Beranda Tazkiyah Doa Doa Pergi ke Masjid dan Artinya

Doa Pergi ke Masjid dan Artinya

0
doa pergi ke masjid

Islam mengajarkan doa untuk setiap aktivitas umatnya. Termasuk saat berangkat menuju masjid. Nah, berikut ini doa pergi ke masjid beserta tulisan Arab Latin dan artinya.

Doa Pergi ke Masjid

Berikut ini doa pergi ke masjid dalam lafadz Arab, tulisan Latin, dan artinya:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِى نُورًا وَفِى بَصَرِى نُورًا  وَفِى سَمْعِى نُورًا . وَعَنْ يَمِينِى نُورًا  وَعَنْ يَسَارِى نُورًا  وَفَوْقِى نُورًا  وَتَحْتِى نُورًا  وَأَمَامِى نُورًا  وَخَلْفِى نُورًا  وَاجْعَلْ لِى نُورًا

(Alloohummaj’al fii qolbi nuuron, wa fii bashori nuuron, wa fii sam’i nuuron. Wa ‘an yamiinii nuuron, wa ‘ay yasaarii nuuron, wa fauqi nuuron, wa tahti nuuron, wa amaamii nuuron, wakholqi nuuron. Waj’al lii nuuron)

Artinya:
Ya Allah, jadikanlah di dalam hatiku cahaya. Dalam penglihatanku cahaya. Pada pendengaranku cahaya. Sebelah kananku cahaya. Sebelah kiriku cahaya. Atasku cahaya. Bawahku cahaya. Depanku cahaya. Belakangku cahaya. Dan berikanlah cahaya kepadaku.

Keterangan:
Doa ini bersumber dari hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim. Dalam Shahih Muslim, Ibnu Abbas yang saat itu menginap di rumah bibinya, Maimunah, melihat Rasulullah keluar menuju masjid sambil membaca doa di atas.

Imam Nawawi menjelaskan dalam Al Adzkar, ketika seseorang keluar dari rumahnya menuju masjid, hendaklah membaca doa keluar rumah lalu membaca doa pergi ke masjid tersebut.

Baca juga: Doa Keluar Masjid

Doa Keluar Rumah

Di antara doa keluar rumah adalah doa yang bersumber dari hadits hasan shahih riwayat Tirmidzi dan Abu Daud berikut ini:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

(Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa haula walaa quwwata illaa billah)

Baca juga: Doa Melepas Pakaian

Praktik Doa Terbaik

Bagaimana mempraktikkan doa ini? Praktik terbaiknya, ketika keluar rumah, membaca doa keluar rumah. Lalu, membaca doa pergi ke masjid. Begitu memasuki masjid, membaca doa masuk masjid.

Semoga Allah memudahkan kita untuk mengamalkan rangkaian doa ini. Menjadikan hidup kita penuh dengan dzikir dan doa kepada-Nya. Untuk doa-doa lainnya, silakan baca di Kumpulan Doa. Wallahu a’lam bish shawab. []

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.