Beranda Ilmu Islam Ingin Bisa Berbahasa Arab, Ini Kiatnya (Bagian 2)

Ingin Bisa Berbahasa Arab, Ini Kiatnya (Bagian 2)

0
Ilustrasi (flickr)

Lanjutan dari Ingin Bisa Berbahasa Arab, Ini Kiatnya

Bahasa arab yang digunakan para pelajar dan mahasiswa di kampus lebih fasih dibandingkan pekerja di negeri arab.

Meskipun memang sebagian mahasiswa di negara arab tertentu bisa menuturkan bahasa arab Ammiyah (pasaran), namun itu lebih baik ketimbang para pekerja.

Ini hanya gambaran umum, sebab ada sebagian pekerja yang benar-benar berusaha untuk menggunakan bahasa arab fush-ha (resmi).

4. Belajar di tempat kursus bahasa arab yang dipercaya

Di daerah terdapat tempat kursus bahasa arab atau yang dikenal dengan ma’had. Bagi yang ingin bisa berbahasa arab hendaklah mencari informasi sebanyak-banyak tentang tempat kursus tersebut.

5. Metode pengajaran

Secara umum, metode apapun yang diajarkan adalah baik bagi pelajar dan pemula. Hanya saja, penekanan terhadap tujuannya yang berbeda seperti yang diutarakan dalam poin 1.

Menurut pengamatan aya dalam beberapa tahun, dapat saya simpulkan bahwa metode pengajaran bahasa arab untuk orang dewasa adalah penekanan pada mendengar, membaca dan memahami teks arab yang benar.

Sementara itu, untuk anak-anak dan remaja, pelajaran yang lebih ditekankan adalah percakapan ringan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

6. Jangan berharap lebih pada tempat kursus

Sebagian peserta kursus hanya berharap bahwa semua hal tentang bahasa arab dia dapatkan di tempat kursus. Padahal, dalam kursus hanya diajarkan hal-hal yang umum karena jam pembelajarannya terbatas antara 1-3 jam saja.

Selebihnya, tugas peserta kursus untuk mendalami materi yang telah dia pelajari di rumah, kantor, dan tempat lainnya.

Pada masa ini teknologi sudah canggih, sehingga siapa saja yang ingin mendalami bahasa arab –di luar tempat kursus- bisa mengunduh materi-materi pendukung di internet. Bisa berbentuk tulisan, audio dan visual.

Sebagian peserta kursus bahasa arab yang saya temui di lapangan ada yang mengeluh,

“Kita sudah lama belajar, tapi kok gak maju-maju.”

“Saya sudah hampir selesai, tapi kemampuan saya biasa-biasa saja.”

Setelah ditanya, ternyata yang bersangkutan tidak membaca kembali materi-materi dia pelajari itu di rumahnya.

7. Sabar dalam belajar

Inilah salah satu kunci penting dalam belajar bahasa arab. Sabar dan jangan tergesa-gesa. Ada peserta kursus yang ingin pintar berbahasa arab dengan modal belajar satu bulan saja dan itu cuma 3 jam dalam seminggu.

Itu sangat mustahil, apalagi jika berada di lingkungan yang tidak mendukung bahasa arab. Belajar bahasa apapun perlu waktu.

Tidak dinafikan bahwa memang ada beberapa tempat kursus yang mendidik pesertanya hingga lancar berbicara bahasa arab dalam satu bulan.

Sistemnya adalah berbicara 24 jam menggunakan bahasa arab dengan peserta dan guru kursus dan mereka berada dalam satu komplek yang sama. Sehingga, hari-hari mereka diisi dengan kegiatan bahasa arab saja.

Intinya, jika anda ingin belajar bahasa arab, luruskan niat dan bersabarlah, sehingga akhirnya anda bisa memahami teks-teks berbahasa arab dengan baik.

Kiat ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan tentunya banyak kiat-kiat lain dari para guru bahasa arab yang andal. Semoga bermanfaat.

[Abu Syafiq/BersamaDakwah]