Home Kisah-Sejarah Kisah Sahabat Siapa Sebenarnya Nama Abu Bakar Ash-Shiddiq?

Siapa Sebenarnya Nama Abu Bakar Ash-Shiddiq?

498
0
gurun (hdw)

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Abu Bakar, khalifah pertama dalam Islam yang menjalankan pemerintahan dengan minhaj nubuwwah (metode kenabian).

Ia adalah khalifah pertama yang memerangi orang-orang yang enggan membayar zakat. Namun, tidak banyak yang tahu siapa sebenarnya nama Abu Bakar itu.

Dalam kebiasaan orang-orang Arab, mereka memulai namanya dengan kun-yah (julukan) yang disandarkan kepada anak pertama atau anak laki-laki yang pertama.

Misalkan, jika anak pertama adalah Aisyah, biasaya seseorang dijuluki Abu Aisyah (bapaknya Aisyah) atau Ummu Aisyah (ibunya Aisyah). Jika anak kedua adalah laki-laki, sebutlah namanya Hamid, maka kedua suami istri dijuluki Abu Hamid dan Ummu Hamid.

Kita kembali kepada tokoh Islam yang kita bahas sekarang yakni Abu Bakar. Abu Bakar, secara bahasa artinya ayahnya Bakar. Apakah di antara anaknya ada yang bernama Bakar?

Setelah diteliti dalam sejarah, Abu Bakar dikaruniai enam orang anak, tiga putra dan tiga putri.

Para putranya bernama Abdullah, Abdurrahman, dan Muhammad, sementara yang putri adalah Aisyah ummul mukminin, Asma` si pemilik dua ikat pinggang, dan Ummu Kultsum yang lahir beberapa saat setelah Abu Bakar wafat.

Tidak ada yang bernama Bakar. Lalu Bakar anak siapa? Kita kembali kepada kebiasaan orang Arab juga. Seseorang boleh dijuluki dengan selain nama anaknya.

Hal ini disebutkan dalam kitab Tuhfah Al-Maulud, yang dikarang oleh Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah, yang mana dia mengatakan,

“Seseorang yang sudah punya anak boleh menjuluki namanya dengan selain nama anaknya.

Abu Bakar tidak mempunyai anak bernama Bakar, Abu Hafsh Umar juga tidak mempunyai anak bernama Hafsh, Abu Dzar Ibnul Mundzir tidak punya anak bernama Dzar, Abu Sulaiman Khalid pun juga tidak punya anak bernama Sulaiman, begitu pula halnya dengan Abu Salamah.

Masih banyak contoh lainnya dalam sejarah. Jadi, seseorang tidak mesti diberi kun-yah dengan nama anaknya.”

Nama lengkap Abu Bakar adalah Abdullah bin Abu Quhafah Utsman bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu`ay bin Ghalib Al-Qurasyi At-Taimi, yang lebih dikenal dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq bin Abu Quhafah.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Siapa Sebenarnya Nama Abu Bakar Ash-Shiddiq? (Bagian 2)

Komentar