Beranda Kisah-Sejarah Sirah Nabawiyah Inilah Nama Masjid yang Dipakai Jumatan Rasulullah Pertama Kali di Madinah

Inilah Nama Masjid yang Dipakai Jumatan Rasulullah Pertama Kali di Madinah

Madina2013.com

Madinah, selama bilangan abad, menjadi poin penting bagi dinasti-dinasti Islam yang berkuasa dan meninggalkan situs-situs yang punya nilai sejarah, yang masih berdiri hingga kala ini, di antaranya adalah masjid. Sebagian dari masjid tersebut, pernah disambangi oleh Rasulullah dan dijadikan sebagai tempat shalat.

Bukan hanya Masjid Nabawi yang terkenal itu. Masih terdapat masjid lain yang pernah dituju Rasul untuk shalat. Jumlahnya mencapai puluhan. Di antaranya adalah Masjid Jum’at,¬†berada di barat daya Kota Madinah.

Masjid tersebut adalah titik lokasi pelaksanaan shalat Jumat pertama kali oleh Rasul beserta rombongan ketika habis singgah dari Quba menuju Madinah. Rasul tiba di Madinah dari Makkah pada Senin 12 Rabiul Awal dan menetap di Quba selama empat hari hingga Jumat pagi 16 Rabiul Awal.

Begitu keluar Madinah, waktu shalat Jumat tiba. Maka di sinilah Rasul melakukan shalat Jumat pertama kalinya di Madinah. Karena itulah dinamakan Masjid Jum’at. Khalifah Umar bin Abd al-Aziz merenovasi ulang dan kembali diperbaiki pada masa Dinasti Abbasiyah antara 155-159 H. Masjid ini juga disebut dengan Masjid Bani Salim, karena terletak di perkampungan Bani Salim. [Paramuda/ BersamaDakwah]

BARU 1 KOMENTAR

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.