Beranda Suplemen Ghazwul Fikri Mengapa Allah Disebut Allah? Ini Jawaban Dr Zakir Naik

Mengapa Allah Disebut Allah? Ini Jawaban Dr Zakir Naik

60
zakir naik
Dr Zakir Naik (4shared.com)

Seorang wanita non muslim –di antara ribuan hadirin- bertanya kepada Dr Zakir Naik mengapa Allah disebut Allah, tidak disebut dengan nama lainnya?

Seperti biasanya, Dr Zakir memberikan jawaban yang brilian.

“Saudari itu bertanya mengapa Allah disebut Allah, tidak nama lainnya. Jawabannya ada dalam Al Qur’an surat Al Isra’ ayat 110.

قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى

Katakanlah, serulah Allah atau serulah Ar Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai asma’ul husna (QS. Al Isra’: 110)

Kau bisa menyebut Tuhan (Allah Subhanahu wa Ta’ala) dengan nama apapun, tapi haruslah nama-Nya yang benar, haruslah nama yang diberikannya pada diri-Nya sendiri. Dan ada 99 nama yang disebutkan dalam Al Qur’an dan hadits shahih; Ar Rahman, Ar Rahim, Al Karim, Al Hakim, dan seterusnya tak kurang dari 99 nama. Dan yang menjadi mahkotanya adalah “Allah”.

Dan firman Allah “Allah memiliki asma’ul husna” ini selain tercantum dalam surat Al Isra’ ayat 110 juga diulang dalam surat Thaha ayat 8, Al A’raf ayat 180 dan surat Al Hashr ayat 24 di mana Allah menjelaskan bahwa Dia memiliki asma’ul husna. Tapi nama yang menjadi mahkota adalah “Allah”.

Mengapa Muslim lebih senang menyebut “Allah” daripada menggunakan bahasa Inggris “God”?

Saudari, alasannya adalah, semua nama dan kata yang lainnya dapat mereka mainkan. Misalnya jika engkau menambahkan “s” pada kata “God”, dia menjadi Gods (tuhan-tuhan). Namun tidak ada bentuk jamak dari kata “Allah”. Dialah yang Maha Esa.

Jika engkau menambahkan kata “dess” pada kata “God” dia menjadi “Goddes” (tuhan perempuan).

Dalam Islam, tidak ada yang namanya “Allah laki-laki” atau “Allah perempuan”. Allah tidak memiliki jenis kelamin.

Jika kau menambahkan “Bapak” pada “Tuhan” maka menjadi “Tuhan Bapak”. Tidak ada yang namanya Tuhan Bapak dalam Islam.

Jika kau menambahkan “Ibu” pada “Tuhan” maka menjadi “Tuhan Ibu”. Tidak ada yang namanya Tuhan Ibu dalam Islam.

Jika kau menambahkan nama tertentu pada “Tuhan”, jadilah ia “Tuhan Palsu”. Dalam Islam tidak ada Allah palsu. Itulah mengapa kami muslim lebih suka menyebut “Allah” sesuai dengan bahasa Arabnya.”

DR Zakir Naik juga menunjukkan bahwa kata “Allah” ternyata ada di hampir semua kitab suci agama besar di dunia. Penasaran? Berikut ini video selengkapnya:

60 KOMENTAR

    • Itu sudah tercantum di dalam kitab suci Al Qur’an, silahkan pelajari isi kitab suci kami karena kitab kami adalah kitab terlengkap dan dapat dipertanggung jawabkan

      • kelamin itubalat sexual, sedangkan menurut al ikhlas tuhan itu satu, tidak beranak dan tidak pula di peranakan dan tidak ada 1 mahluk pun menyerupai dia. jadi mana mungkin Allah itu bisa dikatakan laki2 atau perempuan.

      • Memang ny Allah manusia Hewan punya jrnis kelamin…
        Allah adalah Tuhan yg menciptakan manusia hewan dan segala isinya di bumi dan langit… Subhanallah itu kuasa Allah

    • Komentar:
      dalam al-quran surah al-ikhlas dj jelaskan bahwa Allah itu satu..tidak beranak dan tidak pula diperanakkan..silahkan baca dan dalami lebih lanjut. tidak rugi koq mempelajari al-quran.justru menambah pengetahuan..trima kasih

    • Allah tidak beranak & tidak pula diperanakkan. Jika Anda bertanya jenis kelamin tuhan, berarti Anda terlalu mengedepankan logika & tidak semua hal di dunia ini harus menggunakan logika, jenis kelamin tuhan diluar nalar umat manusia.

