Beranda Tazkiyah Hikmah Mengapa Islam Bolehkan Poligami? Jawaban Zakir Naik Ini Bikin Pemuda Kristen Puas

Mengapa Islam Bolehkan Poligami? Jawaban Zakir Naik Ini Bikin Pemuda Kristen Puas

46
DR Zakir Naik (Youtube.com)

Dalam sebuah forum yang dihadiri ribuan orang, seorang pemuda Kristen bertanya kepada DR Zakir Naik. “Namaku adalah Yosef. Aku punya dua pertanyaan. (Pertama) kenapa semua pria muslim diperbolehkan menikahi empat wanita?”

“Quran adalah satu-satunya kitab suci di muka bumi yang berkata ‘Nikahilah hanya satu’” DR Zakir Naik mulai menyampaikan jawabannya, “Kau baca Bibel, baca Rama, baca Mahabarata, baca Wedha, tidak ada kitab suci di muka bumi yang berkata ‘nikahilah hanya satu’ kecuali Quran.”

“Jika kau membaca Ramayana, kitab Hindu, ayah dari Shri Rama mempunyai lebih dari satu istri. Jika kau membaca Mahabarata, Shri Krishna, berapa banyak istri yang dia punya? 4, 10, seribu, 10 ribu? Yang benar 16.108 istri. Shri Krishna memiliki 16.108 istri, jadi mengapa muslim tidak bisa memiliki 4 sebagai batas maksimal? Jika kau membaca Perjanjian Lama, dikatakan bahwa Solomon memiliki 700 istri, Abraham mempunyai 3 istri. Jadi Perjanjian Lama berkata bahwa kau bisa menikahi sebanyak mungkin istri yang kau mau. Begitu juga dengan Perjanjian Baru yang mengatakan kau harus mengikuti Perjanjian Lama. Jadi dalam Hinduisme, dalam kekristenan, dalam Yudaisme, kau bisa menikahi sebanyak yang kau mau.”

Setelah menjelaskan pandangan kitab suci banyak agama, DR Zakir Naik lalu mengungkapkan perubahan keputusan yang dilakukan oleh lembaga agama baik gereja maupun di India.

DR Zakir Naik kemudian menjelaskan tentang ayat yang memperbolehkan poligami serta menjelaskan dari aspek sosiologi dan medis mengapa poligami diperbolehkan dalam Islam.

Setelah selesai menjawab pertanyaan pertama itu, DR Zakir Naik mengkonfirmasi Yosef apakah jawabannya telah membuatnya puas. Di luarg dugaan, pemuda yang sempat menginterupsi DR Zakir Naik itu menyatakan puas dengan jawaban beliau.

Berikut ini video lengkapnya:

46 KOMENTAR

  1. KALAULAH SEKIRANYA AL QUR’AN BUKAN DARI SISI ALLAH.. PASTILAH KAU MENEMUKAN BANYAK PERTENTANGAN DIDALAMNYA.”

    ALHAMDULILLAAH…… I LOVE ALLAH SWT AND RASULULLAH SAW, I LOVE ISLAM, I LOVE AL QUR’AN

  2. menurut saya Tuhan hanya menciptakan satu hawa buksn banyak hawa… jadi kalau lebih dari satu tentunya itu bukan dari ketentusn Tuhan… tapi krn hawa nafsu manusia… apapun alasannya pasti mendua hati..

    • Jgn menyimpulkan mslh agama hanya berdasar pada menurut anda sendiri.. smua ada tuntunannya.. kami umat muslim tuntunan kami adalah alquran n hadist.. kemudian kalo prinsip anda tidak ingin poligami ya silahkan utk tdk poligami. Toh jg tidak dilarang kok…

      • YG ANTI POLIGAMI CUKUP PENDENGAR JG MEMAMKSAKAN UNTUK MENGCOUNTER. AGAR TIDAK TERJADI PERSELISIHAN . [POLIGAMI MEMANMG BOLEH MENURUT AGAMA BAIK BERDASAR HUKUM AQLI DAN NAQLI . SMG BERMANFAAT

      • ia,tapi kami hanya mengigatkan bahwa poligami itu tidak baik karna akan menimbulkan DOSA,yg tujuannya API NERAKA,karna melanggar hukum yg dari ALLAH,dimana ALLAH hanya menciptakan Adam ,sementara Hawa diambil dari Tulang Rusuk Adam supaya ada teman Adam dalam taman Eden, jadi ALLAH mencipta manusia berpasang-pasangan ,bukan BERPOLI-POLIGAMI ,kami tidak ada maksut lain ini hanya bentuk KASIH yg dapat kami bagi ……

        • Kalo dosa poligami tidak mgkn di lakukan..
          Knp kalian menyembah patung ? Bkn kah itu dosa,, Knpa kalian menjadikan nabi isa a.s sbg anak tuhan dgn alasan tidak pny bapak.. Lalu bgmana pndapat anda dn nabi adam a.s yg diciptakan tnpa ibu dan bpk ?? Kami muslim melakukan suatu hal ada hukum yg kuat ( al quran dn sunnah ).

