahai saudara-saudara semuanya,marilah kita jgn saling menyalahkan sesama agama. Sebab semua agama di dunia pasti mengajarkan yang baik. Untuk masalah seperti ini yg hrs di salahkan adalah oknum tertentu saja yg melakukan itu/oknum tertentu yg hrs bertanggung jwb….

  14. Giliran muslim yg jadi korban.ngemengnya oknum….tapo jika ada orang muslim yng berbuat salah maka islam d salahkan…….gundulmu!!!!

    • Lupa ya kasus mei 98 warga tionghoa indonesia disiksa muslim indonesia???
      Para wanita diperkosa dan dibunuh
      Kalian berkoar2 seperti manusia suci ttg negara lain
      Lupa AIB negara sendiri
      Ini semua hoax yg dilebih2kan tdk ada pembantaian muslim di sana semua foto itu hoak ada penjelasanya knp…

      • saya dari tadi cuek aja orang membahas diatas, tapi ini vicka keterlaluan, maksud anda “disiksa muslim indonesia???” ???… tolong agar anda berhati2 menuliskan sesuatu, saya muslim dan saya lahir diindonesia, dan saya sangat tersinggung atas ucapan dan tulisan anda.

      • Itu bukam antar ahama itu antar etnis kaleee
        Pribumi x tionghoa

        Klo kita berpikir seperti mereka, apa bedanya dengan mereka yg menganggap semua muslim itu terrorist..
        jangan fanatik sempit lah

      • Vicka .. Hati hati kalau menulis di Sosmed . apalagi mengenai kejahatan . dan menyudutkan Agama Lain .. anda bisa di tuntut. Muslim Indonesia ..??? itu berarti saya juga.. SAYA MUSLIM , SAYA TINGGAL DI INDONESIA dan Itu Fitnah

      • Kasus mei 98 itu bukan kasus agama mba..LOL..itu konspirasi politik.,oknum,,,, krn etnis lain yg beragama Keristen tidak jadi sasaran ko…jgn asal bunyi ya

  15. Ini persis seperti tragedi hilangnya Granada di Andalusia dri tangan umat islam. Pengusiran umat islam di Andalusia secara sewnang2 kini dialami oleh saudara seiman kita suku Rohingya. Ya Allah mohon mudahkanlah cobaan-Mu kepada mereka, sebab mereka adalah umat Rasul-Mu yg senantiasa memelihara iman Islam di hati mereka. Aamiin Ya Rabbal Alaamiin…..

    • Aamiin ya rabbal aalamiin … ya Allah kiranya Engkau berkenan menjaga kami umat-MU dari segala marabahaya, Aamiin YRA.

  16. Astagfirulloh, ini kok yang komen banyak yang pakai bahasa syaitan, umat Islam yang baik tidak mencaci maki, tapi bertindak. Allohu Akbar….

  17. Btul kata hamba Allah diatas saya setuju. Kalian kan umat muslim, umat muslim itu kan umat yang selalu menjaga lisan dan hatinya dri segala macam perbuatan yg dilarang Allah……….Astaghfirullah…

  18. Semoga Allah beri dia hidayah dan islam masuk ke dalam hatinya dan dengan Kekuasaan Allah dia akan jadi muslim sejati…aamiin

  19. Bknya kmrn uda ada artikel yg karifikasi soal pembantaian itu hoax,diberita tv aja ga ada soal pembantaian knp di internet berita ky gini terus y???

  20. Bikhsu taik lasso lho ashin warahantu..monyet berkedok biksu….biksu cukimai lho…dasar anjing kurap lho…..gentot aja lho sama ….dmoga2 lho cepat modarrrrrrr amin.

  21. Lagian rohingya nya juga mentalnya parah..ya kalo diserang..balas menyerang dong..jangan malah lari..punya tangan dan kaki juga kan?

    • serang2 mataloh soek, ya kalo seimbang boz. kalo sama2 seimbang jangankan menyerang diam aja pake satu kaki dan satu tangn pasti bisa menang. lakao komen liat2 dulu gmn kejadiannya.???????