  1. mba elyan,,, silahkan buka surat al – ikhlas dalam al-qur’an… itu jawabanyya,, 🙂

    allah subhanahu wata’ala itu esa ( satu )…

    allah subhanahu wata’ala.. tidak beranak… dan juga tidak di peranakkan,,,

    itulah jawaban dari saya,,

  2. Allah itu laki-laki, maka Dia selalu di seru dengan huwa-llahu (dia untuk laki-laki) di dalam qur’an, kalau allah perempuan pasti di seru hiya-llahu (dia untuk prempuan). Catet!

    • @dage lan… kata huwa yg digunakan bkn menunjukkan jenis kelamin, tp menunjukkan ttg keperkasaan, keagungan dll kan tdk mungkin keperkasaan dan keagungan kehebatan dll dgn kata hiya atau perempuan? Knp krn kan perempuan gk cocok dg keperkasaan…. mgkin gitu penjelasan saya….☺

    • Cobalah anda belajar nahwu mungkin anda akan, bahwa huwa dan hiya tidak hanya menunjukkan jenis kelamin, tapi bisa menunjukkan yg lain

    • Komentar mu ga berbobot, huwa yg kamu maksud itu buku pelajaran anak SD, agar mudah dlm belajar komunikasi bahasa arab, coba jangan pelajaran anak2 yg di bawa, coba belajar bahasa arab beneran, shorof, nahwu, mantiq dan balaghah, niscaya level mu akan meningkat sedikit dari wawasan anak SD

    • Sebaiknya anda pelajari lebih dalam tentang pemahaman surat” dalam al quran. Bahasa arab yg digunakan sehari” ditimur tengah sangat berbeda dengan bahasa dlam alquran. Semoga anda menjadi lebih dewasa dalam memaknai isi alquran. Salam kenal sobat. Tks?

    • Mas Dagelan Hu=Dia tidak pas jika di zikirin Dia…di..adi..adi.. jadi nama adi yang di zikirin. apa pendapatan mas dagelan ?

  3. Allah cuma tertulis dalam al quran, dalam kitab Bibel bahasa aslinya tertulis Yehuwa atau Yahwe atau elia atau eli ..

    • Dan Allah yang kami sebut tuhan kami (umat islam dan sluruh umat manusia)telah menuliskan nama Nya dalam bahasa Arab..di jari jemari mu…coba kamu perhatikan tangan mu sendiri kamu akan kaget…bahwa Allah telah menuliskan namaNya..dalam bahasa arab semenjak zaman nabi Adam AS(semenjak penciptaan manusia)… sesungguhnya Allah maha mengetahui bahwa orang yahudi dan bani israil akan menolak kehadiran nabi Muhammad SAW… yang datang bukan dari tanah israel…melainkan dari tanah arab…dan merupakan nabi penutup dari rasul dan nabi dan sebagai pemberi peringatan…ashaduala illaha illallah…wa ashaduana muhammad rasulullah

  4. Dan bukan hanya mencatatkan nama Nya dalam lafadz Allah berbahasa arab di jari jemari mu…Allah pun memperkenankan kamu mengenal Nya di telapak tangan mu…terdapat garis tangan…yang juga menunjukan angka dalam bahasa arab…berangka 9 di tangan kanan dan angka 9 di tangan kiri yang jika digabungkan itu menjadi 99…yang mana kami mengenali 99 adalah asmaul husna Yakni sebutan2 bagi Allah…dan keseluruhan nya terkandung di Alquran….maha sempurna Allah dalam merencanakan dan menerangkan sesuatu…bagi manusia yang mau berpikir…aslamtu lirobnil alamiin…

    • Bible daripada Isa (jesus) untuk Bani Israel.. untuk kembali ke Ajaran asal menyembah Tuhan Nabi Musa (sekarang pun Yahudi menyembah tuhan yg satu) kitab Taurat… Daripada Jesus pula muncul ugama baru Trinitas (yahudi menyemabah Tuhan yg esa tapi tidak mengakui Mohammad SAW sebab bukan dari orang Yahudi)Kalau Kaum Kristian mengikut Jesus (Bani Israel) hanya untuk Bani Israel sahaja (Yahudi)] mengapa tak sama dengan ajaran Yahudi

