Beranda Keluarga Bagaimana Menghadapi Suami Manja?

Bagaimana Menghadapi Suami Manja?

0
suami bersama istrinya (weheartit)

Wahai para istri yang mulia, tahukah engkau bahwa banyak sekali laki-laki memiliki kebiasaan manja di rumah ibunya sewaktu masih kecil?

Laki-laki itu tidak pernah disuruh memasang kancing bajunya yang lepas oleh ibunya. Bahkan, tidak pernah menyetrika bajunya sendiri, tidak menyiapkan sarapan sendiri dan tidak pula menata hidangan makanan di atas meja.

Kawanan laki-laki seperti ini terbiasa melihat ibunya di belakangnya sambil menggantungkan baju yang ia lemparkan sekenanya di atas tempat tidur, membantunya mengenakan pakaian dan menyiapkan minuman, sandwich untuk dibawanya ke sekolah.

Ketika pulang sekolah setelah shalat Zhuhur, sang ibu menyambutnya dengan senyuman atau bahkan menjemputnya di sekolah. Kemudian menggantikan bajunya dan membantunya mengenakan pakaian rumah.

Terkadang juga sang ibu menyuapinya dan tidak menyuruhnya untuk membersihkan piring atau membersihkan kamar tidurnya. Lalu bagaimana laki-laki ini setelah menikah kelak?

Sudah pasti ia tidak tahan jika melihat istrinya berbeda dengan ibunya seratus delapan puluh derajat, dan yang pasti ia tidak akan membantu istrinya melakukan semuanya.

Lalu apa yang seharusnya dilakukan oleh istri?

Apakah istri harus membiarkannya dan menjadi foto copy ibunya?

Apakah istri harus menyalahkannya dan menyudutkannya sebagai laki-laki manja yang lebay?

Apakah istri harus memaksanya dan keras kepadanya agar mau membantunya dengan perintah yang tegas?

Jika seorang istri melakukan ini semua maka sama saja dengan meletakkan kayu bakar di atas nyala api.

Namun, jika seorang istri berusaha tersenyum di depan suaminya, seraya mengambil handuk yang diletakkan tidak pada tempatnya dan berkata kepadanya,

”Suamiku yang tercinta, di sinilah hendaknya handuk diletakkan.”

Pada saat itu tentu suami akan menerima dengan lapang dada dan tidak akan menolak. Dengan berulang-ulang pasti suami akan belajar, karena kejadian yang berulang akan memberi pelajaran orang-orang yang cerdas.

Kelak, pada suatu saat suami akan menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di rumahnya seperti baju, buku, kertas dan pena memiliki tempat tersendiri.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]

Berlanjut ke Bagaimana Menghadapi Suami Manja? (2)