  22. Itu bukan oknum lagi, negara miamar pasti terlibat di dalamnya, gak bisa di toleran lagi.., tapi saya setuju dngan kometar di atas, itu kepala botak biksunya di jadika batu akik aj tinggal di carikan pengikatnya, pasti mahal harganya ha ha ha

  23. Hmm..
    Satu hal yg ane pelajari dr kasus bom Bali, sekalipun Imam Samudra mengatasnamakan agama (Allah) utk membinasakan kaum non muslim, tetep aja nggak ada sejarahnya di kitab manapun utk membunuh pemeluk agama lain. Walaupun ada ayat di AlQuran yg bunyinya “..penggal kepala mereka (kaum kafir) utk menyelamatkan agama Allah.” Karena pengertian ayat AlQuran secara harfiyah cm bs dipahami sm org2 tertentu.
    Dgn kata lain, doi bukan pemeluk agama apapun!
    Bahkam Imam Samudra/pelaku2 bom bunuh diri manapun yg mengatasnamakan pembenaran agamanya.

  24. Comment:kita semua hanya bisa coment ini dan itu, kita tdk tahu apa yg terjadi persis disana
    kita jg tdk merasakan apa yg mereka rasakan
    kalau mareka punya kekuatan lebih untuk melawan mereka tdk mungkin keluar dr negara nya
    kalo memang biksu tsb melakukan nya kita doakan saja semoga cepet2 di panggil sama yg berhak atas nyawanya…..amin

  25. Saudaraku..
    Jadilah sebagai muslim yg baik
    Jngn mudah trpncing dngn k adaan
    Klo kta sling mngumpat,mncaci,memki mereka
    Tu artiny kta g ad bda klakuanny sma mreka
    Tunjukkn ahlak yg baik,doakan agr dia mndpat hidayah dri Allah SWT.
    Saudaraku..
    Tunjukan jika kita muslim.
    Tunjukan ap itu islam
    Tunjukan bahwa kita cinta kedamaian.
    Smga Allah mngmpuni dosa2 nya.amiiiin.

  26. Opo iki??? Mbo ya klo komen ya diliat dulu tulisannya, dikaji dulu masalahnya. Mulut dan hatinya dijaga. Berdoa dan bertindak adalah lebih baik.
    hi vicka…
    sini aku gundulin

  27. Sebenernya g ada gunanya jg sih komen di media sosial macem ini. Kalian kalau mau doa,ya g usah dipamerkan ke orang lain. Bantu doa bukan berarti pasang doa di media sosial. Komen supaya meningkatkan semangat muslim seperti beberapa sodara qt diatas juga oke. Tp jgn jg nulis pake emosi sambil menghina agama lain. Ingat,1 orang yg salah bukan berarti semua penganut budha salah. Jgn turunkan derajat kita sampai sama dgn biksu wirathu ini. Lebih baik bantu share jadi banyak muslim yg tergerak hatinya untuk buka mata kalau muslim yg sedang tersiksa saat ini bukan cuma di palestine,tp mungkin tetangga sebelah qt malah belum makan, mungkin tetangga sebelah qt anaknya putus sekolah,mungkin tetangga qt sedang sakit dan g pnya uang buat berobat.
    Jgn sok berkoar2 mengutuk agama lain busuk kalo kita sendiri hanya sibuk memikirkan diri masing2 dan cuma ngoceh kalo ada yg lagi ngetop dan heboh soal agama dan rasisme. Coba koreksi diri masing2,kita msh rasis ato nggak? Msh beda2in agama orang ato nggak? Kalo masih,kita mungkin beberapa persen mirip biksu wirathu ini.

  28. Haha… lucu yg koment pada ribut+kepoo sendiri… ngehina2, padahal si biksunya mah lagi enak2n tdur… emang kalian yg ngehina2 yakin udh jdi org baik? ywdh doain aja kaleee supaya semua dpt yg trbaik, Allah maha besar ko, setiap kejadian pasti ada maksudnya sendiri dri Allah… ga ush bnyak ngemeng…. 😉

  29. Comment:whai umat2 islam,dngrkan baik2..
    Jgn smpai kt trjebak ssma mslim yg mmbuat kt sling mmbnci hnya krn mnyikapi prbedaan pndpt.mri kt brfkir jerrnih,mnilai sgla ssuatu yg trjadi.
    Smua agama mngjrkan kbaikan,tp tdk smua agma mngjrkn kbenaran(QS 3:19).ssngguhnya aturan,hkum,undang2,ajaran,ideologi yg d terima d ssi allah ialah islam.

  30. Comment: yg slh adlh pemerintahnya atu presdnya,niat mrk emg slh kali masak ga menjatuhi hukuman mati aja kepada bisu itu, kyak gitu kok bisa jdi biksu,knpa mereka berani karna islam klah bnyak dr budha di myanmar

  31. Jangan disamakan antara oknum dan semua pemeluk agama Budha.
    Agama Budha mengajarkan welas kasih kepada semua makhluk, yang hidup diudara, darat dan air. Bahkan kepada makhluk yang tidak terlihatpun.
    Jangan lagi kita memaki dengan kata Biksu dan botak.
    Karena itu dapat menimbulkan SARA.
    Agama Budha mengajarkan hukum karma.
    Apanpun yang dilakukan oleh Wirathu ini, akan mendapatkan karmanya sendiri.