  5. Sudah sangat jelas dari keterangan dalam youtub itu,bahwa Allah hanya 1 bukan berupa mahluk
    Dalam al-qur’an bnyak ayat2 yg menyatakan Allah itu ahad
    Dalam surat Al-Iklhas Allah berfirman
    Katakanlah Allah itu ahad (satu)
    Dan masih bnyak lgi ayat2 seperti
    itu
    ﻭَﺍﻟﻠّﻪُ ﺃﻋﻠَﻢ ﺑِﺎﻟﺼَّﻮَﺍﺏ

  6. Komentar:
    Untuk yg bertanya, “darimana anda tahu kalu Tuhan tidak berjenisa kelamin” dan juga untuk sdr. dage lan yg menyatakan bahwa ” ALLAH itu adalah LAKI-LAKI “, secara pribadi ana benar-benar prihatin sekali dengan kondisi antum berdua khususnya Ibu antum berdua yg “betapa” mereka sangat sedih dan tersiksa sekali dengan sikap, sifat, adab, etika, norma yamg sdr-sdr tunjukkan kepada kami dan lainnya lewat tulisan dan bentuk pertanyaan yg sdr buat/tuliskan.
    Untuk Elyan… ana pribadi tdk bs memberikan rujukan tentang apa dan siap “Tuhan” yg sdr maksudkan, karena “maaf”..ana tidak tahu Agama atau Aliran Kepercayaan yg sdr anut.

    Untuk Sdr. Dagelan, jawababn ana adalah : Agama ISLAM yg diperkenalkan dan di syiarkan pertama kali oleh Baginda Nabi Rasulullah Muhammad SAW. memperkenalkan kepada KAMI sebagai UMAT ISLAM, bahwa sejatinya dan sebenarnya di dalam Ajaran Agama ISLAM, Tuhan kami adalah ALLAH SWT.

    Maaf, kalo Allah yg Sdr. Dagelan maksudkan itu utk Allah yg mana dan agama apa ? Selain Islam, ada juga agama lain yg memyebutkan Tuhan mereka Allah, apakah ini yg sdr. Dagelan maksudkan ?? Kalo benar yg ini… ana minta maaf karena ana tidak bisa dan juga tidak berhak karena BUKAN KAPASITAS ana serta TIDAK KENAL dgn Tuhan yg sdr. Dagelan maksudkan.

    ALLAH SWT sebagai Tuhan kami yg beragama ISLAM dalah DZAT yg MAHA SEMPURNA, tidak beranak dan diperanakkan ( Bila Sdr. Dagelan menganut ISLAM sebagai Agama yg di anut, silahkan (semoga anda bisa membaca Al Qur’an dgn adab kesopanan) buka Al Quran, Surat Al-Ikhlas (silahkan dibaca tafsir Indonesia-nya).

    Semoga bermanfaat.

    • Mungkin sekedar koreksi agama islam sudah ada semenjak nabi adam as
      Akan tetapi Nabi Muhammad SAW yg menyempurnakan ajarannya, bila saya salah tolong dikoreksi

  7. Kita liat aja brow…siapa yang lebih selamat nant di akhirat…!!!Allahu Akbar!!!saudara n saudari muslim…udahlah percuma ngingetin mereka yang ngeyel….mereka dah dijelasin di surah Al baqoroh 6-7

  8. Allahu Akbar
    Allahu Akbar
    Allahu Akbar

    Sdr Dagelan…Mungkin Tuhan kita beda..bisa jadi Tuhan Km itu bukan Allah SWT. karena dalam Islam sdh jelas bajwa Allah itu tidak beranak dan juga tidak diperanakan. Jadi kalau menurut km Allah itu laki – laki dan km ternyata Islam..TOLONG bicara itu berdasarkan Ilmu !!! dan Anda yang harus Catat!!!. bahasa Arab seperti apa yang anda tau sehingga bisa mengartikan sendiri. TAPI kalau km Non Muslim bukan urusan saya kalau tuhan kamu itu mau laki atau perempuan. untukku agamaku untukmu agamamu… catat !