        • Kenapa anda tdk debat ketetapan Tuhan bagi yg katolik tdk boleh bercerai??? wl kehidupan mrk sdh hancur n tdk bs bersatu???

    • Kenapa mendebat ketetapan ALLAH SWT dg hati n logika manusia??? anda ikuti ketetapan ALLAH SWT utk sholat 5 waktu, dilarang makan n minum yg haram, anda juga puasa dll… Jgnlah mendebat ketetapan dr ALLAH dg hati n logika manusia !.

  3. Shrus’y Al Qur’an memberi prturan, bagi yg berpoligami di HARAM kan. Agar tdk ada pr suami yg berpoligami. dan agar tdk ada pr istri yg Tersakiti.

    • Kenapa anda tdk debat ketetapan Tuhan bagi yg katolik tdk boleh bercerai??? wl kehidupan mrk sdh hancur n tdk bs bersatu??? anda merasa manusia lebih hebat dr ALLAH shg mendebat ketetapan ALLAH dg hati n logika manusia ???

  4. Assalam.., Ira.. Apa yg sdh ditentukan dlm Al-qur’an Dan Al-hadits adl ketentuan ALLAH SWT, Knp di pungkiri?? Istiqfar.. /kafir aja. Jgn2 qm emang kafir asal2an komen.

  5. Komentar:apa yg ada di Aquran dan al hadis adalah benar adanya dan itu pasti.kalau orang” dulu mungkin berpoligami karna emng emang mereka mampu dan sesuai dengan agama tapi orang sekarang poligami karena nafsu..bener apa enggak…cuman urusan nafsu…coba pikir ketika menikah sama sama susah sudah kaya menikah lagi…coba tanya istrinya kalau tau begitu mending tidak usah kaya …

  6. Poligami? Yg penting istri, anak, orang tua, mertua ridho. Saya kira gpp. Jangan hanya memandang dari satu sisi, menganggap istri pertama tersakiti, belum tentu juga. Allah menciptakan Al Quran begitu sempurna, tidak akan ada kekeliruan didalamnya.

  7. Zakir Naik Maaf anda keliru dalam mengartikan ALKITAB tentang RAJA SALOMO,sebab dalam ALKITAB menjelaskan bahwa Raja Salomo mempunyai istri sampai 700 karna Raja Salomo ingin mencari kepuasan,sampai dia membangun Istananya sangat besar dan megah tidak ada tandingannya pada saat itu,sampai dia memiliki kebun-kebun yg sangat luas hanya mencari kepuasan,teryata setelah dia uji semuannya Raja Salomo berkata,teryata didunia ini tidak ada kepuasan semua hanya KESIA-SIAAN.baca dalamkitab Raja-Raja dan Penghotbah
    Dan mengenai Abraham maaf istri Abraham bukan 3 seperti yang anda katakan melainkan 2 yaitu Sarai dan Hagar, ini pun terjadi oleh karena ketidak sabaran mereka menanti keturunan seperti yg di janjikan ALLAH,sehingga dia melawan perintah ALLAH. jadi untuk memiliki ISTRI lebih dari satu itu tidak pernah diijinkan oleh ALLAH,tetapi oleh karna Nabsu Cabul Manusia.baca dalam kitab kejadian supaya semua orang jangan TERSESAT OLEH TIPU DAYA MANUSIA

    • Islam dalam berpoligami sebagai ibadah, bila berpoligami tidak bisa menjalankan seperti yang di anjurkan agama Islam/kami itu akan menimbulkan dosa, jadi berpoligami susuai anjuran bukan awah nafsu seperti salomon itupun ada batasan nya empat…kerena empat itu batas kemampuan umat islam beristri..jadi bukan nafsu tapi berpoligami karena Ibadah ya bro

    • Intinya itu poligami om, apapun alasannya. Tergantung yg jlninnya niatnya apa, klo otak cabul ya cabul, klo niatnya baik di jln Allah mah itu sah2 ajja, yg penting dpt persetujuan dr istri p1, uda gt ajja, gak usah diambil pusing.

  8. Menentang poligami = menentang ketentuan Allah SWT. Tp dgn catatan Mampu secara materi & secara adil. Wallahu ‘alam…

    • Adil menurut siapa.. menurut anda? tak ad satu wanita pun d dunia ini yg mau di poligami kl bukan krn terpaksa.. ini bukan hya mslh keadilan harta dan materi.. tp juga perasaan.. Nabi juga melarang suami fatinah azahra untuk berpoligami .Al quran mmg tidak melarang tetapi tidak pula menganjurkan pria muslim untuk ber poligami…sy muslim

  9. Hukum kehalalan poligami sudah ditentukan oleh Allah Robbul’alamin titik. Dan kita janganlah menolak atau membangkang bahkan menyatakan poligami itu tidk baik atau tidak boleh atas dasar ketidakmampuan seorang pria untuk berpoligami dng benar/adil, atau tidak adanya niat baik atau karena tujuan nafsu belaka. Walaupun demikian Hukum asalnya masih Tetap Halal karena kita juga hrs melihat dan menghormati pada seseorang atau banyak orang yg mampu berpoligami dng benar, baik dan adil. Kita Umat islam hrs memahami dan menyatakan bahwa ini (polygami) adalah suatu amal yg boleh dilakukan dan harus diraih meskipun hanyan sebatas niat kecil sekalipun dengan tujuan semata hanya karena Allah subhanahuwata’ala yg tentunya akan mendapat balasan pahala dari-Nya.

