Beranda Ilmu Islam Hadits Hadits-hadits Tentang Datangnya Nabi Isa di Akhir Zaman

Hadits-hadits Tentang Datangnya Nabi Isa di Akhir Zaman

Ilustrasi: 7 themes

Kapan nabi Isa ‘alaihissalam datang di akhir zaman nanti? Tak ada yang tahu pasti. Namun ada banyak hadits nabawi yang bercerita tentang kedatangan nabi Isa ‘alaihissalam di akhir zaman kelak.

Tentu saja, kedatangannya ke bumi tidak akan merusak tatanan dan peran nabi Muhammad SAW sebagai khatamul anbiya’. Karena Isa tidak datang sebagai nabi atau rasul, tetapi sebagai seorang umat Muhammad SAW. Seorang Isa akan shalat dan berpuasa seperti muslim pada umumnya, bahkan Isa akan pergi haji ke Mekah bukan ke Betlehem.

Lebih dari itu, Isa akan merobohkan salib dan gereja yang selama ini telah merusak, menipu dan mengkhianati ajaran asli yang Isa ajarkan.

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Demi Yang jiwaku di tangan-Nya, Nyaris akan turun kepada kalian putera Maryam (Nabi Isa as) menjadi hakim yang adil, menghancurkan salib dan membunuh babi dan memungut jizyah dan memenuhi harta… (HR Muslim dalam kitab Iman bab turunnya Isa)

Dari Jabir bin Abdillah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Akan tetap ada dari umatku yang berjuang dalam haq dan eksis terus hingga hari kiamat. Kemudian Nabi Isa bin Maryam turun. Lalu pemimpin umat Islam saat iu berkata kepada Nabi Isa, “Kemarilah dan jadilah imam dalam shalat kami.” Namun Nabi Isa menjawab, “Tidak, kalian menjadi peminpin di antara kalian sendiri. Sebagai bentuk pemuliaan Allah atas umat ini.” (HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Hiban, Al-Hakim dan dishahihkan oleh az-Zahabi)

Rujukan lengkapnya bisa Anda baca pada kitab An-Nihayah karya Ibnu Katsir, Asyrotus-Saa’ah (Tanda-tanda kiamat) karangan Yusuf bin Abdulloh bin Yusuf Al-Wabil dan An-Nihayah Fil Fitan Wal Malahim karya Ibnu Katsir.

Jika mencari hadits tentang hari kiamat yang pasti sudah dijamin keshahihannya, ya Kitab Ash-Shahih oleh Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim. Kedua kitab tersebut sudah dijamin oleh ulama sebagai kitab paling shahih kedua dan ketiga di dunia ini, setelah kitab suci Al-Quran. Wallahua’lam. [Paramuda/ BersamaDakwah]

6 KOMENTAR

  1. Kedua hadits di atas PALSU.

    Bukti kepalsuan dari kedua hadit di atas:
    1. Frasa ‘dan membunuh babi’
    2.Kalimat :Lalu pemimpin umat Islam saat iu berkata kepada Nabi Isa, “Kemarilah dan jadilah imam dalam shalat kami.” Namun Nabi Isa menjawab, “Tidak, kalian menjadi peminpin di antara kalian sendiri. Sebagai bentuk pemuliaan Allah atas umat ini.”
    Kata-kata di atas sangat mustahil keluar dari ucapan Nabi Muhammad SAW.

    • JELAS,…PALSU…!!!
      tapi,…. kepalsuan itu hanya ada di dalam Qalbu kaum KAFIR, kaum yg tak beriman.
      Di dalam kitab Taurat & Injil sangat JELAS, Tuhan Yang Maha Esa memerintah kan pada Umat Nabi Musa as, dan Nabi Isa Almasih as dikala itu utk SUJUD mendiri kan SHOLAT, tapi mereka enggan melakukan nya bahkan memalingkan perintah trsbt.
      itu hanya baru salah satu contoh dari sekian banyak perintah Allah swt yang mereka INGKARI.
      Baca lah dengan Benar kitab suci yang ASLI, jangan yang PALSU.

  2. Sesama muslim dan muslimat tak akan saling melukai, sebaliknya, saling nasehat menasehatilah diantara kamu, semoga ALLAH mengampuni dan senantiasa memberikan petunjuk yg lurus, amiiin…

  3. Assalamualaikum wr.wb,
    Tolong tunjukkan kepada saya ayat alquran yg mana menunjukkan bahwa nabi isa diangkat oleh Allah ke langit klo benar ada?
    dan setiap nabi yg Allah utus adalah menunjukkan pertanda akhir zaman termasuk nabi besar Muhammad s.a.w.

    Allah berfirman pada surat an Nahl ayat 89.

    Dan ingatlah akan hari ketika kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, dan kami datangkan kamu (muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia.Dan kami turunkan kepadamu al kitab(alquran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.

    yg artinya sbb.
    setiap rasul yg diutus oleh Allah akan dibangkitkan di hari kebangkitan (kiamat) sebagai saksi atas umatnya sendiri-sendiri.Begitu juga dengan nabi besar nabi Muhammad s.a.w sebagai saksi atas seluruh umat manusia karena beliau adalah rasul terakhir untuk seluruh umat manusia jadi bagaimana mungkin nabi isa a.s turun lagi ke bumi?
    Bukankah Allah S.W.T yg menjaga Alquran hingga akhir zaman?

    wassalamualaikum wr.wb,
    sayyid

  4. ישוע המשיח
    Yeshua haMashiach
    Yeshua sang Mesias

    בן אלהים
    Ben Elohim
    Anak Elohim

    בן דוד
    Ben David
    Anak David

    בן יוסף
    Ben Yosef
    Anak Yosef

    שה האלהים
    Seh haElohim
    Anak domba Elohim

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.