  9. sering aja nonton videonya bpk dr.zakir naik,kan banyak tuh di youtube..bagi agan2 yg non muslim supaya menambah wawasan,bagi agan2 yg muslim mudah2an bertambah ilmu dan keimanan kita…sippp? ?

  10. ALLAH hu AKBAR,semua uraiyan kata2 banyak yg berman,faat,subhannallah,tapi setidaknya berilah ilmu2 keislaman kita pada insan yg tepat,agar bermanfaat pada yg tepat,dan sebaliknya

  11. Yang masih tidak menerima agama Islam, silakan tunggu saja Nabi Isa a.s turun ke bumi ini…
    dan untukmu agamamu, bagiku agamaku 😉

  12. Menyebut Nama “Tuhan”coba di zikirin : Tuhan..Tu…Han…TU… jadinya seperti apa ya…? Menyebut Nama Allah coba dizikirin : Allahu..Allahu…Allahu… Ini Yang Benar

  13. Brilliant answer..we need more muslim scholar like him..not talking on Hudud only especially when election time come.

  14. allah swt cuma tuhan palsu yang ngak tahu nama perempuan pertama dan ngak tahu umur adam.
    tunjukan dalilnya kalau allah swt tahu, kalau ngak tahu bukanTuhan karna Tuhan maha tahu.

    Surat Al-Jasiyah Ayat 16
    ﻭَﻟَﻘَﺪْ ﺁﺗَﻴْﻨَﺎ ﺑَﻨِﻲ ﺇِﺳْﺮَﺍﺋِﻴﻞَ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏَ ﻭَﺍﻟْﺤُﻜْﻢَ ﻭَﺍﻟﻨُّﺒُﻮَّﺓَ ﻭَﺭَﺯَﻗْﻨَﺎﻫُﻢْ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻄَّﻴِّﺒَﺎﺕِ ﻭَﻓَﻀَّﻠْﻨَﺎﻫُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴﻦَ
    Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Bani Israil Al Kitab (Taurat), kekuasaan dan kenabian dan Kami berikan kepada mereka rezeki-rezeki yang baik dan Kami lebihkan mereka atas bangsa-bangsa (pada masanya).
    Bani Israil diberikan kekuasaan dan kenabian.
    Tunjukan dalilnya kalau allah swt berkata bangsa arab diberikan kekuasaan dan kenabian ?
    Para nabi asli bani Israil, Tuhanya dalam bahasa Ibrani YHVH, tidak ada allah dalam Taurat Ibrani karna allah bukan Tuhan.

    Surat Maryam Ayat 17
    ﻓَﺎﺗَّﺨَﺬَﺕْ ﻣِﻦْ ﺩُﻭﻧِﻬِﻢْ ﺣِﺠَﺎﺑًﺎ ﻓَﺄَﺭْﺳَﻠْﻨَﺎ ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﺭُﻭﺣَﻨَﺎ ﻓَﺘَﻤَﺜَّﻞَ ﻟَﻬَﺎ ﺑَﺸَﺮًﺍ ﺳَﻮِﻳًّﺎ
    maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.

    Jibril cuma satu menjadi manusia.
    Tuhan kristen cuma satu menjadi manusia.
    Tuhan menjadi manusia yaitu Yesus.

  15. Kalau anda mengatakam bahwa Allah tidak tau umur Adam anda salah, karna Alquran firman Allah untuk menyampaikan kebenaran dan kesalahan kitab sebelumnya yang sudah terkena campur tangan manusia, Allah menyempurnakan kitab Al-Qur’an dari kitab kitab sebelumnya, banyak bukti Alquran lebih akurat dalam sains dan ilmu ilmu modern, Alquran mengoreksi kesalahan ilmiah dari Bible sendiri.