  10. klo menurut sy sih mw poligami atw tidak kan terserah pribadi 2masing,klo sy mah tidak anti poligami,asalkan poligami itu d lakuin dgn cara yg benar.karna bnyk jg kok org yg bahagia hidup berpoligami.tp klo mmng para wanita muslimah ngga mw d poligami kan bs bikin perjanjian seblm menikah dgn calon suaminy..klo perlu dgn surat bermaterai..karna poligami kan ngg d larang.jd para pria harus siap mental.lahir dan bathin.jgn asal asalan.:)

  11. Allah berfirman dalam Al-Qur’an, lelaki bole menikahi 2, 3 atu 4 orang perenpuan. Jangan lupa lanjutan ayat nya… TETAPI APABILA KAMU TAKUT TIDAK BISA BERLAKU ADIL,MAKA NIKAHILAH SATU SAJA. Subhanallah…

  12. Bismillah

    Intinya kalo kita muslim ya sebaiknya sami’na waato’na saja lah. Krn setiap perintah dan larangan itu pasti hadir di dalam nya kebaikan, berpoligami itu jika sesuai syariat dgn ta’aruf dan niat yg lurus ada Sunnah jg kita agar memperistri wanita baik2, berilmu, shalehah, cantik dsb. niscaya kita selamat di banding dgn berzinah yg tentu saja akan keluar dr syari’t pasti nya beresiko, resiko duniawi nya saja bisa terkena penyakit menular seksual(sipilis,gonoroe,kanker serviks, bahkan HIV AIDS dsb) bahkan hal itu sdh di ingatkan rasulullah lewat sabdanya LAA TAQRABUZZINNAH. Klo hanya didasari nafsu tanpa sunnah ya apa beda nya org yg mengaku muslim dgn org yg jelas2 kafir ?!? Lihat saja ketika mereka menghalalkan sex party, atau berzinah membayar wanita malam bahkan mereka lbh memilih spt itu dr pada menikahi lbh dr 1 istri. Kita umat Rasulullah saw ya istiqomah saja dgn sunnah nya ! Krn di balik sunnah pasti dan pasti ada kejayaan. Kita lbh baik berpoligami dgn sunnah dr pada menyakiti iman dgn berzinah asal kan di lakukan sesuai syariat. Minta sm Allah swt agar pasangan kita yg meminta sendiri agar kita menikah lagi. Krn pemegang hati setiap manusia adalah Allah, kalau kita bertanya bagaimana cara nya ? Ya tingkatkan iman dan lakukan dgn cara yg rasulullah saw lakukan.

  13. Islam adalah agama yg benar, sempurna, mulia serta agama yg tertinggi di sisi Allah SWT, .tidak ada agama lain yg diakui oleh Allah setelah Al-Quran diturunkan kepda Rasululnya,..kecuali sebelum Al-quran itu diturunkan kedunia ini..demikian

  14. Kullukum Ra’in wa kullu ra’in mas ulin arra’iyah ( tiap-tiap kamu pemimpin dan tiap tiap pemimpin akan dipersualkan (ditanya) tentang apa yang dipimpinnya

  15. Lebih intimnya lagi, berzinah atau berhubungan diluar nikah bisa menimbulkan keributan antar umat, klo sah apa yg mau diributin.. Dan jg jika mempunyai anak tidak akan mengurangi hak dan status dari si anak atau si wanita tersebut..
    Jangan dilihat dari hawa nafsu, banyak faktor kenapa poligami dihalalkan. Salah 1nya mencegah perceraian..
    Baca lg lebih dalam apa ruginya mendaptkan anak diluar nikah secara islam, apa hukumnya perceraian.. Biar ga salah paham

  16. Manusia zaman sekarang, otaknya yang mesum, mengatasnamakan al-quran. Menjadikan al-quran sebagai benteng, bersembunyi di balik al-quran untuk mencapai maksud tujuannya. Ingat, allah mengetahui apa yg tidak kalian ke tahui… berhentilah menjadikan al-quran tameng untuk keperluan pribadi/untuk kepuasan pribadi. Firman allah di dalam al-quran, tetap memiliki ketentuannya dan allah mengetahui tujuan para manusia. Semoga poligami yg di izinkan allah dengan benar dan adil di terapkan pelakunya, tidak untuk tujuan duniawi semata yang akhirnya menjadi dosa dan menodai sucinya la-quran.

SILAHKAN BERI TANGGAPAN mohon perhatikan kesopanan

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.