  32. Kebijakan seorang bhiksu kok cuma ada dalam film silat dan beberapa buku-buku motivasi.
    Apa pembuat film dan penulis-nya yang pandangannya sempit & tidak mau belajar ya?

  33. Comment:yaa akhii yaa ukhti..ktahuilah d dlm QS 2:120
    Itu sngat jelas.smpai hri kiamat pun,orng2 yahudi dn nasrani tdk akn prnah rela mngkuti ajran islam,smpai mreka mmbbuat brbgai cra agar kt orng2 muslim mngikuti ideologi,cara brpakaian,makanan,gya hidup dn aturan’y mngkuti mreka.dn hri ini bnyk orng2 islam,tp ideologi’y yahudi dn nasrani.pola hdupnya pun glamor sprti yhudi dn nsrani,srta dr mknan pun ikut2an mmkan mknan yg tdk halal..
    Coba lihat slah stu iklan d tv prduk sosis.slogan’y “tinggal lep”.itu mngjrkan sgla ssuatu tnpa d awali mmbca basmallah,bknkah d dlm islam sblm mkn itu d sunnahkan mmbca basmallah.nah inilah cntoh kcil ideologi trsmbunyi yahdi dn nsrani mngjrkn kt cr prlku yg krng baik,shngga tnpa sdar bnyk mslim yg mmkan mknan juga “tinggal lep”.shingga brpngaruh kpd diri muslim itu sndri.

  34. udah” gx usah saling menghujat jika kalian orang baik.,.
    pa yang bisa kalian lakukan sekarang pa kalian mau datang ke myanmar dn menyerang mreka..??
    islam atau agama lain smua pasti punya sejarah nya masing”…
    dn saya sbagai umat islam dn hamba
    allah s.w.t tidak menginginkan pertumpahan darah terjadi lagiii…
    mudah”an allah cpat mengakhiri pertumpahan darah di mana pun…
    amiiiin ALLAHU AKBAR..!!!!

  35. Comment:manusia di bantai ya pasti mati tetapi agama islam dihapus ?..?

    PASTINYA mereka MIMPI !

    sesungguhnya agama adalah satu yaitu islam yg disempurnakan.

    makalah islam agama akhir zaman.

  36. Ini orang enggak bisa di sebut seorang ahli agama atau pemuka agama. Dia juga enggak mungkin melakkuan hal itu atas nama tuhannya. Palingan juga ini EGO dia sendiri. Dia cuma mau berkuasa sendiri. Dia juga enggak mikirin agama dan masa depannya. Dia hanya memikirkan saat ia berkuasa. Dan dia enggak Akan menggapi kata orang. Menurut dia itu.. dia sendiri yang benar. Padahal semua agama itu sama. Enggak ada agama yang mengajarkan kebencian, permusuhan, dan segala sesuatu yang memicu perpecahan. Semua agama itu mengajarkan kebaikan. Tapi Biksu ini memang ENGGAK PUNYA AGAMA.

  37. Orang jaman sekarang kok masih ada yang nyembah patung, si budha ga mikir ya emang yang dia sembah bisa memberikan kebaikan/keburukan, dikasih azab gempa sama Allah Ta’ala juga hancur berantakan sama orang2nya. Ga inget ya azab yang ditimpakan oleh Allah Ta’ala kepada penduduk Nepal setelah mereka membantai kerbau, hancur semua dirasakan ole gempa dahsyat. Setan biksu ini malah membantai manusia utk persembahan ke patung2 dan raja setan biksunya, ini tinggal menunggu kehancuran dan ditenggelamkaan saja dari muka bumi. Allahumma Amiin.

  38. warga negara lain di bela? warga sendiri di telantarkan? islam damai? sejarah ganyang di indonesia berapa banyak? minoritas di indo berapa banyak mati pernah di hitung? kalo benar islam jangan damai? kenapa negara2x islam pd kacau balau trus gak ngungsi ke negara islam aja?yg kaya raya?…negara sendiri di bom berapa kali hayo?kenapa gak bikin damai dulu negara islam nya? baru negara non muslim? omong kosong toook internet aja di temukan oleh org kafirpun di pake?semua gadget….islam kontribusinya apa?…hoax dan kekacauan doank…negara muslim aja gak mau bantu

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here