    Anda bertanya beri ayat bahwa bangsa Arab akan beri kekuasaan dan kenabian
    Oke, dalam firman Allah Allah SWT berfirman:

    وَلَوْ جَعَلْنٰهُ قُرْاٰنًا اَعْجَمِيًّا لَّقَا لُوْا لَوْلَا فُصِّلَتْ اٰيٰتُهٗ ۗ ءَاَعْجَمِيٌّ وَّعَرَبِيٌّ ۗ قُلْ هُوَ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هُدًى وَشِفَآءٌ ۗ وَ الَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ فِيْۤ اٰذَا نِهِمْ وَقْرٌ وَّهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى ۗ اُولٰٓئِكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَّكَا نٍۢ بَعِيْدٍ
    walau ja’alnaahu qur`aanan a’jamiyyal laqooluu lau laa fushshilat aayaatuh, a a’jamiyyuw wa ‘arobiyy, qul huwa lillaziina aamanuu hudaw wa syifaaa`, wallaziina laa yu`minuuna fiii aazaanihim waqruw wa huwa ‘alaihim ‘amaa, ulaaa`ika yunaadauna mim makaanim ba’iid

    “Dan sekiranya Al-Qur’an Kami jadikan sebagai bacaan dalam bahasa selain bahasa Arab niscaya mereka mengatakan, Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya? Apakah patut (Al-Qur’an) dalam bahasa selain bahasa Arab sedang (Rasul), orang Arab? Katakanlah, Al-Qur’an adalah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, dan (Al-Qur’an) itu merupakan kegelapan bagi mereka. Mereka itu (seperti) orang-orang yang dipanggil dari tempat yang jauh.”
    (QS. Fussilat 41: Ayat 44)

    Allah SWT berfirman:

    وَاِذْ قَا لَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ يٰبَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ اِنِّيْ رَسُوْلُ اللّٰهِ اِلَيْكُمْ مُّصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيَّ مِنَ التَّوْرٰٮةِ وَمُبَشِّرًا بِۢرَسُوْلٍ يَّأْتِيْ مِنْۢ بَعْدِى اسْمُهٗۤ اَحْمَدُ ۗ فَلَمَّا جَآءَهُمْ بِا لْبَيِّنٰتِ قَا لُوْا هٰذَا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
    wa iz qoola ‘iisabnu maryama yaa baniii isrooo`iila innii rosuulullohi ilaikum mushoddiqol limaa baina yadayya minat-taurooti wa mubasysyirom birosuuliy ya`tii mim ba’dismuhuuu ahmad, fa lammaa jaaa`ahum bil-bayyinaati qooluu haazaa sihrum mubiin

    “Dan (ingatlah) ketika ‘Isa putra Maryam berkata, Wahai Bani Israil! Sesungguhnya aku utusan Allah kepadamu, yang membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan seorang rasul yang akan datang setelahku, yang namanya Ahmad (Muhammad). Namun ketika Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata, Ini adalah sihir yang nyata.”
    (QS. As-Saff 61: Ayat 6)

    Anda berkata Allah bukan tuhan? Sebutkan nama tuhan yang di sebutkan dalam penceritaan Ibrahim, dan nama yhwh sendri adalah nama tuhan yang dikenal Israel bukan universal.
    Yhwh oleh orang Yahudi di sebutkan menjadi adonay, dan umat Kristen menjadi kan nama yhwh menjadi ejaan (yahweh jehovah dll)padahal yhwh menurut orang Yahudi bukan lah kata yang di konsonankan.

    Allah adalah Tuhan seluruh alam, dan setiap nabi mengajarkan kata Allah kepada umatnya kepada aoerkatana yang baik, kekal dan tinggi derajatnya
    Seperti dalam firman Allah

    Allah SWT berfirman:

    قُلِ ادْعُوا اللّٰهَ اَوِ ادْعُوا الرَّحْمٰنَ ۗ اَ يًّا مَّا تَدْعُوْا فَلَهُ الْاَسْمَآءُ الْحُسْنٰى ۚ وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَا تِكَ وَلَا تُخَا فِتْ بِهَا وَا بْتَغِ بَيْنَ ذٰلِكَ سَبِيْلًا
    qulid’ulloha awid’ur-rohmaan, ayyam maa tad’uu fa lahul-asmaaa`ul-husnaa, wa laa taj-har bisholaatika wa laa tukhoofit bihaa wabtaghi baina zaalika sabiilaa

    “Katakanlah (Muhammad), Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu dapat menyeru, karena Dia mempunyai nama-nama yang terbaik (Asma’ul Husna) dan janganlah engkau mengeraskan suaramu dalam sholat dan janganlah (pula) merendahkannya dan usahakan jalan tengah di antara kedua itu.”
    (QS. Al-Isra’ 17: Ayat 110)

    Jadi ngerti?

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.